Simak perhitungan kredit motor Syariah berikut ini bagi Anda yang ingin mengajukan kredit motor tanpa riba.

Kredit motor syariah menjadi angin segar untuk Anda yang ragu dengan sistem kredit konvensional. Selain mudah, kredit satu ini juga dijamin tanpa riba.

Simak pembahasan berikut untuk mengetahui informasi selengkapnya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Motor, Kendaraan Sejuta Umat di Indonesia

Indonesia masih bertengger di predikat salah satu negara dengan tingkat kemacetan tertinggi di dunia. Bahkan, tahun lalu, Tom Tom Indeks sempat menempatkan Jakarta di posisi 10.

Imbas dari kemacetan itu, masyarakat memilih menggunakan alat transportasi yang lebih mudah digunakan melaju di kemacetan, yakni sepeda motor.

Sepeda motor dipilih lantaran memiliki ukuran ramping. Selain itu, faktor harga yang terjangkau juga membuat alat transportasi satu ini begitu diminati.

Untuk memiliki sepeda motor baru, saat ini orang-orang tidak harus membayar secara cash. Sebab, ada fasilitas kredit yang memungkinkan pembeli membawa pulang benda yang diinginkan dengan uang muka dan beberapa syarat.

Ini Simulasi Perhitungan Kredit Motor Syariah. Anti Riba! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Produk Kredit Syariah Mobil dan Simulasinya. Beneran Tanpa Riba?]

 

Salah satu jenis kredit yang diminati saat ini adalah kredit motor syariah. Layanan satu ini menjadi angin segar bagi mereka yang masih enggan menggunakan layanan kredit konvensional.

Selain anti riba, mengikuti tuntunan syariat juga berarti bentuk ketaatan kepada Tuhan.

Kredit motor syariah memberi pengalaman kredit yang lebih menyenangkan dibanding sistem lainnya. Hal itu karena pembeli diberi gambaran keuntungan yang diterima perusahaan dengan jelas. Hal tersebut sejalan dengan prinsip murabahah.

 

Simulasi Perhitungan Kredit Motor Syariah

Kredit motor syariah cukup berbeda dengan kredit motor konvensional. Salah satu perbedaannya terletak pada transparansi keuntungan yang diterima perusahaan.

Berikut adalah simulasi dan beberapa informasi tambahan yang patut Anda ketahui mengenai kredit motor syariah:

 

#1 Simulasi Kredit Motor Syariah

Berikut adalah simulasi Kredit Motor Syariah:

Ini Simulasi Perhitungan Kredit Motor Syariah. Anti Riba!

 

Dari gambar di atas, dapat dipahami bahwa semua aspek dalam kredit dituliskan dengan jelas, sehingga tidak ada miskomunikasi. Dengan sistem yang lebih transparan, kredit motor syariah banyak di gunakan masyarakat.

 

#2 Syarat dan Ketentuan Pengajuan Kredit Motor Syariah

Untuk bisa mengajukan kredit motor syariah, ada beberapa hal yang harus Anda penuhi. Secara umum, persyaratan ini tidak akan menyulitkan.

Berikut beberapa syarat pengajuan kredit motor syariah yang harus Anda penuhi:

 

#1 Memiliki Riwayat Kredit yang Baik

Jika Anda ingin mengajukan kredit menggunakan sistem ini, Anda harus menunjukkan bukti bahwa riwayat kredit Anda bersih.

Hal tersebut meliputi kepatuhan terhadap tenor dan menyelesaikan pembayaran dengan teratur. Jika hal ini sudah Anda miliki, maka Anda boleh bernapas lega karena kemungkinan besar kredit Anda akan disetujui.

 

#2 Berpenghasilan Cukup

Tak hanya kredit motor syariah, bahkan dalam kredit motor konvensional, Anda diwajibkan memiliki penghasilan tetap sebagai jaminan bahwa Anda mampu menyelesaikan pembayaran.

Hal tersebut didukung riwayat kredit yang baik agar proses berlangsung lebih mudah.

Di awal kredit, Anda juga diminta menyelesaikan uang muka untuk proses kepemilikan. Dari sana, Anda dinilai berkapasitas untuk melunasi motor.

 

#3 Memilih Lembaga yang Tepat

Dalam keuangan syariah, ada beberapa prinsip atau skema yang digunakan, antara lain:

  1. Jual beli dengan keuntungan yang jelas (murabahah)
  2. Kontrak yang berakhir dengan pemindahan kepemilikan (ijarah muntahiya bittamlik)
  3. Kontrak kongsi berkurang serta sewa (musyarakah mutanaqishah)

 

Ketiganya memiliki skema yang berbeda. Sebaiknya Anda memilih skema yang tepat agar proses kepemilikan tidak butuh waktu lama. Anda bisa menanyakan hal ini ke petugas di lembaga yang Anda pilih.

Ini Simulasi Perhitungan Kredit Motor Syariah. Anti Riba! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Panduan Kredit Kendaraan Syariah Terbaru]

 

#4 Menyiapkan Persyaratan yang Diberikan

Anda membutuhkan berkas legal untuk mengajukan kredit motor syariah, meliputi KTP, SIM, KK, NPWP, Surat Keterangan Kerja untuk Anda yang berstatus karyawan, Surat Izin Usaha bagi pengusaha, sampai cetak rekening koran 3 bulan ke belakang.

