Bagaimana prospek saham WIRG yang akan melantai di bursa? Apakah layak untuk dibeli?

Mari kita bahas!

 

Performa WIRG sebagai Pendatang Baru di Bursa

Masuknya saham teknologi baru di lantai bursa, salah satunya perusahaan metaverse WIR Group Asia (WIRG), diharapkan jadi mesin penggerak indeks saham sektor teknologi alias IDX Technology.

Sebab, pergerakan saham di sektor ini tampak kurang menarik terutama di bursa Indonesia.

Terbukti dari IDX Technology yang masih melemah 12,08% (Ytd) per 15 Maret 2022.

Namun dengan optimisme WIRG, apakah saham teknologi ini layak dikoleksi?

Mari kita bahas potensi WIRG melalui metode Value Investing.

Jika Anda belum tahu mengenai metode ini, tonton video berikut untuk memahami value investing secara praktis.

 

Business Profile PT WIR ASIA Tbk

Perseroan dan perusahaan anak (selanjutnya disebut sebagai “WIR Group”) bergerak di bidang jasa teknologi informasi. Termasuk bidang multimedia, telekomunikasi dan periklanan.

WIRG adalah pemain terkemuka dalam teknologi realitas digital (digital reality).

Mencakup Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), dan Artificial Intelligence (AI) di Indonesia maupun di ranah internasional.

WIRG telah menyelesaikan lebih dari 1.000 proyek. Meliputi proyek pengembangan aplikasi AR, VR, dan proyek branding, untuk korporasi dari beragam sektor industri yang berada di lebih dari 20 negara.

WIRG juga memiliki 5 paten teknologi (yang terdaftar dalam lingkup teknologi AR) dan menerima berbagai penghargaan dan pengakuan.

Dalam melaksanakan kegiatan usahanya, perseroan memiliki visi untuk,

“Menyediakan dunia metaverse yang dapat dinikmati semua orang (a liveable world of metaverse for everyone)”.

Kegiatan usaha utama perseroan melalui perusahaan anak yaitu menyediakan jasa teknologi berbasis AR, dengan menggabungkan teknologi VR, AI, Internet of Things (IoT) dan teknologi pendukung lainnya.

Seperti Blockchain dan Mechatronics sebagai sarana untuk menghasilkan ide dan produk.

Sehingga memungkinkan interaksi antara dunia virtual dan dunia nyata, serta disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing konsumen.

Tahun 2021, WIRG jadi salah satu perusahaan, dan satu-satunya perusahaan dari Indonesia yang patut dicermati di tahun 2022, karena kontribusinya pada perkembangan ekosistem metaverse dunia yang dibahas di media bisnis internasional Forbes.ge.

Selain itu, perseroan juga menjadi salah satu pembicara yang mewakili Indonesia di acara ASEAN-ROK (Republic of Korea) Innovation Summit 2021 dan membicarakan dimulainya era metaverse.

[Baca Juga: Menilik Kenaikan Laba BBNI dan Rencana Ekspansi ke Metaverse!]

 

Jasa Teknologi WIRG

Perseroan melalui perusahaan anak menawarkan jasa teknologi terintegrasi yang menawarkan hal ini kepada konsumennya :

  1. Solution for Brands, menyediakan jasa dalam membangun teknologi digital reality.

Tujuannya membantu klien memberikan pengalaman interaktif terhadap konsumen atas produk-produk yang ditawarkan klien ke masyarakat untuk meningkatkan penjualan.

  1. Solution for IoT Kiosk, menyediakan layanan periklanan kreatif menggunakan teknologi ARdalam berinteraksi dengan konsumen.

Terutama pada merk-merk Fast Moving Consumer Good (FCMG).

  1. Solution for Commerce, menyediakan jaringan toko ritel virtual yang memfasilitasi gerai-gerai ritel offline untuk menawarkan produknya kepada masyarakat luas secara online dengan merek Mind Stores.

Selain menyediakan jasa teknologi, perseroan juga memiliki keunggulan kompetitif, diantaranya:

  1. Pengembangan teknologi AR yang terdepan di Indonesia dan wilayah Asia Tenggara.
  1. Perseroan memiliki posisi yang baik dalam disrupsi dan komersialisasi teknologi AR/VR/AI.
  1. Kemampuan inovasi perseroan dalam teknologi AR untuk memberi solusi kepada industri untuk beradaptasi dalam perubahan digital.
  1. Perseroan dapat mengkomersialisasi teknologi AR/VR melalui berbagai model bisnis untuk menghasilkan arus pendapatan yang visible.
  1. Perseroan didukung oleh unit konsultan strategi branding untuk memberikan jaringan brand dan klien yang luas.
  1. Perseroan telah memenangkan berbagai penghargaan di dalam dan luar negeri.

Rencana kedepannya, WIRG akan merealisasikan proyek Metaverse Indonesia, berupa dunia virtual tiga kota, yakni Jakarta, Denpasar, dan Ibu Kota Negara Nusantara.

Rencananya, proyek ini akan dibawa dan dipamerkan pemerintah ke perwakilan berbagai negara di ajang Presidensi G20 Indonesia.

Melansir sesi wawancara di kanal Youtube Mirae Asset Sekuritas, Group Executive Chairman & Co-Founder WIR Group Daniel Surya mengatakan, perusahaan diminta oleh Kominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) untuk mempersiapkan Metaverse Indonesia Platform di G20 di Bali yang diperkirakan akan launching awal November.

