Halo sobat Finansialku, apakah kamu sudah tahu susunan acara lamaran itu seperti apa? Kita simak bersama yuk.

Tentu saja untuk acara yang spesial seperti prosesi lamaran, sobat Finansialku akan mempersiapkannya dengan sangat matang. Oleh karena itu kali ini Finansialku akan membantu kamu untuk mempersiapkannya, yuk ikuti artikel ini sampai tuntas

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Panduan dan Susunan Acara Lamaran Paling Umum Di Indonesia

Wanita mana sih yang gak akan bahagia kalau pria pujaannya memutuskan untuk melamar dirinya? Dan acara lamaran akan berlangsung dalam waktu dekat. Tentu saja bahagianya akan terbawa sampai ke alam tidur.

Sobat Finansialku, acara ini tentu dinantikan oleh kedua mempelai, beserta keluarganya. Pada prosesi ini, pihak keluarga laki-laki secara resmi meminang sang mempelai wanita untuk memasuki jenjang pernikahan. Biasanya, acara lamaran dilakukan sekitar tiga hingga enam bulan sebelum hari pernikahan diadakan.

 

Tradisi Mempengaruhi

Sobat Finansialku, susunan acara lamaran juga dipengaruhi oleh tradisi dari kedua belah pihak. Berbagai macam tradisi sering kali menimbulkan kebingungan ketika menyusun konsep serta rundown acara lamaran.

Padahal, terdapat garis besar acara yang dapat diterapkan untuk susunan acara amaran dengan adat apa pun

Susunan Lamaran 2

[Baca Juga: 5 Persiapan Lamaran yang HARUS Dilakukan Oleh Wanita]

 

Namun sobat Finansialku jangan bingung dulu, artikel yang sedang kamu baca akan membantu kamu untuk dapat gambaran akan panduan dan susunan acara lamaran paling umum di Indonesia.

 

Susunan Acara Lamaran Secara Umum

Sebenarnya untuk acara lamaran sendiri ada susunan acara pokok yang dapat diaplikasikan pada tradisi apa pun. Inilah gambaran acara lamaran tersebut, yang nantinya bisa kamu modifikasi sesuai keinginan kamu atau keluarga.

 

#1 Mempelai pria hadir bersama keluarga

Prosesi lamaran dimulai ketika keluarga calon mempelai pria tiba di rumah mempelai wanita. Kunjungan ini akan disambut dengan hangat oleh pihak keluarga wanita dan mempersilakan untuk masuk ke dalam rumah atau tempat di mana acara akan dilangsungkan.

Selain keluarga inti, calon mempelai pria biasanya didampingi oleh rombongan yang membawa seserahan untuk melamar sang mempelai wanita.

 

#2 Pembukaan

Setelah semua duduk, acara akan dibuka oleh MC yang akan mengucapkan selamat datang, bercerita sedikit mengenai kedua calon mempelai. Kamu juga bisa meminta MC untuk menyampaikan monolog singkat yang mengenang awal pertemuan dengan pasangan.

Susunan Lamaran 3

[Baca Juga: 10 Bawaan Lamaran Pernikahan Sederhana Namun Penuh Makna]

 

Untuk membuat suasana semakin santai, sebelumnya ceritakan hal-hal yang lucu tentang kamu dan pasangan kepada MC sebagai bahan pembicaraan. Kemudian MC menanyakan maksud kedatangan dari pihak keluarga pria.

 

#3 Sambutan acara lamaran

Memasuki inti acara, perwakilan dari keluarga pria akan mengutarakan tujuan kedatangannya, yakni untuk melamar sang mempelai perempuan. Kemudian, ia akan menanyakan apakah keluarga calon mempelai perempuan bersedia menerima lamaran tersebut.

 

#4 Mempelai wanita dipanggil ke dalam ruangan

Pada prosesi awal hingga penyampaian maksud kedatangan pihak pria. Calon mempelai wanita tidak hadir di ruangan, atau menunggu di kamar. Bila memang pihak wanita sudah mendengar pernyataan maksud kedatangan pihak pria, barulah calon mempelai wanita keluar.

MC atau pembawa acara akan menanyakan jawaban dari keluarga wanita. Apabila lamaran tersebut diterima, maka pihak keluarga wanita akan menjawab dan menyambut baik lamaran tersebut.

 

#5 Penyerahan seserahan

Setelah mendapatkan jawaban resmi bahwa lamaran mereka diterima, rombongan keluarga pria menyerahkan seserahan yang mereka bawa kepada keluarga wanita.

Susunan Lamaran 4

[Baca Juga: 5 Jurus Jitu Menyiapkan Lamaran Pernikahan Sederhana yang Tak Terlupakan]

 

Biasanya penyerahan dilakukan secara simbolis dari ibu calon mempelai pria kepada ibu calon mempelai wanita. Seserahan tersebut merupakan bentuk keseriusan keluarga calon mempelai pria untuk meminang calon mempelai wanita.

 

#6 Tukar cincin

Setelah menyerahkan seserahan, acara dilanjutkan dengan proses tukar cincin pada kedua calon mempelai. Biasanya, ibu dari mempelai laki-laki akan memasangkan cincin kepada calon mempelai perempuan.

Begitu pun sebaliknya. Ibu dari mempelai perempuan akan memasangkan cincin di jari manis calon mempelai laki-laki. Namun, acara ini hanya bermakna simbolis dan bisa digantikan dengan perhiasan lainnya atau dihilangkan.

 

#7 Perkenalan kedua keluarga

Acara selanjutnya adalah ramah tamah dan perkenalan antara dua keluarga. Biasanya masing-masing perwakilan keluarga akan memperkenalkan anggota keluarga inti, dan anggota keluarga lain yang hadir.

Acara ini biasa diisi dengan canda tawa untuk mencairkan suasana.

 

#8 Penutup

Setelah rangkaian acara lamaran sudah dilalui seluruhnya, berikutnya adalah penutup dan ini wajib diakhiri dengan doa. Dalam doa tersebut akan disampaikan permohonan agar niat baik kedua calon mempelai berjalan lancar hingga acara pernikahan.

 

#9 Foto bersama

Acara pun dilanjutkan dengan sesi foto-foto bersama. Setelah itu, sebagai wujud perayaan akan berakhirnya proses lamaran, kedua keluarga menikmati santapan siang atau malam bersama.

Acara makan-makan ini juga menjadi kesempatan bagi para tamu untuk saling mengenal dan mengobrol dengan lebih santai.

 

#10 Penyerahan seserahan kepada pihak pria

Selepas acara makan bersama, pihak keluarga mempelai pria bersiap-siap untuk meninggalkan rumah mempelai perempuan.

Sesuai kesepakatan sebelumnya, keluarga perempuan memberikan seserahan balasan yang juga berisi makanan atau kebutuhan sehari-hari untuk sang mempelai laki-laki. Dengan demikian, prosesi lamaran pun selesai dilakukan.

 

Nah, itu dia garis besar susunan acara lamaran untuk kamu. Segalanya perlu untuk mendiskusikannya terlebih dahulu. Baik kamu dan pasangan, panitia acara, keluarga besar, ataupun pihak WO (Wedding Organizer).

Utamakan komunikasi dua arah untuk menghindari kesalahpahaman pihak-pihak yang terlibat. Selamat melangsungkan acara lamaran kamu ya sobat finansialku.

Jangan lupa untuk beri komentar sebelum dan sesudah kamu melangsungkan acara lamaran kamu. Terimakasih.

 

Sumber Referensi:

  • Meidiana Putri. 4 Januari 2020. Pakem Susunan Acara Lamaran Umum Di Indonesia. Cepetnikah.com – http://bit.ly/2urqaVE

 

Sumber Gambar:

  • Susunan Lamaran 1 – http://bit.ly/32lNl0e
  • Susunan Lamaran 2 – http://bit.ly/2Vnx4X1
  • Susunan Lamaran 3 – http://bit.ly/2Pm7I8d
  • Susunan Lamaran 4 – http://bit.ly/2PlZNrj