Mana nih suaranya penggemar MotoGP? Untuk kamu yang ingin menonton MotoGP secara Live nanti bisa terwujud di Sirkuit Mandalika.

Daripada penasaran, mari simak pembahasannya berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Indonesia Pastikan MotoGP 2021 Terlaksana

Presiden Jokowi memastikan Indonesia siap menyelenggarakan MotoGP tahun 2021 mendatang. Hal tersebut disampaikan Jokowi saat bertemu dengan CEO Dorna Sport, Carmelo Ezpeleta di Istana Bogor pada Senin (11/3/19).

Penyelenggaraan MotoGP ini akan dilaksanakan di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Indonesia Punya Sirkuit Mandalika Untuk MotoGP 2021 02 Sirkuit Mandalika - Finansialku

[Baca Juga: Lebih Murah Dana Sendiri Atau Paket Wisata Lombok? Ini Jawabannya!]

 

Jokowi menjelaskan, Dorna selaku promotor MotoGP berkunjung untuk menanyakan kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah. Jokowi pun memastikan Indonesia sudah siap. Jokowi mengatakan:

“Tadi Mr Carmelo hanya ingin mendapatkan keyakinan bahwa kita siap baik dalam organisasi menyiapkan infrastruktur menuju ke sana. Dan saya sampaikan kita siap.”

Jokowi memastikan Indonesia harus optimis untuk dapat menyelenggarakan MotoGP tahun 2021.

Mengingat keberhasilan Indonesia saat melaksanakan ASIAN Games 2018 lalu yang mendatangkan belasan ribu kontingen dari 45 negara.

Pelaksanaan MotoGP yang akan dilaksanakan di Mandalika pun nantinya akan menjadi sirkuit pertama MotoGP yang berada di pinggir pantai. Selain olahraga, pariwisata di Indonesia pun akan terangkat dengan adanya MotoGP 2021.

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, sengaja diarahkan pada pengembangan pariwisata. Mandalika merupakan satu dari sepuluh wisata baru selain Bali.

Indonesia Punya Sirkuit Mandalika Untuk MotoGP 2021 03 Sirkuit Mandalika 2 - Finansialku

[Baca Juga: Selain Gili Trawangan, Berikut 38 Tempat Wisata di Lombok yang Harus Dikunjungi – Part 2]

 

Mandalika International Street Circuit yang ada di Indonesia khususnya Nusa Tenggara Barat resmi dijadikan sebagai lintasan bagi pembalap dunia sekelas Marc Marquez dan Andrea Dovizioso.

Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar Mansoer menyatakan pengelola memilih lintasan berkonsep jalanan karena ingin menawarkan pengalaman berbeda bagi para pembalap.

Meski bergaya jalanan, Abdulbar menyatakan peserta MotoGP tak perlu khawatir dengan kelayakan lintasan.

Karena Sirkuit Mandalika dirancang sesuai dengan standar federasi sepak motor internasional(FIM) dan federasi otomotif internasional (FIA).

Menurut Vinci ada beberapa pembangunan infrastruktur yang diperlukan untuk menyukseskan ajang balap bergengsi tersebut. Salah satunya adalah Bandara Udara Internasional Lombok.

Bandara Udara Lombok sudah internasional, Mandalika paling dekat hanya 17 kilometer. Bandara Lombok itu khusus untuk Mandalika.

Perlu perpanjangan runway untuk menampung tambahan penerbangan triple body triple body yang besar.

Selain pembangunan Bandara Udara, Indonesia juga harus bisa memanfaatkan tempat wisata lainnya, seperti penginapan untuk penonton yang perlu diperhatikan.

Mansoer mengatakan Di Thailand yaitu Buriram, tempat kosong bisa sukses dengan orang-orang datang dari Bangkok naik pesawat.

Di Mandalika pun kita bisa memanfaatkan Bali, kita punya Nusa Dua dengan kapasitas 5.400 kamar, Kita bisa pakai untuk penonton MotoGP menginap disana.

Dengan menyeberang sekitar 30 menit dengan menggunakan pesawat, jika menggunakan speedboat pun hanya butuh waktu 2 jam. Indonesia bisa lebih siap dari Thailand.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Fakta Sirkuit Mandalika Untuk MotoGP 2021

Sirkuit Mandalika, akan menjadi lokasi ajang balap kelas dunia, yaitu MotoGP. Ini adalah sirkuit jalan raya (street circuit) seperti Sirkuit di Monako.

Berikut beberapa fakta mengenai Sirkuit Mandalika:

 

#1 Lokasi Sirkuit

Sirkuit yang akan dipakai ajang MotoGP 2021 ini berada di Mandalika, yaitu kawasan wisata seluas 1.035 hektar. Tempat ini berlokasi di Kabupaten Lombok Tengah, NTB.

Sejak 2017, Mandalika sudah diresmikan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata yang diharapkan dapat menjadi tempat liburan yang cukup representative di Lombok.

Hal ini dikarenakan tempat ini telah dilengkapi beberapa hotel dan beragam fasilitas rekreasi. Mandalika sendiri memiliki 7 spot wisata alam yang begitu mempesona.

