Untuk menghilangkan penat sekaligus refreshing, kamu bisa coba staycation di Bogor dengan menginap di hotel yang Finansialku rekomendasikan berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Staycation di Bogor

Untuk warga Jawa Barat yang sedang suntuk berkegiatan di rumah, segera rencanakan saja sebuah liburan staycation di Bogor.

Staycation? Bagi yang belum familiar dengan istilah ini, sebenarnya sederhana saja. Istilah staycation hanyalah singkatkan dari kata ‘stay’ (tetap) dan ‘vacation’ (liburan). Tetapi ada juga yang menyebut konsep ini dengan istilah holistay yang disingkat dari kata ‘holiday’ (liburan) dan ‘stay’ (tetap).

Biasanya kegiatan yang dapat dilakukan saat staycation adalah bersepeda keliling kota, mengunjungi museum, piknik di taman, berkunjung ke festival atau event, mantai di sekitar kota, bermain di taman hiburan dan menginap di hotel atau vila.

Rekomendasi Hotel yang Cocok Banget Buat Staycation di Bogor 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mengenal Konsep Staycation yang Digemari Oleh Milenial Saat Liburan]

 

Google Dictionary menjelaskan jika konsep staycation adalah liburan yang dilakukan di negara sendiri, liburan ini dapat juga dilakukan di rumah atau melakukan perjalanan ke atraksi-atraksi lokal yang ada di sekitar area tempat tinggal.

Tetapi, tentu konsep staycation akan kembali pada pengertian masing-masing. Secara umum,  kebanyakan orang memanfaatkan liburan singkat mereka dengan melakukan staycation di penginapan atau villa.

Asalkan  bisa kabur sejenak dari rutinitas dan merasa seperti sedang di suatu tempat yang berbeda, ya sudah cukup.

Sekalipun hanya berlibur di dalam kota, tentu kita harus tetap memiliki budget khusus. Dan tentu tak ada salahnya, jika kamu melirik Bogor sebagai tujuan staycation-mu kali ini.

Apalagi jika kamu bermaksud melakukannya bersama dengan keluarga.  Sebelum kamu melakukan sebuah perjalanan liburan, ada baiknya kamu telah merencanakan anggarannya dan mencoba membuat itinerary sederhana tentang apa yang ingin kamu lakukan nantinya.

Jika kamu ingin tahu bagaimana cara menyiapkan dana liburan, kamu bisa dengarkan audiobook “Mengapa Perlu Menyiapkan Dana Liburan” berikut ini.

banner -mengapa perlu menyiapkan dana liburan (1)

 

Wisata di Bogor

Kota Bogor yang berhawa sejuk tentu sebuah destinasi yang paling pas untuk mencari kesegaran. Tak heran jika banyak warga di kota tetangga, seringkali memadati jalan-jalan dan tempat wisata di Bogor.

Selain kawasan Puncak yang terkenal, masih ada puluhan tempat wisata di Bogor lainnya yang tak kalah menarik.

Beberapa rekomendasi wisata alam terbuka yang bisa kamu kunjungi antara lain seperti Taman Bunga Nusantara, Taman Wisata Gunung Pancar, Curug Cibaliung, Little Venice Kota Bunga, JungleLand, Kebun Raya Bogor dan Istana Bogor.

Untuk memasuki beberapa tempat wisata tersebut kamu bisa menyiapkan budget untuk tiket masuk antara Rp 100.000, bahkan ada pula yang gratis.

 

10 Hotel Untuk Staycation di Bogor

Jika kamu tidak terlalu tertarik untuk mengunjungi tempat-tempat wisata dan memilih untuk berdiam di lokasi penginapan, Finansialku merekomendasikan 10 penginapan untuk staycation di Bogor. Apa saja?

 

#1 Highland Park Resort

Kamu mendambakan sebuah hari di mana kamu bisa melihat pemandangan dengan langit biru yang luas? Highland Park Resort bisa menjadi pilihan kamu untuk staycation di Bogor.

Kapan lagi kamu bisa menikmati pemandangan yang indah, dengan gunung yang menjulang tanpa harus terhalang bangunan dan juntaian kabel-kabel listrik di jalanan.

Berlokasi di Curug Nangka, Kp. Sinarwangi, Taman Sari, Highland Park Resort ini menawarkan sensasi menginap dengan latar pemandangan Gunung Salak.

Hotel sekaligus tempat wisata ini memiliki konsep penginapan kemping mewah alias glamping. Ini sebuah konsep berkemah ala hotel berbintang yang sempat menjadi tren beberapa waktu lalu.

