Untuk kamu yang rindu perjalanan ke luar negeri, yuk siapkan dulu asuransi perjalanan sebagai proteksi kamu supaya selalu aman.

 

Summary

  • Beberapa destinasi luar negeri sudah menerima turis di masa pandemic yang belum usai. Seperti Turki dengan kebijakan bebas visa dan Singapura dengan jalur khusus VTL (vaccinated travel lane).
  • Saat melakukan perjalanan ke luar negeri, kita harus memiliki asuransi pribadi. Salah satunya adalah asuransi perjalanan.
  • Asuransi perjalanan saat ini rata-rata sudah memberikan Covid Protection apabila sampai terjadi klaim di negara tujuan.

 

Rindu Perjalanan ke Luar Negeri

Siapa sih yang kangen liburan ke luar negeri? Semenjak munculnya varian baru Covid-19 yaitu Omicron, peraturan perjalanan ke luar negeri semakin diperketat.

Semua WNI yang akan melakukan perjalanan ke luar negeri harus mematuhi protokol kesehatan dengan sangat ketat serta memperhatikan regulasi atau kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Tapi, di balik peraturan pengetatan perjalanan ke luar negeri, beredar kabar gembira dari beberapa negara destinasi wisata favorit di masa pandemi, seperti Turki dan Singapura.

Pemerintah Turki memberikan bebas visa bagi para WNI yang akan melancong ke sana maksimal 30 hari, lho! Tentu ini menjadi pemanis bagi beberapa orang yang ingin merasakan nuansa Asia dan Eropa dalam satu tempat, bukan?

Travel in 2022

Ilustrasi Pergi ke Luar Negeri. Sumber: Unsplash

 

Lalu, Singapura mulai membuka kembali perbatasannya untuk turis berbagai negara, termasuk turis dari Indonesia. Bukan hanya mereka yang pergi ke Singapura untuk tujuan bisnis maupun medis, turis tujuan wisata pun sudah diperbolehkan memasuki Singapura.

Ya, sekarang turis Indonesia bisa memasuki Singapura melalui jalur khusus vaksinasi atau vaccinated travel lane (VTL) Singapore-Indonesia. Sistem ini memungkinkan kamu yang telah tervaksinasi dosis penuh, memasuki Singapura tanpa perlu karantina sama sekali.

Namun, syaratnya bukan hanya telah tervaksinasi Covid-19 secara penuh saja, tapi ada beberapa syarat lain yang harus turis penuhi, yaitu menunjukkan bukti kepemilikan asuransi kesehatan dengan cakupan biaya perawatan dan biaya rumah sakit COVID-19 di Singapura, minimal coverage sebesar SG$ 30.000 (Rp 319 juta).

Asuransi ini diperlukan untuk berjaga-jaga apabila nantinya harus melakukan rawat inap dan pengobatan lainnya terkait Covid-19.

Nah, apakah kamu sudah memenuhi syarat perjalanan ke luar negeri tersebut?

 

Siapkan Proteksi Perjalanannya: Mana yang Ideal Buat Saya?

Pandemi belum usai, dan varian baru terus bermunculan. Kita pun khawatir kalau-kalau varian Omicron menjadi pemimpin baru pandemi 2022.

Oleh karena itu, memiliki sesuatu yang bisa melindungi kita adalah suatu keharusan di masa ini. Proteksi atau perlindungan tersebut yaitu asuransi.

Seperti yang kita singgung di atas, untuk melakukan perjalanan ke luar negeri, kita harus memiliki asuransi pribadi. Selain asuransi Kesehatan, asuransi perjalanan juga penting, lho!

Namun, nggak usah khawatir, karena asuransi perjalanan saat ini rata-rata sudah memberikan Covid Protection apabila sampai terjadi klaim di negara tujuan.

Asuransi perjalanan dapat memberikan rasa aman dan perlindungan dari hal-hal yang tidak kita inginkan selama perjalanan.

Selain itu, beberapa hal yang bisa terjadi seperti kerusakan dan kehilangan bagasi, penundaaan sampai pembatalan penerbangan, kecurian kartu kredit dsb, bahkan sampai risiko kecelakaan yang bisa terjadi selama bepergian bisa kita lindungi.

Yang terbaru, asuransi perjalanan sudah pasti memberikan perlindungan medis akibat Covid-19.

Berikut ini adalah contoh Asuransi Perjalanan yang sudah menambahkan klausal perlindungan medis karena Covid-19.

Travel in 2022 - 2

Contoh Klausul Asuransi Perjalanan

 

Tentunya kita nggak bisa memilih asuransi perjalanan secara asal, karena kamu nggak mau, ‘kan, bayar premi yang tergolong mahal, tapi sebenarnya polisnya nggak cocok dengan kamu?

Biar pas dan sesuai dengan kebutuhan dan budget, banyak yang harus kamu pertimbangkan, salah satunya adalah berapa lama kamu akan liburan.

Nggak perlu bingung pertimbangkan sendirian, karena kalau kamu adalah pengguna aplikasi Finansialku premium, artinya kamu bisa langsung konsultasi dengan saya lewat fitur ‘Konsultasi Keuangan’ GRATIS.

Jangan sampai salah pilih dan akhirnya malah merugikan diri sendiri. Segera hubungi saya lewat aplikasi Finansialku sekarang. Saya yang tunggu, ya!

Download Aplikasi Finansialku Sekarang!!

Download Aplikasi Finansialku

 

Semoga Sobat Finansialku yang memutuskan untuk ke keluar negeri, sudah memperhitungkan semua kemungkinan yang terjadi, mulai dari segi finansial, waktu, sampai emosional, ya!

Jangan lupa, ketika pulang ke Indonesia nanti, tetap patuhi proses karantina yang sudah ditetapkan pemerintah, ya! Selamat berlibur!

 

Editor: Ratna SH

Apakah kamu punya tips memilih asuransi perjalanan yang bisa diberikan kepada Sobat Finansialku lainnya? Kalau ada, beri tahu kami lewat kolom komentar, ya!

Jangan lupa untuk bagikan informasi kepada teman-teman atau keluarga agar mereka juga tahu kabar yang cukup menggembirakan ini. Terima kasih!