Apakah kamu termasuk orang yang kurang pandai mengatur keuangan pribadi? Kamu memiliki keinginan untuk memperbaikinya? Membutuhkan rekomendasi buku keuangan yang tokcer?

Membelanjakan uang untuk investasi ilmu dengan buku merupakan pilihan yang tepat. Oleh karenanya, kami rekomendasikan lima buku tentang perencanaan keuangan untuk inspirasimu. Semoga membantu!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Literasi Keuangan Di Indonesia

Kondisi tingkat literasi keuangan di Indonesia menurut penelitian dari Otoritas Jasa Keuangan masih tergolong rendah.

Pada tahun 2013 mencapai 21,84% dan tahun 2016 mencapai 29.66% dan tingkat literasi keuangan mahasiswa hanya mencapai 28,3%.

Hal tersebut dikarenakan separuh dari penduduk Indonesia belum memiliki pemahaman mendalam tentang keuangan.

Membaca buku merupakan investasi terbaik karena semuanya bisa tersimpan dalam otak.

Seperti kata sebuah ungkapan, “Investasikan waktumu sebelum menginvestasikan uangmu”. Untuk sebuah ilmu yang berguna, berinvestasi pada buku-buku terasa sangatlah murah.

Dengan membaca buku keuangan dapat membantumu menganggarkan, menabung untuk pensiun, keluar dari utang serta menangani banyak keputusan terkait uang lainnya dengan percaya diri.

Namun masalah yang sering terjadi adalah kesulitan memilih buku yang tepat untuk dibaca. 

Kita sering bingung dan menghabiskan sepanjang hari di toko buku memperdebatkan buku mana yang harus dibeli hingga pada akhirnya tidak membaca buku sama sekali.

Untuk itulah kami telah mempersempit rekomendasi untuk membantu kamu memulai belajar tentang keuangan. 

 

Lima Rekomendasi Buku Keuangan

Inilah lima rekomendasi buku tentang keuangan yang harus kalian baca selama kalian hidup. Kelima buku ini sudah kami pilihkan khusus untuk kamu untuk mempermudah dalam mengatur keuangan pribadimu. 

 

#1 Financially Fearless (Alexa Von Tobel)

Buku ini akan membantu kamu belajar bagaimana membuat anggaran yang hemat tanpa harus melepaskan semua hal yang kamu sukai. 

Alexa von Tobel juga mengajakmu untuk menabung saat kamu mulai membaca buku ini. Kamu juga akan memahami betapa pentingnya memiliki tujuan keuangan.

Selesai membaca halaman demi halaman, kamu tidak lagi akan kehilangan uang untuk pengeluaran-pengeluaran yang kamu sendiri nggak paham perginya kemana.

Tokcer! Rekomendasi Buku Keuangan 100% Dijamin Keren 02 - Finansialku

[Baca Juga: Langka! 10 Buku Termahal Di Dunia Sepanjang Sejarah Bumi]

 

Buku ini mengajarkan pembaca untuk membagi keuangan dalam tiga pos yaitu 50/30/20. Pembagian tersebut merujuk pada rincian persentase cara membelanjakan uangmu setiap bulan.

50 bagian untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, 20 bagian untuk keuangan masa depan alias menabung, dan 30 bagian lagi dibelanjakan untuk hal-hal yang membawa kebahagiaan dalam hidup alias bersenang-senang.

Dengan membaca buku ini, kamu bisa merencanakan keuangan sesuai dengan prioritas, harapan, impian, dan gaya hidup kamu.

Selain itu, kamu juga akan belajar bagaimana mengintegrasikan rencana keuanganmu ke dalam smartphone secara digital.

Seperti memiliki perencana keuangan pribadi, buku ini akan mengatur masa depan kamu yang aman dan tidak khawatir, tanpa harus mengurangi hal-hal yang kamu sukai.

Jadi, tinggalkan cara lama mengatur keuangan, dan bersiaplah untuk menjadi orang kaya!

 

#2 All Your Worth: The Ultimate Lifetime Money Plan (Elizabeth Warren, Amelia Warren Tyagi)

Buku All Your Worth: The Ultimate Lifetime Money Plan merupakan salah satu buku keuangan yang memiliki banyak penilaian positif di situs ulasan buku, goodreads.

Buku yang ditulis oleh Elizabeth Warren dan putrinya Amelia Warren Tyagi memiliki tanggapan yang cukup bagus dari pembacanya. Buku ini akan membantu kamu yang ingin membuat keputusan finansial yang penting dalam hidup.

Dilansir dari Aturduit.com, buku ini juga bagus untuk mereka yang baru memulai karirnya atau yang berumur 20an. Selain itu, buku ini disarankan untuk mereka yang sedang mengalami kesulitan finansial dan ingin mencari jalan keluar.

