Pemerintah akan segera membuka pendaftaran CPNS 2021 untuk 1.275.287 ASN. Supaya berhasil lolos tes, BKN siapkan simulasinya dulu. Ikut yuk!

Ketahui selengkapnya dalam artikel Finansialku berikut.

 

Sebelum Tes CPNS 2021, ini Cara Daftar Simulasi CAT BKN

Menjelang periode pendaftaran dan tes CPNS 2021, Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyediakan fasilitas simulasi tes berbasis computer assisted test (CAT).

Dengan tersedianya CAT tersebut, calon peserta bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik. Simulasi CAT BKN ini dapat diakses secara online oleh seluruh masyarakat di Indonesia, melalui laman cat.bkn.go.id/simulasi.

Dalam portal tersebut, disajikan sejumlah soal yang mencakup materi yang akan diujikan dalam seleksi kompetensi dasar (SKD).

Simulasi CAT BKN ini diharapkan dapat membantu masyakarat mengenal sistem yang akan digunakan saat tes dan belajar tipe soal yang akan diujikan saat SKD.

 

Cara Daftar Simulasi CAT BKN

Bagi Sobat Finansialku yang ingin menjajal simulasi ini, tentu, harus mendaftarkan diri terlebih dulu. Perlu diketahui, BKN memberikan batasan kuota setiap harinya, yang hanya sebanyak 2.500 orang pendaftar per harinya.

Namun, bagi Sobat Finansialku yang telah mempunyai akun, dapat mengakses simulasi CAT kapan saja.

Siap-siap Seleksi CPNS 2021, Ikut CAT BKN Dulu Yuk! 02

[Baca juga: Format Contoh Surat Lamaran CPNS yang Benar]

 

Melansir situs resmi, akses laman cat.bkn.go.id/simulasi, kemudian pilih ‘Daftar Gratis’ di bagian kanan bawah.

Terdapat beberapa data yang harus dipenuhi saat melakukan pendaftaran akun di situs simulasi CAT BKN.

Data tersebut meliputi:

  • Nama lengkap
  • E-mail
  • Password
  • Konfirmasi password
  • Tempat lahir
  • Tanggal lahir
  • Jenis kelamin
  • Verifikasi captcha

 

Setelah mengisi data tersebut, klik Simpan dan akan muncul konfirmasi email yang menanyakan kebenaran alamat e-mail yang diisikan.

Jika memang telah benar, klik ‘EMAIL SAYA SUDAH BENAR’.

Proses pembuatan akun akan berlangsung, dan setelah berhasil dapat login dengan e-mail dan password untuk mengikuti simulasi.

 

banner -perencanaan keuangan 20an (1)

 

Kuota ASN atau CPNS 2021

Di tahun 2021 ini pengadaan calon ASN atau CPNS mencapai 1.275.387. Dari total tersebut, sebanyak 83.669 formasi untuk pemerintah pusat dan instansi pemerintah daerah 1.191.718.

Jumlah ini disebut sudah mencakup guru PPPK sebanyak 1.002.616, serta PPPK non guru dan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebanyak 119.094 formasi. Baca juga lowongan CPNS 2021 dibuka lebih dari tahun lalu.

Adapun jabatan dengan alokasi penetapan terbanyak untuk 2021 bagi pemerintah kabupaten kota adalah guru termasuk guru kelas, guru guru BK, guru TIK, dan guru seni budaya.

Terkait dengan lokasi seleksinya, Kementerian PANRB bersama BKN masih belum menentukan lokasi seleksi CPNS dan PPPK di tahun ini.

Namun intinya, seleksi akan dilaksanakan di kantor pusat BKN, kantor regional BKN, Unit Pelaksana Teknis (UPT) BKN, dan tempat-tempat tes tambahan baik itu yang dibiayai oleh BKN maupun yang dibiayai mandiri oleh instansi.

 

Sobat Finansialku sudahkah menyiapkan diri untuk daftar CPNS 2021, biasanya apa yang kalian lakukan? Yuk berbagi pengalaman lewat kolom komentar di bawah ini

Bagikan informasi ini lewat berbagai platform yang tersedia, kepada kawan atau sanak-saudara mu, agar mereka juga tahu apa yang kamu ketahui.

 

Sumber Referensi:

  • Mela Arnani. 29 April 2021. Siap-siap Seleksi CPNS 2021, Ikuti Simulasi CAT BKN, Ini Cara Daftarnya. Kompas.com – https://bit.ly/3e4sfe7
  • Fitri Asta Pramesti. 30 April 2021. Cara Daftar Simulasi CAT CPNS 2021 dari BKN. Suara.com – https://bit.ly/2QLOjkO
  • Maulandy Rizky Bayu Kencana. 30 April 2021. Pendaftaran CPNS 2021 dan PPPK Lebih Praktis, Tak Perlu Repot Unggah Dokumen. Liputan6.com – https://bit.ly/3vBvzUd

 

Sumber Gambar:

  • 01 – https://bit.ly/3e2PYeI
  • 02 – https://bit.ly/3gPcXM5