Selama ini Google Translate menjadi tools yang banyak digunakan untuk menerjemahkan bahasa.

Padahal, ada situs penerjemah selain Google Translate yang memiliki kualitas yang sama.

Yuk, baca artikel berikut sampai habis untuk mengetahui informasi selengkapnya!

 

Summary:

  • Situs penerjemah banyak dimanfaatkan sebagai media belajar yang sangat membantu untuk memahami ragam bahasa di dunia.
  • Selain Google Translate, ada beberapa rekomendasi situs penerjemah yang user friendly dengan keunggulan fiturnya masing-masing.

 

Persebaran Bahasa yang Melintasi Batas Negara

Saat ini, ada ribuan bahasa di dunia. Sehingga dengan keragaman bahasa tersebut, tentu saja tidak semunya bisa kita kuasai.

Beruntung, di era sekarang, kita terbantu adanya teknologi. Alhasil masyarakat bisa dengan mudah menerjemahkan kalimat dari bahasa tertentu ke bahasa yang dipahami.

Kehadiran portal terjemahan, seperti Google Translate, sangat membantu ketika kita menemukan istilah atau kalimat asing di internet.

Fitur ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari kalkulator bahasa yang umumnya hanya mendukung bilingual.

Mesin penerjemah ini banyak masyarakat gunakan, karena kebanyakan smartphone menjadikan aplikasi Google Translate sebagai default.

Tapi, ternyata ada situs penerjemah selain Google Translate yang bisa menjadi alternatif. Meski kalah pamor dengan aplikasi besutan pemilik android, situs-situs ini cenderung sama bagusnya.

Dalam ulasan berikut, kita akan membahas mengenai situs penerjemah selain Google Translate yang bisa kamu jadikan alternatif.

 

Situs Penerjemah Selain Google Translate

Sobat Finansialku, ternyata ada beberapa situs penerjemah selain Google Translate, lho!

Situs-situs underrated ini nyatanya sama bagusnya. Bahkan, situs milik Microsoft memiliki tampilan yang lebih menarik.

Berikut adalah beberapa situs penerjemah selain Google Translate yang patut kamu coba:

 

#1 Microsoft Translator

Microsoft translator adalah situs penerjemah selain Google Translate yang dikembangkan oleh salah satu raksasa teknologi dunia, Microsoft.

Situs ini memiliki fitur setara dengan Google Translate dan tersedia dalam dua pilihan, yakni bisnis dan personal.

Kamu bisa menggunakan tools ini di Windows dan smartphone, dengan lebih dari 60 bahasa yang tersedia.

Microsoft Translator dapat menerjemahkan kalimat secara offline setelah kamu mengunduh paket bahasa. Selain itu, kamu juga bisa menggunakannya di jam tangan cerdas.

 

#2 Bing Translator

Bing merupakan search engine besutan Microsoft yang juga pesaing Google.

Bing memiliki Bing Translator yang menjadi situs penerjemah selain Google Translate.

Tools ini juga terbilang sangat populer. Dalam beberapa kondisi, Bing Translator memiliki akurasi terjemahan yang lebih baik daripada Google Translate.

Kamu bisa mengakses Bing Translator di bing.com/translator. Situs ini tergolong ringan sehingga akan merespon dengan cepat.

 

#3 Yandex Translate

Yandex Translate merupakan situs penerjemah selain Google Translate yang memiliki dukungan bahasa sangat banyak.

Saat ini, Yandex Translate memiliki dukungan untuk 100 bahasa di dunia, termasuk Bahasa Indonesia.

Menariknya, kamu bisa menerjemahkan hingga maksimal 10.000 kata dalam sekali klik. Tentu saja, situs ini bisa kamu gunakan secara bebas.

Pesaing Google Translate ini memiliki fitur voice input sehingga kamu tidak perlu repot mengetik.

Selain itu, ada fitur penting seperti on screen keyboard dan auto-correct akan memperbaiki typo. Kamu pun bisa menerjemahkan kalimat di dalam foto. Keren, kan?

 

#4 Translate.com

Translate.com merupakan situs penerjemah selain Google Translate yang memiliki grammar terbaik dalam penerjemahan.

Translate.com menawarkan dua pilihan terjemahan kepada penggunanya, yakni gratis dan berbayar.

Jika menerjemahkan secara gratis, kamu akan mendapat jawaban instan, gratis, dan tanpa penyuntingan.

Sementara jika berbayar, kamu harus mengeluarkan biaya US$0,07 per kata, proses editing oleh pakar, dan naskah akan tersedia dalam 2 jam.

 

#5 iTranslate

iTranslate dikembangkan oleh Sonico Mobile. Dengan dukungan lebih dari 100 bahasa, situs ini menjadi salah satu situs penerjemah selain Google Translate yang menjadi pesaing berat aplikasi milik Google.

Selain di situs, iTranslate juga dapat ditemukan di Microsoft Store, Google Play, App Store, dan Kindle Fire.

 

#6 Linguee

Linguee merupakan salah satu situs penerjemah selain Google Translate yang bisa kamu gunakan untuk menerjemahkan kata tunggal.

Saat ini, terdapat 25 dialek. Sayangnya, belum ada Bahasa Indonesia di daftar ini.

