Yuk, tingkatkan literasi keuangan dengan banyak membaca buku keuangan terbaik rekomendasi Finansialku berikut ini.

Scroll terus sampai bawah, ya!

 

Summary:

  • Studi yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menunjukkan bahwa tingkat literasi keuangan masyarakat Indonesia masih rendah.
  • Literasi keuangan membantu seseorang membuat keputusan keuangan yang bijak, menghindari utang, dan merencanakan masa depan yang baik.

 

Pentingnya Meningkatkan Literasi Keuangan dengan Baik

Literasi keuangan adalah kemampuan individu untuk memahami dan mengelola keuangan mereka dengan maksimal.

Dengan adanya literasi keuangan, seseorang dapat membuat keputusan finansial yang bijak, menghindari utang yang berlebihan, dan merencanakan masa depan yang baik.

Menurut penelitian dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), kondisi tingkat literasi keuangan di Indonesia masih tergolong rendah.

Dalam survei OJK pada tahun 2013, hanya 21,84% masyarakat Indonesia yang termasuk dalam kategori well literate, sementara 75,69% termasuk dalam kategori sufficient literate.

Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) oleh OJK menyatakan, indeks literasi keuangan Indonesia mengalami peningkatan di tahun 2019 sebesar 29,7% dari tahun 2016.

 

Meskipun demikian, pemerintah tetap berusaha meningkatkan literasi keuangan Indonesia melalui berbagai cara, mengingat betapa pentingnya hal ini.

Literasi keuangan sangat penting untuk memperluas pengetahuan individu terkait berbagai macam produk keuangan dan cara memanfaatkannya untuk meningkatkan kesejahteraan.

Mereka juga akan mengetahui tentang perencanaan dan pengelolaan keuangan secara efisien dan bijak, serta mengenal investasi sebagai pemasukan tambahan.

Selain itu, literasi keuangan dapat membuat masyarakat terhindar dari risiko penipuan, seperti investasi bodong, skema ponzi, monkey business, dan sebagainya.

Di sisi lain, literasi keuangan mempunyai peran penting dalam pemerataan distribusi kekayaan. 

Pasalnya, pemanfaatan produk dan layanan keuangan mengakibatkan dana dari masyarakat terhimpun dan terdistribusi kembali dalam masyarakat.

Dengan demikian, setiap orang punya akses mencapai kesejahteraan yang sama, sehingga kekayaannya lebih merata.

[Baca Juga: 5+ Manfaat Hobi Membaca Buku untuk Manusia, Kamu WAJIB Tahu!]

 

10 Rekomendasi Buku Keuangan Terbaik

Apakah kamu termasuk orang yang kurang pandai dalam mengatur dan merencanakan keuangan? 

10 rekomendasi buku keuangan terbaik berikut ini bisa membantu kamu agar lebih paham dan melek finansial. Simak yuk, apa saja judulnya!

 

#1 The Psychology of Money (2020): Morgan Housel

buku keuangan terbaik 1

Buku The Psychology of Money (2020). Sumber: Goodreads.com

 

Pertama, ada buku The Psychology of Money karya Morgan Housel yang tentunya wajib kamu baca. 

Buku ini menyibak konsep uang dari perspektif psikologi yang erat kaitannya dengan kehidupan manusia. 

Menurut sang penulis, seseorang yang mampu mengelola keuangannya dengan baik berawal dari bagaimana ia bersikap dan membentuk sebuah kebiasaan.

The Psychology of Money mampu membuka mata pembacanya bahwa uang tidak harus selalu dinilai dalam nominal maupun data berbasis angka

Buku yang berisi 19 cerita tentang perilaku manusia dalam mengelola finansial mereka ini akan memberimu pencerahan dan langkah-langkah yang tepat untuk mengatur keuangan.

Kamu bisa mendapatkan versi terjemahan bahasa Indonesia buku ini di toko buku terdekat.

 

#2 Rich Dad Poor Dad (1997): Robert T. Kiyosaki & Sharon Lechter

buku keuangan terbaik 2

Buku Rich Dad Poor Dad. Sumber: Amazon.com

 

Buku karya Robert Kiyosaki dan Sharon Lechter ini menceritakan kisah keuangan dari ayahnya yang biasa saja, dan juga ayah dari temannya yang sangat kaya.

