Bagi Anda para blogger yang baru meniti awal karier, tentunya proses pemasaran menjadi salah satu kecemasan. Salah satu kunci untuk menjadi professional blogger yang sukses adalah dengan mencari pembaca sebanyak-banyaknya. Kemudian dimanakah tempat yang sesuai untuk mempromosikan blog Anda? Mari kita lihat tempat yang tepat untuk mengundang banyak pembaca.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Media Promosi yang Sesuai

Sebenarnya terdapat sangat banyak media yang dapat digunakan sebagai media promosi, namun yang harus Anda cari adalah media yang sesuai dengan target pembaca Anda. Sebagai contoh, jika Anda membuat blog mengenai cara mendidik anak, maka tidak mungkin Anda mempromosikannya di majalah dinding sekolah tetapi mungkin di Facebook.

Melalui artikel ini, Finansialku akan menjabarkan beberapa tempat promosi yang dapat Anda pilih agar Anda dapat mengundang banyak pembaca.

 

#1 Email

Apakah Anda mengira bahwa email hanya berupa sarana untuk berkomunikasi secara formal? Ternyata email juga dapat digunakan sebagai media promosi. Anda dapat memberi sedikit kilasan mengenai blog di dalam email newsletter.

Perencana Keuangan Resource Advisory Services, David Lewis mengungkapkan bahwa dia menggunakan email newsletter sebagai media untuk menyampaikan blog kepada kliennya.

Dia juga memperkirakan bahwa pengunjung blog-nya sudah berkembang hingga 2 kali lipat karena penggunaan media promosi tersebut.

Tempat Mempromosikan Blog yang Tepat untuk Mengundang Para Pembaca yang Banyak 02 - Finansialku

[Baca Juga: Professional Blogger Ini Bisa Mendapat Penghasilan 13M setahun, Ini Skill yang Dia Miliki dan Caranya]

 

#2 Facebook

Penggunaan media sosial kini semakin menjamur dan pembacanya semakin luas. Mulai dari remaja hingga orang dewasa kini menggunakan media sosial untuk mengetahui info terkini. Jika Anda menginginkan pembaca potensial yang jumlahnya luar biasa besar, Facebook dapat menjadi solusinya.

Facebook telah berjalan cukup lama dan memiliki jumlah pengguna yang sangat banyak dengan rentang usia yang cukup luas. Oleh karena itu, Facebook menjadi media promosi yang sesuai jika Anda ingin menjangkau pembaca di segala kalangan usia.

 

#3 Twitter

Twitter juga menjadi salah satu media sosial yang sesuai untuk mempromosikan blog Anda. Kekurangannya hanyalah keterbatasan karakter yang dapat digunakan, yaitu 140 karakter. Dengan demikian, Anda sebaiknya merangkum isi artikel Anda secara singkat dan menarik atau mengambil sedikit kalimat yang dapat menarik komentar dari pembaca dan mem-posting-nya di Twitter.

 

#4 LinkedIn

Anda memiliki blog dengan topik seputar bisnis atau marketing? Maka Anda dapat mencari forum atau komunitas yang sesuai untuk mempromosikan blog Anda. Salah satu media yang memenuhi syarat tersebut adalah LinkedIn.

Banyak forum diskusi dengan berbagai rentang usia di dalamnya sehingga dapat memperluas pembaca blog Anda. Kelebihan lainnya adalah forum tersebut merupakan forum diskusi, sehingga akan banyak masukan yang mungkin dapat menjadi ide konten Anda selanjutnya.

3 Cara Mendapatkan Uang dan Penghasilan Tambahan untuk First Jobber dan Karyawan - Finansialku

[Baca Juga: 3 Cara Mendapatkan Uang dan Penghasilan Tambahan untuk First Jobber dan Karyawan]

 

#5 Pinterest atau Instagram

Pinterest dan Instagram merupakan media sosial yang mengutamakan visualitas penggunanya. Jika Anda ingin mengundang pembaca dengan menggunakan gambar atau video singkat, maka Pinterest atau Instagram dapat menjadi media yang tepat.

Namun pastikanlah gambar atau video yang Anda post menarik dan mendeskripsikan konten Anda dengan tepat, karena gambar dan video lebih bermakna daripada 1000 kata-kata.

 

#6 Kolom Komentar

Pernahkah Anda membaca kolom komentar di berbagai sosial media? Terkadang, kolom komentar menjadi salah satu tempat yang tepat untuk mempromosikan blog mengingat tingginya arus komunikasi di kolom tersebut. Anda dapat mencantumkan komentar singkat berikut link blog Anda di kolom komentar blog yang serupa dan memperoleh banyak pembaca potensial.

Panduan Cara Membuat Blog Gratis untuk Pemula 02 - Finansialku

[Baca Juga: Panduan Cara Membuat Blog Gratis untuk Pemula]

 

#7 Konten Tamu

Salah satu cara mudah untuk mempromosikan blog yang masih baru adalah dengan memanfaatkan website lain yang sudah lebih sukses. Anda dapat menjadi penulis konten tamu dengan berbagai keuntungannya, yaitu dapat menuliskan sedikit informasi mengenai diri Anda dan media sosial, bahkan website blog Anda sendiri.

Secara tidak langsung, jika Anda menghasilkan konten yang menarik di website lain, pembaca mungkin akan mencari tahu mengenai website pribadi Anda.

 

#8 RSS (Really Simple Syndication)

Dalam dunia blogging, RSS digunakan untuk memperoleh informasi artikel baru dengan cara berlangganan artikel pada sebuah blog atau website, sehingga saat blog tersebut memuat artikel terbaru, akan ada pemberitahuan otomatis kepada pembaca. Cara ini dapat Anda manfaatkan untuk mengundang pembaca agar selalu update dengan artikel yang Anda buat.

Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Blog - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Blog?]

 

Miliki Blog Sukses dengan Promosi yang Tepat

Mengundang pembaca tidaklah sulit jika Anda menggunakan media promosi dan cara promosi yang tepat. Manfaatkanlah berbagai media promosi yang semakin berkembang di zaman teknologi ini.

Tips terakhir adalah untuk selalu konsisten, jangan melakukan banyak promosi namun tidak meng-update konten blog Anda secara rutin.

Pembaca akan kecewa jika harus menunggu konten baru terlalu lama. Seimbangkanlah proses promosi dengan update konten dan jadilah professional blogger yang sukses.

 

Apakah Anda mengetahui media lainnya untuk mempromosikan blog? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Constant Contact. A Beginner’s Guide to Small Business Blogging. Constantcontact.com

 

Sumber Gambar:

  • Teen on Laptop – https://goo.gl/ZXKkY0
  • People with Laptop – https://goo.gl/ZiMVMs

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang