Mau Beli Motor Baru Dengan Kredit? Baca Dulu Tips Kredit Motor Supaya Tidak Salah Ambil!

Ingin beli motor baru? Ketahui tips kredit motor supaya Anda tidak gagal  bayar di tengah-tengah.

Finansialku akan membahas 6 tips ampuh kredit motor dalam artikel berikut ini:

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Kebutuhan Motor Masyarakat Indonesia

Hingga saat ini, sepeda motor merupakan salah satu alat transportasi yang memiliki target pasar yang besar dan menjadi kebutuhan masyarakat luas, mulai dari pelajar, mahasiswa, pekerja, wirausahawan, bahkan ibu rumah tangga.

Berdasarkan aspek geografis, demografis, dan lingkungan dengan populasi yang cukup padat dan tingkat kemacetan tinggi, masyarakat cenderung memilih untuk menggunakan sepeda motor sebagai alat transportasi sehari-hari.

Sepeda motor ini juga banyak digunakan di kalangan masyarakat dengan tujuan untuk efektivitas waktu serta solusi alternatif dalam rangka mengurangi pengeluaran ongkos transportasi yang cukup menguras keuangan.

Baca-Dulu-Tips-Kredit-Motor-Supaya-Tidak-Salah-Ambil-2-Finansialku

[Baca Juga: Ayo Telusuri Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) Supaya Anda Beruntung!]

 

Di samping itu, sepeda motor semakin diminati masyarakat karena tawaran tipe model yang menarik dengan harga variatif yang jauh lebih terjangkau dibandingkan kendaraan bermotor lainnya.

Bagi Anda yang berminat untuk memiliki sepeda motor, tentu ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan, di antaranya adalah kecukupan dana yang Anda miliki untuk membayar sepeda motor tersebut.

Walaupun ketersediaan sepeda motor di pasaran cukup banyak, namun harga jual sepeda motor yang mencapai angka puluhan juta rupiah membuat Anda enggan membeli sepeda motor secara tunai.

Itulah yang membuat banyak orang berpikir untuk mengajukan kredit kendaraan bermotor sebagai salah satu pertimbangan apabila ketersediaan dana tidak mencukupi.

Mari kita simak bersama beberapa tips di bawah ini untuk membantu Anda mempertimbangkan hal-hal terkait pengajuan kredit motor.

 

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Tips Membeli Motor dengan Fasilitas Kredit

Kredit adalah fasilitas pinjaman yang diberikan kepada debitur untuk dilunasi sesuai dengan kesepakatan pihak kreditur yang memberikan kredit dan pihak debitur.

Tidak ada hal yang salah dengan melakukan kredit motor. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, di antaranya adalah kesepakatan kredit.

Kesepakatan diberikan pada awal masa kredit yang sudah disetujui dan diberikan dalam bentuk perjanjian kredit. Perjanjian tersebut bersifat mengikat secara hukum dan perlu Anda perhatikan untuk menghindari risiko yang dapat menimbulkan kerugian di kemudian hari.

Oleh karena itu, sebelum kredit motor, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini:

 

#1 Bedakan Kebutuhan Dengan Keinginan

Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan adalah kriteria sepeda motor seperti apa yang Anda butuhkan.

Anda perlu memiliki gambaran kelebihan dan kekurangan tipe sepeda motor yang cocok dengan kebutuhan Anda, sehingga nantinya sepeda motor yang sudah Anda beli dapat digunakan secara maksimal.

Konsultasi Apakah Asuransi Motor Penting Apa Manfaat yang Diberikan Perusahaan Asuransi 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ayo Telusuri Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) Supaya Anda Beruntung!]

 

Sepeda motor yang Anda butuhkan belum tentu merupakan sepeda motor tipe termahal dan tren terbaru.

Bisa saja Anda hanya membutuhkan sepeda motor tipe matic yang cenderung lebih nyaman dan mudah digunakan.

Anda tidak perlu hanya terpaku pada “looking” sepeda motor yang Anda inginkan, namun sesuaikan kembali dengan kebutuhan Anda.

 

#2 Sesuaikan Dengan Kemampuan Keuangan Anda

Setelah Anda mendapatkan gambaran mengenai tipe sepeda motor yang Anda butuhkan, cek kembali apakah kondisi keuangan Anda mendukung Anda untuk dapat menyelesaikan pembayaran sepeda motor tersebut sampai lunas.

Anda perlu mempertimbangkan secara matang mengenai kondisi keuangan Anda saat ini agar proses kredit Anda tidak macet di tengah jalan dan keuangan Anda sehari-hari tetap terjaga dengan baik.

 

#3 Survei Dealer dan Leasing, Cari yang Terbaik!

Banyak dealer dan leasing motor yang menyediakan fasilitas proses kredit motor dengan berbagai penawaran yang bisa Anda pertimbangkan.

Perbedaan antara dealer dan leasing terletak pada lembaga yang menyediakan fasilitas kredit. Dealer adalah industri kendaraan motor yang menyediakan fasilitas kredit, sedangkan leasing adalah lembaga keuangan atau perbankan yang biasanya menawarkan kredit untuk motor baru ataupun motor bekas.

Anda tidak perlu tergesa-gesa memutuskan untuk mengambil penawaran dari dealer atau leasing tertentu.

Kembali lagi, pertimbangkan penawaran yang ada dengan kondisi keuangan Anda dan tenor kredit yang sesuai dengan kemampuan bayar Anda.

Siapkan-Dana-Beli-Motor-02-Finansialku

[Baca Juga: Penting! Ini Tips Kredit Motor Bekas. Ketahui Pula Untung Rugi Kredit Motor Bekas]

 

Selain itu, berikan pula pertimbangan mengenai persyaratan yang diberikan oleh pihak dealer, jangan sampai Anda merasa kesulitan dalam mempersiapkan persyaratan yang diwajibkan.

Anda juga perlu memperhatikan suku bunga dan biaya yang diperlukan untuk mendukung proses kredit.

Pilihlah dealer yang menawarkan suku bunga yang ringan dan masuk akal. Atur skala prioritas dan pilihlah fasilitas kredit yang cukup ringan untuk Anda keluarkan setiap bulannya.

Anda dapat melakukan survei dealer dan simulasi kredit terlebih dahulu untuk mempertimbangkan keputusan Anda.

Simulasi kredit dapat Anda lakukan ketika Anda melakukan survei ataupun secara online. Simulasi kredit ini dapat membantu Anda mendapatkan gambaran yang jelas mengenai fasilitas kredit yang akan Anda gunakan.

 

#4 Lengkapi Persyaratan yang Diminta

Terdapat beberapa persyaratan yang akan diminta untuk kelengkapan pengajuan kredit Anda, di antaranya adalah KTP dan kartu keluarga.

Selain itu, untuk persyaratan awal Anda akan dimintai sejumlah uang muka. Uang muka yang diminta biasanya minimal 25% dari total kredit. Namun persentase itu bukanlah patokan yang kaku.

Jika Anda memiliki dana untuk memberikan uang muka yang lebih dari jumlah minimum persyaratan, ada baiknya Anda memberikan uang muka yang lebih besar. Dengan demikian jumlah utang Anda akan semakin kecil dan akan berpengaruh pada bunga kredit Anda.

Uang muka yang lebih besar juga memungkinkan Anda untuk memilih tenor kredit yang lebih singkat.

 

#5 Lindungi Dengan Asuransi

Risiko kecelakaan atau kejahatan dapat terjadi kapan saja pada sepeda motor Anda, karena itu Anda perlu berhati-hati dan melakukan tindakan preventif.

Berikan perlindungan untuk sepeda motor Anda melalui layanan asuransi sehingga dapat meminimalisasi potensi kerugian yang mungkin terjadi.

Pilih layanan asuransi dari perusahaan yang terpercaya untuk menjamin keamanan kendaraan Anda.

 

#6 Lakukan Pembayaran Dengan Teratur

Setelah pengajuan kredit motor Anda disetujui, tentu Anda perlu menyelesaikan cicilan sesuai dengan perjanjian kredit.

Hindari keterlambatan, tunggakan kredit, dan kredit macet yang dapat menyebabkan biaya kredit Anda membengkak atau risiko hukum menimpa Anda.

Anda perlu secara disiplin dan teratur membayar cicilan kredit motor Anda setiap bulannya sampai lunas.

 

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Mobil - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Persiapkan Rencana Kredit Motor dengan Matang

Walaupun kredit motor saat ini cenderung tidak terlalu sulit, namun Anda tetap perlu mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang.

Anda perlu memahami langkah-langkah pengajuan kredit motor, fasilitas kredit, biaya dan cicilan kredit, serta melakukan penjaminan atas motor yang Anda biayai.

Anda juga perlu mempertimbangkan matang-matang kondisi keuangan Anda dan skala prioritas kebutuhan Anda.

Anda tidak perlu memilih sepeda motor yang terlalu mahal apabila kebutuhan Anda dapat tercukupi dengan sepeda motor yang standar. Pilih dan rencanakan dengan bijak niat Anda untuk mengajukan kredit motor.

Persiapkan semua persyaratan yang diwajibkan dan lakukan survei untuk mengetahui fasilitas yang ditawarkan dealer atau leasing. Jangan sampai Anda mengalami kerugian atau terjerat hukum karena kelalaian yang seharusnya dapat Anda antisipasi.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai kredit motor? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • MR. 15 Februari 2018. 5 Cara Kredit Motor Dan Pembayaran Angsuran Yang Aman. Kudo.co.id – https://goo.gl/GwdLKu
  • Boby Chandro Oktavianus. 19 Januari 2017. Pilihlah Kredit Motor Terbaru dengan Tips Lengkap Berikut Ini. https://goo.gl/CJvNxt

 

Sumber Gambar:

  • Kredit Motor – https://goo.gl/Fr4StK
  • Kredit Motor 2 – https://goo.gl/2a5zWz

 

Summary
Mau Beli Motor Baru Dengan Kredit? Baca Dulu Tips Kredit Motor Supaya Tidak Salah Ambil!
Article Name
Mau Beli Motor Baru Dengan Kredit? Baca Dulu Tips Kredit Motor Supaya Tidak Salah Ambil!
Description
Ingin beli motor baru? Ketahui tips kredit motor supaya Anda tidak gagal bayar di tengah-tengah.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo
Laela Wulandari Tatuningtyas, S.Mat.
Laela Wulandari Tatuningtyas, S.Mat. Seorang perempuan ISTJ. Memiliki background pendidikan S1 Matematika di FMIPA Universitas Padjadjaran. Memiliki ketertarikan di bidang perbankan, musik, seni & budaya, wisata, gaya hidup dan psikologi.

Leave A Comment