Sebelum melakukan pengajuan, sebaiknya Anda periksa setiap berkas yang diminta. Jika perlu, urutkan berdasarkan yang paling penting. dengan begitu proses pemilikan tidak akan tertunda karena kesalahan berkas.

 

#5 Amanah

Kredit akan lebih mudah disetujui jika Anda pribadi yang amanah. Maksudnya, katakan semua kondisi Anda dengan jujur agar analis yang melakukan survei yakin dan akhirnya menyetujui kredit Anda.

 

#6 Menentukan Waktu Pengajuan

Waktu pengajuan kredit umumnya menentukan kredit disetujui atau tidak. Dengan momentum yang tepat, tentunya akan mudah bagi Anda memiliki motor baru.

Setidaknya, ada dua momentum yang pas untuk mengajukan kredit motor syariah, antara lain:

  1. Ketika promosi berlangsung. Jika sebuah perusahaan melakukan promosi, artinya mereka tengah berusaha menaikkan penjualan. Kondisi tersebut bisa Anda gunakan untuk melampirkan berkas pengajuan.
  2. Ketika ada produk baru. Jika sebuah produk baru dirilis, umumnya perusahaan akan menggenjot penjualan. Dengan begitu, potensi kredit disetujui akan lebih besar.
  3. Menjelang akhir tahun. Di akhir tahun, perusahaan akan berusaha memenuhi target tahunan. Maka, jika Anda mengajukan kredit di masa ini, selain mendapatkan promo menarik, kredit akan mudah disetujui.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 30-an, GRATIS!

12 Ebook Perencanaan Keuangan 30an

 

#3 Perbedaan Kredit Motor Syariah dan Konvensional

Masyarakat sering menganggap bahwa kredit syariah sama saja dengan kredit konvensional. Mereka berpendapat bahwa kredit syariah merupakan kredit konvensional yang diberi embel-embel agama agar laku.

Jika dilihat secara nominal, keduanya memang sama. Maksudnya, uang yang dikeluarkan kreditur sama besar. Yang membedakan keduanya adalah akadnya.

Berikut, kita simulasikan dua permasalahan yang sama dengan dua sistem kredit berbeda.

 

#1 Kredit Konvensional

Kredit konvensional menggunakan prinsip pinjaman. Misalnya, Beni berniat membeli motor seharga Rp 25 juta. dalam kacamata kredit konvensional, Beni sebagai kreditur meminjam uang sebesar Rp 25 juta ke debitur.

Berdasarkan kesepakatan, Beni akan mengembalikan dana dengan cara mencicil disertai bunga. Beni mengembalikannya dengan nominal Rp 33 juta.

Dalam Islam, pembebanan keuntungan terhadap utang tidak dibenarkan dan termasuk riba. Dan tentu saja hal ini diharamkan.

Ini Simulasi Perhitungan Kredit Motor Syariah. Anti Riba! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Simak Pengertian dan Mekanisme Leasing Syariah Disini]

 

#2 Kredit Syariah

Kredit syariah memiliki akad murabahah (jual beli) atau ijarah wa istina (sewa dengan perubahan kepemilikan). Hal ini sesuai dengan prinsip Islam.

Dari contoh yang sama, di mana Beni ingin membeli motor seharga Rp 25 juta, maka lembaga kredit akan membelinya seharga Rp 25 juta pula. Motor tersebut sepenuhnya dimiliki lembaga kredit.

Setelahnya, Beni membeli motor tersebut dari lembaga kredit dengan cara angsuran. Lembaga kredit mengambil margin Rp 8 juta. Maka, total dana yang harus dibayarkan Beni adalah Rp 33 juta.

Hal serupa juga berlaku jika menggunakan akad sewa dengan pergantian pemilikan. Sebelum melunasinya, Beni menyewa motor dari lembaga kredit. Tapi, setelah sepenuhnya dibayar, motor tersebut menjadi milik Beni.

Meski secara nominal sama, kredit syariah tidak terhitung riba karena nominal tambahan merupakan keuntungan penjualan yang dimiliki lembaga kredit.

 

Anti Riba!

Kredit motor syariah menjadi jalan keluar paling baik untuk masyarakat yang ingin melakukan pembiayaan dengan prinsip syariah.

Selain transparan, sistem syariah juga salah satu bentuk ketaatan kepada Tuhan.

 

Itulah simulasi perhitungan kredit motor syariah beserta penjelasannya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang akan mengajukan kredit motor secara syariah.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada Sobat Finansialku lainnya ya. terima kasih.

 

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Ini Saat yang Tepat Untuk Ajukan Kredit Motor Syariah. Adira.co.id – https://bit.ly/3qSXTzz
  • Admin. Kalkulator Simulasi Pembiayaan Motor. Bprsalsalaam.co.id – https://bit.ly/380Ip43
  • Dimas Bimawan. 12 Juni 2019. Kredit Motor Syariah Tanpa Riba. Bills.alterra.id – https://bit.ly/34a7icB
  • Admin. 13 Juni 2019. Syarat dan Ketentuan Kredit Motor Syariah. Lifepal.co.id – https://bit.ly/3gHDB7J

 

Sumber Gambar:

  • Kredit 1 – http://bit.ly/34I1eYK
  • Kredit 2 – http://bit.ly/38AHcAQ
  • Kredit 3 – http://bit.ly/2JlWalC