Perbandingan tersebut menyoroti cara terbaik untuk mengelola uang, serta membantu anak-anakmu untuk turut melakukannya.

Menurut Kiyosaki, tidak semua utang itu buruk, dan kamu dapat berusaha keras menuju kekayaan meskipun tidak menikmati penghasilan yang besar.

Melalui buku ini, kamu akan mempelajari betapa pentingnya pendidikan finansial sejak dini. 

Pendidikan finansial tersebut mencakup investasi di aset dan properti, membuat bisnis, dan cara mengembangkan itu semua agar mencapai financial freedom.

Buku Rich Dad Poor Dad ini juga akan membantu kamu mempelajari bagaimana cara untuk berhenti bekerja untuk mendapatkan uang, tetapi mulai ‘mempekerjakan uang’.

 

#3 The Total Money Makeover: A Proven Plan for Financial Fitness (2009): Dave Ramsey

buku keuangan terbaik 3

Buku The Total Money Makeover: A Proven Plan for Financial Fitness. Sumber: Amazon.com

 

Buat yang sedang mencari buku keuangan dari seorang praktisi, maka buku ini adalah pilihan yang tepat. 

Dave Ramsey merupakan seorang konsultan dan praktisi keuangan.

Di dalam buku ini, ia membagikan pengalamannya selama 20 tahun mengenai kehidupan finansial secara lengkap.

Melansir dari website pribadi Dave Ramsey, ia berharap bahwa buku ini akan membantu pembaca untuk menyelesaikan utang, dan mengenali mitos-mitos keuangan yang justru berbahaya.

Selain itu, pembaca juga dapat memiliki simpanan yang melimpah untuk keperluan darurat dan pensiun, hingga secara positif merubah hidup seseorang.

Dengan pengalaman dan pengetahuan yang Dave miliki, tak heran kalau buku ini menjadi buku dengan penjualan terlaris di Amerika.

Buku The Total Money Makeover: A Proven Plan for Financial Fitness ini bisa dibaca oleh siapa pun, dan dari kalangan apa pun. 

Baik yang berumur produktif dan juga semua kalangan tanpa memandang besaran penghasilan.

 

#4 Financial Freedom (2019): Grant Sabatier

buku keuangan terbaik 4

Buku Financial Freedom (2019). Sumber: Goodreads.com

 

Buku karya Grant Sabatier ini juga wajib kamu baca untuk meningkatkan literasi keuangan dengan baik.

Salah satu buku international best seller ini menceritakan bagaimana selama ini tanpa sadar kamu bisa menghasilkan uang.

Buku ini berisi tahapan bagaimana menghasilkan uang dalam waktu yang lebih singkat, sehingga masih memiliki waktu untuk melakukan hal yang kamu suka.

Dalam buku ini, Grant Sabatier mencoba menjelaskan bahwa kebebasan finansial bukan hanya tentang mengikuti saran, tetapi bagaimana kamu mempraktekkan dan mewujudkannya.

Financial Freedom juga membahas berbagai topik seperti cara membuat anggaran, memahami investasi, dan mengelola kartu kredit.

Sobat Finansialku bisa membeli buku Financial Freedom karya Grant Sabatier yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan judul Kebebasan Finansial.

 

#5 All Your Worth: The Ultimate Lifetime Money Plan (2005): Elizabeth Warren, Amelia Warren Tyagi

buku keuangan terbaik 5

Buku All Your Worth: The Ultimate Lifetime Money Plan. Sumber: Goodreads.com

 

Rekomendasi buku keuangan terbaik yang selanjutnya adalah buku All Your Worth: The Ultimate Lifetime Money Plan yang rilis pada tahun 2005.

Buku karya Elizabeth Warren dan putrinya Amelia warren Tyagi ini memiliki tanggapan yang cukup bagus dari para pembacanya. 

Bahkan, buku ini merupakan salah satu buku keuangan yang memiliki banyak penilaian positif di situs ulasan buku, Goodreads.

All Your Worth: The Ultimate Lifetime Money Plan akan membantu kamu yang ingin membuat keputusan finansial yang penting dalam hidup.

Melansir dari Aturduit.com, buku ini bagus untuk mereka yang baru memulai karirnya atau yang masih berumur 20an. 

Situs tersebut juga menyarankan buku ini untuk mereka yang sedang mengalami kesulitan finansial dan ingin mencari jalan keluar.

Di buku ini, kamu tidak akan menemukan banyak teori, melainkan lebih kepada langkah praktis yang dapat dipahami siapa saja.  Bahkan orang yang tidak memiliki latar belakang ilmu ekonomi sekalipun.

Gaya bahasa yang Elizabeth dan Amelia bawakan dalam buku ini sangat positif. Sang penulis tidak ingin siapa pun yang membaca bukunya merasa bersalah atau terpuruk dengan kesulitan finansial yang mereka alami.

Salah satu tips keuangan yang bisa kamu terapkan dari buku ini adalah pembagian penghasilan. 

Di antaranya, 50% untuk kebutuhan pokok, 30% untuk keinginan atau kebutuhan sekunder, dan 20% untuk tabungan.

 

#6 Kakeibo: Seni Cerdas Finansial Ala Jepang Agar Uang Anda Tak Habis Terbuang (2020): AE Zen

buku keuangan terbaik 6

Buku Kakeibo: Seni Cerdas Finansial Ala Jepang (2020). Sumber: Gramedia.com

 

Salah satu kunci dari perencanaan keuangan yang baik adalah budgeting atau penganggaran dana.

Dalam buku Kakeibo, kamu akan mendapatkan pengetahuan tentang cara mengatur keuangan dan budgeting ala Jepang.

Metode Kakeibo ini mengajarkan bahwa uang akan terbagi menjadi beberapa bagian atau pos seperti tabungan, belanja harian, tagihan, dan lain-lain.

Setiap pengeluaran sekecil apapun harus kamu catat di buku khusus karena metode kakeibo menggunakan teknik pencatatan manual.

Artinya, pencatatan keuangan kamu lakukan dengan kertas dan pena, bukan menggunakan aplikasi pengatur keuangan.

Buku ini akan memastikan kamu tidak kehabisan uang hingga saatnya gajian datang serta bagaimana memisahkan pengeluaran primer, sekunder, bahkan tersier.

Selain menyusun budgeting dengan metode kakeibo, kamu juga bisa membuat anggaran tersendiri dengan mengikuti panduan ebook gratis dari Finansialku Cara Membuat Anggaran dengan Tepat

 

#7 Financially Fearless (2013): Alexa Von Tobel

buku keuangan terbaik 7

Buku Financially Fearless (2013). Sumber: Goodreads.com

 

Apakah kamu ingin membuat anggaran yang hemat tanpa harus melepaskan semua hal yang kamu sukai? 

Jika iya, maka buku Financially Fearless karya Alexa Von Tobel ini bisa menjadi referensi yang tepat buat kamu.

Dalam buku ini, Alexa Von Tobel akan mengajak kamu untuk menabung saat kamu mulai membaca buku bertajuk Financially Fearless ini. Kamu juga akan memahami betapa pentingnya memiliki tujuan keuangan.

Buku ini mengajarkan pembaca untuk membagi keuangan dalam tiga pos, yaitu 50/30/20. Pembagian tersebut merujuk pada rincian persentase cara membelanjakan uangmu setiap bulan.

Sebesar 50 bagian untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, 20 untuk keuangan masa depan alias menabung, dan 30 kamu belanjakan untuk hal-hal yang membawa kebahagiaan.

Dengan membaca buku ini, kamu bisa merencanakan keuangan sesuai dengan prioritas, harapan, impian, dan gaya hidup kamu. 

Kamu juga tidak lagi akan merasa kehilangan uang untuk pengeluaran yang kamu sendiri tidak tahu kemana perginya.

 

#8 Make A Plan And Get Your Financial Dreams Comes True (2018): Melvin Mumpuni

buku keuangan terbaik 8

Buku Make A Plan And Get Your Financial Dreams Comes True. Sumber: Goodreads.com

 

Siapa yang pengen mencapai semua tujuan finansial? Mulai dari beli rumah hingga mempersiapkan dana pensiun, kamu bisa menemukan caranya melalui buku ini.

Make A Plan And Get Your Financial Dreams Comes True dapat membantu mewujudkan mimpi dengan pengelolaan keuangan yang benar, serta menjadikan hidupmu lebih sejahtera.

