Istilah “Time is money” sepertinya tidak berlaku bagi tipe orang yang suka terlambat berikut ini. Cek, apakah kamu salah satunya?

Coba cek dengan baik, semoga kamu bukan salah satu dari tipe ini ya sobat Finansialku. 

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Sobat Finansialku

Halo Sobat Finansialku, hari ini kita belajar menjadi satu pribadi yang menghargai waktu. Finansialku akan memberikan tipe orang yang suka terlambat. Untuk kita belajar tidak menjadi seperti 7 tipe orang tersebut.

Tapi sebelum kita memasuki tujuh tipe orang tersebut, Sebagai sahabat, Finansialku pengen tahu nih, apakah kalian sudah menjadi pribadi yang memerhatikan keuangan pribadi kalian sendiri? Mencatat arus keuangan pribadi itu penting loh.

 

Supaya kita tahu, apakah uang kita itu keluar dan masuk untuk hal yang baik bagi masa depan. Karena itu, apakah kalian sudah mengunduh aplikasi Finansialku? Aplikasi yang bisa membantu kalian mencatat keuangan kalian sendiri?

Kalau belum, buruan download sekarang, supaya kita menjadi pribadi yang bisa menghargai waktu dan juga menjadi pribadi yang aware terhadap keuangan pribadi kita sendiri. Aplikasi ini bisa didownload pada PlayStore dan AppStore dengan klik link berikut juga bisa.

playstore icon
appstore icon

 

Kenapa harus Finansialku? Karena Finansialku adalah satu aplikasi untuk merencanakan keuangan pribadi, yang mana aplikasi ini sudah terdaftar di OJK, dan pada aplikasi ini sobat Finansialku bisa konsultasi keuangan pada pakar keuangan profesional secara gratis.

Pada platform lain untuk konsultasi pada pakar keuangan, kalian akan diminta untuk membayar, bayarnya lumayan mahal loh. Sedang pada aplikasi Finansialku, konsultasi pada pakar yang PRO, akan gratis! Jadi tunggu apalagi yuk download sekarang apikasinya dan nikmati semua pelayanannya. 

 

7 Tipe Orang yang Suka Terlambat

Nah sobat Finansialku, udah kelar kan download aplikasi Finansialku-nya? Sekarang, seperti yang tadi kita singgung. Hari ini kita mau belajar menjadi pribadi yang menghargai waktu.

Dengan mengetahui tipe orang yang suka terlambat berikut. Waktu produktif merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kesuksesan seseorang.

Merasa Kekurangan Waktu 1 - Finansialku

[Baca Juga: Kata-kata Bijak Warren Buffett: Waktu Adalah Teman]

 

Banyak orang yang berpikir bahwa kesuksesan dan kekayaan bisa mereka dapatkan dalam satu malam. Tentu itu salah.

Kesuksesan datang bersamaan dengan berjalannya waktu dan bagaimana kita memanfaatkan waktu dengan baik. Jangan menjadi seperti tujuh tipe orang yang suka terlambat berikut ini.

 

#1 Tipe Orang yang Suka Terlambat, The Deadliner

Tipe ini adalah orang yang menikmati sensasi “last minute”. Ia mengaku justru sangat bersemangat dan bisa memberikan yang terbaik ketika ada di bawah tekanan.

Biasanya ia adalah orang yang sulit termotivasi kecuali jika terdesak/tertekan. Sehingga tak jarang ia justru menciptakan tekanan itu sendiri agar merasa termotivasi.

Sayangnya, sering kali pada praktiknya ada hal-hal tak terduga yang muncul, yang akhirnya membuatnya terlambat menyelesaikan pekerjaan.

Jika Kamu termasuk tipe yang satu ini, mengapa tidak mencoba sesekali mengubahnya. Mulai bekerja ketika tidak ada tekanan. Siapa tahu hasilnya bisa menjadi lebih baik dan Kamu bisa menyelesaikan lebih banyak pekerjaan.

 

#2 Tipe Orang yang Suka Terlambat, The Producer

Orang tipe ini terobsesi menyelesaikan sebanyak mungkin pekerjaan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Ia merasa jauh lebih baik saat ia berhasil menyelesaikan banyak pekerjaan. Karena tidak suka membuang waktu, ia menjadwalkan diri dengan banyak pekerjaan.

Sayangnya yang terjadi malah sebaliknya. Rencana tinggallah rencana. Karena jadwal tidak rasional, akhirnya banyak pekerjaan yang tidak selesai tepat waktu.