Tokcer! Rekomendasi Buku Keuangan 100% Dijamin Keren 03 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Strategi Mendapatkan Kekayaan Dari Buku Keuangan Terlaris Dunia]

 

Struktur penulisan buku yang praktis juga menjadikan pembaca bisa dengan mudah mengikuti setiap langkah yang diberikan.

Di buku ini kamu tidak akan menemukan banyak teori, melainkan lebih kepada langkah praktis yang dapat dipahami oleh siapa saja, bahkan orang yang tidak memiliki latar belakang ilmu ekonomi.

Yang menarik dari buku ini adalah bahasanya yang positif. Gaya bahasa yang dibawakan Elizabeth dan Amelia dalam buku ini tidak ingin siapapun yang membaca buku tersebut merasa bersalah atau terpuruk dengan kesulitan finansial yang dialaminya.

Mengingat kesulitan finansial adalah permasalahan umum yang pasti pernah dirasakan semua orang.

Secara ringkas, di buku ini memberikan tips berguna mengenai keuangan pribadi.

Salah satunya yang bisa kamu terapkan adalah tips pembagian penghasilan, yaitu 50% untuk kebutuhan pokok, 30% untuk keinginan atau kebutuhan sekunder, dan 20% untuk tabungan.

 

#3 Make A Plan And Get Your Financial Dreams Comes True (Melvin Mumpuni)

Punya mimpi lima tahun kerja sudah bisa beli rumah sendiri?

Pengen banget liburan menyenangkan tanpa menggunakan PayLater dan segala jenis utang?

Pengen punya dana pernikahan yang cukup meskipun jodohnya belum datang?

Punya mobil sendiri, punya dana persalinan anak, punya dana pendidikan anak,…

Hingga pada akhirnya bisa bebas secara finansial ketika hari tua dengan punya cukup dana pensiun sehingga nggak perlu bekerja lagi.

Siapa yang pengen mencapai semua keinginan finansial yang disebutkan di atas? Pengen tahu bagaimana caranya?

Review Buku Make A Plan And Get Your Financial Dreams Come True 01 - Finansialku

[Baca Juga: Review Buku: Make A Plan And Get Your Financial Dreams Come True]

 

Di dalam buku ini berisi STRATEGI dan CARA PRAKTIS dalam mengelola keuangan. Dirangkum dengan bahasa yang sangat mudah serta sangat praktikal, sehingga kamu bisa dengan mudah langsung mempraktikkannya sendiri.

Buku ini nggak hanya membantu kamu mewujudkan mimpi dengan pengelolaan keuangan yang benar, tetapi juga menjadikan hidupmu lebih baik dan sejahtera.

Buku ini ditulis menggunakan bahasa yang sederhana sehingga mudah dicerna. Isinya sangat padat dan inspiratif.

Kamu akan mengetahui cara mengatur keuangan yang benar, bagaimana mengendalikan keuangan, melakukan pengecekan kesehatan keuangan, memulai serta menyusun rencana keuangan, bagaimana memproteksi uang yang dimiliki, mengetahui berbagai produk keuangan, hingga mewujudkan berbagai mimpi besar dengan mulai merencanakan keuangan sedini mungkin. 

Setelah membaca buku ini, kamu langsung tergerak untuk membuat perencanaan keuangan yang lebih matang serta terarah. Kamu jadi nggak bisa dikendalikan oleh uang, nggak stres mengatur pemasukan dan pengeluaran.

Hanya dengan langkah sederhana mengatur keuangan dengan disiplin, satu per satu mimpi besar kamu bisa diwujudkan dengan lebih mudah.

 

#4 The Total Money Makeover: A Proven Plan for Financial Fitness (Dave Ramsey)

Kalau kamu sedang mencari buku keuangan dari seorang praktisi, maka buku ini adalah pilihan yang tepat. Dave Ramsey merupakan seorang konsultan dan praktisi keuangan.

Di dalam buku ini dia membagikan pengalamannya selama 20 tahun mengenai kehidupan finansial secara lengkap.

Tokcer! Rekomendasi Buku Keuangan 100% Dijamin Keren 04 - Finansialku

[Baca Juga: Jika Ingin Jadi Pemimpin Berhasil, Anda HARUS Membaca 15 Buku Kepemimpinan yang Direkomendasikan]

 

Dilansir dari website pribadi Dave Ramsey tertulis bahwa dia berharap dengan membaca buku ini, kamu dapat melakukan perombakan keuangan yang meliputi:

  • Rancangan menyeluruh untuk menyelesaikan semua utang
  • Mengenali mitos-mitos keuangan yang justru berbahaya
  • Memiliki simpanan yang melimpah untuk keperluan darurat dan pensiun
  • Secara positif merubah hidup Anda

 

Dengan pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki Dave, tidak mengherankan kalau buku ini menjadi buku dengan penjualan terlaris di Amerika.

