Berapa anggaran untuk Dana Pernikahan? Pernikahan adalah salah satu impian bagi sebagian besar orang. Banyak orang yang menginginkan pernikahan menjadi momen yang special, karena momen ini hanya terjadi sekali dalam seumur hidup.

weddingday-rubber-stamps

 

Berikut ini ada contoh video mengenai momen-momen special yang bisa menjadi inspirasi Anda. Ada sepasang kekasih yang menikah di Bali.

 

Video di atas salah satu contoh video pernikahan yang romantis di Bali. Anda bisa kok melakukannya Apapun temannya (Balim Jepang, Adat dan lain-lain), Kapanpun waktunya (setahun lagi, dua tahun lagi) dan Berapapun biayanya (50jt, 500jt, atau lebih). Biasanya kata spesial merujuk pada sebuah harga yang perlu kita bayar. Kira-kira bagaimana cara kita melakukan perencanaan pernikahan?

 

Step 1 Merencanakan Pernikahan : Membuat Anggaran

Cara yang paling sederhana adalah membuat anggaran pernikahan. Berikut ini adalah contoh anggaran biaya pernikahan. Anda dapat menghubungi konsultan pernikahan (wedding planner) untuk mendapatkan lebih detilnya. Berikut ini contoh, data tidak dapat dijadikan patokan.

harga

Dari anggaran tersebut ada baiknya Anda tambahkan 20% untuk dana cadangan. Anda tidak mungkin mau rencana Anda mengalami kendala kan? Ada baiknya cadangkan tambahan dana. Pada simulasi di atas tidak ditambahkan anggaran cincin pernikahan, karena harga cincin pernikahan bisa bervariasi sesuai dengan keinginan pasangan. Anggap saja harga cincin pernikahan Rp 20.000.000. Total biaya pernikahan adalah (Rp 100.000.000 + Rp 20.000.000) x (100%+20%) = Rp 144.000.000.

 

Step 2 Merencanakan Pernikahan :

punya-budget-pesta-pernikahan-pertimbangkan-hal-ini-finansialku

[Baca juga : Berapa yang Harus Disiapkan untuk Uang Sumbangan Pernikahan ?]

 

Mulai Berinvestasi untuk Dana Pernikahan

Tahap kedua adalah mulai mempersiapkan dana pernikahan. Dana pernikahan dapat disesuaikan dengan waktunya. Contoh pada kasus ini, perkawinan akan dilaksanakan 2 tahun lagi. Dengan asumsi kenaikan biaya (inflasi) per tahun 10% maka biaya pernikahan 2 tahun lagi adalah Rp 174.240.000. Tantangan selanjutnya adalah memilih investasi apa yang sesuai?

Dalam kasus ini melihat waktu menuju pernikahan 2 tahun lagi, dapat dikatakan perencanaan pernikahan adalah tujuan jangka menengah (1-3 tahun). Tentunya Anda harus mempersiapkan dana pernikahan pada investasi-investasi yang aman dan dapat mempertahankan dana. Berdasarkan perhitungan Penulis, dengan simulasi ini Anda dapat menabung sebesar 6.719.000 per bulan. Sebagai simulasi Penulis memilih reksadana campuran dengan tingkat pengembalian 8% per tahun.

Pemilihan keputusan produk investasi, sebaiknya Anda konsultasikan dengan perencana keuangan Anda, manajer investasi atau konsultan investasi di bank Anda.

 

Step 3 Merencanakan Pernikahan :

Pantau Perkembangan Dana Pernikahan

Suatu momen yang indah memerlukan pengorbanan. Jangan sampai Anda lengah. Apabila tingkat pengembalian tidak sesuai dengan yang diharapkan, sebaiknya Anda membuat rencana baru.

 

Step 4 Merencanakan Pernikahan :

Revisi Dana atau Alokasi Dana

Meneruskan step 3, di step keempat ini, adalah melakukan perbaikan atas alokasi dana atau perhitungan jumlah dana yang harus diinvestasi.

 

 

Semoga tulisan ini dapat membantu Anda mempersiapkan dana Pernikahan. Apapun tema pernikahannya, Kapanpun waktunya dan Berapapun biayanya Anda pasti bisa mewujudkan pernikahan yang Anda impikan.