Apakah kamu sedang memikirkan untuk resign? Bagaimana caranya supaya kamu resign dengan perasaan yang tenang dan aman?

Yuk simak, Finansialku akan memberikan tips seputar resign biar kamu tidak menyesal di kemudian hari.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Perihal Resign

Resign atau sering juga disebut berhenti bekerja sudah sering terjadi di berbagai macam perusahaan. Resign ini juga banyak sekali pemicu, dari yang alasannya bersifat internal maupun eksternal.

Apapun alasan kamu untuk resign, tidak ada salahnya untuk mempersiapkan dan merencanakan perihal resign kamu ini. Banyak sekali orang yang resign tanpa adanya rencana yang matang.

Jika kamu ingin resign, pastikan kamu sudah merencanakan apa yang akan kamu lakukan setelah kamu resign. Jangan hanya kamu resign tanpa adanya rencana yang matang.

Info Penting! Sebelum Kamu Sudah Siap Untuk Resign 01

[Baca Juga: 3 Contoh Surat Resign Resmi yang Baik dan Benar]

 

Resign tanpa rencana yang matang ini sering kali menjadi masalah yang akan muncul selanjutnya. Maka dari itu, ketika kamu akan resign pastikan kamu sudah memiliki rencana sesudahnya apa yang akan kamu lakukan.

Terlepas dari alasan mengapa kamu akan resign, kamu juga harus mulai merencanakan apa yang akan kamu lakukan setelah resign. Kebanyakan orang pasti bingung apa yang akan dilakukan selanjutnya setelah resign.

Kebanyakan orang pasti akan langsung mencari pekerjaan yang baru setelah resign. Tapi, apakah kamu sadar? Bahwa setelah kamu resign, belum tentu keesokan harinya kamu akan mendapatkan kerjaan, jika kamu baru mencari pekerjaan baru setelah kamu resign.

Ada juga beberapa orang yang resign karena ingin memulai bisnis yang baru. Tapi, apakah kamu sadar bahwa memulai bisnis pasti membutuhkan yang Namanya modal, research dan juga kemampuan kita membaca peluang pasar.

Membuka bisnis baru pun tidak semudah membalikkan telapak tangan, pasti kamu akan mengalami keuntungan dan kerugian. Maka dari itu, rencanakanlah matang-matang apa yang akan kamu lakukan atau kerjakan setelah kamu resign.

Banyak sekali orang yang resign menganggap bahwa setelah resign pasti ada perusahaan yang akan meng-hire orang tersebut, terlebih lagi jika kamu sudah memiliki pengalaman yang cukup lama.

Dengan bermodal kepercayaan diri yang tinggi, kamu tetap saja merasa resign tanpa rencana yang matang tidak akan merusak kehidupan kamu sekarang, apalagi merusak keuangan kamu.

Padahal, mencari pekerjaan baru bukanlah perkara mudah juga, maka kamu sudah paham betul kan bagaimana sulitnya mencari pekerjaan baru. Saat kamu resign, ada beberapa hal yang harus kamu siapkan.

Jika tidak kamu siapkan dan juga rencanakan, kamu pasti akan kewalahan dan merasa tidak siap ketika masa sesudah resign ini mulai berjalan. Terlebih lagi, yang sering menjadi sorotan adalah masalah keuangan.

Banyak sekali orang yang mudah tersinggung dengan masalah keuangannya. Maka dari itu, jika kamu ingin merencanakan untuk resign, pastikan kamu sudah melakukan hal-hal berikut.

 

Lakukan Hal Ini Sebelum Kamu Resign

Buat kamu yang sudah kebelet ingin resign, saatnya kamu lakukan hal berikut untuk membuat masa-masa kamu sesudah resign menjadi masa yang menyenangkan dan aman.

 

Langkah #1 Sebelum Resign, Cek Kesehatan Keuangan Kamu

Entah karena atasan yang tidak memberikan apresiasi atau lingkungan kerja yang toxic, apapun alasannya, kamu harus lakukan hal berikut sebelum kamu resign. Langkah pertama, sebelum kamu membulatkan niat untuk resign, cek dulu kesehatan keuangan kamu.

Kamu bisa cek kesehatan keuangan di aplikasi Finansialku atau di https://cek.finansialku.com untuk mengetahui posisi keuangan kamu. Paling penting, kamu harus mengidealkan rasio likuiditas kamu terlebih dahulu.

Rasio likuiditas ini adalah berapa banyak aset likuid yang kamu miliki, sehingga keuangan kamu bisa disebut aman. Rasio likuiditas ini biasanya dihubungkan dengan dana darurat, apakah kamu sudah memiliki dana darurat yang cukup atau belum.