 

#2 Pengembangan Sirkuit Mandalika

Pembangunan Sirkuit Mandalika ini dilakukan oleh Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan dengan anak perusahaan konstruksi global di Prancis, Vinci Construction Grands Projets (VCGP).

Direktur Utama ITDC Abdulbar Mansoer mengatakan perusahaan menggandeng investor VCGP untuk membangun sirkuit dan berbagai fasilitas yang berada di kawasan Mandalika.

Investasi untuk membangun distrik ini US$1,5 juta atau setara Rp14 triliun selama 15 tahun. Jumlah investasi yang disebutkan Abdulbar tersebut sekitar Rp14,23 triliun.

Investasi yang diberikan oleh Vinci tersebut tidak hanya untuk sirkuit MotoGP saja, melainkan perangkat lainnya yang mendukung penyelenggaraan balapan. Ia mengatakan:

“Vinci itu akan bangun sirkuit convention center, hotel, rumah sakit khusus untuk luka bakar kalau tabrakan ada respons darurat dan perawatan luka bakar. ITDC fasilitas dasar, Vinci fasilitas sirkuit.”

 

#3 Waktu Pembangunan Sirkuit Mandalika

Direktur Konstruksi dan Operasional ITDC Ngurah Wirawan mengatakan bahwa pembangunan badan jalan akan dimulai pada Oktober 2019. Pembangunan badan jalan ini diperkirakan akan memakan waktu 6-9 bulan.

Dan akan selesai pada semester-II pada tahun 2020. Menurut Wirawan, akan ada beberapa terowongan juga yang harus dibuat, sehingga nanti akhir tahun 2020 akan diadakan uji kelayakan.

Setelah uji kelayakan tersebut sudah diputuskan, Indonesia ikut race Maret atau Oktober 2021.

 

#4 Biaya Pembangunan Sirkuit Mandalika

Untuk biaya pembangunannya sendiri, pembangunan infrastruktur di KEK Mandalika, termasuk untuk sirkuit jalan raya, membutuhkan investasi sebesar Rp4,54 triliun. Wirawan mengatakan:

“Seluruhnya itu Rp4,5 triliun sampai 7 tahun ke depan, tetapi yang kita belanjakan Rp3,6 triliun akan habis terserap dalam 3 tahun sampai 2021.”

 

#5 Spesifikasi Sirkuit Mandalika

Sirkuit Mandalika akan berbentuk sirkuit jalan raya sepanjang 4,32 kilometer. Sirkuit ini akan dibangun di atas lahan seluas 160 hektar.

 

#6 Mengapa Harus di Mandalika?

Pemilihan Sirkuit di Mandalika karena daerah tersebut memiliki panorama yang sangat indah sebuah lagun, sebuah solar cell farm, sebuah lapangan golf, area komersil dan perkotaan, serta Samudera-Hindia.

Saat kejuaraan MotoGP digelar, diproyeksikan akan menarik kunjungan wisatawan 100 ribu-150 ribu orang per hari.

 

Sirkuit Mandalika Indonesia

Selain bisa digunakan untuk lomba MotoGP, Sirkuit Mandalika juga bisa digunakan untuk lomba lainnya.

Abdulbar menyebutkan bahwa sirkuit ini bisa dimanfaatkan untuk balap sepeda, lari atau kegiatan pariwisata bahkan konser sekalipun.

Namun pihak pengelola tidak mendorong penggunaan sirkuit untuk lomba balap mobil Formula One.

Disisi lain alasan mengapa MotoGP 2021 dilakukan di Indonesia karena menurut Dorna, Indonesia merupakan salah satu Negara dengan pengguna motor terbanyak di dunia. Indonesia merupakan pasar yang penting bagi MotoGP.

Apakah kamu sudah memiliki perencanaan keuangan yang tepat? kamu dapat membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk usia 30 an di bawah ini secara GRATIS, agar rencana keuangan kamu dapat tepat sasaran.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

kamu juga bisa menggunakan bantuan Aplikasi Finansialku untuk merencanakan dan mengelola keuanganmu. Aplikasi Finansialku dapat dengan mudah kamu download melalui link di bawah ini atau melalui Google play Store.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca berita tentang Sirkuit Mandalika untuk MotoGP 2021? Berikan tanggapan Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Ayo bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Abdul Basith. 11 Maret 2019. Jokowi Pastikan Indonesia Siap Selenggarakan MotoGP tahun 2021. Nasional.kontan.co.id – https://goo.gl/Ka3R5v
  • Aditya Budiman. 12 Maret 2019. MotoGP, Sirkuit Mandalika Siap Dipacu 2021. Sport.tempo.co – https://goo.gl/rTzQeG
  • Antara. 21 Februari 2019. 6 Fakta Sirkuit Mandalika, Calon Tuan Rumah MotoGP di Indonesia. Sport.tempo.co – https://goo.gl/8UarJE

 

Sumber Gambar:

  • MotoGP – https://goo.gl/qgGhma
  • Sirkuit Mandalika – https://goo.gl/MQwQtw
  • Sirkuit Mandalika 2 – https://goo.gl/2yFf9a