Di tempat ini juga menyediakan tenda-tenda ala Mongolia dengan fasilitas yang lengkap.  Jika kamu bosan berada di dalam kamar, cobalah wahana permainan seperti kolam renang, perosotan, karaoke, foot reflexology, futsal, dan flying fox.

Rekomendasi Hotel yang Cocok Banget Buat Staycation di Bogor 02 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Staycation di Tengah Pandemi, Tetap Aman dan Nyaman]

 

#2 Pullman  Ciawi Vimala Hills

Pullman Ciawi Vimala Hills Resort Spa & Convention ini benar-benar dapat mengundang para tamu yang ingin menikmati suasana yang tenang dengan alam yang sejuk tanpa mengurangi kenyamanan berwisata.

Resor untuk staycation di Bogor ini memungkinkan kamu termanjakan oleh keindahan dan manfaat kesehatan dari posisinya yang berada di ketinggian 600 m di atas permukaan laut yang berarti udara sejuk segar, bahkan pada hari-hari tercerah di Indonesia.

Kamu dapat menikmati dek yang bermandikan sinar matahari di vila tiga kamar tidur, tentu hal ini akan menjadi pengalaman liburan terbaik bersama pasangan atau keluarga.  

Kamu bisa membayangkan hari bermalas-malasan di tepi kolam renang pribadi di lingkungan alam yang tenang, berbatasan dengan sawah dan taman, dengan pemandangan pegunungan yang berkabut. Luar biasa!

 

#3 The Alana Sentul

Terpukau dengan konsep kolam renang dari The Alana Sentul? Segera jadwalkan untuk staycation di Bogor. Lagi pula lokasinya tidak terlalu jauh jika ditempuh dari Jakarta.

Jika kamu lebih senang mager dan menikmati suasana sekeliling dari tempat tidur. Di Alan Sentul ini, seluruh  kamar di hotel ini dilengkapi dengan balkon pribadi. Jadi, kamu bisa memiliki area privasi sambil meresapi udara segar dan pemandangan alam Sentul.

Selain konsep dan kenyamanan tamu dalam kamar, area kolam renang yang berbentuk unik dengan area duduk melingkar, memberi pengalaman yang berbeda.

Kamu bisa mengabadikan moment staycation di Bogor kali ini dengan lebih instagramable. Manfaatkan spot favorit seperti area bersantai berbentuk kotak dan cobalah untuk menemukan angle berbeda saat memotret di sini.

Rekomendasi Hotel yang Cocok Banget Buat Staycation di Bogor 03 - Finansialku

[Baca Juga: Cari Tahu 5+ Tips Traveling Asyik dan Nyaman Saat New Normal!]

 

#4 Ariandri Hotel

Hotel Ariandri juga rupanya memiliki konsep penginapan dengan suasana pegunungan yang memukau. Lokasi seperti ini sangat cocok untuk melepas penat.

Kamar-kamar yang ditawarkan juga beragam seperti tipe standar, superior, hingga deluxe dengan balkon pribadi.

Selain itu, fasilitas yang ditawarkan sudah memenuhi standar kenyamanan dengan adanya kolam renang outdoor dan pemandangan pegunungan, taman, dan breakfast.

 

#5 Jimmers Mountain Resort

Jimmers Mountain Resort ini adalah sebuah penginapan yang berlokasi di kawasan Puncak. Jimmers Mountain Resort memang dapat membuat staycation di Bogor jadi lebih berkesan.

Sebab,  pemandangannya yang mempesona, ambience khas pegunungan yang asri dan juga ketenangan yang sulit kamu dapatkan di rutinitas sehari-hari, semuanya ada di lokasi yang satu ini.

Jimmers Mountain memiliki ukuran kolam renang yang cukup luas. Dengan tipe kamar dan fasilitas yang variatif, kedai kopi, kolam renang, pusat kebugaran, internet gratis, termasuk ruang rekreasi.

 

#6 Novus Giri Resort & Spa

Di Novus Giri Resort & Spa ini kamu bisa menikmati indahnya matahari terbenam sambil menenangkan diri di kolam pribadi.

Hotel bintang 4 ini, bisa menjadi teman sejati yang bisa menampung kepenatan dari hiruk pikuk dan kesibukan kota tanpa kehilangan suasana homy.

Kamu yang senang berkonsep natural akan menyukai arsitektur resort yang kental dengan unsur batu, marmer, dan kayu yang alami.

Infinity pool yang merupakan area favorit para tamu, akan menyuguhkan pemandangan terbuka dengan hijaunya lembah dan hutan di kawasan ini. Sebagai informasi tambahan, Novus Giri menyediakan paket staycation dengan harga khusus juga, lho.

