24 Tempat Wisata Anak di Bandung yang Seru Untuk Liburan Bersama Keluarga

Berjalan-jalan bersama keluarga bukan berarti Anda tidak dapat berlibur dan harus selalu mengasuh anak Anda.

Salah satu contohnya adalah jika Anda bepergian ke kota Bandung, tentunya Anda akan menemukan banyak objek wisata yang bersahabat untuk anak-anak dan juga orang dewasa.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Tempat Wisata Anak di Bandung

Pada artikel ini, akan dibahas 24 tempat wisata anak di kota Bandung yang dapat Anda kunjungi bersama pada saat sedang berlibur.

 

#1 Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani

Sesuai dengan namanya, Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani merupakan sebuah taman yang menawarkan wisata edukasi mengenai lalu lintas yang ada di Indonesia serta dunia.

Di dalam taman ini, Anda akan melihat dekorasi unik seperti lampu lalu lintas, rambu-rambu lalu lintas dan kendaraan lainnya. Berkat keunikan taman ini, tidak heran tempat ini menjadi salah satu favorit wisatawan lokal hingga mancanegara.

Taman lalu Lintas Ade Irma Suryani

 

Taman ini memiliki 3 konsep tema lalu lintas, yang pertama adalah perkotaan, pegunungan kemudian tema lalu lintas air.

Di dalam taman ini, anak-anak dapat bermain berbagai macam kendaraan mini, misalnya sepeda dan kereta api mini, kereta motor hingga wahana bermain menggunakan koin.

Selain itu, juga dibangun fasilitas lainnya seperti panggung pertunjukan, kolam renang, amphitheatre, area berpiknik kuliner dan playground.

 

#2 Kebun Binatang Bandung 

Dahulunya, Kebun Binatang Bandung dinamakan Bandung Zoological Park dan dipelopori oleh Hoogland, merupakan salah satu tempat wisata di Bandung yang menjadi tujuan utama pengunjung menjelang libur panjang atau libur akhir pekan.

Tidak hanya pada saat liburan, karena fasilitas wisata edukasinya, kebun ini sering menjadi pusat rekreasi bagi para pelajar untuk mengenal lebih dalam flora dan fauna Indonesia.

Kebun Binatang Bandung

 

Kebun Binatang Bandung ini telah berdiri dari tahun 1930 dengan luas 13,6 hektar yang menampung lebih dari 213 jenis fauna, dimana 79 di antaranya merupakan satwa yang dilindungi dan 134 merupakan satwa tidak dilindungi.

Letak kebun binatang ini berdekatan dengan kampus ITB (Institut Teknologi Bandung) dan Sungai Cikapundung.

Banyak sekali objek wisata di dalam kebun binatang yang satu ini. Misalnya, objek wisata air dimana Anda dapat menaiki sepeda air atau bebek kayu di kolam yang mana terdapat sebuah daratan yang letaknya di tengah kolam dan Anda dapat menyaksikan monyet berkeliaran dan bermain.

Selain itu, Anda dan anak Anda dapat menunggangi hewan seperti gajah, unta dan kuda.

Di dalam Kebun Binatang Bandung juga terdapat fasilitas outbound seperti flying fox dan taman bermain anak-anak. Anda pun dapat berpiknik di area yang telah disediakan sembari menikmati pepohonan yang rindang dan pemandangan danau.

Selain fauna, di sini juga terdapat beragam flora yang selain berfungsi sebagai objek wisata, dan juga berfungsi sebagai pelindung para fauna dari sengatan sinar matahari dan angin serta kebun binatang ini dijadikan paru-paru kota Bandung serta melindungi tanah dari air hujan.

Dengan adanya kebun binatang ini, Anda dan keluarga akan belajar banyak mengenai fauna dan flora serta cara yang tepat untuk menjaga, merawat dan melestarikan suaka margasatwa tersebut.

 

#3 Lereng Anteng

Terletak di kawasan puncak Ciumbuleuit, Lereng Anteng merupakan salah satu lokasi yang tepat bagi pencinta kuliner, alam serta sosial media.

Di sini, Anda dapat melihat ikon kota Bandung terutama ketika cuaca cerah, yaitu Jembatan Pasupati dan Masjid Raya Jawa Barat. Selain itu, di arah Selatan, Anda dapat melihat kemegahan Gunung Waringin, Gunung Malabar dan Gunung Patuha.

Lereng Anteng

 

Selain pemandangannya yang langsung menghadap hamparan gunung-gunung yang hijau, Lereng Anteng juga menyediakan kuliner khas Sunda serta kopi nusantara yang pastinya akan memanjakan lidah dan mata Anda.

Dengan mengambil konsep terasering, Lereng Anteng menyediakan saung-saung dengan atap plastik transparan dan juga di dalam saung disediakan bantal-bantal dan alas sehingga Anda lebih nyaman.

