Tawaran Kredit Bunga Murah, Awasi Penipuan KTA!

Apakah Anda pernah mendapat sms mengenai tawaran kredit bunga murah? Hati-hati karena sekarang marak penipuan KTA alias KTA illegal.

 

Rubrik Finansialku:

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Awas Penipuan KTA!

Saat ini banyak sekali oknum tidak bertanggung jawab yang mulai menawarkan kredit berbunga rendah. Biasanya mereka mengatakan produknya adalah KTA dengan bunga rendah. Padahal produk tersebut murni penipuan KTA.

 

Tawaran Kredit Bunga Murah, Awasi Penipuan KTA! - Perencana Keuangan independen Finansialku

[Baca Juga: Kenali KTA sebelum Mengajukan Kredit]

 

KTA sebenarnya adalah produk kredit yang dikeluarkan oleh perbankan atau institusi keuangan lain yang sudah mendapatkan izin OJK. KTA (personal loan) adalah jenis kredit yang yang cukup mudah persyaratannya. Anda hanya cukup menyertakan KTP, bukti gaji dan mengisi formulir-formulir. 

Kurangnya informasi dan literasi keuangan masyarakat Indonesia, menyebabkan banyak oknum tidak bertanggung jawab melakukan tindak penipuan. Ada yang menawari bunga murah, ada yang meminta biaya administrasi, ada yang minta biaya pengurusan dan lain sebagainya. Nah mari kita bahas dulu modus-modus penipuan KTA. 

 

[Baca Juga: Bagaimana Cara Menghitung Cicilan KTA?

 

Bagaimana cara oknum-oknum tersebut menghubungi calon korban? Ternyata ada beberapa cara, seperti melalui telepon, sms, email dan juga website bodong (pishing).

 

3 Langkah Preventif, Agar Tidak Terjebak Penipuan KTA

Jika Anda mendapat penawaran KTA tetapi Anda merasa ragu, sebaiknya Anda perhatikan langkah-langkah berikut: 

 

Pastikan Orang dan Lembaganya

Kalau Anda mendapat penawaran KTA yang meragukan, sebaiknya Anda tanyakan siapa nama tenaga pemasaran dan asal perusahaannya. Biasanya orang tersebut akan memberi jawaban yang meyakinkan dan menyebut nama salah satu bank. 

Telepon bank tersebut dan tanyakan status dari orang yang menawarkan KTA kepada Anda. Pastikan orang tersebut adalah tenaga pemasaran yang aktif dan tanyakan juga mengenai produk KTA. Langkah ini adalah langkah preventif yang utama, agar Anda terhindar dari penipuan KTA.

 

Bagaimana dengan Menghitung Cicilan KTA jika Top Up

Pastikan sebelum mengambil produk KTA atau produk keuangan apapun, Anda sudah mempelajari produk dan syarat-syarat yang berlaku. Pastikan Anda mengetahui, kewajiban dan hak Anda.

 

Proses KTA tidak Perlu Biaya Pelicin Pengajuan Aplikasi

SOP atau prosedur dalam pengajuan KTA tidak ada namanya biaya pelicin. KTA Anda akan dicek oleh analis bank. Tenaga pemasaran produk KTA tidak bisa memastikan apakah pengajuan Anda disetujui atau tidak. Tenaga pemasaran berkewajiban untuk membantu nasabah dalam melengkapi syarat-syarat yang diperlukan. Tenaga pemasar KTA sudah dibayar oleh Bank, jadi Anda tidak perlu mengeluarkan biaya pelicin. 

 

Jangan Sampai Kena Tipu ya 

Kebanyakan korban penipuan KTA adalah orang-orang yang sedang dalam kondisi kepepet. Satu hal yang perlu Anda ketahui dan ingat: dalam kondisi apapun juga, Anda harus berhati-hati dan berusaha melakukan langkah-langkah preventif agar tidak terkena penipuan KTA atau penipuan lainnya

 

Apakah Anda pernah mendapat penawaran KTA yang mencurigakan?

 

Sumber Gambar:

  • Lie – http://goo.gl/wZcRs7

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

 

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang

 

By | 2016-11-29T09:56:54+00:00 February 20th, 2016|Categories: #IndonesianDreams, Kredit Tanpa Agunan, Utang|Tags: , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download