Info Penting! Sebelum Kamu Sudah Siap Untuk Resign 02

[Baca Juga: Jangan Salah! Gini Cara Mengurus Iuran BPJS Setelah Resign Kerja]

 

Kalau sudah, berarti kamu sudah memiliki yang Namanya keamanan keuangan, masa sesudah resign kamu pun akan terasa aman. Tetapi jika belum, coba kamu pikirkan lagi, apakah dengan tidak adanya dana darurat ini akan mengganggu kehidupan kamu setelah resign?

Jika iya, maka tahan dulu keinginan kamu untuk resign dan pastikan ketika kamu resign kamu sudah langsung memiliki pekerjaan yang baru.

 

Langkah #2 Punya Utang?

Untuk kamu yang masih memiliki utang dan cicilan coba kamu cek dulu, apakah setelah kamu resign, kamu masih bisa membayarnya? Jika kamu tidak bisa membayarnya dan kebingungan, lebih baik urungkan niat kamu untuk resign.

Lebih baik kamu bertahan hingga urusan utang dan cicilan kamu selesai sambil mencari kesempatan baru yang lebih memberikan keuntungan untuk kamu.

Sibukkan diri kamu dengan bekerja secara fokus, ketika kamu fokus akan kerjaan, kamu akan melupakan masalah yang menjadi akar permasalahan dari kamu ingin resign.

 

Langkah #3 Kalau Sakit, Mau Berobatnya Bagaimana?

Ketika kamu bekerja, kamu masih tenang-tenang saja ketika kamu jatuh sakit karena ada kantor yang akan membiayai kamu ketika berobat. Lalu, saat kamu resign, siapa yang akan menanggung biaya berobat kamu?

Coba, kamu cek terlebih dahulu apakah kamu sudah memiliki asuransi yang cukup untuk melindungi kamu ketika kamu resign? Jika belum, maka kamu harus mencari asuransi yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Jangan sampai, masa setelah resign adalah masa-masa yang terberat karena ketika sakit kamu tidak memiliki perlindungan sama sekali. Yang Namanya sakit tidak bisa kita prediksikan, maka pastikan kamu sudah memiliki perlindungan yang cukup.

 

Langkah #4 Jika Ingin Memulai Bisnis, Pastikan You Know Where to Start First

Jika kamu yang ingin mulai berbisnis, maka kamu harus tahu apa yang harus kamu lakukan terlebih dahulu. Banyak sekali orang yang ingin berbisnis tetapi tidak tahu apa yang harus dilakukan terlebih dahulu.

Sering sekali, saat memulai bisnis, banyak orang yang gagal dan berhenti karena tidak memiliki modal yang cukup. Maka, penting untuk kamu menghitung kebutuhan modal kamu berapa.

Pisahkan modal bisnis dengan dana darurat karena kedua hal tersebut adalah dua hal yang berbeda. Maka, pastikan kamu sudah tahu apa yang akan kamu lakukan pertama kali terkait dengan bisnis kamu ya.

 

Sebelum Resign, Pastikan Kamu Sudah Mendapatkan Keamanan Keuangan

Jadi, apakah keempat langkah tersebut sudah kamu persiapkan? Jika belum, ada baiknya kamu mempersiapkan keempat hal tersebut dan mulai merancang perencanaan yang matang untuk resign.

Jika sudah, maka kamu sudah siap untuk resign dan memulai langkah yang baru dalam kehidupan kamu. I wish nothing but luck for your life!

Buat kamu yang masih bingung apakah keempat hal tersebut sudah kamu laksanakan, kamu bisa membaca ebook mengenai perencanaan keuangan untuk usia 20 an di bawah ini.

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Jika kamu masih bingung tentang pengaturan keuangan dan bingung juga mengenai cek kesehatan keuangan kamu. Kamu bisa langsung bertanya ke perencana keuangan langsung dari aplikasi finansialku.

Kamu bisa langsung berkonsultasi dengan perencana keuangan dan mendapatkan solusi untuk permasalahan keuangan kamu.

 

Setelah membaca artikel ini, saya yakin kamu telah mengetahui apakah kamu sudah siap untuk resign atau belum.

Bagikan informasi ini kepada teman atau saudara Anda yang belum mengetahui tentang bagaimana caranya mempersiapkan diri kamu untuk resign. Semoga bermanfaat!

 

Sumber Gambar:

  • Siap Resign 01 – https://bit.ly/2sIjRvw
  • Siap Resign 02 – https://bit.ly/2PyYPbU