Ingin berpergian dengan menggunakan pesawat dengan harga murah? AirAsia menjadi penolong ditengah tingginya tiket pesawat. Apa yang menyebabkan tiket AirAsia murah?

Agar lebih jelas, Mari simak penjelasannya berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Alasan Tiket Murah AirAsia

Belakangan ini salah satu transportasi pesawat mendapat sorotan dari masyarakat Indonesia. Pasalnya harga tiket pesawat semenjak mudik lebaran terus meningkat. Hingga membuat pemerintah turun tangan langsung.

Meningkatnya harga tiket pesawat ini disebabkan oleh beban operasional yang meningkat akibat harga avtur tinggi, pajak hingga menguatnya kurs dollar AS terhadap rupiah.

Tapi ditengah situasi itu maskapai penerbangan AirAsia Indonesia dapat dikatakan anti mainstream, karena AirAsia masih berani mematok harga tiket yang relatif murah jika dibandingkan dengan maskapai lainnya.

AirAsia Indonesia sebagai salah satu maskapai LCC (low cost carrier) menyebut pihaknya sudah lebih dulu menurunkan harga tiket pesawat sebelum ada anjuran dari pemerintah.

Direktur Utama AirAsia Dendy Kurniawan pun mengatakan, bahwa pihaknya melakukan efisiensi sehingga harga tiket bisa lebih murah. Dendy mengatakan:

“Kenapa kami bisa murah atau efisien? Satu, kami hanya operasikan Airbus A320. Satu tipe. Ini memudahkan managing human resources kami. Pilotnya, krunya, engineer-nya ya cuma satu sertifikatnya untuk A320.”

 

AirAsia Rajanya Tiket Murah, Ini Rahasianya! 02 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Cara Memperoleh Tiket Pesawat Murah Untuk Liburan Akhir Tahun]

 

Hal ini menjadi nilai plus bagi AirAsia jika dibandingkan maskapai lain yang mengoperasikan pesawat lain. Dendy mengatakan jika ada kru yang sakit, pilot cadangan bisa langsung menggantikan.

Jika dilihat dari sisi sparepart alat suku cadang. Ini karena hanya menggunakan Airbus A320, suku cadang yang disimpan menjadi lebih sedikit.

Hal ini akan membuat biaya penyimpanan lebih efisien daripada maskapai yang memiliki tipe pesawat yang banyak.

Lalu yang kedua, memaksimalkan peranan grup. AirAsia Indonesia merupakan bagian dari AirAsia Group yang beroperasi di 6 negara dan 9 airline, dengan bekerja secara grup, efisiensi sangat bisa dilakukan. Dendy mengatakan:

“Contoh kami mau cari pesawat Airbus, kami datang ke Airbus dengan butuh pesawat dari Indonesia lima, dari Thailand sekian, disatukan jadi banyak. Tentu harganya akan beda kalau kami kumpulkan bersama, harganya jauh lebih baik dibandingkan dengan hanya lima pesawat.” 

 

Seperti halnya dalam pembelian pesawat, dengan memesan pesawat secara grup, dengan begitu harganya pun jauh lebih murah daripada hanya satu maskapai yang memesan. Ia mengatakan:

Bargaining kami jadi lebih tinggi di mata mitra bisnis kami. Itu keunggulan yang kami miliki.”

 

Kemudian yang ketiga, utilisasi pesawat.

Tidak dipungkiri jika biaya sewa pesawat sangat berat bagi biaya operasional. Maka dari itu, AirAsia Indonesia memaksimalkan utilitas pesawat.

Dendy mengatakan:

“Kami rata-rata utilisasi pesawat 12,5 jam per hari. Kami punya target 13 jam. Bisa tetapi kendalanya adalah airport yang enggak 24 jam beroperasi.”

 

Tak hanya itu, AirAsia Indonesia pun memaksimalkan waktu pesawat di darat yang hanya sekitar 25 menit. Dengan begitu utilitas pesawat bisa optimal selama satu hari.

Dengan tingginya utilisasi ini secara otomatis mendorong pendapatan.

Ingin tahu rahasia sukses di balik penerbangan AirAsia ini? Anda bisa tonton video dari channel Youtube Finansialku berikut ini:

 

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel di atas? Berikan tanggapan Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Ayo bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Yoga Sukmana. 25 Juni 2019. Ini Rahasia Tiket Murah AirAsia. Money.kompas.com – http://bit.ly/2J4uKfL
  • CNN Indonesia. 25 Juni 2019. AirAsia Beberkan Rahasia Racik Tiket Murah. Cnnindonesia.com – http://bit.ly/2X3YX3I

 

Sumber Gambar:

  • AirAsia 1 – http://bit.ly/2XyH01w
  • AirAsia 2 – http://bit.ly/2Rwq5ar