Sementara, bahasa yang tersedia hanya bahasa-bahasa negara maju, seperti Jepang, Jerman, Prancis, Italia, dan sebagainya.

Tentu saja sangat disayangkan. Mengingat Linguee telah ada selama 13 tahun, yakni sejak 2009.

 

#7 Babylon Translator

Selanjutnya yang patut kamu coba adalah Babylon Translator. Kau bisa menemukan hingga 1.700 glosarium dalam layanan ini dengan banyak dukungan bahasa.

Babylon Translator telah ada sejak 19 tahun lalu dan mengklaim memiliki hasil terjemahan yang akurat, baik dari segi kamus maupun tesaurus.

Situs ini memiliki katalog untuk 77 bahasa dan mampu menerjemahkan dokumen office tanpa kehilangan format aslinya.

 

#8 Reverso Translator

Situs penerjemah selanjutnya adalah Reverso. Situs ini besutan Softissimo inc., dengan jumlah penggunanya mencapai 6 juta orang.

Sebagai situs penerjemah selain Google Translate, reverso memiliki fitur menarik, yakni kemampuan mencari frasa idiomatik saat mengetik. Dengan begitu, kamu bisa memperkaya vocabulary.

Hasil kalimat yang telah diterjemahkan bisa kamu terjemahkan di cuitan Twitter, status Facebook, dan sebagainya.

 

#9 TripLingo Translator

TripLingo Translator adalah salah satu situs penerjemah yang kerap para pelancong manfaatkan ketika mendatangi suatu negara.

TripLingo Translator memiliki fitur kursus mengenai budaya negara yang sedang kita kunjungi. Dengan begitu, kamu tidak akan mengalami culture shock terlalu parah.

Saat ini, TripLingo memiliki dukungan untuk lebih dari 40 bahasa di dunia. Mesin penerjemah ini juga menyediakan nomor darurat 911 untuk kondisi tertentu.

 

#10 Memsource

Memsource adalah situs penerjemah selain Google Translate yang memiliki layanan berbentuk cloud. Untuk mendapatkan fitur yang lengkap, kamu harus membayar biaya langganan.

Namun, kamu tidak perlu khawatir mendapatkan hasil terjemahan yang asal. Sebab, Memsource memiliki hasil translate yang intuitif dan sangat berguna jika bertemu dengan rekan kerja atau kolaborator asing dari negara lain.

 

#11 BabelXL

BabeXL adalah situs penerjemah yang memiliki dukungan bahasa banyak, yakni 65 bahasa.

Dengan alat ini, kamu bisa menerjemahkan kata sebanyak apa pun sekaligus. Tapi sebelum menggunakan, kamu harus mendaftar sebagai anggota.

Meski memiliki fitur yang baik, BabeXL kurang menarik secara visual. Tampilan situsnya mirip dengan portal perusahaan tahun 90-an.

 

#12 DeepL Translator

DeepL merupakan situs penerjemah yang mudah untuk kita gunakan. Bahkan, kamu bisa langsung mengunggah berkas dalam format *.docx dan *.pptx.

Sayangnya, situs penerjemah selain Google Translate ini hanya mendukung 9 bahasa. Dengan begitu, situs ini tidak dapat kita gunakan sewaktu-waktu.

 

#13 Translate Dict

Translate Dict terdengar tidak biasa di telinga. Sebab, sangat sedikit orang di Indonesia yang menggunakannya.

Situs penerjemah selain Google Translate satu ini memiliki banyak dukungan bahasa, yakni lebih dari 50 bahasa, termasuk bahasa Indonesia.

Translate Dict juga memiliki fitur text to speech dan terjemahan suara.

 

Belajar Bahasa melalui Berbagai Platform

Itulah pembahasan mengenai beberapa pilihan situs penerjemah. Kamu bisa membandingkan hasil terjemahan dan memilih situs mana yang paling akurat.

Situs penerjemah ini bisa menjadi media untuk kamu belajar bahasa. Sementara, jika kamu ingin belajar seputar keuangan, yuk, download ebook gratis dari Finansialku.

Lebih lanjut, kamu juga bisa diskusi dan konsultasi bersama perencana keuangan Finansialku, untuk mendapatkan strategi terbaik dalam merencanakan keuangan sesuai dengan kondisi finansialmu saat ini.

Yuk, hubungi mereka lewat Aplikasi Finansialku, atau buat janji via WhatsApp dengan klik banner di bawah ini!

Banner Konsultasi WA - PC
Banner Konsultasi WA - HP

 

Kamu lebih suka menggunakan situs penerjemah yang mana? Sharing di kolom komentar ya.

Jangan lupa bagikan juga artikel ini kepada teman dan kerabatmu supaya mereka bisa mendapatkan banyak referensinya. Terima kasih.

 

Editor: Ismyuli Tri Retno

Sumber Referensi:

  • Admin. 07 Desember 2021. Website & Aplikasi Penerjemah Bahasa Selain Google Translate. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/3ALq23f
  • Admin. 20 Januari 2021. 10 Pilihan Aplikasi Penerjemah Selain Google Translate. Cnnindonesia.com – https://bit.ly/3yUFfNN
  • Rizka. 26 Februari 2020. 7 Situs Translator (Penerjemah) Terbaik dan Akurat. Indozone.com – https://bit.ly/3yuVHD1