Anda bisa menggali informasi seputar metaverse, melalui artikel Finansialku berikut ini Apa Itu Metaverse? Begini Cara Kerjanya?

 

Rencana IPO PT WIR ASIA Tbk

Jumlah penawaran saham sebesar 2.337.090.000 lembar. WIRG memperkirakan mampu meraup dana segar sejumlah Rp 350,5 miliar hingga Rp 408,9 miliar. Rencananya, perseroan akan menggunakan dana tersebut untuk berbagai macam hal.

Saat tulisan ini diproduksi, WIRG sedang dalam masa book building, yaitu rentang 14-17 Maret 2022 dengan harga penawaran Rp 150-Rp 175. Sementara perkiraan masa penawaran umum pada 2931 Maret 2022.

WIRG juga menawarkan pemanis/warant pada IPO kali ini dengan rasio 10:3 exercise price.

 

Rencana Penggunaan Dana IPO

WIRG berencana menggunakan dana IPO untuk beberapa hal, diantaranya:

  1. Sekitar 83,54% akan digunakan oleh perusahaan anak untuk belanja modal (capital expenditure/capex) dan modal kerja atau operational expenditure (opex).

Secara terperinci, manajemen menyatakan akan mengalokasikan sekitar 18,04% ke PT Are Teknologi Kreasi (ATK).

  1. Sekitar 29,56% akan diberikan ke PT Tiga Akar Mimpi (TAM) dan 52,40% ke PT Vatar Media Raya (VMR) dalam bentuk peningkatan penyertaan modal.

7,6% akan digunakan perseroan untuk capex, 3,30% untuk modal kerja atau opex, serta 5,48% untuk pengembangan usaha atau ekspansi melalui kemitraan strategis.

Kinerja Keuangan PT WIR ASIA Tbk

Berdasarkan data rilis dari prospektus WIRG pada lama eipo.co.id, kinerja keuangan emiten cukup baik.

Aset perusahaan alami peningkatan sejak tahun 2019. Jika melihat rasio lancar perusahaan di level 1,45x, yang berarti di level aman untuk current ratio perusahaan.

Sehingga perusahaan mampu membayar kewajiban jangka pendeknya.

Posisi Keuangan WIRG

Posisi Keuangan WIRG. Sumber: Sfsekuritas.co.id

 

Pendapatan perseroan selama 3 tahun terakhir mengalami peningkatan. Pada 2021 (November) pendapatan perseroan mencapai Rp 554 miliar.

Dengan beban pokok yang juga meningkat, perusahaan mampu mencetak laba bersih senilai Rp 26 miliar, meningkat 65,10% dari 2020 (Desember).

laporan laba rugi WIRG

Posisi Keuangan WIRG. Sumber: Sfsekuritas.co.id

Jika Anda ingin tahu cara membaca laporan keuangan atau mempelajari seputar investasi saham, download ebook Petunjuk Praktis Dapat Keuntungan di Saham dari Finansialku.

Klik banner untuk download ebook-nya.

Banner Iklan Ebook Petunjuk Praktis Dapat Keuntungan di Saham - HP
Banner Iklan Ebook Petunjuk Praktis Dapat Keuntungan di Saham - PC

 

Kesimpulan

Pergerakan saham digital teknologi saat ini sangat volatile dengan fundamental yang mendukung.

WIRG akan menjadi pendatang di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan memeriahkan saham sektor teknologi.

Tidak bisa dihindari, bahwa pada awal IPO saham akan dimainkan oleh Bandar.

Tapi, jika fundamental baik dan kinerja setiap tahunnya meningkat. Serta didukung prospek cerah di era ekonomi digital, perusahaan ini menarik untuk diamati.

Tentunya, semua itu perlu diiringi kinerja yang lebih kuat, sehingga bisa terus berkembang dan masa depan yang menjanjikan.

Selain melalui ebook Finansialku, Anda juga bisa cari tahu lebih banyak tentang investasi saham melalui audiobook investasi saham. Selamat berinvestasi 😊.

banner_jangan_asal,_ketahui_ini_dulu_sebelum_investasi_saham

Disclaimer-on: Tulisan ini untuk EDUKASI, bukan SARAN INVESTASI. Penulis tidak memegang saham terkait. Penulis tidak terafiliasi dengan perusahaan yang disebutkan atau anak usaha. Penyebutan nama saham tidak bermaksud memberikan opsi buys/sell atau pun rekomendasi untuk saham tertentu. Artikel menunjukkan fakta dan analisa dari penulis. Berdasarkan laporan keuangan dan diambil dari sumber dianggap terpercaya. Data dapat berubah tergantung kondisi. Seluruh tulisan dan tanggapan adalah opini pribadi.

 

Sobat Finansialku, apakah Anda tertarik untuk mengoleksi emiten saham ini? Jika Anda memiliki opini pribadi, silakan tulis pada kolom dibawah ini.

Jangan lupa, share informasi ini pada rekan-rekan investor lainnya. Terima kasih.

 

Editor: Ismyuli Tri Retno

Sumber Referensi: Kontan.co.id, Market.bisnis.com, CNN Indonesia, RTI, Stockbit, IDX.co.id, E-ipo.co.id.