Rekomendasi tempat wisata di Padang ini bisa jadi panduan wisata kamu, lho. Yuk, lihat destinasi menarik di daerah asal cerita Malin Kundang!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Surga Dengan Segala Kearifan Lokalnya

Apa yang terlintas di pikiran kamu ketika mendengar kata padang? Rendang? Jam Gadang? Atau justru rumah makan padang?

Tiga hal di atas memang kental sekali dengan Sumatera Barat, khususnya Kota Padang. Tapi, yang harus kamu tahu, Padang tidak hanya sebatas makanan dan Jam Gadang saja, lho.

Liburan ke Bali Ketahui Dulu Total Dana Perjalanan ke Bali Terbaru Ini! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bikin Sejuk! 6 Destinasi Wisata Cirebon Mengusung Kebudayaan]

 

Padang juga dikenal sangat unik berkat adatnya yang mengatur alur kekerabatan berdasarkan pihak ibu (matrilinear). Maka, tidak mengherankan jika kedudukan perempuan amat dihormati melebihi laki-laki di sana.

Jika suatu waktu ke Padang, selain mempelajari warisan kebudayaan yang agung, ada baiknya kamu mengunjungi situs warisan atau pun tempat wisata. Hitung-hitung, kamu melepas penat sambil berkontribusi memajukan potensi wisata lokal.

 

Pelesiran ke Padang

Padang memiliki banyak pesona yang sayang dilewatkan. Alih-alih wisata kuliner, ada banyak spot alam dan buatan yang menarik dikunjungi. Yuk simak tempat-tempat apa saja yang menarik untuk dikunjungi di Padang!

Tapi sebelumnya, jangan sampai kamu ngacir ke Padang tanpa perhitungan ya! Siapkan dulu dana liburan di muka. Kamu bisa langsung persiapkan liburanmu ke suatu tempat tertentu atau hanya mempersiapkan untuk liburan supaya saat promo tiba, uangmu sudah tersedia.

Kamu bisa gunakan aplikasi Finansialku untuk memudahkan kamu mengatur dana liburan. Aplikasi Finansialku adalah aplikasi perencana keuangan pertama di Indonesia yang tercatat dan diawasi OJK lho!

Selain bisa untuk menyiapkan dana liburan, kamu juga bisa mencatat keuangan hingga berkonsultasi dengan ahli keuangan terpercaya untuk mendapatkan rekomendasi sesuai anggaran kamu.

Yuk, download aplikasinya dan rencanakan liburan kamu!

playstore icon
appstore icon

 

Nah, kalau sudah siap uangnya, liburan akan lebih nyaman bukan? Yuk, sekarang kita simak daftar tempat wisata populer di Padang versi Finansialku berikut ini:

 

#1 Banto Rayo

Jika kamu menekuni seni fotografi, kamu harus mengunjungi lokasi satu ini. Banto Rayo adalah lokasi wisata dengan selling point utama titian di atas air yang dikelilingi hutan bakau nan alami.

Foto-fotomu pasti akan sangat segar dan menggambarkan keindahan alam Indonesia yang sebenarnya. Destinasi satu ini ada di Taman Wisata Banto Rayo Koto Tangah, Tilatang Kamang Agam.

Traveler! Sudah Pernah Datang ke Tempat Wisata di Padang Belum 01 - Finansialku

Banto Rayo

 

#2 Gua Batu Kapal

Gua batu adalah lukisan air selama berabad-abad. Aliran yang mengalir di bebatuan lapuk berhasil menggerus benda keras tersebut dan mengubahnya menjadi gua yang cantik.

Di sini, kamu bisa menyaksikan stalaktit dan stalakmit yang mengesankan. Gua Batu Salak menjadi salah satu tujuan favorit di Sumatera Barat, lho.

Traveler! Sudah Pernah Datang ke Tempat Wisata di Padang Belum 02 - Finansialku

Goa Batu Kapal

 

#3 Pulau Pamutusan

Bercita-cita pergi ke Maladewa? Pikirkan sekali lagi. Sebab, kita punya Pulau Pamutusan yang tak kalah menarik. Pantai berair biru, pasir pantai putih bersih, dan tempat yang alami akan menyegarkan pikiranmu.

Traveler! Sudah Pernah Datang ke Tempat Wisata di Padang Belum 03 - Finansialku

Pulau Pamutusan

 

Meski kecil, nyatanya tak membuat Pulau Pamutusan kehilangan pamor. Justru, dengan bentang alamnya yang memukau, pulau mungil ini selalu ramai.

 

#4 Masjid Tuo Kayu Jao

Padang sangat kental dengan budaya Islam, maka tak mengherankan jika beberapa masjid menjadi sangat terkenal, seperti Masjid Tuo Kayu Jao.