Salah satu pembahasan yang paling menarik di buku ini adalah semua orang bisa membaca buku ini, dari kalangan apapun. Baik yang berumur produktif berapapun dan juga semua kalangan berpenghasilan berapapun.

Dengan begitu, kalian akan mendapatkan pengetahuan menyeluruh untuk membantu kehidupan finansialmu.

 

#5 Personal Finance for Dummies (Eric Tyson) 

Dari judulnya aja udah kelihatan kalau buku ini akan sangat ringan dan bisa dibaca semua kalangan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa panduan mendasar untuk keuangan pribadi seperti yang dituangkan Eric Tyson dalam buku ini adalah pengetahuan wajib bagi siapa saja.

Di buku ini kamu akan menemukan prioritas keuangan dan memahami penggunaan semua fasilitas keuangan yang Anda miliki dengan benar.

Tokcer! Rekomendasi Buku Keuangan 100% Dijamin Keren 05 - Finansialku

[Baca Juga: 9 Buku yang Harus Dimiliki dan Dibaca Oleh Setiap Pengusaha Pebisnis]

 

Personal Finance for Dummies berfungsi sebagai pengantar untuk literasi keuangan. Panduan ini mencakup berbagai kategori termasuk penganggaran, penghematan uang, investasi serta asuransi.

Kalian bisa membaca habis semua bagian buku untuk pemahaman yang komprehensif, atau baca bab-bab yang paling kamu minati.

Yang menarik lagi, ada juga bagian dari buku ini yang memuat panduan agar Anda siap menghadapi perubahan dalam hidup. Dimana perubahan ini juga akan merubah kebutuhan finansial kamu.

Buku ini sangat cocok untuk kalian yang baru saja mendapat pekerjaan atau yang ingin memperbaiki kondisi keuangan. Pengemasan bahasa buku yang ringan membuat pembaca dapat memahami dengan cukup mudah.

Isi dari buku ini merupakan hal-hal mendasar yang bisa kamu aplikasikan untuk penghasilan berapapun.

Jadi, jika kamu mencari buku keuangan yang mudah dipahami dan membagikan dasar-dasar mengelola keuangan, maka buku ini adalah pilihan yang tepat untuk kamu baca.

 

Baca, Kelola, Dan Wujudkan Mimpi-mimpi Keuanganmu

Belajar mengelola keuangan memang tidak mudah. Banyak komitmen yang harus dijaga, banyak habit yang perlu kamu bangun. 

Supaya perjalanan keuangan kamu lebih mudah, tentunya dibarengi ilmunya, jangan menebak-nebak atau asal-asalan karena waktu terus berjalan. Kalau kamu gagal merencanakan keuangan kamu, nantinya nggak akan bisa balik lagi ke masa sekarang, lho.

Semoga lima rekomendasi buku diatas bisa menjadi pedoman kamu dalam mengelola keuangan, ya. Khusus untuk buku Make A Plan and Get Your Financial Dreams Come True, kamu hanya bisa pesan lewat Finansialku. Caranya? Cukup order DISINI yaa. 

ORDER HERE!

 

Yuk share artikel ini ke teman dan kerabat kamu, agar mereka memiliki rekomendasi buku yang tepat dan tentunya bisa memiliki kondisi keuangan yang lebih baik lagi nantinya!

Semoga bermanfaat, terima kasih..

 

Sumber Referensi:

  • Andina Rahayu. 27 Agustus 2017. 5 Buku Manajemen Keuangan Terbaik yang Bisa Jadi Financial Planner. Popbela.com – http://bit.ly/2HuWgmF
  • Alexa Von Table. Financially Fearless: The LearnVest Program for Taking Control of Your Money. Amazon.in – https://amzn.to/346fcBM
  • Admin. Buku Finansial Terbaik. Aturduit.com – http://bit.ly/2NBfhb5
  • Undip E-Journal System Portal. Ejournal.undip.ac.id – http://bit.ly/2Pjv5Sn

 

Sumber Gambar:

  • Rekomendasi Buku Keuangan 1 – http://bit.ly/2Lgbz3X
  • Rekomendasi Buku Keuangan 2 – http://bit.ly/327N937
  • Rekomendasi Buku Keuangan 3 – http://bit.ly/343WnPT
  • Rekomendasi Buku Keuangan 4 – http://bit.ly/2U8ewHL
  • Rekomendasi Buku Keuangan 5 – http://bit.ly/2L0FwWJ