Ratusan karyawan positif Covid-19, pabrik LG di Cikarang ditutup sementara! Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku berikut!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Karyawan Pabrik LG Positif Covid-19

Penyebaran virus corona dalam negeri masih terjadi. Muncul klaster baru, ratusan karyawan pabrik elektronik, LG, di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, terkonfimasi positif Covid-19 dengan total 238 kasus.

Demi meminimalkan jumlah korban Covid-19, pabrik LG yang memproduksi televisi ini mengambil langkah menutup operasional pabriknya selama 14 hari ke depan setelah sepertiga dari 600 karyawan yang dites, hasilnya positif

“Akan dilakukan penyemprotan disinfektan di seluruh gedung untuk kesehatan dan keselamatan karyawan,” kata pihak LG mengutip dari Cnbcindonesia.

“Perusahaan sudah melakukan tes pada seluruh pekerja di pabrik. Dan hanya pekerja yang dinyatakan negatif bakal kembali bekerja pekan depan,” jelasnya.

 

Kronologi Awal Kasus Covid-19 di Pabrik LG

Tribunnews mewartakan, penyebaran virus corona atau Covid-19 ini bermula dari salah satu karyawan staff office.

“Kasus awalnya ada pekerja di staff office meninggal tanggal 19 Agustus di Rumah Sakit Pasar Rebo Jakarta Timur karena Covid-19,” ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bekasi Alamsyah.

Lantaran karyawan LG yang terpapar Covid-19 tersebut biasa bekerja mobile atau kerap di lapangan dan bertemu banyak orang, maka pihak Pemkab Bekasi melakukan swab test massal di perusahaan elektronik tersebut.

Apakah Rapid Test Covid-19 Dicover BPJS Kesehatan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Diklaim Manjur! China Ajukan Hak Paten Vaksin Covid-19]

 

Sebanyak 600 karyawan yang diperiksa saat itu. Dari pemeriksaan swab test tersebut ditemukan 238 karyawan perusahaan LG terpapar. Baik itu karyawan yang bekerja di kantor maupun pada bagian produksi.

“Lalu dilakukan PCR massal hari Jumat karena almarhum termasuk staff office yang mobile. Ditemukan 238 karyawan positif dari 600 karyawan yang diperiksa,” kata Alamsyah, masih dari laman yang sama.

Menurut Alamsyah, saat ini pihak Pemkab Bekasi tengah melakukan pelacakan dan test swab ke seluruh orang terdekat karyawan LG yang terpapar Covid-19.

“Saat ini sedang tracing contact dan tes swab,” ujar Alamsyah.

Hingga Rabu (26/08) siang ini ada sebanyak 672 jumlah kumulatif pasien positif Covid-19 di Kabupaten Bekasi. Jumlah tersebut bertambah 46 dari jumlah kasus Covid-19 yang sebelumnya sebanyak 626 kasus.

Padahal kasus Covid-19 di Kabupaten Bekasi sempat stagnan empat hari dengan jumlah kasus Covid-19 626 kasus. Dari jumlah 672 pasien Covid-19, ada 543 pasien yang sembuh.

Jumlah pasien sembuh bertambah 32 dari satu hari sebelumnya. Lalu, ada 38 pasien positif Covid-19 yang masih dirawat dan 53 pasien positif yang isolasi mandiri.

 

GRATISSS, Yuk Download Sekarang!

ASURANSI KESEHATAN Bisa Menyelamatkan Hidup

Mockup Ebook Studi Kasus Asuransi Kesehatan

Download Ebook Sekarang

 

Tetaplah tingkatkan kesadaran dan kewaspadaan dalam kondisi pandemi, dan selalu terapkan protokol kesehatan jika harus luar rumah!

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat!

 

Sumber Referensi:              

  • Isal Marwadi. 25 Agustus 2020. Menperin: 238 Karyawan Pabrik Positif Corona, LG Setop Produksi 14 Hari. Detik.com – https://bit.ly/3aUaQBQ
  • Agung Sandy Lesmana. 25 Agustus 2020. 238 Karyawan LG Positif Corona, Satgas Covid-19: Jangan Lengah. Suara.com – https://bit.ly/2YyZa2p
  • Redaksi. 26 Agustus 2020. Ini Kronologi Terbentuknya Klaster Baru di Perusahaan LG Kawasan Industri Cikarang. Tribunnews.com – https://bit.ly/2ECnjhe
  • Ferry Sandi. 25 Agustus 2020. Ratusan Karyawan Pabrik Cikarang Positif Covid, LG Buka Suara. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/3jfXq5W
  • Cynthia Lova. 25 Agustus 2020. UPDATE 25 Agustus: Kabupaten Bekasi Bertambah 46 Kasus Positif Covid-19. Kompas.com – https://bit.ly/31v7GkR