Apa yang kamu bayangkan saat mendengar kata “Teknologi Digital”? Seperti apa contoh dan macam-macam teknologi digital? Dan apa kelebihannya?

 

Teknologi Digital

Apa yang kalian bayangkan saat mendengar istilah teknologi digital? Pasti benda yang sudah tidak asing lagi, yakni seperti komputer dan segala perangkat pendukungnya.

Ternyata, hal tersebut kurang tepat mengingat komputer hanya merupakan salah satu hasil dari teknologi digital. Lalu sebenarnya apa pengertian dari teknologi digital itu sendiri?

Teknologi digital adalah suatu alat yang tidak lagi menggunakan tenaga manusia secara manual, tetapi lebih pada sistem pengoperasian otomatis dengan sistem komputerisasi atau format yang dapat dibaca oleh komputer.

Teknologi digital pada dasarnya hanyalah sistem penghitung sangat cepat yang memproses semua bentuk-bentuk informasi sebagai nilai-nilai numerik (kode digital).

Sedangkan, teknologi komunikasi digital adalah teknologi yang berbasis sinyal elektrik komputer, sinyalnya bersifat terputus-putus dan menggunakan sistem bilangan biner. Bilangan biner akan membentuk kode digital (1 dan 0 berdasarkan adanya arus listrik atau tidak yang diatur oleh transistor).

Kode digital tersebut nantinya akan diolah oleh komputer. Contohnya gambar kamera video yang telah diubah dari gelombang cahaya menjadi menjadi bentuk digital dalam bentuk pixel.

Teknologi Digital Definisi, Contoh, Macam-macam, Kelebihan - 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mengenal Kemajuan Teknologi Virtual Reality Lebih Dalam]

 

Perbedaan Teknologi Digital dan Analog

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, teknologi digital merupakan sistem penghitung sangat cepat dengan memproses informasi berupa kode digital atau nilai-nilai numerik (angka). Sebelum diproses, diperlukan sensor yang mengubah informasi-informasi nyata menjadi kode digital (contohnya adalah kamera digital).

Kode digital yang dikirim sensor barulah akan diolah oleh komputer (mikroprosessor) yang dimana dalam setiap alat digital pasti ada. Dari hasil pengolahan data digital tersebut, informasi akan ditampilkan pada layar.

Teknologi analog pada dasarnya hanyalah alat yang sederhana dengan program tertentu yang sudah diatur dengan pengaturan tertentu, seperti komputer analog.

Komputer analog pada dasarnya merupakan alat ukur dan biasanya digunakan pada mesin-mesin untuk memberikan sebuah informasi dan kendali otomatis. Kelemahan dari teknologi analog adalah tidak dapat mengukur dengan teliti dan membutuhkan waktu yang lama untuk memproses informasi.

Contoh teknologi analog adalah telepon biasa (bukan ponsel pintar atau smartphone), sedangkan teknologi digitalnya berupa telepon yang menggunakan sinyal internet.

Teknologi analog dapat dikatakan pula merupakan teknologi peralihan dari teknologi mekanis ke teknologi digital dimana teknologi mekanis lebih mengedepankan sistem-sistem mekanis atau manual.

Pada teknologi mekanis, tidak diperlukan komputer atau mikroprosessor untuk mengatur dan mengoperasikannya karena sudah memiliki sistem mekanikal yang terstruktur. Kelemahan sistem mekanis ini adalah pengaturannya terbatas dan terdiri dari banyak bagian-bagian mekanik yang memerlukan perawatan khusus.

Teknologi Digital Definisi, Contoh, Macam-macam, Kelebihan - 03 - Finansialku

[Baca Juga: Ingat!!! Perkembangan Teknologi Untuk Memaksimalkan Hidup. Bukan Sebaliknya!]

 

Perkembangan Teknologi Digital

Perkembangan teknologi digital membuka era digital dan secara garis besar dapat dilihat pada 3 hal berikut.

  1. Lahirnya komputer pada tahun 1940 dan perkembangannya sejak saat itu
  2. Lahirnya internet atau World Wide Web (WWW) pada tahun 1989
  3. Lahirnya situs jejaring sosial (social media) pada tahun 1997 dan maraknya penggunaannya sejak tahun 2000-an

 

Kelebihan Teknologi Digital

Setiap jenis teknologi memiliki kelebihannya masing-masing, berikut ini beberapa kelebihan teknologi digital:

  1. Data yang dikirimkan dari satu tempat ke tempat lain tidak terpengaruh cuaca buruk dan noise karena data yang ditransmisikan dalam bentuk sinyal digital.
  2. Berbagai tipe sistem komunikasi tersedia dan dapat digunakan.
  3. Biaya perawatan lebih rendah karena lebih praktis dan stabil.

