Dibaca Normal : 3 Menit

Sulit Bernapas Saat Pakai Masker Dobel? Ikuti 4 Cara ini

By |2022-06-25T23:05:41+07:0013 Juli 2021|

Gimana cara pakai masker dobel biar gak sesak? Ikuti yuk caranya di sini. Jangan ke mana-mana lagi ya, langsung aja ini dia.

Ketahui informasi selengkapnya dalam artikel berikut, yang dipersembahkan oleh Kompas.com

 

4 Cara Untuk Mengatasi Kesulitas Bernafas Saat Pakai Masker Dobel

Kita disarankan untuk memakai masker ganda atau masker dobel, terutama jika bepergian ke tempat-tempat yang padat dan tidak memungkinkan untuk melakukan jaga jarak sosial.

Anjuran menggunakan masker dobel kembali disampaikan menyusul penyebaran Covid-19 varian Delta yang disebut lebih cepat dan mudah menular.

Namun, beberapa orang enggan menggunakan masker dobel karena alasan susah bernapas. Apalagi bagi orang-orang yang memang tak terbiasa memakai masker sebelumnya, memakai selembar masker saja sudah cukup mengganggu napas.

Melansir BestLife, berikut tips menggunakan masker dobel agar tetap nyaman bernapas yang dapat kita ikuti, tapi sebelumnya dengarkan dulu audiobook pentingnya merencanakan keuangan untuk millenail berikut ini.

banneraudiobook_millennials_ini_loh_pentingnya_merencanakan_dan_mengatur

 

#1 Berlatih Di Rumah

Meskipun menggunakan masker dobel terlihat memberikan perlindungan yang lebih optimal terhadap Covid-19, cobalah mempraktikannya di rumah terlebih dahulu.

Pastikan praktik masker dobel tak hanya aman, tapi juga tetap membuat kita merasa nyaman.

Masker dobel bikin sulit bernapas memang dapat dipahami. Terutama jika masker tersebut memiliki ukuran yang pas dan memiliki kemampuan menyaring udara yang baik.

Ketika kita terlalu kesulitan bernapas, yang berbahaya bukan hanya berkaitan dengan masalah pernapasan tetapi kita juga lebih mungkin melepas masker dari waktu ke waktu.

[Baca juga: Masker Kain Sudah Ada SNI, Begini Ciri-ciri Produknya]

#2 Beraktivitas Di Sekitar Rumah

Setelah mencoba beraktivitas di rumah menggunakan masker dobel, Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS (CDC) merekomendasikan mencoba mempraktikannya untuk berjalan-jalan dan beraktivitas di area rumah.

Pastikan masker pas dengan ukuran wajah dan filtrasinya tepat untuk memastikan kita bisa bernapas dengan nyaman dan pandangan tidak terganggu.

Setelah cukup terbiasa menggunakan masker dobel, kita bisa mencoba mempraktikannya ketika pergi ke luar rumah.

 

#3 Menurunkan Frekuensi Bernapas

Spesialis dispnea dan kepala Divisi Pengobatan Paru, Perawatan Kritis dan Pengobatan Tidur di Pusat Perawatan Israel Deaconess yang berafiliasi dengan Harvard, Dr Richard Schwartzstein menjelaskan, ketika memakai masker, kita berusaha menarik udara dari baliknya.

Padahal, masker memiliki ketahanan terhadap aliran udara. Itulah mengapa kita perlu berupaya lebih keras untuk menarik napas ketika mengenakan masker.

Ahli paru dari Rumah Sakit Brigham dan Wanita yang berafiliasi dengan Harvard, Dr. Bartolome Celli menyarankan, strategi terbaik untuk bernapas lebih nyaman ketika memakai masker adalah menurunkan kecepatan bernapas.

Hal itu dilakukan untuk mengurangi resistensi terhadap masker. Kemudian, cobalah menarik napas dengan mengerucutkan bibir.

 

#4 Pakai Masker yang Tepat

Ingatlah bahwa kombinasi jenis masker juga penting untuk diperhatikan. CDC merekomendasikan untuk melapisi masker medis sekali pakai dengan masker kain pada bagian luar.

Tidak dianjurkan menggunakan dua masker medis (sekali pakai) sekaligus. Jenis masker ini tidak dirancang untuk digunakan dua lapis secara bersamaan karena tidak meningkatkan filtrasi atau kesesuaian masker.

Kita juga sebaiknya tidak menggunakan jenis masker apapun untuk melapisi bagian luar masker KN95 ketika dipakai.

Paul Hickey selaku Presiden PuraVita Medical, perusahaan produsen masker KN95 serta Sam Barone, MD selaku chief medical officer BioPharma dan presiden Halodine menjelaskan, menggunakan masker dobel dengan KN95 akan membuat kita kesulitan bernapas.

Cara tersebut juga dapat mengubah ukuran masker sehingga malah menjadi kurang efektif dan berpotensi bahaya.

 

Itulah cara mengatasi kesulitas bernafas saat pakai masker dobel. Semoga bermanfaat, dan tetap lakukan protokol kesehatan; mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker, mengurangi mobilitas serta hindari kerumunan. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada banyak orang ya, terima kasih. 

 

Artikel ini merupakan hasil kerja sama antara Finansialku dengan Kompas.com. Isi artikel menjadi tanggung jawab sepenuhnya Kompas.com.

 

Sumber Referensi:

  • Nabilla Tashandra. 27 Juni 2021. Pakai Masker Dobel Bikin Sulit Bernapas? Coba 4 Cara Berikut. Kompas.com – https://bit.ly/3w3fczt

Sumber Gambar:

  • Cover – https://bit.ly/3r6yBOX

1 Step 1

Pastikan Sobat Finansialku Tak Ketinggalan Informasi Terbaru​

Subsribe sekarang untuk dapatkan analisis prediksi pasar mingguan, perencanaan keuangan, serta analisis saham, reksa dana, dan produk investasi lainnya.

keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right

About the Author:

Ari A. Santosa telah merampungkan kuliah Ilmu Komunikasi di Universitas Pasundan. Sesekali memboroskan waktu hanya untuk membaca dan menonton film.

Leave A Comment

Go to Top