 

#7 Plataran Puncak

Salah satu istimewanya dari grup Plataran ini berada pada rimbunnya pepohonan dan area Puncak yang dingin. Lokasinya dipastikan jauh dari keramaian, sehingga membuat pengalaman staycation di Bogor terasa damai dan menenangkan.

Bangun pagi-pagi, segera nikmati santapan buku favorit dan teh hangat di teras Plataran dengan pemandangan aliran sungai yang asri. Tidak usah terburu-buru beranjak dari teras, bukannya ini alasan kamu ingin staycation di Bogor?

Rekomendasi Hotel yang Cocok Banget Buat Staycation di Bogor 04 - Finansialku

[Baca Juga: 10+ Rekomendasi Hotel di Jakarta untuk Staycation Mulai Rp 300.000]

 

#8 Begreno Home

Sekarang untuk mendapatkan sensasi liburan di pantai bisa di atas gunung, lho.

Maksudnya, Begreno Home ini bisa menjadi obat pelepas kangen kamu yang ingin liburan jauh seperti Bali tapi mungkin mentok di jadwal dan persyaratan travelling akibat pandemi.

Begreno Home Boutique Resort memiliki konsep penginapan yang terinspirasi dari suasana pedesaan Nusantara. Dan gak asal-asalan, konsep kearifan lokal di sini sekaligus dipadukan dengan fasilitas mewah khas villa, dengan ukuran kamar yang besar, nyaman dilengkapi dengan fasilitas kolam renang.

Jadi, ayo mulai packing kalau memang ingin staycation di Bogor.

 

#9 Royal Hotel Bogor

Kamu sedang berhemat tapi benar-benar butuh liburan? Cobalah untuk melepas penat ke Royal Hotel Bogor ini. Staycation kali ini pasti gak akan mengecewakan, sebab selain karena fasilitas, kenyamanan hotel juga akan kamu nikmati.

Royal Hotel Bogor ini masih cukup terjangkau dan cocok banget untuk kamu yang memang belum membuat budget liburan.

Selain itu, konsep kolamnya yang terbuka dan dapat melepas mata jauh memandang akan membuat kamu merasa bebas menyatu dengan alam.

 

#10 Bogor Icon Hotel and Convention

Bogor Icon Hotel and Convention menawarkan penginapan dengan lokasi yang strategis. Bogor Icon Hotel and Convention tak jauh dari taman rekreasi Marcopolo Water Adventure Bogor.

Jika kamu berniat ingin berbaur dengan warga Bogor, maka hotel ini bisa menjadi pilihan sebab lokasinya tak jauh dari pusat kota. Hotel ini memiliki fasilitas seperti renang, taman relaksasi, lapangan golf, penyewaan mobil, hingga pusat kebugaran.

 

Menarik, ‘kan? Staycation di Bogor memang menawarkan banyak pengalaman yang berbeda-beda. Kamu hanya perlu menentukan pilihan dan tentunya jangan lupa untuk mengelola pengeluaran kamu juga, ya. Selamat liburan!

 

Jadi, penginapan mana yang akan kamu coba?

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang ingin menghilangkan penat sehari-hari, ya. Jangan lupa, bagikan artikel ini pada rekan dan keluarga biar staycation kamu makin asyik.

 

 

Sumber Referensi:

  • Silvia Agasari. 25 Juli 2017. Apa Itu Konsep Liburan “Staycation”? Kompas.com – https://bit.ly/3bQwFTv
  • Tiara. 03 Juni 2020. 8 Hotel Instagramable di Bogor untuk Staycation Nanti. Havehalalwilltravel.com – https://bit.ly/2NGKsUX
  • Andry Trisandy. 7 Rekomendasi Penginapan Mewah dan Murah untuk Staycation di Bogor. Idntimes.com – https://bit.ly/3uL9i6O
  • Nicholas Ryan Aditya. 27 Agustus 2020. 5 Alternatif Glamping Di Bogor, Cocok Untuk Staycation Saat Pandemi. Travel.kompas.com – https://bit.ly/3e4Uo54
  • Tantri Setyorini. 16 Agustus 2020. 24 Tempat Wisata di Bogor yang Paling Kekinian dan Instagramable. Merdeka.com – https://bit.ly/3kD4BHh

 

Sumber Gambar:

  • Staycation 1 – http://bit.ly/3blC8TB
  • Staycation 2 – http://bit.ly/3uYNMeO
  • Staycation 3 – http://bit.ly/3qqrnU6
  • Staycation 4 – http://bit.ly/3c4dzcV