Yuk tiru langkah dan strategi bebas finansial untuk mahasiswa! Mau jadi mahasiswa yang mandiri secara keuangan? Apa saja strategi bebas finansial untuk mahasiswa?

Ternyata jadi mahasiswa yang pintar mengatur keuangan tidak sulit, kok. Yuk, lihat langkah dan strategi berikut ini supaya kamu, para mahasiswa, bisa bebas finansial di umur yang sangat muda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Apa Itu Strategi Bebas Finansial? Lalu, Apa Pentingnya Bagi Mahasiswa?

Strategi bebas finansial artinya langkah-langkah dan strategi yang dapat dilakukan untuk mengatur keuangan sehingga mampu memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Tentunya, hal ini sangat penting bagi mahasiswa yang mayoritas masih bergantung pada pendapatan orang tua untuk membiayai kuliahnya.

Ada sebagian mahasiswa yang beruntung karena mendapat beasiswa, namun seringkali penerima beasiswa pun masih merasa kurang dengan uang yang diterima dari beasiswa.

Stategi Bebas Finansial 02 Saving - Finansialku

[Baca Juga: Masih Mahasiswa Sudah Ingin Bebas Keuangan? Bisa Kok Ini Panduannya!]

 

Ketika akhir bulan datang dan uang bulanan sudah menipis, masalah kekurangan dana ini tentunya dapat menjadi masalah.

Kebutuhan selama menjadi mahasiswa memang tidak sedikit. Ada biaya untuk makan, buku, hiburan, pulsa, dan tempat tinggal bagi mahasiswa rantau.

Ada baiknya mencari strategi untuk menjadi mahasiswa bebas finansial dilakukan sedini mungkin, untuk antisipasi keuangan di masa depan.

 

Langkah-Langkah Menjadi Mahasiswa yang Bebas Finansial

Menjadi seorang mahasiswa yang memiliki kebebasan finansial sebetulnya bukanlah hal yang sulit.

Ada beberapa langkah yang harus dihadapi mahasiswa dalam menjadi pribadi yang mandiri secara keuangan seutuhnya.

Di bawah ini ada beberapa langkah untuk menjadi mahasiswa bebas finansial yang bisa kamu ikuti segera.

Iklan Banner Perencanaan Dana Kuliah Anak - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#1 Atur Keuangan Bulanan Kamu Secara Rapi

Langkah awal yang harus kamu lakukan ketika mendapat uang bulanan di awal bulan adalah mengaturnya dengan baik.

Kamu bisa mengorganisasikan uang yang didapat menjadi beberapa kebutuhan, seperti kebutuhan kampus, kebutuhan makan, kebutuhan sosial, dan lain-lain.

Dengan pembagian keuangan berdasarkan jenis kebutuhan yang rapi setiap bulannya, secara tidak langsung ini bisa menjadi ‘rem’ sebelum kamu memutuskan untuk membeli atau mengeluarkan uang.  

Jangan lupa untuk sisihkan uang yang dapat ditabung setiap bulannya dan juga dana investasi.

Stategi Bebas Finansial 03 Calculating Expenses - Finansialku

[Baca Juga: Cobalah 15 Hal yang Dapat Anda Lakukan untuk Mempersiapkan Keuangan di Usia 30 Tahun]

 

#2 Pentingnya Pencatatan Keuangan Setiap Hari

Catat pengeluaran kamu setiap harinya, baik dari pengeluaran dalam jumlah besar maupun kecil.

Nah, penting banget nih buat mencatat keperluan yang kecil-kecil, karena seringkali biaya yang kita keluarkan sebetulnya tidak kecil setelah dijumlahkan totalnya.

Contoh keperluan kecil seperti uang parkir, uang jajan ke warung, dan lain sebagainya.

Salah satu aplikasi yang mudah digunakan dalam mencatat keuangan kamu sehari-hari adalah aplikasi Finansialku yang mudah di-download di Google Play Store.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Kamu bisa memantau penggunaan biaya hidup kamu dengan lebih teliti apabila mencatat pengeluaran setiap harinya.

Tentunya aplikasi pencatat keuangan seperti ini bakal membantu kamu banget, supaya nggak kaget dengan saldo ATM yang tiba-tiba Rp0 di akhir bulan.

 

#3 Mendisiplinkan Diri

Setelah mengalokasikan uang bulanan untuk kebutuhan sehari-hari dan mencatat biaya pengeluaran setiap harinya, maka yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah mendisiplinkan diri!

Ya, langkah yang satu ini tentunya susah-susah gampang ya, karena banyak kasus dimana mahasiswa hanya mampu bertahan 1-2 bulan dalam menerapkan langkah-langkah di atas.

Sisanya, kembali lagi dengan kebiasaan molor soal keuangan.

Penting banget buat mahasiswa menerapkan langkah-langkah di atas secara berkelanjutan, sehingga hasilnya akan benar-benar terasa di masa depan.

Malas mencatat atau mengelola keuangan dapat menjadi bumerang untuk diri kamu sendiri, sehingga perlu diantisipasi dari awal.

Stategi Bebas Finansial 04 Garage Sale - Finansialku

[Baca Juga: Mencatat Keuangan Harian Perlu atau Tidak?]

 

Tanamkan dalam diri kamu bahwa kebebasan finansial baru bisa dicapai dengan disiplin yang baik.

So, jangan menyerah dan terus lakukan langkah-langkah di atas hingga menjadi kebiasaan tersendiri.

 

Strategi Bebas Finansial untuk Mahasiswa

Setelah mengetahui langkah-langkah untuk menjadi mahasiswa yang bebas finansial, ada beberapa strategi yang bisa kamu terapkan supaya kamu bisa mandiri keuangan lebih cepat.

 

#1 Buka Bisnis Online

Di era kemajuan teknologi seperti sekarang, perkembangan bisnis melalui internet melesat sangat cepat. Nah, kamu bisa menjadikan ini kesempatan emas untuk mendapatkan penghasilan tambahan setiap bulan.

Stategi Bebas Finansial 05 50% Off - Finansialku

[Baca Juga: 7 Cara Mudah Memulai Bisnis Untuk Mahasiswa]

 

Kamu bisa mulai membuka online shop yang menyesuaikan dengan hobi atau kesukaan kamu, atau bisa juga menjadi reseller atau dropshipper yang lebih mudah.

Atau, kamu bisa menjual barang-barang pribadi kamu yang masih bagus dan sudah tidak terpakai.

Lumayan buat menambah penghasilan daripada barangnya nganggur terus di kost atau rumah, kan.

Tentunya, membuka bisnis online bukanlah hal yang mudah dijalankan sehari-hari. Perlu waktu, tenaga, dan pikiran yang dicurahkan untuk membangun bisnis dari nol.

Namun, kalau dijalankan dengan semangat dan ketekunan, kamu pasti bisa, kok!

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

 

#2 Manfaatkan Hiburan Gratis dan Promo-Promo Menarik

Sebagai mahasiswa, kalau terus-terusan belajar pasti bakal bosan, dong. Untuk menyeimbangkan hidup, kamu juga harus menyisakan waktu untuk hiburan dan bersosialisasi dengan teman-teman.

Gak ada salahnya untuk mencari hiburan gratis dengan memantau akun media sosial komunitas yang sering mengadakan movie screening secara cuma-cuma.

Kamu juga bisa ikut konser gratis artis-artis tertentu di bazar yang ada di kota kamu. Tentunya masih banyak pilihan selain ini dan kamu bisa menyesuaikan dengan hobi kamu.

Stategi Bebas Finansial 06 Promotion - Finansialku

[Baca Juga: 5 Tips Cara Pandai Berbelanja di Mall]

 

Jangan lupa untuk selalu mengecek kesediaan promo-promo menarik seperti Buy One Get One, 50% Off, atau promo dari bank-bank tertentu sebelum kamu ingin membeli tiket bioskop, tiket konser, atau beli makanan/minuman di suatu tempat.

 

#3 Berhemat Itu Harus!

Strategi terakhir, setelah melakukan langkah-langkah dan strategi lainnya, kamu pun harus mulai menjalankan gaya hidup hemat.

Selalu membeli makanan fancy di luar bisa bikin kantong kamu lama-lama bolong.

Sesekali kamu bisa memasak sendiri dengan membeli bahan yang ada di pasar. Selain lebih murah, kamu juga bisa melatih kemampuan masak kamu.

Kalau di kost kamu nggak ada dapur, kamu bisa cari-cari warteg yang dekat dan menyajikan makanan rumahan dengan harga miring.

 

Kalau ada keinginan membeli barang yang sifatnya tidak mendesak, tahan dulu sebelum cepat-cepat membeli.

Kamu bisa menabung terlebih dahulu atau menunggu diskon toko yang menjual barang tersebut. Hal ini untuk mencegah kamu membeli barang secara impulsif.

 

Mencapai Kebebasan Finansial Sejak Mahasiswa  

Menjadi mahasiswa yang bebas finansial merupakan kebanggaan tersendiri bagi sebagian orang.

Kamu bisa mulai menerapkan langkah-langkah dan strategi di atas selama menjadi mahasiswa dengan uang pas-pasan.

Selain pengaturan keuangan yang tepat, jangan lupa untuk belajar dan menikmati hidup dengan hiburan atau sosialisasi dengan teman-teman.

Hal tersebut agar mahasiswa memiliki kehidupan yang seimbang.

 

Setelah membaca artikel ini, saya yakin kamu mulai paham tentang kebebasan finansial untuk mahasiswa. Kamu punya teman-teman mahasiswa yang belum juga mencapai kebebasan keuangan?

Jangan lupa untuk membagikan informasi ini, supaya kamu menjadi ‘Pahlawan Keuangan’ bagi mereka. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Willy G. 16 September 2016. 11 Saran Finansial Untuk Kamu Umur 20-an, Demi Kesuksesan dan Masa Depanmu. Wokeeh.com – https://goo.gl/DGYwvL
  • Boby Chandro Oktavianus. 2 Maret 2017. Inilah Panduan Bebas Finansial bagi Mahasiswa. Cermati.com – https://goo.gl/196EQx

 

Sumber Gambar:

  • Mahasiswa – https://goo.gl/pxMde2
  • Saving – https://goo.gl/vcwzmD
  • Calculating expenses – https://goo.gl/dCzV7K
  • Garage sale – https://goo.gl/TUJuhN
  • 50% Off – https://goo.gl/o876Rp
  • Promotion – https://goo.gl/UqGTPW
Summary
Yuk Tiru Langkah dan Strategi Bebas Finansial untuk Mahasiswa!
Article Name
Yuk Tiru Langkah dan Strategi Bebas Finansial untuk Mahasiswa!
Description
Apa saja strategi bebas finansial untuk mahasiswa? Ternyata jadi mahasiswa yang pintar mengatur keuangan tidak sulit, kok.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo