Sudah Cukupkah Dana Darurat Anda? Yuk Ketahui Cara Mudah Mengumpulkan Dana Darurat

Sudahkah Anda mempersiapkan dana darurat? Bagaimana cara mudah mengumpulkan dana darurat itu, mengingat kejadian darurat yang sering terjadi di masa depan? Berapa besarnya untuk yang masih single atau sudah berkeluarga? Mari simak ulasan berikut ini yang akan memberikan jawaban dari beberapa pertanyaan di atas! Selamat membaca dan terinspirasi!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Bayangkan Jika…

Suatu perencanaan yang matang sangatlah diperlukan dalam hidup terutama dalam hal menyusun keuangan dan setiap keperluan belanja harian dari kebutuhan pokok hingga keperluan untuk hal-hal yang remeh dan memang harus dibayarkan dari kas Anda. Namun seringkali keadaan darurat menghantui Anda, tanpa pemberitahuan dan tanpa suatu undangan, keadaan darurat akan datang dengan sendirinya diluar perencanaan matang yang telah Anda susun dengan baik. Bukan berarti Anda malahan tidak membuat suatu rencana sama sekali karena pesimis dengan keadaan darurat yang datang tanpa diundang.

Bagaimana jadinya ketika Anda bekerja, tiba-tiba perusahaan tempat Anda bekerja melakukan perampingan jumlah karyawan dan salah satunya Anda yang mendapat PHK? Bagaimana jadinya ketika Anda bekerja, lalu mendapatkan suatu kecelakaan yang membuat Anda tidak dapat bekerja lagi dan memenuhi kehidupan serta kebutuhan keluarga? Apakah dana yang Anda butuhkan perlu didapat dari menjual rumah atau mobil? Apakah dananya akan segera dapat dicairkan? Selama berapa bulankah dana dari hasil menjual rumah atau mobil tersebut dapat menghidupi serta mencukupi kebutuhan keluarga Anda? Tentu saja Anda tidak mau mengalami hal seperti itu kan?

Sudah Cukupkah Dana Darurat Anda Yuk Ketahui Cara Mudah Mengumpulkan Dana Darurat 02 - Finansialku

[Baca Juga: Dana Darurat, Berapa yang Saya Butuhkan? Apakah Boleh Dicicil?]

 

Disinilah perlunya dana darurat yang merupakan salah satu strategi dalam menanggulangi keadaan genting atau keadaan darurat seperti kasus di atas. Dana darurat inilah yang seharusnya masuk dalam planning keuangan Anda juga.

Bayangkan apabila Anda “diizinkan” mengalami musibah seperti kasus di atas, namun Anda memiliki dana darurat melalui sebuah rekening khusus ketika Anda tidak dapat menghasilkan selama 1-2 tahun ke depan, namun ada dana yang liquid yang dapat Anda cairkan setiap waktunya untuk kebutuhan keluarga sehari-hari selama Anda tidak bekerja.

 

Dana Darurat – PENTING!

Dana darurat adalah suatu dana terpisah yang khusus disiapkan untuk menghadapi berbagai keadaan darurat, seperti terjadinya PHK, kebutuhan biaya karena sakit sehingga Anda tidak dapat bekerja, biaya untuk kecelakaan, biaya saat terjadi kedukaan dalam keluarga, dan lain-lain.

Mengapa Anda harus memilikinya? Seringkali Anda tidak memiliki dana khusus untuk keadaan darurat. Dana tabungan Anda biasanya tersimpan di tabungan yang menjadi rekening gaji, belanja dan investasi sekaligus, tidak Anda pisahkan.

Begini 10 Cara Hidup Sederhana Mempersiapkan Dana Darurat 02 - Finansialku

[Baca Juga: Begini 10 Cara Hidup Sederhana Mempersiapkan Dana Darurat]

 

Hal-hal penting yang harus diingat dalam mempersiapkan dana darurat diantaranya:

  1. Dana darurat harus terpisah dari rekening seperti instrumen investasi ataupun tabungan jangka pendek yang dimaksudkan untuk pemenuhan tujuan keuangan jangka pendek.
  2. Dana darurat harus mudah diambil kapan saja dan dimana saja. Untuk itu rekening tabungan merupakan pilihan terbaik. Saat ini ada fasilitas ATM Bersama dan ATM Prima yang dapat Anda manfaatkan kegunaannya. Pastikan bahwa tabungan yang digunakan tergabung dalam salah satu ataupun kedua jaringan ATM tersebut.
  3. Dana darurat harus liquid dan dapat dicairkan ketika Anda membutuhkannya. Gunakan tabungan yang memiliki fasilitas ATM.
  4. Dana darurat harus ditempatkan di instrumen yang aman, dalam arti memiliki risiko fluktuasi jangka pendek dan risiko default yang rendah.
  5. Hasil investasi yang tinggi merupakan hal penting, namun bukan merupakan pertimbangan utama dalam memilih instrumen untuk penyimpanan dana darurat.

 

Besaran Dana Darurat

Lantas, berapakah besarnya dana darurat yang harus dipersiapkan?

Apabila Anda seorang yang masih single, tentu besarannya tidak sama dengan pasangan muda yang baru menikah dan juga yang sudah memiliki anak dengan jumlah tanggungan anak yang berbeda-beda pula.

Apakah Kartu Kredit Boleh Digunakan untuk Dana Darurat 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Kartu Kredit Boleh Digunakan untuk Dana Darurat?]

 

Pilihannya antara angka 6, 9 atau 12 kali dari pengeluaran bulanan Anda. Jika Anda adalah seorang single, maka sediakan dana darurat 6 kali pengeluaran bulanan. Jika Anda telah berkeluarga dengan satu anak, minimal 9 kali pengeluaran bulanan. Jika Anda berkeluarga dengan dua anak atau lebih, maka sebaiknya sediakan dana darurat 12 kali pengeluaran bulanan.

 

Tips Mengumpulkan Dana Darurat

Bagaimana caranya Anda mengumpulkan dana darurat? Pahami dan lakukan tips praktis dalam mengumpulkan dana darurat untuk Anda.

 

#1 Catat Pengeluaran Rutin Bulanan

Selalu biasakan diri Anda untuk mencatat setiap pengeluaran rutin bulanan. Di zaman digital yang serba modern ini, Anda dapat menggunakan fasilitas aplikasi perekam pengeluaran Anda melalui smartphone Anda. Dengan terekamnya setiap detail dari pengeluaran rutin Anda, maka Anda akan dengan mudah mendapatkan informasi mengenai perkiraan dana darurat yang harus Anda simpan pada rekening khusus.  Finansialku hadir dalam memberikan kemudahan bagi Anda. Silakan download di Google Play Store atau kunjungi aplikasi Finansialku di sini.

 

#2 Kurangi Pengeluaran Anda

Inilah salah satu tips yang memang seringkali cukup sulit dilakukan, terutama mereka yang suka jajan dan tidak tahan untuk tidak membeli sesuatu ketika sedang berada di luar rumah. Apalagi saat ini berbagai aplikasi mudah dalam membeli barang secara online. Disinilah letak pentingnya penguasaan dan pengendalian diri.

Para Karyawan, Yuk Rencanakan dan Hitung Dana Darurat Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Para Karyawan, Yuk Rencanakan dan Hitung Dana Darurat Anda]

 

Kurangi jumlah jajan harian Anda. Membawa bekal ke kantor dapat menolong Anda untuk menyisihkan lebih banyak anggaran. Selalu bawa makanan ringan dan kudapan sehat serta bersih yang sudah dipersiapkan dari rumah ketika Anda akan pergi keluar rumah. Carilah makanan seperti buah dan sayur dengan kualitas baik di pasar-pasar tradisional ketimbang di swalayan besar yang tentunya harganya agak jauh berbeda, padahal kualitasnya sama. Walaupun memang ada beberapa barang yang tidak tersedia di pasar swalayan, namun Anda perlu bijak dalam memilih dan menentukan.

 

#3 Cari Sumber Penghasilan Lain

Apabila jumlah pengeluaran rutin bulanan sudah tidak mencukupi, mungkin sudah saatnya Anda menambah penghasilan dengan mencari sumber dana lainnya melalui pekerjaan sampingan. Cari kerjaan sampingan dari hobi Anda agar Anda dapat melakukannya dengan enjoy.

 

#4 Jual Barang-Bekas Layak Pakai

Cari dan temukan berbagai barang bekas yang masih layak pakai dan masih baik kondisinya untuk Anda jual. Hasilnya cukup lumayan untuk menambah jumlah dana darurat yang sedang Anda kumpulkan.

 

#5 Buat Rekening Khusus

Inilah salah satu komitmen yang perlu dilakukan dengan motivasi dan kebulatan tekad dan harus dimasukkan ke dalam sebuah rekening tersendiri (khusus) dan dana tersebut  tidak diperbolehkan untuk dipakai kecuali untuk keadaan-keadaan genting yang akan menimpa Anda di kemudian hari. Termasuk Anda, tidak boleh seorangpun dapat mencairkannya apabila tidak terjadi keadaan darurat. Pisahkan rekeningnya dari rekening belanja bulanan.

Dengan Cara Ini, Dana Darurat dan Investasi Bisa Dipersiapkan Secara Bersamaan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Dengan Cara Ini, Dana Darurat dan Investasi Bisa Dipersiapkan Secara Bersamaan]

 

Pastikan Dana Darurat Anda Cukup!

Pastikan dana darurat Anda sudah siap dan dapat dipakai sewaktu-waktu ketika diperlukan. Tingkatkan komitmen Anda apabila dana tersebut belum terkumpul sesuai dengan jumlah idealnya. Atur keuangan Anda dengan bijak! Apabila Anda memerlukan partner dalam berkonsultasi mengenai cara-cara mengatur keuangan keluarga, para konsultan Finansialku dengan senang hati akan menolong Anda.

 

Sudahkah Anda menyiapkannya? Berapakah besarannya? Berikan tanggapan dan komentar Anda melalui kolom yang tersedia di bawah ini dan jangan lupa untuk membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan Anda. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Anthony Robbins. 2015. Money Master The Game. USA: Phoenix
  • Shirley Christie. 17 Mei 2017. 4 Tips Efektif Mengumpulkan Dana Darurat. Liveolive.com – https://goo.gl/5eRsTC
  • Mohamad Taufik Ismail. 14 April 2017. Apa Itu Dana Darurat? Detik.com – https://goo.gl/QRDJhz
  • JrPlanner. Dana Darurat: Definisi dan Aspek Penting. Catatankeluargamuda.com – https://goo.gl/OcHijz

 

Sumber Gambar:

  • Dana Darurat – https://goo.gl/Fnf4B3 dan https://goo.gl/a3BH8o

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

 

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

2 Comments

  1. Ahmad Nur Kurniawan 15 September 2017 at 14:41 - Reply

    Dana darurat saya baru 400ribuan. Masih jauh dari target

    • Finansialku
      Finansialku 7 October 2017 at 09:30 - Reply

      Hi Pak Ahmad
      Semoga dana darurat Bapak segera terkumpul.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download