 

Kekurangan Teknologi Digital

Selain memiliki keunggulan, setiap jenis teknologi memiliki efek samping yang ditimbulkan, berikut ini beberapa kekurangan teknologi digital:

  1. Kesalahan yang mungkin terjadi pada saat mengubah sinyal analog ke digital (digitalisasi).
  2. Kemungkinan tercurinya data digital yang penting seperti nomor rekening, data pekerjaan, dll oleh hacker ataupun virus.
  3. Membuat ketergantungan yang berlebihan pada penggunanya, yang dapat menghambat kemampuan empati dan sosial secara nyata.

Munculnya teknologi digital pada akhir dekade 70-an yang menandakan terjadinya sebuah revolusi teknologi. Istilah digital sendiri merupakan antonim atau lawan kata dari istilah analog.

Dimana, teknologi digital merupakan bentuk pengembangan dari teknologi analog, namun berbeda dengan teknologi itu. Teknologi digital tidak menyimpan data atau informasi dalam bentuk gambar dan suara.

Sedangkan penyimpanan data merupakan proses menyimpan suatu data di dalam suatu komputer atau suatu media hardisk, flashdisk, CD dan lain-lain dengan tujuan untuk menjaga data tersebut agar tidak hilang ketika akan dibuka dan diproses kembali di waktu yang akan datang.

Pada dasarnya teknologi digital memproses semua bentuk informasi sebagai nilai-nilai numerik sehingga dapat dibaca oleh komputer. Salah satu contohnya telepon seluler, dimana saat menelpon digit yang dikirimkan ke penerima di suatu tempat menggunakan gelombang radio.

Telepon penerima kemudian kembali melakukan konversi angka-angka yang diterima tersebut menjadi suara yang dapat didengar oleh penerima.

banneraudiobook_millennials_ini_loh_pentingnya_merencanakan_dan_mengatur

Transmisi Data

Transmisi data merupakan suatu proses pengiriman data dari sumber data ke suatu penerima data menggunakan media komputer ataupun elektronik. Adapun dalam transmisi data ini ada beberapa bagian penting yang terdapat di dalamnya yaitu sinyal dan modulasi, media transmisi data, arah transmisi data, dan mode transmisi data.

  • Sinyal dan Modulasi, merupakan gelombang elektromagnetik yang digunakan untuk mentransmisikan data atau informasi dari suatu tempat ke tempat lainnya. Sinyal dikelompokkan menjadi dua yaitu sinyal analog dan sinyal digital. Sedangkan modulasi adalah penggambungan bentuk sinyal data dan sinyal pembawa atau carrier untuk mentransmisikan informasi dengan tujuan efisiensi dan meminimalisir noise.
  • Media Transmisi Data, merupakan media yang digunakan untuk mengirimkan data sehingga, dapat menghubungkan pengirim dengan penerima data tersebut. Media transmisi data berupa Guided Transmission Media yang menggunakan sistem kabel dan Unguided Transmission Media yang menggunakan sistem gelombang elektromagnetik.
  • Arah Transmisi Data, merupakan proses yang menjelaskan bagaimana arah kontak transmisi data yang terjadi antara pengirim dan penerima data. Arah transmisi data dibagi menjadi tiga, yaitu simplex, half duplex, dan full duplex.
  • Mode Transmisi, merupakan suatu proses atau metode dalam melakukan transmisi data dari suatu media atau alat menuju media atau alat lainnya. Mode transmisi ini memengaruhi banyaknya jalur media transmisi yang digunakan. Mode transmisi dibagi menjadi dua, yaitu serial transmission dan parallel transmission.

 

Aplikasi Teknologi Digital dalam Kehidupan Sehari-hari

Teknologi digital telah banyak diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, dimana keberadaannya berperan sebagai media atau alat bantu aktivitas di berbagai bidang seperti dalam bidang penelitian, pendidikan, bisnis, sosial, dan lain sebagainya.