Dengan bahasa yang sederhana, kamu akan mengetahui cara mengatur keuangan yang benar, bagaimana mengendalikan keuangan, mengecek kesehatan keuangan, dan sebagainya.

Puncaknya adalah kamu dapat mewujudkan berbagai mimpi besar dengan mulai merencanakan keuangan sedini mungkin.

Setelah membaca buku ini, kamu pasti langsung tergerak untuk membuat perencanaan keuangan yang lebih matang dan terarah. 

Uang tidak akan bisa mengendalikan kamu, sehingga kamu tidak stres mengatur pemasukan dan pengeluaran.

Selain itu, untuk mengetahui betapa pentingnya perencanaan keuangan, kamu juga bisa tonton video yang tersemat berikut ini!

 

 

#9 Personal Finance for Dummies (2012): Eric Tyson

buku keuangan terbaik 9

Buku Personal Finance for Dummies. Sumber: Openlibrary.org

 

Dari judulnya saja sudah terlihat kalau buku ini sangat ringan dan bisa semua kalangan baca, terutama bagi para pemula.

Di buku ini, kamu akan menemukan prioritas keuangan dan memahami penggunaan fasilitas keuangan yang kamu miliki dengan benar.

Personal Finance for Dummies menjadi buku panduan yang mencakup berbagai kategori termasuk penganggaran, penghematan uang, investasi, serta asuransi.

Buku ini sangat cocok untuk Sobat Finansialku yang baru saja mendapat pekerjaan atau yang ingin memperbaiki kondisi keuangan. 

Sebab, isi buku ini merupakan hal-hal mendasar yang bisa kamu aplikasikan untuk penghasilan berapapun.

Jadi, jika kamu mencari buku keuangan terbaik yang membagikan dasar-dasar mengelola keuangan, maka buku Personal Finance for Dummies dapat menjadi pilihan yang tepat.

 

#10 I Am Net Worthy (2018): Chris Smith

buku keuangan terbaik 10

Buku I Am Net Worthy (2018). Sumber: Goodreads.com

 

Rekomendasi buku yang bisa meningkatkan literasi keuangan yang terakhir adalah I Am Net Worth karya Chris Smith.

Buku ini memberikan pendekatan praktis dengan langkah-langkah yang cukup mudah kita terapkan, agar anak-anak muda dapat mengelola keuangan pribadinya.

Chris Smith memaparkan cara-cara terbaik untuk menangani tagihan seperti pinjaman pelajar, rekening tabungan, hingga kredit mobil.

Bersama dengan 9 rekan penulis yang berbeda, Smith telah menulis buku tersebut dengan mengumpulkan perspektif berbeda dari beberapa orang dengan tujuan yang sama. 

Tujuannya untuk menyebarkan pengetahuan tentang literasi keuangan.

 

Bagaimana Cara Mengelola Uang dengan Baik

Mengelola uang dengan tepat adalah kunci untuk meraih kebebasan finansial. Berikut ini beberapa tips yang dapat membantu kamu mengelola uang dengan baik.

 

#1 Buat Anggaran

Ahli keuangan menyarankan untuk membuat anggaran dengan mengalokasikan pemasukan ke dalam beberapa kebutuhan. 

Kalau perlu, buat akun rekening berbeda dari tabungan dan dana untuk kebutuhan sehari-hari.

Dengan membuat anggaran yang rinci dan jelas, kamu bisa mengetahui pola pemasukan dan pengeluaran, serta dapat memprediksi jumlah pengeluaran di kemudian hari.

 

#2 Ketahui Credit Score

Credit score yang baik akan memudahkan kamu untuk memperoleh kredit dengan suku bunga lebih rendah, misalnya dalam kartu kredit, cicilan KPR, dan sebagainya.

Untuk memperoleh credit score yang baik, pastikan kamu mengajukan kredit sesuai kemampuan finansial, sehingga kamu selalu bisa membayar tepat waktu dan tepat jumlah.

 

#3 Persiapkan Dana Pensiun dengan Maksimal

Selanjutnya, persiapkan masa depan sematang mungkin dengan merencanakan dana pensiun

Kamu bisa memilih program pensiun yang tersedia, misalnya program pensiun dari perusahaan tempat kamu bekerja, ataupun dari pemerintah.