Tempat ibadah umat muslim ini telah berusia lebih dari 400 tahun. bentuk atapnya sendiri berundak khas akulturasi Hindu-Islam di masa lalu. Yang tak kalah menarik, lokasi masjid ini juga menakjubkan!

Traveler! Sudah Pernah Datang ke Tempat Wisata di Padang Belum 04 - Finansialku

Masjid Tuo Kayu Jao

 

#5 Museum Adityawarman

Museum yang diambil dari nama raja Malayapura ini diresmikan pada 16 Maret 1977. Museum ini memiliki koleksi benda bersejarah, baik berupa warisan budaya Minang maupun nasional.

Traveler! Sudah Pernah Datang ke Tempat Wisata di Padang Belum 05 - Finansialku

Museum Adityawarman

 

Koleksi paling menonjol di Museum Adityawarman adalah Rumah Banjuang yang sangat khas Minang. Koleksi museum ini cukup lengkap, sehingga kerap dijuluki Taman Mini ala Sumatera Barat.

 

 

#6 Masjid Raya Sumatera Barat

Ketika melihatnya pertama kali, kamu akan takjub dengan desainnya yang menyerupai rumah gadang. Alih-alih mengaplikasikan arsitektur timur tengah, masjid ini sangat kental dengan kebudayaan lokal.

Traveler! Sudah Pernah Datang ke Tempat Wisata di Padang Belum 06 - Finansialku

Masjid Raya Sumatera Barat

 

Masjid yang merupakan tempat peribadatan muslim terbesar di Sumatera Barat ini baru rampung tahun lalu dan memiliki tahan guncangan gempa hingga 10 magnitudo.

Dengan begitu, jika terjadi bencana, masjid ini bisa difungsikan sebagai lokasi evakuasi.

 

#7 Jembatan Siti Nurbaya

Sitti Nurbaya karya Marah Rusli mengilhami jembatan ini dinamai demikian. Jembatan Siti Nurbaya membentang sejauh 156 meter dan membelah Sungai Batang Aru.

Pembangunan jembatan ini cukup panjang, yakni sejak tahun 1955 hingga 2002. Jembatan Siti Nurbaya sering dijadikan spot favorit untuk melihat matahari tenggelam dengan latar utama Kota Tua Padang.

Traveler! Sudah Pernah Datang ke Tempat Wisata di Padang Belum 07 - Finansialku

Jembatan Siti Nurbaya

 

#8 Kota Tua

Historis dan budaya terasa kental di lokasi satu ini. Kendati kurang terawat, Kota Tua adalah tempat merenung dan belajar yang sangat ideal.

Kawasan Jalan Muaro, Batang Arau, Pasa Gadang, Pasa Mudik, Pada Tanah Kongsi, hingga wilayah Pondok adalah spot yang tepat untuk menyusuri tempat ini.

Traveler! Sudah Pernah Datang ke Tempat Wisata di Padang Belum 08 - Finansialku

Kota Tua

 

Menikmati Keindahan Kota Bengkuang

Padang dan sejuta pesona di dalamnya tidak bisa dilewatkan begitu saja. Dengan banyaknya pilihan destinasi—dan memiliki harga terjangkau—akan membuatmu rileks kembali.

Untuk bisa menikmati kuliner dan wisata alam yang menyegarkan kamu ini, jangan lupa untuk mengatur keuanganmu dulu ya. Baca e-book gratis dari Finansialku berikut supaya kamu bisa mengelola keuangan lebih baik!

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Itulah rekomendasi tempat wisata di Padang yang harus kamu kunjungi ketika liburan ke Sumatera Barat. Sudah memutuskan untuk mengunjungi tempat wisata di atas?

Kamu boleh ceritakan pengalaman kamu dalam kolom komentar di bawah dan jangan lupa untuk share artikel ini pada Sobat Finansialku lainnya. Semoga artikel bermanfaat, ya. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Padang. Traveloka.com – https://bit.ly/3iAYYbb
  • Anggraini. 10 Fakta Unik Tentang Sumatera Barat. Seruni.id – https://bit.ly/3e7gC2P
  • Muhammad Yanuar. 15 Juni 2018. 23 Destinasi Wisata di Padang dan Sekitarnya yang Akan Membuat Liburanmu Berkesan. Tripzilla.id – https://bit.ly/3fc8IGQ

 

Sumber Gambar:

  • Padang 1 – https://bit.ly/2Wxa5IY
  • Padang 2 – https://bit.ly/2Oz4Tjr
  • Padang 3 – https://bit.ly/2CoTT5B
  • Padang 4 – https://bit.ly/2BgzTBK
  • Padang 5 – https://bit.ly/3jaDWAu
  • Padang 6 – https://bit.ly/39bjLxC
  • Padang 7 – https://bit.ly/2ZIlO9D
  • Padang 8 – https://bit.ly/2OBa0j9