Adapun beberapa aplikasi yang seringkali digunakan disini dan tidak asing lagi dalam kehidupan sehari-hari adalah telepon seluler, CD untuk penyimpanan data, komputer, dan lain sebagainya.

Lalu kalau kita bisa pakai Teknologi Analog, kenapa harus ada Teknologi Digital? Bukannya hasilnya sama aja?

Sebagai pengguna, mungkin kita merasa bahwa hasilnya sama aja, sama-sama bisa berkomunikasi lewat telepon. Tapi sebagai penyedia layanan telepon, perbedaannya sangat signifikan, antara lain:

 

#1 Jaringan Menjadi Lebih Efisien

Ketika kita melakukan komunikasi jarak jauh, baik analog maupun digital, tiap-tiap koneksi harus dihubungkan pada kanal terpisah.

Pada telepon rumah, biasanya dalam bentuk kabel saja. Bayangkan, butuh berapa kabel untuk membuat koneksi telepon di Indonesia?

Sementara pada komunikasi digital, jaringannya bisa dibuat lebih efisien. Kalau ada 8 koneksi misalnya, koneksi tersebut bisa ditumpuk dalam satu jalur tertentu tapi diberi “tanda”.

Server bisa membedakan masing-masing koneksi tersebut milik siapa karena sudah ada tanda dalam bentuk digital. (Kalau ingin tahu lebih jauh, coba pelajari konsep Multiplexing, misalnya Time-Division Multiplexing. Ini hanya bisa dilakukan kalau sinyalnya adalah sinyal digital.)

 

#2 Backup Komunikasi Lebih Mudah

Berhubung komunikasi dilakukan dalam bentuk digital, maka data tersebut bisa disimpan dalam bentuk digital juga. Jumlah data yang bisa disimpan juga lebih banyak untuk besar fisik yang sama.

Sebagai contoh, dulu waktu kita masih menggunakan kaset yang menggunakan teknologi analog, paling dalam satu kaset, hanya muat 10 lagu. Sekarang dengan CD atau DVD, bisa muat berapa lagu?

 

#3 Memungkinkan Teknologi Smartphone

Ketika telepon dibuat dengan menggunakan teknologi digital, ini mempercepat revolusi dunia komunikasi. Pada telepon seluler misalnya, perkembangan dari generasi 1, 2, 3, 4, atau bahkan 5 itu cepat sekali.

Pada telepon analog, kita tidak mengenal teknologi SMS. Teknologi tersebut baru muncul pada 2G (generasi 2) pada telepon seluler.

Sekarang ini jangankan SMS, dengan smartphone yang kita punya, kita bisa chatting pakai LINE, bisa browsing artikel ini di zenius.net, bisa video call pakai Facetime/Skype/dll, bisa memesan ojek pakai Gojek, dan berbagai aplikasi lainnya.

Contoh di atas itu baru contoh keunggulan teknologi digital terhadap analog pada telepon. Pada perangkat lain, teknologi digital juga punya keunggulan yang serupa. Sebagai contoh, pada efek gitar.

Dengan menggunakan teknologi digital, sinyal gitar bisa diubah menjadi simbol digital, lalu menggunakan komputer untuk memprosesnya. Berikutnya pada kamera.

Dengan menggunakan teknologi digital, gambar pada kamera bisa disimpan dalam bentuk digital. Jumlah gambar yang disimpan bisa jauh lebih banyak, bisa diproses dengan menggunakan komputer juga.

 

Oke deh. Semoga sekarang makin kebayang ya apa yang dimaksud dengan teknologi digital. Yuk bagikan artikel ini pada teman-teman dan keluargamu. Agar semua melek teknologi. Semoga bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Studio Belajar. Teknologi Digital. Studiobelajar.com – https://bit.ly/3dUi6PQ
  • Kelas Pintar. 17 Agustus 2020. Apa yang Dimaksud TeknologiDigital. Kelaspintar.id – https://bit.ly/3mAON8T
  • Wisnu Subekti. 19 Februari 2017. Seperti Apa sih Teknologi Digital itu? Zenius.net – https://bit.ly/2OHknFK

 

Sumber Gambar:

  • 01 – https://bit.ly/3tJi5VF
  • 02 – https://bit.ly/3veF9fd
  • 03 – https://bit.ly/2RQ6OVr
  • 04 – https://bit.ly/3eCTeNd
  • 05 – https://bit.ly/3dGgHgS