Kamu juga bisa merencanakan dana pensiun dari hasil investasi yang memberikan benefit tinggi untuk menjamin masa pensiun yang sejahtera dan bahagia.

 

#4 Memiliki Dana Darurat

Dana darurat juga harus terpisah dari rekening sehari-hari, instrument investasi, ataupun tabungan jangka pendek. Artinya, dana tersebut harus likuid dapat cair saat kamu butuhkan. 

Adapun jumlah dana darurat yang ideal adalah 3 kali pengeluaran bulanan untuk yang masih lajang. 

Sementara untuk pasangan muda tanpa anak adalah 6 kali pengeluaran bulanan, dan 12 kali pengeluaran bulanan untuk keluarga yang sudah memiliki anak.

 

#5 Berinvestasi

Menurut ahli keuangan, berinvestasi merupakan jembatan menuju kebebasan keuangan, di mana penghasilan pasif lama kelamaan bisa mencukupi kebutuhan.

Investasi memiliki manfaat yang sangat besar, salah satunya adalah sebagai aset jangka panjang di masa depan. 

Kamu bisa mulai menyisihkan beberapa persen penghasilan untuk berinvestasi, seperti di reksa dana yang risikonya tergolong rendah.

Nah, untuk dapat memilih instrumen investasi yang tepat yang sesuai tujuan keuangan, termasuk membuat rencana keuangan berdasarkan kebutuhan, kamu bisa diskusikan bersama ahlinya!

Kabar baiknya, kamu bisa memanfaatkan layanan FREE konsultasi seputar keuangan dan investasi bersama Perencana Keuangan Finansialku selama 20 menit (seharga Rp250.000).

Ambil kesempatanmu sekarang juga dengan klik banner di bawah ini atau hubungi Customer Advisory via WhatsApp 0851 5866 2940 untuk informasi selengkapnya.

Free FCU

 

Sudahkah Kamu Mengelola Keuangan dengan Baik?

Itulah rekomendasi buku yang bisa membantu kamu untuk meningkatkan literasi finansial dan mengatur keuangan dengan lebih bijak.

Jika kamu masih kesulitan dalam mengelola keuangan, kamu bisa berdiskusi lebih lanjut bersama Perencana Keuangan Finansialku yang tersertifikasi.

Untuk menambah ilmu mengenai literasi keuangan, kamu pun bisa membaca ebook Cara Mengatur Keuangan dengan Mudah dari Finansialku. Semoga bermanfaat…

 

Disclaimer: Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan di Indonesia yang melayani konsultasi keuangan bersama Certified Financial Planner (CFP) seputar perencanaan keuangan, rencana pensiun, dana pendidikan, review asuransi dan investasi.

Finansialku bukan platform pinjaman online dan tidak menerima layanan konsultasi di luar hal-hal yang disebutkan sebelumnya. Artikel ini dibuat hanya sebagai sarana edukasi dan informasi.

 

Itu tadi rekomendasi buku keuangan terbaik yang wajib kamu baca untuk meningkatkan literasi finansial kamu.

Tuliskan pendapat kamu tentang buku-buku di atas di kolom komentar berikut ini. Bagikan juga artikel ini ke berbagai platform media sosial kamu agar informasinya dapat lebih bermanfaat bagi orang banyak. Terima kasih!

 

Editor: Muhammad Dicky Syaifudin

Sumber Referensi:

  • Andre Oliver. 06 Januari 2023. 10 Rekomendasi Buku Financial Planning untuk Tahun 2023. Glints.com – https://shorturl.at/entEV 
  • Chikita Dinda, S.A.B. 20 Agustus 2021. 5 Buku Perencanaan Keuangan Terbaik yang Wajib Dibaca. Finansialku.com – https://shorturl.at/lrGUX 
  • Fransiska Ardela, S.T. 10 November 2018. 6 Cara Terbaik Mengelola Keuangan Pribadi. Finansialku.com – https://shorturl.at/qKP78 
  • Tim Redaksi. 7 Rekomendasi Buku Keuangan untuk Tingkatkan Literasi Finansial. Noice.id – https://shorturl.at/jkS05 
  • Tim Redaksi. 11 Oktober 2023. Kenali Apa Itu Literasi Keuangan, Tingkatan dan Pentingnya. Ocbc.id – https://shorturl.at/chmMX