Menghias rumah dengan tanaman hias bisa jadi pilihan yang tepat untuk Anda yang menyukai dekorasi nuansa alam. Apalagi terdapat beberapa tanaman hias yang cepat tumbuh.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh

Kompas.com

 

Dekorasi Rumah dengan Tanaman Hias

Dewasa ini, merawat tanaman hias di rumah adalah suatu hobi yang semakin populer di kala pandemi. Tanaman hias yang dirawat dengan kesabaran dan ketelatenan yang tinggi, akan tumbuh dengan subur dan indah.

Tentu hal ini makin mempercantik dekorasi  rumah Anda.

Namun pada praktiknya, ada beberapa orang yang tidak sabar saat merawatnya, dan menginginkan tanaman hiasnya cepat tumbuh dengan sedikit perawatan. Padahal memang banyak jenis tanaman yang pertumbuhannya lambat.

Jika Anda termasuk orang yang menginginkan tanaman hias cepat tumbuh, berikut beberapa ide tanaman yang bisa dijadikan referensi.

Ide Dekorasi Rumah dengan Tanaman Hias yang Cepat Tumbuh 01 - Finansialku

[Baca Juga: 9 Tanaman Hias yang Bisa Tumbuh di Cahaya Redup]

 

#1 Pakis

Tanaman pakis memiliki banyak jenisnya, namun jenis pakis maidenhair termasuk tanaman yang tumbuh dengan cepat.

Cara efektifnya adalah pastikan Anda menempatkan pakis tumbuh dengan tanah yang tidak benar-benar kering.

Banyak pakis lebih menyukai tumbuh dengan kondisi yang lembab, lebih teduh, dengan sedikit atau tanpa sinar matahari secara langsung.

 

#2 Pothos (Sirih Gading)

Salah satu tanaman merambat ini, bisa tumbuh dengan sangat cepat dengan minim perawatan. Sirih gading dengan julukannya devil’s ivy, mampu tumbuh secara substansial hanya dalam beberapa minggu saja.

Pothos ini lebih suka tumbuh di kondisi yang teduh dan terlindungi dari matahari. Agar tanaman ini bisa tumbuh secara maksimal, siram permukaan tanahnya saat pothos mulai mengering.

 

#3 Sukulen

Siapa yang baru mengenal tanaman sukulen? Ternyata, sukulen ini mirip seperti lidah buaya, namun dapat tumbuh dengan cukup cepat, dan tidak membutuhkan perawatan yang rumit.

Perawatan yang bisa Anda berikan adalah dengan letakkan tanaman di tempat yang banyak cahaya agar cepat tumbuh dan menghasilkan cabang di pangkal tanamannya.

 

#4 Kembang Sepatu

Tanaman hias indah yang sering tumbuh di tempat terbuka ini ternyata tumbuh dengan cepat, asalkan Anda menyiramnya dengan baik dan teratur.

Selain itu, pastikan tanaman kembang sepatu mendapatkan pencahayaan yang cukup. Karena, jika perawatan yang Anda berikan tepat, bukan hanya tumbuh subur, tapi juga bunga-bunga bisa bermekaran dengan indah.

 

#5 Bunga Lily

Bunga indah nan elok ini bisa, nyatanya dapat tumbuh dengan baik meski diletakkan di tempat yang minim cahaya.

Namun, perlu diingat bahwa indahnya daun bunga lily bisa mengeluarkan banyak udara beracun di dalam ruangan, apalagi ketika bunga sedang mekar.

Untuk mengakalinya, Anda bisa letakkan bunga lily di halaman luar rumah yang minim cahaya. Hindari penyimpanan tanaman di dalam ruangan.

 

#6 Philodendron

Philodendron adalah jenis tanaman merambat yang dapat tumbuh dengan cepat. Hal itu bisa terjadi, bila rajin menyiramnya saat permukaan tanah terlihat kering.

Selain itu, letakkan tanaman ini di tempat yang minim cahaya matahari, agar tanaman tidak menguning.

 

#7 Syngonium

Selanjutnya ada tanaman syngonium yang tumbuh dengan cepat juga. Ketika Anda beli tanaman hias ini, biasanya syngonium berukuran pendek namun lebat. Sama halnya seperti sirih gading, syngonium merupakan tanaman rambat.

Agar tanaman ini bisa tumbuh ke atas, baiknya diberikan penopang. Bila tampilan tanaman ini merasa sangat lebat dan memanjang ke samping, Anda bisa potong tanaman sesuai keinginan.

 

#8 Spider Plants

Terakhir, ada spider plants yang bisa tumbuh dengan sangat cepat dan mudah berkembang biak. Anda bisa beri perawatannya dengan hanya menyiramnya jika permukaan tanah terlihat kering.

Anda bisa atur posisi tanaman di tempat yang tidak banyak terkena cahaya matahari secara langsung untuk tumbuh dengan baik.

 

banner -perencanaan keuangan usia 30an

 

Itulah beberapa rekomendasi ide tanaman hias yang cepat tumbuh meski di rumah. Meski semalas-malasnya Anda merawat tanaman, namun tetap butuh perhatian lebih merawatnya agar tanaman tumbuh dengan baik dan indah.

 

Artikel ini merupakan hasil kerja sama antara Finansialku dengan Kompas.com. Isi artikel menjadi tanggung jawab sepenuhnya Kompas.com

 

Sumber Gambar:

  • Tanaman 1 – http://bit.ly/3ruhGFH
  • Tanaman 2 – http://bit.ly/3qrWMFB