Apa saja hal yang perlu diperhatikan ketika membeli HP baru? Tentunya, ada beberapa tips beli HP baru agar tidak merugi yang perlu diperhatikan. 

Biar bisa menerapkan konsep smart buying, ikuti tips Finansialku kali ini, yuk!

 

Summary

  • Kita harus menyesuaikan dan merencanakan dana untuk membeli HP dengan kondisi keuangan.
  • Usahakan untuk bersabar dengan menabung dan tidak membeli HP secara kredit atau cicilan karena akan memberatkan kita dalam pembayaran.

 

Menabung untuk Beli HP dengan Konsep Money Management

Untuk beli HP baru, dibutuhkan modal yang cukup, meskipun HP saat ini adalah sebuah kebutuhan. Tetap saja harganya masih mahal dan butuh beberapa waktu untuk beberapa orang mengumpulkan uang.

Di sinilah perencanaan dana membeli barang dibutuhkan untuk membantu money management seseorang.

Cara mengatur uang sangat berpengaruh untuk seseorang dapat membeli sesuatu yang Ia inginkan sesuatu target yang ia buat.

Kamu dapat membuat perencanaan keuangan dengan membagi jumlah dari harga ponsel yang akan dibeli dengan estimasi waktu menabung.

Misalnya saja, harga ponsel yang ingin dibeli adalah sekitar Rp 6 jutaan dalam jangka waktu 3 bulan. Sehingga kamu dapat membuat rencana jumlah uang tersebut dibagi 30 hari.

Atau untuk mempermudah kamu mengetahui berapa dana yang kamu kumpulkan, kamu bisa menggunakan fitur ‘Dana Beli Barang’ di Kalkulator Finansialku di link ini.

dana beli hp

 

Setelah kamu mengetahui jumlahnya, jangan lupa untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran agar kamu mengetahui ke mana arah uang kamu.

Cara tersebut membantu supaya orang yang ingin beli HP baru tidak boros dan mengetahui urgensi ke mana uangnya akan digunakan.

Selain itu, dana untuk membeli HP bisa disisihkan dan tidak hilang untuk hal lain.

Jangan lupa untuk disesuaikan dengan kemampuan keuangan masing-masing. Jika dirasa masih memberatkan menabungnya, maka bisa dilonggarkan menjadi 4 bulan, dan seterusnya. 

Kamu juga bisa mencari tambahan pemasukan dengan melakukan pekerjaan sampingan supaya dana beli HP bisa cepat terkumpul. Untuk panduan lengkapnya, yuk baca ebook berikut ini supaya makin paham!

Banner Iklan Ebook Strategi Cerdas Menambah Pemasukanmu - PC
Banner Iklan Ebook Strategi Cerdas Menambah Pemasukanmu - HP

 

Selanjutnya, sembari menunggu uang terkumpul jangan lupa untuk selalu mengecek informasi terkait HP. Cek merek, kualitas, dan kira-kira jenis HP apa yang diinginkan yang sesuai dengan budget terkumpul nantinya.

Cara ini juga dapat membuat seseorang yang beli HP baru. lebih menghargai setiap uang yang dikeluarkan.

Apalagi nantinya orang akan berhati-hati menggunakan ponsel barunya yang dibeli dengan hasil tabungannya sendiri.

 

Tips Membeli HP Baru

Ketika ingin beli HP baru, seseorang harus memperhatikan beberapa hal di bawah ini agar tidak sampai merasa rugi membelinya.

 

#1 Preferensi Personal

Yang paling utama ketika ingin beli HP baru adalah selera ataupun preferensi personal pembelinya. Agar tahu ingin membeli ponsel yang seperti apa, maka preferensinya harus jelas dan sesuai selera.

Biasanya ada seseorang yang lebih menyukai HP A daripada B, sehingga ia akan mencari HP A untuk memuaskan preferensinya.

Hal ini membuat seseorang lebih puas karena sesuai dengan apa yang diharapkan dan diinginkan.

Hal ini juga berhubungan dengan merek apa dan model seperti apa yang lebih dipercaya dan dikenal pembeli. Sehingga pembeli akan cenderung membeli apa yang ia percaya dan ikuti.

[Baca Juga: Beli Barang Baru vs Beli Barang Bekas: Mana Pilihanmu?]

 

#2 Toko yang Terpercaya

Untuk menjaga agar tetap tenang mengeluarkan uang untuk beli HP baru, belilah di toko yang memang terpercaya.

Membeli di toko yang memang sudah menjadi langganan atau dengan rating dan opini masyarakat yang baik.

Hal ini membantu pembeli lebih leluasa dan tidak bertanya-tanya atas barang yang ia beli. Sehingga pembeli juga bisa puas dengan ponsel yang telah dibeli tadi pada toko yang ia percaya.

Membeli di toko yang terpercaya juga menghindari kasus-kasus penipuan pembelian yang marak terjadi. Hal ini biasa terjadi pada online shop, jadi disarankan untuk melihat rating dan ulasannya.

 

#3 Harga yang Sesuai

Ini merupakan poin yang sangat penting ketika kita membeli suatu barang, yaitu harga yang sesuai.

Belilah sesuatu sesuai budget atau anggaran yang sudah dibuat sejak awal agar tidak melebihi kapasitas keuangan kamu.

Sesuaikan dana yang kamu miliki dengan harga ponsel yang ingin kamu beli. Pilihlah harga yang lebih terjangkau dengan spesifikasi yang kamu inginkan.

 

#4 Spesifikasi

Jangan lupa ketika beli HP baru, untuk melihat spesifikasi apa saja yang ditawarkan oleh ponsel tersebut. Apakah kira-kira spesifikasinya sama dengan yang diharapkan dan linear dengan harganya?

Biasanya, ketika membeli HP orang-orang akan cenderung melihat prosesor apa yang digunakan, berapa kapasitas baterai, serta fitur apa yang ada pada HP, kualitas kamera dan suara, dan kapasitas penyimpanan yang ditawarkan.

[Baca Juga: Sudah Punya Aksesoris Smartphone yang Unik dan Kekinian Ini?]

 

#5 Ketersediaan di Pasarnya

Penting untuk memperhatikan ketersediaan di pasar karena jika ponsel yang kamu beli terbatas, maka sparepart-nya juga akan sulit ditemukan.

Sehingga, jika terjadi sesuatu dengan ponsel kamu, akan susah untuk mencari tempat yang bisa membetulkannya. Oleh karena itu, pilihlah HP yang masih banyak tersedia di pasaran.

 

#6 Klaim yang Ditawarkan

Memperhatikan klaim yang ditawarkan seperti garansi toko atau garansi lainnya. Agar jika terjadi sesuatu, klaim tadi bisa berguna membantu kamu dan ponsel yang kamu beli.

Perhatikan pula apakah klaim tersebut benar dengan kenyataannya atau hanya salah satu strategi marketing saja. 

 

#7 Brand Image Merek

Hal penting lainnya adalah perhatikan brand image pada merek ponsel yang akan kamu beli. Apakah terkenal dengan kualitasnya? Ataukah memang memiliki image positif di mata masyarakat?

Mengapa ini penting? Hal ini sebenarnya terkait dengan preferensi personal. Tetapi jika brand tersebut memang positif di masyarakat, maka produk yang dijual memang bagus.

Sehingga tidak perlu merasa menyesal untuk membeli barang yang ditawarkan oleh merek tersebut. 

 

HP Apa Saja yang Penting Nyaman dan Sesuai Kemampuan Finansial

Pada akhirnya, kesimpulan yang paling bisa diterima adalah beli HP baru yang membuat penggunanya merasa nyaman. Apa saja ponsel yang ingin kamu beli, utamakan kenyamanan pribadi atas barang tersebut.

Kamu tidak ingin merasa terpaksa dan tidak nyaman ketika menggunakannya, kan? Padahal sudah mengeluarkan banyak uang untuk membelinya.

Jadi akan lebih baik untuk membeli sesuatu karena nyaman dan cocok untuk kamu. Jangan lupa pula perhatikan dana yang harus dikeluarkan untuk membeli HP.

Ketika beli HP baru, kamu juga bertanggung jawab atas bagaimana pengelolaan uang untuk rencana membeli HP. Lebih baik bersabar sedikit dengan menabung, dibanding melakukan pembayaran lewat cicilan.

Karena hal tersebut akan lebih mudah dan tidak menyebabkan utang cicilan yang menumpuk di ke depannya. 

 

Itulah beberapa tips dan hal yang harus diperhatikan ketika akan beli HP baru. Semoga hal tersebut dapat membantu kamu menentukan pilihan. Jika kamu memiliki pertanyaan, silakan tulis pada kolom di bawah ini. Terima kasih. 

 

Editor: Ratna SH

Sumber Referensi: 

  • Restu Aji Siswanto. 7 Februari 2022. 6 Tips Membeli Hp Murah Berkualitas Tanpa Rugi. Pricebook.co.id – https://bit.ly/3IhqLcz