Ia terjebak dalam banyak pekerjaan yang tidak dipandu oleh prinsip prioritas. Mulai pilah prioritas pekerjaan adalah solusi untuk orang tipe ini.

 

#3 The Forgetful

Orang yang tipe ini sering kali terlambat dalam banyak hal karena naturnya yang memang pelupa dan tidak perhatian pada hal-hal kecil. Ia sering kali lupa waktu dalam melakukan sesuatu. Bahkan untuk hal yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan.

Time Management 8 Kiat Mengatur Waktu Sebelum Diatur Waktu - Finansialku

[Baca Juga: Kata-kata Bijak Peter Drucker: Waktu Efektif Seorang Eksekutif]

 

Ia juga sering kali sembarangan menaruh barang-barang seperti kunci, handphone, dan lainnya. Jika kamu termasuk tipe ini, maka solusi terbaik yang bisa kamu lakukan adalah mulai belajar disiplin.

Entah itu disiplin dalam menaati jadwal harian yang kamu tetapkan atau dalam hal menaruh barang-barang kamu pada tempatnya.

 

#4 The Rationalizer

Orang dengan tipe ini biasanya tidak pernah benar-benar mengakui kebiasaannya yang suka terlambat. Alih-alih menyadari kebiasaan buruknya yang sering membuatnya terlambat, ia sering kali justru menyalahkan situasi.

Padahal jika benar-benar dievaluasi, ialah pribadi yang sebenarnya paling patut dipersalahkan atas segala keterlambatannya. Meminta pendapat orang-orang terdekat, atau yang sering berurusan dengan keterlambatannya dapat menjadi solusi terbaik.

 

#5 The Indulger

Ia adalah orang yang sering kali bersikap seenaknya sendiri. Orang seperti ini biasanya terlambat karena kurang kendali diri. Alih-alih tunduk pada aturan, ia lebih tunduk pada kehendak hatinya sendiri.

Menyadari bahwa ia tidak hidup sendiri dan harus menghormati kepentingan orang lain rasanya adalah satu-satunya solusi untuk ia bisa mulai mengubah sikap.

 

#6 The Attention Seeker

Meski jarang, ada juga orang yang sering kali membiasakan diri terlambat agar diperhatikan. Ia biasanya adalah orang yang memiliki penghargaan diri rendah.Kemudian memilih untuk menjadi orang yang suka terlambat agar mendapatkan perhatian dari orang-orang di sekitarnya.

Padahal bisa saja ia berbuat sebaliknya. Perhatian yang ia terima dari orang lain pasti jauh lebih baik. Cobalah untuk menjadi orang yang tepat waktu dan bandingkan hasilnya. Selain bermanfaat untuk diri sendiri, datang tepat waktu juga bisa membuat dihormati dan dihargai.


 

#7 The Rebel

Orang dengan tipe ini sengaja terlambat. Entah dalam hal masuk kantor atau untuk menyelesaikan pekerjaan, demi menegaskan wewenang yang dimilikinya.

Ini ia lakukan agar orang lain melihat bahwa tidak mengapa jika ia terlambat, dan bahwa ia adalah orang yang kebal aturan. Padahal, mirip dengan tipe keenam, akui saja ia mengubah kebiasaannya itu, ia akan lebih dihargai dan dihormati sebagai pimpinan.

Oke, Sobat Finansialku, itu dia tipe-tipe orang yang suka terlambat dalam segala hal. Karena kamu sudah tahu jangan sampai kamu seperti tipe itu ya, kalau pun kamu adalah salah satu dari tipe itu yuk belajar untuk mengubahnya. Karena waktu tidak bisa diulang, jadi hargai waktu dari sekarang. 

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Sobat Finansialku, kami akan sangat senang kalau ada yang mau berbagi pengalaman. Mungkin bagaimana yang tadinya kamu adalah salah satu tipe tersebut dan kini kamu berhasil merubah tipe buruk dalam diri kamu itu. Tulis share kamu soal pengalaman itu di kolom yang sudah tersedia dibawah ini ya, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Laura Shocher. 11 Juli 2013. This Is Why You’re Late All The Time (And What To Do About It). Huffpost.com – https://bit.ly/2OdtwSl
  • Refinery29. 22 Mei 2014. Always Late? How To Be On Time — For Real. Time.com – https://bit.ly/2BWE063
  • Nichole Charky. 24 Juli 2015. Here’s the Reason You’re Always Late. Archive.attn.com – https://bit.ly/3gDnE0W
  • Monica Anggren & Erlita Pratiwi. 2015. 99 Perbedaan Cara Mengelola Waktu Miliarder vs Orang Biasa. Jakarta: Grasindo