New normal telah tiba, tempat wisata Pangalengan bisa jadi opsi untuk menyegarkan pikiran. Apa saja tempatnya?

Buat kamu yang ingin melarikan diri dari suasana hiruk pikuk kota, Pangalengan akan menjadi pilihan yang sangat cocok untuk wisata.

Tapi, sudah tahu belum mana saja tempat-tempat yang wajib kamu kunjungi di sana? Biar gak penasaran, temukan ulasan selengkapnya di sini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Tempat Wisata Pangalengan, Wisata Alam dengan Kesegaran Optimal

Indonesia memang kaya akan nuansa alamnya yang indah. Tak jarang para wisatawan datang untuk sekadar berlibur dan melepas penat.

Nah, di antara sederet nama kota wisata yang ada di Indonesia, Bandung menjadi salah satu kota yang paling diminati wisatawan.

Jika berkunjung ke Kota Bandung, sempatkan singgah ke Kawasan Pangalengan yang berada di daerah Bandung Selatan.

Kawasan yang didominasi dengan pemandangan alam serba hijau ini dapat kamu temukan setelah kurang lebih 2 jam berkendara dari Kota Bandung.

Walaupun terbilang cukup jauh, namun suasananya yang indah, sejuk, dan tenang tidak akan mengecewakanmu sama sekali.

Bagaimana tidak, Pangalengan yang berada di ketinggian 1550 mdpl ini memiliki ragam wisata alam mulai dari perkebunan, air terjun, hutan, bahkan danau yang masih sangat eksotis.

Tentunya, hal ini tak bisa kamu temukan di kota-kota besar. Refreshing banget!

 

10 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Pangalengan

Daripada stres, lebih baik istirahatkan pikiranmu dan siapkan waktu luang untuk berpetualang bersama di Pangalengan!

Supaya gak bingung, Finansialku akan mengulas 10 destinasi wisata terbaik di Pangalengan yang highly recommended khusus untuk kamu!

 

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Untuk Mahasiswa

Ebook Mahasiswa

Download Ebook Sekarang

 

#1 Perkebunan Teh Cukul

Selain terkenal dengan daerah penghasil susu terbaik, Pangalengan juga dikenal dengan kekayaan kebun tehnya yang sangat luas. Perkebunan teh yang direkomendasikan kali ini adalah Perkebunan Teh Cukul.

Selain suasananya yang sejuk, Perkebunan Teh Cukul juga dikenal sebagai salah satu spot sunrise terbaik di Pangalengan, lho!

Jadi, kalau kamu mau mengawali pagi yang tak terlupakan, datanglah ke sini saat momen sunrise dan nikmati indahnya alam yang baru saja terbangun.

Jangan lupa siapkan kamera untuk mengabadikan momen ini agar tidak terlewatkan begitu saja, ya.

New Normal, Ini 10 Tempat Wisata di Pangalengan yang Bisa Dikunjungi 01 - Finansialku

[Baca Juga: Pengertian Wisata Religi dan Tempat yang Bisa Disambangi]

 

#2 Curug Bangku

Di Pangalengan, kamu dapat menemukan wisata air terjun dengan pemandangan luar biasa eksotis yang dikenal dengan nama “Curug Bangku”.

Dinamakan Curug Bangku karena air terjun dengan ketinggian kurang dari 30 meter ini memang sekilas menyerupai bentuk kursi.

Curug yang terletak di daerah Margaluyu ini buka dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore setiap harinya. Suara desiran air, sejuknya udara, dan indahnya pemandangan di sini siap mengobati rasa bosan dengan rutinitas kerja.

Pantas saja banyak warga kota pecinta alam yang secara khusus datang ke tempat ini untuk menikmati keindahannya.

 

#3 Hutan Pinus Rangong

Tempat wisata Pangalengan berikutnya adalah Hutan Pinus Rangong. Selain indah, ternyata hutan pinus yang satu ini juga merupakan daerah yang dijadikan sebagai resapan air oleh pemerintah setempat.