Tentunya menu makanan yang disediakan oleh salah satu tempat yang dijuluki sebagai ‘panoramic coffee place’ ini cukup beragam. Kebanyakan menu yang ditawarkan adalah makanan khas tradisional Sunda serta camilan ringan dengan minuman hangat untuk menemani waktu bersantai Anda.

 

#4 Phantasia Barbie Gallery

Sesuai dengan namanya, tempat ini merupakan sebuah galeri tempat penyimpanan boneka Barbie. Di dalam galeri ini, terdapat setidaknya 300 jenis boneka Barbie yang lengkap dengan berbagai aksesoris, model rambut, tipe busana bahkan rumah Barbie yang unik.

Di sini, Anda akan melihat koleksi Barbie dari berbagai dunia imajinasi, seperti Shopping Mall, Goddess, Asian, Wedding, Kingdom dan masih banyak lagi.

Phantasia Barbie Gallery

 

Mulai dari harga Barbie yang hanya puluhan ribu hingga jutaan, semuanya ada di sini. Kolektornya, Ibu Aling, memang merupakan pencinta Barbie dan beliau sendiri menyimpan 150 buah Barbie dari 500 Barbie yang dimiliki dan sisanya dipajang di Phantasia Barbie Gallery.

Selain koleksi Barbie, di sini Anda juga akan mengetahui tentang perjalanan sejarah Barbie mulai dari tahun 60 an.

Phantasia Barbie Gallery ini sendiri terletak di Balcony Resto & Bilique Hotel yang beralamat di Jalan Sersan Bajuri No 100. Jika Anda ingin memasuki galeri Barbie ini, Anda diharuskan melakukan transaksi minimal Rp20.000 di Balcony Resto. Di sini juga tersedia galeri khusus penjualan boneka Barbie sehingga jika Anda tertarik, Anda dapat langsung membelinya.

 

#5 One Eighty Coffee

Sebuah restoran di atas kolam? Atau bersantap di tengah kolam? One Eighty Coffee menjawab semuanya.

Restoran unik yang terletak di Jalan Ganesha No 3 ini merupakan sebuah restoran yang memiliki konsep unik, dimana Anda dapat bersantap di tengah kolam dan anak Anda dapat dengan senang bermain air. Ketinggian air kolam hanyalah semata kaki, tetapi demi kenyamanan anak Anda, diharapkan untuk membawa baju ganti.

One Eighty Coffee

 

Selain tempat makan di atas kolam, restoran yang baru dibuka pada tahun 2016 ini juga menyediakan tempat makan indoor dua lantai dengan pemandangan kolam dan taman. Desain restorannya sendiri sangat industrial dengan mengambil unsur kayu dan dinding batu bata.

Untuk makanannya sendiri, One Eighty Coffee menawarkan sajian tradisional serta internasional. Tentunya sesuai namanya, restoran ini terkenal dengan sajian kopi dari berbagai daerah dan dengan beragam cara penyajian.

 

Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

#6 Taman Superhero

Taman Superhero merupakan sebuah taman tematik di kota Bandung yang menawarkan tokoh-tokoh superhero dalam berbentuk patung atau ornamen.

Beberapa contoh superhero yang dipajang di sini adalah Spiderman, Batman, Power Rangers dan tidak kalah juga superhero dari negeri Indonesia, Gatot Kaca. Uniknya, yang membuat patung-patung superhero ini adalah pengrajin asal Bandung.

Taman Superhero

 

Tidak hanya pameran patung-patung superhero saja, di taman ini juga tersedia playground mini yang menyediakan fasilitas bermain sederhana seperti jungkat jungkit, perosotan dan lainnya.

Tentunya, bagi Anda yang sudah dewasa, selain memperhatikan anak Anda bermain, Anda pun dapat berkunjung ke perpustakaan keliling yang ada di taman ini.

Yang menariknya, di taman ini disediakan internet gratis jadi jika Anda ingin bekerja sembari menikmati pemandangan hijau dan asri ini pun memungkinkan. Anda tidak perlu membayar tiket masuk alias gratis. Anda hanya perlu menjaga kebersihan serta kenyamanan pengunjung lainnya.

 

#7 Kampung Gajah

Kampung Gajah Wonderland atau yang disingkat dengan nama Kampung Gajah merupakan sebuah objek wisata dengan luas 60 hektar yang menawarkan 20 wahana permainan dengan fasilitas wisata terbanyak di seluruh Bandung.

Mulai dari wisata air di mana anak-anak dan orang dewasa dapat menikmati permainan waterboom unik seperti Octopus Slide, Tornado Slide dan tabung perosotan sepanjang 100 meter dan kolam renang dengan ombak buatan khusus untuk anak-anak dengan usia yang lebih kecil.

