Bagaimana cara menyiapkan dana liburan dengan investasi reksa dana? Lalu strategi seperti apa agar dana liburan yang sudah ditentukan bisa tercapai?

Simak jawabannya dalam panduan belajar berikut.

 

Daftar Isi

Dana Liburan

Banyak orang ingin berlibur ke luar negeri, paling tidak untuk menghilangkan penat dan kejenuhan dari rutinitas.

Tidak ada salahnya kalau tujuan-tujuan wisata kita berada di luar negeri. Menjadi salah kalau Anda tidak menyiapkan dana liburan, berutang dan merusak kondisi keuangan. Nah bagaimana solusinya?

Persiapkan dana perjalanan segera mungkin. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah tentukan tujuan wisata Anda dan cari tahu berapa biayanya.

Jangan lupa biaya yang dimaksud termasuk transportasi, konsumsi, akomodasi, tiket atraksi dan oleh-oleh.

Kalau tidak mau repot ngurus sendiri semua, lebih enak Anda langsung cek website atau telepon travel agent.

Ketahui berapa harga dan biaya yang harus Anda siapkan. Plus jangan lupa lihat kurs mata uang. Serinkali harga paket perjalanan tetap, tetapi harga kursnya melonjak.

Liburan ke luar negeri sendiri dapat dimasukkan ke dalam kategori tujuan keuangan jangka pendek jika akan dijalankan dalam kurun waktu kurang dari 1 tahun ke depan. Misalnya Pak Ronald memiliki seorang istri dan seorang anak.

Keluarga Pak Ronald ingin pergi berlibur ke Singapura selama 3 hari 2 malam pada bulan Februari tahun 2018.

Karena itu biaya yang dibutuhkan harus dipersiapkan dari sekarang. Pak Ronald memiliki waktu 12 bulan untuk mempersiapkan dana tersebut.

Berikut adalah rincian biaya yang diperlukan untuk berlibur ke Singapura

 

Kebutuhan

Harga Satuan (Rp)

Harga Total (Rp)

Tiket Pesawat PP

1.000.000

3.000.000 (3 orang)

Hotel

1.000.000

2.000.000 (2 malam)

Biaya Paket Liburan

1.000.000

3.000.000 (3 orang)

Biaya Makan

500.000

1.500.000 (3 hari)

Dana Darurat

3.000.000

3.000.000

Asuransi Perjalanan

25.000

75.000 (3 orang)

TOTAL (Rp)

12.575.000

 

Dana yang dibutuhkan untuk berlibur dapat dipersiapkan selama 1 tahun, karena itu produk reksa dana yang ideal adalah reksa dana pasar uang. Reksa dana ini memiliki risiko yang relatif rendah.

Biasanya produk investasi dengan risiko tinggi lebih sesuai jika digunakan untuk jangka panjang untuk mendapatkan keuntungan yang optimal.

Fluktuasi dalam reksa dana pasar uang terbilang jauh lebih stabil daripada reksa dana lainnya yang berisiko lebih tinggi.

Karena itu tidak masalah jika dana akan ditarik dalam jangka waktu pendek. Keuntungan dari reksa dana pasar uang memang umumnya tidak sebesar reksa dana lainnya.

Tetapi dengan reksa dana pasar uang Anda akan merasa lebih aman untuk menyiapkan kebutuhan jangka pendek.

Setelah mengetahui besarnya dana yang dibutuhkan, Anda dapat mencari produk reksa dana pasar uang yang sesuai pilihan Anda. Kemudian perhitungkan berapa besar dana yang harus diinvestasikan dalam 1 tahun.

Misalnya Anda ingin berinvestasi pada produk reksa dana pasar uang yang memberikan return 4%. Jangan lupa untuk memperhitungkan inflasi. Asumsikan angka inflasi adalah sebesar 4%, maka dana yang harus diinvestasikan setiap bulan adalah sebesar:

Dana Liburan (2)

Maka dana yang harus diinvestasikan pada reksa dana pasar uang setiap bulan selama 12 bulan adalah sebesar Rp1.069.997.

Setelah mengetahui jumlah yang akan diinvestasikan setiap bulannya. kini saatnya Anda membuka akun investasi.

Caranya mudah sekali, Anda bisa download aplikasi IPOTGO di play store maupun app store dan IPOTPAY milik Indo Premier.

Setelah itu, Anda tinggal memasukkan nomor e-KTP, kemudian mengunggah foto diri dengan memegang e-KTP dan foto specimen tanda tangan.

Dalam waktu kurang dari 1 jam, Anda langsung mendapatkan rekening efek sebagai rekening transaksi, Sub Rekening Efek (SRE) sebagai rekening penyimpanan efek, nomor SID (Single Investor Identification), serta Rekening Dana Nasabah (RDN) untuk rekening penampungan dana.

 

Selanjutnya, Anda dapat membaca panduan belajar: Menyiapkan Dana Umroh dengan Reksa Dana.

 

Jika Anda mempunyai masalah keuangan, Yuk konsultasi dengan Certified Financial Planner (CFP) Finansialku.

Namun, sebelumnya lakukan dahulu cek kesehatan keuangan supaya konsultasi Anda bisa selesai tepat sasaran, ya. Tenang! Cek kesehatan keuangan bisa Anda lakukan melalui aplikasi Finansialku juga, kok.

Anda dapat mengunduh Aplikasi Finansialku di Apps Store atau Play Store dan manfaatkan potongan harga Rp 50 ribu dengan kode promo: WEBTAHUNAN untuk biaya member PREMIUM yang lebih ekonomis selama satu tahun.

 

Masih bingung dalam investasi reksa dana dan rencana keuangan, tenang saja Finansialku punya video menarik dibawah ini! Jangan lupa untuk subscribe Youtube Finansialku untuk update tips keuangan lainnya.

 
Editor: Julius Fallen
 
Sumber Gambar:
  • Cover – https://bit.ly/2UZWr3C