Selain itu, Hutan Pinus Rangong juga digunakan untuk pemanfaatan getah pinus dan pengolahan kayu, lho. Jadi, dapat dipastikan masih sangat asri dan dapat menyegarkan pikiran.

Karena keindahannya pula, banyak pasangan kekasih yang melakukan pernikahan menyempatkan foto pre-wedding di tengah latar hutan pinus.

 

#4 Situ Cileunca

Untuk kamu yang penat dan menginginkan suasana hamparan air yang luas juga menenangkan, singgahlah di tempat wisata Situ Cileunca.

Dikelilingi dengan bukit dan pegunungan yang hijau, pemandangan di sini begitu cantik dan mempesona.

Danau yang terletak di desa Wanasari ini juga menjadi salah satu spot sunrise terbaik di Pangalengan. Maka, jika kamu memutuskan untuk pergi ke sini, jangan lewatkan kesempatan bermalam di pinggir danau.

Sewalah tenda dan bermalamlah selama beberapa hari di sini.

New Normal, Ini 10 Tempat Wisata di Pangalengan yang Bisa Dikunjungi 02 - Finansialku

[Baca Juga: 10+ Tempat Wisata di Bandung yang Instagramable dan Populer]

 

#5 Kampung Singkur

Kampung Singkur bukan kampung perumahan warga tapi merupakan kampung wisata. Di sini, kamu dapat menemukan ragam wahana permainan outdoor yang super seru.

Mulai dari arung jeram, flying fox, paint-ball, serta tubing trip. Tak hanya aktivitas outbound, fasilitas tambahan seperti wahana air dan camping juga siap menyemarakkan suasana liburanmu!

 

#6 Bukit Gunung Nini

Terletak di tengah Perkebunan Teh Malabar, Bukit Gunung Nini menjadi destinasi alam yang harus kamu kunjungi di Pangalengan.

Konon, bukit ini merupakan tempat yang digunakan Boscha untuk mengawasi kebun teh miliknya. Dari atas Bukit Gunung Nini inilah, Boscha mengamati Perkebunan Teh Malabar yang begitu luas.

Nah sekarang, kamu pun dapat turut menikmati indahnya hamparan kebun teh yang berkeliling tersebut dari atas Bukit Gunung Nini. Menyenangkan, ya?

New Normal, Ini 10 Tempat Wisata di Pangalengan yang Bisa Dikunjungi 03 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Tempat Bersejarah di Indonesia Untuk Wisata Edukasi]

 

#7 Penangkaran Rusa

Tahukah kamu bahwa berinteraksi dengan hewan dapat menjadi hiburan tersendiri untuk mengusir pikiran yang sedang stres?

Maka dari itu, jika kamu mau mencoba untuk melihat langsung kehidupan hewan dan bermain bersamanya, coba deh untuk berkunjung ke penangkaran rusa di daerah Kertamanah.

Di sini, kamu bisa bermain dengan rusa-rusa yang lucu sekaligus memberikan mereka makanan.

Selain dapat berinteraksi dengan hewan, kamu juga dapat menikmati suasana hamparan padang rumput yang asri bersama orang terdekat.

Jika kamu membawa anak kecil, jangan lupa juga untuk mengajarkan mereka tentang hewan yang satu ini. Mengajarkan kecintaan pada hewan sejak dini dapat menjadikan seseorang memiliki rasa empati yang tinggi, lho.

 

#8 Sungai Palayangan

Untuk kamu pecinta aktivitas alam yang memacu adrenalin seperti rafting, Sungai Palayangan wajib kamu kunjungi ketika pergi ke Pangalengan.

Sungai dengan ketinggian 1200 mdpl ini memiliki tingkat kesulitan yang beragam mulai dari yang paling mudah hingga yang paling sulit. Jadi jangan khawatir, pemula pun bisa mencoba menikmati keseruan rafting di sini!

Tak hanya rafting, Sungai Palayangan juga berawal dari Situ Cileunca dan bermuara di Hutan Pinus Rahong.

Jadi, sepanjang sungai ini membentang, kamu akan disuguhkan dengan penampakan hutan pinus, perkebunan teh, hingga kebun sayuran.

New Normal, Ini 10 Tempat Wisata di Pangalengan yang Bisa Dikunjungi 04 - Finansialku

[Baca Juga: Plan It Now! Ini Tips Liburan Hemat ke Nias Ala Finansialku!]

 

#9 Gunung Puntang

Untuk kamu si pecinta alam yang hobi naik gunung, tempat wisata Pangalengan Gunung Puntang adalah destinasi wisata yang akan membuat liburanmu sangat menyenangkan.

Kamu dapat melakukan kegiatan seperti camping, trekking, bahkan bersepeda bersama teman-teman di gunung dengan ketinggian 2.223 mdpl ini.

Masih banyak tempat-tempat wisata seru lainnya yang menarik untuk dikunjungi di kawasan Gunung Puntang. Seperti Air Terjun Siliwangi, Sungai Cigereuh, Goa Belanda, dan Kolam Cinta.

Nah, kalau kamu tertarik, kamu dapat bermalam di kawasan bumi perkemahan Gunung Puntang yang berada di ketinggian 1.300 mdpl sebelum menyusuri keindahannya.

New Normal, Ini 10 Tempat Wisata di Pangalengan yang Bisa Dikunjungi 05 - Finansialku

[Baca Juga: Suka Naik Gunung? Yuk Telusuri Pesona Keindahan Gunung Prau!]

 

#10 Pemandian Air Panas Cibolang

Pemandian Air Panas Cibolang ini berada pada ketinggian 1450 mdpl, terletak di Desa Wayang Windu, dekat dengan Perkebunan Teh Malabar.

Bersumber langsung dari Gunung Windu, air panas yang mengalir pun mengandung belerang dan mineral alami. Tak hanya mengobati rasa lelah dan pegal-pegal, kandungan dari air panas di sini juga banyak manfaatnya.

Mulai dari menyehatkan kulit hingga menyembuhkan rematik. Tunggu apa lagi? Berendam air panas sambil menikmati indah dan sejuknya alam sekitar akan begitu mengasyikkan.

 

Lepas Penat dengan Berwisata ke Tempat Wisata Pangalengan

Beban pikiran dapat menurunkan kualitas hidup, lho. Ketika kamu terlalu fokus dengan segala permasalahan yang ada, kualitas kerjamu akan menurun bahkan kesehatan pun turut terganggu.

Jika sudah demikian, mungkin kamu butuh liburan. Dengan berwisata alam, pikiranmu akan kembali tenang dan kamu pun akan lebih belajar bersyukur.

Alam ini ternyata begitu besar dan indah namun terkadang kamu terlalu sibuk untuk menyadarinya. Luangkan waktu untuk kembali ke alam, yuk?

 

Sekian ulasan mengenai tempat wisata Pangalengan terbaik. Apakah kamu sudah pernah mengunjungi salah satu destinasi tersebut?

Yuk bagikan pengalamanmu di kolom komentar dan share artikel ini kepada teman-temanmu. Siapa tahu bisa merencanakan liburan bareng. Selamat liburan!

 

Sumber Referensi:

  • Tifani Topan. 10 Oktober 2018. 7 Tempat di Pangalengan Ini Bisa Mengembalikan Suasana Hati Lho. IDN Times – https://bit.ly/2AK3ToR
  • Mariska Tracy. 16 Februari 2017. 7 Wisata Alam di Pangalengan, Bandung yang Wajib Dikunjungi. PegiPegi – https://bit.ly/2BLRr8H

 

Sumber Gambar:

  • Pangalengan 1 – https://bit.ly/3cGA2eo
  • Pangalengan 2 – https://bit.ly/3cQ3rmx
  • Pangalengan 3 – https://bit.ly/2A6Gj5U
  • Pangalengan 4 – https://bit.ly/2Yjzp5o
  • Pangalengan 5 – https://bit.ly/3cCPyI8