Kampung Gajah

 

Selain itu, terdapat taman bertema Teletubbies yang unik di mana anak Anda dapat bermain perahu kayu mengelilingi danau di sekitar taman tersebut. Selain perahu kayu, anak Anda juga dapat bermain di wahana permainan yang berada di tengah taman.

Ada pula wahana permainan paintball, di mana Anda akan melawan musuh dengan sebuah senjata tipuan yang mengeluarkan bola yang terisi dengan cat warna.

Ada pula beberapa permainan menantang, misalnya zip line dengan panjang 500 meter menuju ke lereng Lembang, ada pula ATV dan buggy ride untuk family, untuk anak kecil atau yang lebih menantang yaitu untuk berkeliling di area berlumpur.

Masih banyak fasilitas lainnya seperti danau untuk memancing, kebun binatang mini dengan koleksi burung nya yang unik, kebun stoberi, dimana ada dapat memetik buah stroberi Anda sendiri serta outlet dimana Anda dapat berbelanja souvenir khas Kampung Gajah Wonderland dan membeli oleh-oleh untuk keluarga Anda di rumah.

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

#8 Kampung Dago Pojok

Kampung Dago Pojok adalah sebuah kampung yang menawarkan pemandangan dan pameran seni yang mengagumkan. Ketika Anda memasuki kampung ini, Anda akan disambut dengan mural yang berwarna-warni di setiap dinding.

Kemudian, Anda pun dapat melihat pelatihan para anak-anak seperti yang menari Jaipong atau belajar bermain alat musik tradisional.

Di tempat ini, Anda juga akan menemukan workshop untuk membuat wayang, alat musik sederhana yang terbuat dari bambu, misalnya angklung atau suling serta pembuatan kue tradisional.

Kampung Dago Pojok

 

Awalnya, Dago Pojok merupakan nama sebuah komunitas yang dimulai oleh Rahmat Jabaril yang memfasilitasi anak-anak yang kurang mampu untuk belajar mengenai kesenian.

Dago pojok ini membangun sebuah sekolah yang mana anak-anak yang memiliki bakat di kegiatan seni dapat dilatih dan kreativitas mereka dapat disalurkan. Berkat ide yang brilian serta kepedulian komunitas ini terhadap seni budaya, maka Dago Pojok menarik semakin banyak pengunjung.

Kampung Dago Pojok ini berada di Jalan Dago Pojok RW 03, Coblong, dan Anda tidak perlu membayar tiket masuk untuk mengunjungi tempat ini. Anda hanya perlu memberikan donasi sukarela yang mana uang yang terkumpul akan dipakai untuk memfasilitasi Kampung Dago Pojok tersebut.

 

#9 Kebun Binatang Mini PVJ

Konsep yang diangkat oleh Kebun Binatang Mini PVJ ini memang cukup unik karena letak kebun binatang ini berada di atap sebuah mall. Siapa yang dapat menyangka bahwa di lantai atas sebuah mall, Anda dapat menemukan berbagai jenis binatang.

Dengan dekorasi kebun yang asri, suasana serta hawa yang teduh, Anda tentu tidak akan menyadari bahwa Anda berada di atap sebuah gedung pusat perbelanjaan yang paling terkenal di Bandung.

Kebun Binatang Mini PVJ

 

Terdapat 2 kebun binatang mini di bagian rooftop mall ini, yang pertama adalah Bird Park, sebuah taman burung yang dihiasi dengan tanaman mini dan habitat buatan bagi burung-burung.

Yang kedua adalah Lactasari Mini Farm, sebuah taman buatan yang dijadikan sebagai tempat peternakan berbagai hewan. Untuk mengeksplorasi tempat ini, Anda akan ditemani dengan seorang pembimbing (tour guide).

Di dalam Lactasari Mini Farm, Anda akan melihat sebuah peternakan mini yang di dalamnya terdapat 5 jenis hewan, yaitu domba, kambing, domba, kelinci, sapi dan anjing berjenis Siberian Husky.

Di dalam Lactasari Mini Farm, Anda dapat berinteraksi langsung dengan binatang-binatang tersebut dengan memberi susu atau makanan kepada hewan ternak tersebut.

Sesuai dengan namanya, di dalam Bird Park Anda akan menemukan berbagai jenis burung dengan kicauan dan warna yang sangat eksotis termasuk burung langka Indonesia seperti Burung Enggang dari pulau Kalimantan hingga Burung Nuri dari Nusa Tenggara.

Ketika memasuki area Bird Park, Anda akan diberikan semangkok makanan burung yaitu belalang dan Anda dapat berinteraksi dengan burung tersebut dengan cara memberi makan burung-burung tersebut.

Anda pun tidak perlu khawatir dengan masalah kebersihan di tempat ini, karena tempat ini dijaga kebersihannya serta binatangnya pun terawat dengan sangat baik.

Bagi Anda yang lelah berjalan-jalan di mall dan bingung aktivitas apa yang dapat dilakukan oleh anak Anda, maka kunjungilah tempat ini dengan biaya masuk sebesar Rp29.000 dan Rp60.000 untuk masuk ke dalam Lactasari Mini Farm.

 

#10 Padepokan Dayang Sumbi

Padepokan Dayang Sumbi merupakan sebuah pusat penghasil benang sutra dan di sini, Anda serta anak Anda dapat melihat secara langsung proses pembuatan benang sutra hingga pembuatan kain sutra.

Pertama-tama, anak Anda akan melihat dengan langsung rumah ulat sutra, mulai dari telur hingga bentuk ulat sutra dewasa yang telah siap memproduksi jaring sutra. Setelah itu, Anda pun akan belajar cara membedakan kain sutra asli dengan yang palsu.

Padepokan Dayang Sumbi

 

Selain workshop pembuatan kain sutra, di sini anak Anda pun dapat berinteraksi dengan hewan ternak seperti kelinci dengan cara memberi makan dan bermain dengan kelinci. Tidak hanya kelinci, Anda pun dapat belajar menangkap ikan, sebuah kegiatan yang pastinya seru untuk anak Anda.

Bagi yang lebih senang membaca buku, tempat ini juga menyediakan Perpustakaan Dayang Sumbi.

Untuk Anda yang gemar belanja, di sini pun disediakan galeri produk di mana Anda dapat membeli produk pakaian atau aksesoris yang terbuat dari kain sutra asli.

 

#11 Bandung Carnival Land (BCL)

Walaupun BCL adalah sebuah taman rekreasi yang tidak terlalu besar, tempat ini selalu ramai pengunjung. Tempat ini terdiri dari berbagai wahana permainan, mulai dari yang santai hingga yang menguji adrenalin Anda.

Pada malam hari, seluruh wahana permainan yang ada di dalam taman ini akan berhiaskan lampu warna warni dan membuat pemandangannya sangat indah.

Di dalam sini, terdapat Rumah Hantu, sebuah tempat yang sengaja dibuat horror di mana Anda harus masuk melewati koridor yang mana di setiap koridor tersebut terdapat patung yang mengerikan.

Bandung Carnival Land

 

Tentunya bermain Rumah Hantu ini akan meningkatkan adrenalin Anda.

Selain itu, terdapat permainan yang menegangkan seperti Mangkok Tsunami dan Dragon Swing. Bahkan terdapat teater 4 dimensi di mana Anda dapat merasakan sensasi menonton film layaknya Anda berada di dalam film tersebut.

Jika Anda bepergian dengan keluarga Anda, tempat ini harus Anda kunjungi. Hanya dengan tiket Rp40.000 di hari biasa dan Rp50.000 di akhir pekan, Anda sudah dapat memberikan momen yang menyenangkan untuk anak Anda.

BCL ini terletak di Jalan Sirnagalih No 15, Karangsetra.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#12 Jendela Alam

Jendela alam merupakan sebuah tempat wisata di Bandung yang menawarkan aktivitas berkebun dan beternak. Di sini, bukan hanya temanya saja, tetapi anak Anda dapat langsung berinteraksi dengan hewan seperti memberi makan, mengelus dan bermain bersama binatang.

Selain itu, anak Anda juga dapat ikut memanen hasil pertanian dan bercocok tanam.

Jendela Alam

 

Tempat wisata yang terletak di Jalan Sersan Bajuri ini memang selalu ramai pengunjung dan anak-anak adalah pengunjung terbanyak dari tempat ini.

Kegiatan mereka dengan binatang sangat beraneka ragam, selain yang disebutkan di atas, mereka pun dapat memandikan dan memberikan susu kepada binatang ternak yang ada di objek wisata ini. Tentunya seluruh binatang sudah jinak, sehingga Anda dapat dengan tenang membiarkan anak Anda bermain.

Selain beternak, anak Anda akan diajari caranya berkebun. Mereka akan belajar tentang metode bertani dan bermain dengan tanah, misalnya mereka akan belajar tentang cara bertani aquaponik dan hidroponik.

Di dalamnya juga tersedia tempat wisata air seperti water ball, ember tumpah dan waterboom mini. Pastinya mengunjungi tempat ini adalah pengalaman yang sangat seru bagi anak Anda.

 

#13 Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo yang terletak di Jalan Padasuka No 118 ini merupakan sebuah tempat yang sering disebut sebagai ‘one stop workshop kebudayaan’.

Tempat ini dibangun pada tahun 1966 oleh Mang Udjo atau yang memiliki nama asli dengan istrinya, Uum Sumiati dengan tujuan untuk melestarikan seni budaya tradisional Sunda dan bentuk bakti beliau terhadap komunitas.

Saung Angklung Udjo

 

Di sini, Anda dapat menikmati pertunjukan alat musik tradisional seperti angklung, degung dan suling yang ditampilkan setiap harinya mulai dari pukul 15.30 sampai dengan pukul 17.30.

Selain permainan angklung, Anda pun dapat menonton tarian tradisional adat khas Sunda, seperti Tari Jaipong, tari topeng, pertunjukan Kuda Lumping dan pertunjukan wayang golek.

Tentunya interaksi dengan penonton sangat dijaga di sini, dimana setiap akhir pertunjukan, penonton akan diajak untuk turut menari dan bermain alat musik bersama. Tidak heran, para pendidik sering membawa anak muridnya untuk belajar mengenai budaya ini.

Tidak hanya penduduk lokal, bahkan wisatawan asing pun tertarik untuk datang mengunjungi tempat ini.

Selain melihat pertunjukan, Anda pun dapat memainkan angklung Anda sendiri atau membeli alat musik tradisional yang terbuat dari bambu ini. Di sini, Anda juga dapat mempelajari cara membuat angklung karena workshop pembuatan angklung di sini terbuka untuk umum.

 

#14 Rumah Batik Komar 

Batik, sebuah identitas dari diri bangsa Indonesia ini, merupakan salah satu budaya yang tidak boleh tertinggal atau bahkan dilupakan.

Rumah Batik Komar merupakan salah satu tempat yang membantu agar tradisi batik dapat terus dikenal dan diturunkan.

Di sini Anda dapat mengetahui berbagai pola batik yang berbeda satu dengan yang lainnya. Tidak hanya pola, Anda pun akan mengetahui berbagai jenis material serta metode pembuatan batik.

Rumah Batik Komar

 

Tentunya, Anda pun dapat mengikuti workshop pembuatan Batik melalui paket yang disediakan. Ada yang hanya sekali datang, ada pula paket yang menawarkan kelas rutin selama 3 hari di mana masing-masing kelas membutuhkan waktu 8 jam.

Keunikan dan tradisi Indonesia yang kental ini membuat tempat ini dibanjiri pengunjung lokal dan turis asing.

Jika wisatawan asing bangga bisa membuat batik sendiri, tentunya kita sebagai penduduk asli Indonesia harus lebih bangga lagi, dan harus turut mendukung tempat seperti ini.

 

Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

#15 Bandung Science Center (BSC)

BSC sebagai pusat ilmu pengetahuan dan teknologi ini menawarkan pengalaman yang interaktif di mana pengunjung dapat merasakan dengan langsung semua alat peraga yang ada di dalam dan di luar gedung tersebut.

Misalnya Anda dapat mencium aroma dari bau dan rasa dari uji coba fisika dan kimia, serta menganalisis dan menyentuh berbagai eksperimen ilmu dasar. Di dalam tempat ini, terdapat 16 ruangan yang berbeda dan di masing-masing ruangan disediakan fasilitasnya sendiri.

Bandung Science Center (BSC)

 

Selain berinteraksi dengan peragaan alat khusus, anak Anda juga dapat bermain sembari memahami dan membuktikan sendiri bagaimana sebuah proses biologi, fisika dan kimia terjadi. Tempat ini tidak hanya cocok untuk wisatawan perorangan, tetapi juga sangat cocok untuk rombongan pelajar atau grup yang terdiri dari anak-anak.

Anda hanya perlu mengeluarkan Rp45.000 per orangnya untuk mengunjungi workshop IPTEK yang terletak di Jalan Sinargalih No 15, Gegerkalong, Sukasari ini.

 

#16 Crayon’s Craft & Co

Crayon’s Craft & Co merupakan sebuah toko penyedia barang kerajinan tangan terbesar di Indonesia, di sini Anda dapat menemukan berbagai macam aksesoris kerajinan tangan yang jenisnya mencapai ratusan.

Perusahaan Crayon’s Craft & Co ini selain bergerak di bidang kerajinan tangan, juga bergerak di bidang pembuatan replika makanan atau dummy makanan.

Di sini Anda pun dapat membeli seluruh aksesoris serta replika makanan yang unik dan benar-benar serupa dengan aslinya baik untuk pajangan atau oleh-oleh.

Crayon’s Craft & Co

 

Salah satu fasilitas yang disediakan oleh Crayon’s Craft & Co yang terletak di Jalan Aceh No 15, Babakan Ciamis ini adalah jika Anda melakukan pembelian minimal Rp100.000 Anda berhak mendapatkan tutorial gratis untuk membuat sebuah karya seni sederhana.

Tentunya karya seni yang telah selesai dibuat dapat Anda bawa pulang. Kelas yang ditawarkan pun dapat Anda lakukan bersama buah hati Anda sehingga Anda mendapatkan waktu yang berkualitas bersama si kecil.

Seni yang ditawarkan di tempat ini tidak hanya terbatas pada kerajinan tangan. Tempat ini juga menawarkan kelas membuat tanah liat (clay), kelas paper quilling atau origami, menghias gelas, menjahit bahkan kelas memasak.

Seluruh kebutuhan untuk masing-masing kelas sudah disiapkan dan kelas tersebut akan disesuaikan dengan usia anak Anda. Tentunya tempat ini akan menjadi pengalaman yang sangat menarik untuk anak Anda bukan?

 

#17 Komunitas Hong

Anda khawatir dengan anak Anda yang selalu membawa gadget ke mana pun mereka pergi dan ketagihan bermain gadget? Bawalah anak Anda ke Komunitas Hong, sebuah tempat di Jalan Bukit Pakar Utara 35 Dago yang menawarkan beragam permainan tradisional yang menyenangkan.

Komunitas ini digagas oleh Mohammad Zaini Alif pada tahun 2005 dengan melibatkan warga, terutama anak-anak, sekitar. Mohammad Zaini Alif ini memang memiliki minat untuk melestarikan permainan tradisional nusantara.

Komunitas Hong

 

Di dalam tempat ini, Anda akan menemukan sekitar 250 macam permainan tradisional yang tidak hanya terkumpul dari Jawa Barat saja, tetapi juga dari seluruh pelosok negeri Indonesia. Dapat dikatakan bahwa Komunitas Hong merupakan pusat permainan tradisional terbesar di Indonesia.

Di sini anak Anda dapat bermain langsung permainan seperti enggrang, sepak takraw, congklak dan lainnya. Ingin bernostalgia ke masa dahulu, kunjungilah tempat ini.

 

#18 SPICE Camp

SPICE Camp atau Spirit Camp Educity Camp merupakan sebuah tempat yang menyediakan fasilitas camping, beserta fasilitas lainnya, seperti wahana permainan outbound yang bernama Iyes Castle, labirin, Rumah Pintar serta jalur bersepeda.

Tempat yang memiliki slogan ‘Let the Fun Begin’ ini menawarkan kegiatan yang dapat dilakukan bersama dengan seluruh anggota keluarga.

SPICE Camp

 

Di sini, terdapat fasilitas lapangan hijau terbuka yang dikelilingi oleh pepohonan, dan tempat ini dipakai untuk melakukan aktivitas camping, acara serta kegiatan lainnya.

SPICE Camp juga menawarkan berbagai paket dan program yang mana pilihannya disesuaikan dengan preferensi Anda. Harganya pun beragam, lebih lengkap paket yang Anda inginkan maka harganya pun akan semakin mahal.

 

#19 Maya Hirai School Of Origami

Origami sebuah teknik melipat yang mana Anda dapat menciptakan sebuah bentuk dari selembar kertas.

Di kota Bandung, tepatnya di Jalan Diponegoro No 63, terdapat sebuah tempat yang dikhususkan untuk mengajarkan teknik origami kepada anak Anda yang kemudian dapat meningkatkan kemampuan motorik serta kreativitas anak.

Maya Hirai School of Origami

 

Di Origami Corner Sanggar Origami Indonesia ini, selain teknik origami sederhana, anak Anda pun akan belajar mengenai teknik origami ‘basah’.

Tentunya hal ini pasti menyenangkan bagi anak Anda dan mereka pun akan mendapatkan kepuasan tersendiri apalagi jika mampu menciptakan bentuk unik dan lucu. Di tempat ini juga menjual buku dan video tutorial serta berbagai kertas origami untuk latihan Anda di rumah.

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

#20 Gang Sereh (Tempat Belajar Membuat Layangan)

Gang Sereh bukanlah nama toko atau tempat, nama ini menunjukkan sebuah jalanan di Bandung tempat Toko Akiat berada. Yang menarik dari toko layang-layang ini adalah terdapat fasilitas belajar membuat layang-layangan di dalamnya.

Pemilik Toko Akiat ini bernama Lie Fie Kiat atau yang dipanggil dengan nama Akiat, beliau adalah seorang veteran ahli pembuat layangan dan telah memenangi 3 kali juara di ajang festival layang-layang dunia.

Gang Sereh

 

Tempat ini juga sering dikunjungi oleh wisatawan asing yang ingin mengetahui tradisi membuat layangan ala Indonesia. Di Gang Sereh ini, Anda pun akan melihat rumah-rumah dengan warna terang serta bangunan tua yang sebenarnya merupakan workshop pembuatan layang-layang.

Jika Anda kebetulan datang di saat sore hari, Lie Fie Kiat juga akan mengajari anak-anak cara bermain layangan dengan senang hati.

 

#21 Trans Studio Bandung

Tempat wisata yang satu ini merupakan salah satu tempat wisata yang paling terkenal di Bandung.

Walaupun Trans Studio Bandung baru dibuka pada tahun 2011, tempat ini selalu ramai pengunjung karena tempat ini menawarkan wahana permainan indoor terbesar di Indonesia bahkan di dunia. Di dalam TSB, terdapat 20 wahana permainan yang dibagi dalam 3 tema, Studio Central (bernuansa Broadway), Lost City (bernuansa Alam) dan Magic Corner (bernuansa mistis).

Tempat Wisata Anak di Bandung

Trans Studio Bandung

 

Tentunya, Trans Corp yang juga menaungi stasiun Trans 7 dan Trans TV ini menyesuaikan permainan yang ada di setiap kawasan dengan program televisi yang ada di kedua stasiun tersebut.

Salah satu wahana yang paling terkenal di dalam TSB adalah Yamaha Racing Coaster, sebuah roller coaster tercepat di dunia yang memiliki manuver gerakan mundur.

Roller coaster seperti ini hanya ada 3 di dunia, 2 di negara Amerika dan 1 di Trans Studio Bandung. Akselerasi kecepatan di sini mencapai 120 kilometer per jam yang dicapai dalam 3,5 detik.

Selain itu, juga terdapat Giant Swing, ayunan putar raksasa yang pertama ada di Indonesia.

Di sini, seluruh permainan disesuaikan dengan tinggi dan usia serta riwayat kesehatan, ada pula beberapa wahana di mana anak-anak harus didampingi oleh orang tua. Jika Anda ingin mencari tempat penginapan yang dekat dengan TSB, Anda dapat menginap di Trans Studio Hotel.

Di dalam kawasan tersebut pun terdapat pusat perbelanjaan Trans Studio Mall yang menyediakan berbagai ritel lokal maupun internasional.

 

#22 Karang Setra Water Park 

Lokasi wahana permainan air ini masih berada di dalam kawasan Bandung Carnival Land. Dahulunya, Karang Setra Water Park ini merupakan salah satu kolam renang yang paling luas di seluruh Asia Tenggara karena luas area keseluruhan adalah 6 hektar.

Setelah direvitalisasi, tempat ini berubah nama menjadi Karang Setra Water Park atau Water Land. Di dalam area Water Park, terdapat kolam renang dengan standar olimpiade yang mana banyak atlet renang yang berlatih di tempat ini.

Karang Setra Water Park

 

Selain kolam renang, terdapat fasilitas permainan waterboom dari ketinggian 12 meter, dengan 2 panjang yang berbeda, 82 meter dan 86 meter. Di sini juga terdapat fasilitas permainan Kolam Naga, yang merupakan wahana seluncuran di mana Anda akan berputar melingkar di dalam perut naga raksasa.

Selain itu, terdapat wahana bermain lainnya seperti Water Ball, Space Ball, Bungee Trampoline dan lainnya.

Harga tiket yang harus Anda bayar pun cukup murah, di hari biasa, Anda hanya perlu membayar Rp33.000 dan Rp35.000 di akhir pekan. Jika Anda ingin mencari tempat wisata hemat dan menyenangkan, maka kunjungilah Karang Setra Water Park yang berada di Jalan Sirnagalih No 15 KM 4,5, Karang Setra, Sukajadi.

 

#23 Taman Bermain MIM

Taman Bermain MIM ini terletak di dalam mall MIM (Metro Indah Mall) yang mana di dalam taman bermain ini, terdapat Timezone, Jurassic Playland serta Metro Fantasi Water Park.

Di dalam Timezone, anak Anda akan menemukan berbagai mesin permainan, seperti kuda-kudaan atau game sepeda motor. Ada pula lokasi permainan Jurassic Playland, di mana anak Anda akan bermain mobil-mobilan dengan latar belakang dinosaurus, mandi bola dan masih banyak lagi.

Tempat Wisata Anak di Bandung

Taman Bermain MIM

 

Di dalam Taman Bermain MIM ini juga terdapat Metro Fantasi Water Park yang juga berada di bagian atap MIM.

Metro Fantasi Water Park adalah sebuah wahana permainan air satu-satunya di Bandung yang mempunyai lokasi di atas rooftop untuk keluarga Anda dengan tema yang menarik serta wahana yang sangat menyenangkan seperti Splash Bucket, wahana Water Gun, wahana Kiddy Pool, Waterslider dan lainnya.

 

#24 Taman Kupu Cihanjuang

Taman Kupu-Kupu Cihanjuang atau Butterfly Square Bandung ini merupakan sebuah area taman seluas 1,7 hektar yang menampung lebih dari 35 jenis kupu-kupu langka.

Ketika mengunjungi tempat ini, Anda akan dipandu oleh instruktur yang berpengalaman yang akan memberikan Anda informasi mengenai dunia kupu-kupu.

Taman Kupu Cihanjuang

 

Taman ini ditutupi dengan jaring tipis dan ditanami oleh berbagai bunga untuk menarik kupu-kupu. Taman Kupu Cihanjuang ini terletak di Jalan Cihanjuang Nomor 58, Cibaligo, Cimahi.

 

Berlibur dengan Anak Tidak Merepotkan

Setelah Anda mengetahui tempat-tempat di atas, tentunya Anda akan lebih nyaman jika ingin mengajak anak Anda berlibur. Anda pun tidak perlu khawatir dengan keamanan, kenyamanan serta kebersihan dari tempat-tempat di atas karena seluruh tempat di atas, memang dirancang untuk anak kecil.

 

Apakah anak Anda pernah mengunjungi salah satu dari tempat wisata yang telah disebutkan di atas? Apakah Anda mengetahui tempat wisata lainnya yang juga asyik dikunjungi oleh wisatawan yang membawa anak?

Silahkan berikan komentar Anda pada kolom saran di bawah ini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 25 Maret 2013. Wah, Ada Galeri Barbie di Bandung. Orbitdigital.net
  • Admin. 26 Mei 2011. Permainan Anak di MIM. Bandung.jacktour.com
  • Admin. Februari 2017. Harga Tiket Masuk, Wahana dan Fasilitas di Taman Lalu Lintas Bandung. Wisatajabar.com
  • Admin. Juni 2016. Menikmati Pemandangan Bandung dari Ketinggian di Lereng Anteng, Punclut. Wisatabdg.com
  • Arul. 17 Juni 2015. Komunitas Hong, Permainan dan Kebahagiaan. Kompasiana.com
  • Dian Mardiana. 21 Maret 2017. Bandung Science Center – Info Harga Tiket Masuk,Alamat & Fasilitas. Tempatwisatadibandung.info
  • Dian Mardiana. 28 Mei 2017. Taman Super Hero – Info Tiket Masuk,Fasilitas & Rute Jalan. Tempatwisatadibandung.info
  • Isti. Mall dengan Kebun Binatang Cantik Cuma ada di Bandung. Travelingyuk.com
  • Nanda. 34 Tempat Wisata Anak di Bandung Paling Populer dan Mengasyikkan. Tempatwisataseru.com
  • Shasya Pashatama. 21 Kegiatan Menyenangkan Untuk Seluruh Keluarga di Bandung, Anak-anak Pasti Suka! Indonesia.tripcanvas.co

 

Sumber Gambar:

  • Taman Lalu Lintas Ade Irma Suryani – https://goo.gl/Yo2vLZ
  • Kebun Binatang Bandung – https://goo.gl/QCXSTS
  • Lereng Anteng – https://goo.gl/XNQGTa
  • Phantasia Barbie Gallery – https://goo.gl/tY1kLk
  • One Eighty Coffee – https://goo.gl/jJ6wvR
  • Taman Superhero – https://goo.gl/VNDn43
  • Kampung Gajah – https://goo.gl/PswxMp
  • Kampung Dago Pojok – https://goo.gl/9cfnJ3
  • Kebun Binatang Mini PVJ – https://goo.gl/uuRVKi
  • Padepokan Dayang Sumbi – https://goo.gl/SqJci8
  • Bandung Carnival Land (BCL) – https://goo.gl/CyvKpo
  • Jendela Alam – https://goo.gl/QqwGj1
  • Saung Angklung Udjo – https://goo.gl/86UvKz
  • Rumah Batik Komar – https://goo.gl/JiRUY3
  • Bandung Science Center (BSC) – https://goo.gl/7ATZmw
  • Crayon’s Craft & Co – https://goo.gl/oxbF1k
  • Komunitas Hong – https://goo.gl/hmTuDx
  • SPICE Camp – https://goo.gl/AtzMSL
  • Maya Hirai School of Origami – https://goo.gl/rmZDsf
  • Gang Sereh – https://goo.gl/2w877B
  • Trans Studio Bandung – https://goo.gl/ga2yjK
  • Karang Setra Water Park – https://goo.gl/9WHdL8
  • Taman Bermain MIM – https://goo.gl/9eUCDF
  • Taman Kupu Cihanjuang – https://goo.gl/ZXcJSJ
By | 2017-11-13T21:44:04+00:00 November 10th, 2017|Categories: Dana Liburan, Lifestyle, Travelling|Tags: , , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download