Seringkali niat untuk liburan hilang kala mengingat pengeluarannya, tapi kali ini itu tidak akan jadi masalah karena ada tips liburan murah!

Yuk, intip tips liburan murah dan menyenangkan ala Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Liburan Murah, Hati Senang

Liburan ternyata tidak selalu mengeluarkan uang banyak. Dengan dana liburan seadanya pun kamu masih bisa menikmati liburan dengan menyenangkan. Kamu bisa menerapkan tips-tips berikut ini untuk merencanakan liburan on budget-mu.

 

#1 Melakukan Riset

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan ingin berlibur ke mana. Tujuan wisata kamu bisa menentukan seberapa besar dana yang dibutuhkan.

Setelah itu, carilah informasi sebanyak mungkin di internet. Kamu bisa mencari informasi mengenai harga, fasilitas, dan jaraknya.

10 Tips Liburan Murah dan Menyenangkan Ala Finansialku 02

[Baca Juga: Kalender 2020: Jadwal Libur Nasional & Cuti Bersama]

 

Kamu juga bisa bertanya ke teman-teman yang sudah pernah berlibur ke tempat tujuanmu. Dengan ini, kamu bisa mendapat gambaran real tentang keadaan di sana. Hal ini dilakukan supaya kamu bisa lebih mempersiapkan diri.

 

#2 Cari Waktu Saat Low Season

Low Season maksudnya berlibur di saat bukan musim liburan dimana saat orang-orang tidak banyak berlibur.

Hindari berlibur di waktu-waktu high season, misalnya saja saat liburan sekolah atau long weekend. Harga transportasi atau penginapan akan lebih tinggi berkali-kali lipat ketimbang saat low season.

Jadi, jika kamu pergi saat low season, tentunya kamu akan mendapatkan harga rendah. Lumayan bisa menghemat, kan?

 

#3 Jangan Menginap di Hotel Berbintang

Menginap di hotel berbintang pasti lebih nyaman. Namun, hal ini membutuhkan biaya yang tak sedikit. Jika kamu tidak bisa menurunkan gengsi-mu, tentu saja dana harus berlebih.

Karena itu, pilihlah hotel budget yang murah namun tetap nyaman. Ingat, bahwa tujuanmu adalah berlibur. Pastinya kamu akan menghabiskan waktu di luar hotel.

10 Tips Liburan Murah dan Menyenangkan Ala Finansialku 03

[Baca Juga: Yuk Tampil Kece! 5 Fashion Item Liburan Pria yang WAJIB Kamu Punya]

 

Sayang sekali kan jika kamu tidak memanfaatkan fasilitas hotel. Tentunya lain lagi jika kamu ingin staycation.

Sudah bayar mahal-mahal tapi hanya dipakai untuk tidur saja. Bukankah menginap di hotel berbintang atau hotel budget sama-sama untuk beristirahat?

 

#4 Tidak Membeli Oleh-Oleh di Tourist Spot

Di tempat wisata, harga jual cinderamata atau camilan akan lebih mahal. Maka dari itu, belilah oleh-oleh di tempat yang jauh dari tempat wisata.

Jangan sampai oleh-oleh yang kamu beli itu kurang saking mahalnya. Jika itu terjadi, bisa-bisa tidak semua orang terdekatmu kebagian oleh-oleh.

Oleh-oleh pun tak perlu mahal, yang penting berkesan.

 

#5 Gunakan Jalur Darat

Jalur darat bisa jadi pilihanmu untuk mencapai destinasi liburan. Pasalnya, dengan menggunakan jalur darat, biaya yang dikeluarkan lebih sedikit ketimbang naik pesawat.

Keuntungan menggunakan jalur darat pun tak kalah asyik. Kamu bisa menikmati pemandangan dan setiap momen di wilayah yang berbeda-beda. Jangan lupa sambil memutar musik favoritmu sebagai teman di perjalanan.

 

#6 Cek Tiket Pesawat Secara Berkala

Jika menggunakan jalur darat tidak memungkinkan, kamu tetap bisa pakai pesawat. Asalkan, kamu harus selalu cek harga tiket pesawat secara berkala.

Jangan lupa, selalu cek website atau media sosial maskapai dan agen tur demi mendapatkan informasi promo. Selain itu, kamu harus membeli tiket pesawat jauh sebelum tanggal rencana liburanmu. Harganya pun akan lebih murah.

 

#7 Makan di Pinggir Jalan

Kamu tidak selalu harus makan di restoran untuk mendapatkan makanan enak dan sehat. Di pinggir jalan, banyak makanan yang bisa kamu pulih untuk mengisi perutmu.

Pastikan kamu mengikut akun-akun instagram kuliner lokal. Ini supaya kamu bisa mendapatkan rekomendasi tempat makan. Biasanya, jika tempatnya sudah di-review, makanannya terjamin. Kamu pun bisa terhindar dari sakit perut.

 

#8 Kunjungilah Wisata Promo

Cari tempat wisata baru dan murah. Berbeda dengan tempat wisata yang sudah terkenal. Biasanya, tiket sudah dinaikkan.

Akan lebih baik jika kamu mengunjungi tempat wisata yang gratis. Hanya duduk-duduk di warung pinggir jalan yang ada di sekitar tempat tersebut, sudah cukup mengesankan.

 

#9 Ajaklah Teman

Liburan sendiri bisa jadi tantanganmu. Namun, mengajak teman untuk ikut pun tidak ada salahnya. Justru akan lebih banyak keuntungan yang kamu dapatkan.

Kamu bisa patungan untuk menyewa penginapan sampai makan berdua jika kehabisan budget. Kamu juga bisa meminta temanmu untuk mengabadikan momen liburanmu dengan meminta mereka mengambil gambar.

 

#10 Manfaatkan Wifi

Jika liburan ke luar negeri, kamu dapat memanfaatkan mobile sim card negara setempat. Namun, harga sim card nya lumayan mahal.

Akan lebih baik jika kamu memanfaatkan wifi di tempat wisata atau di penginapanmu. Kuota internet-mu pun akan lebih hemat.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Cara Mengatur Keuangan yang Benar Untuk Ibu Rumah Tangga

Ebook Mommy and Money

Download E-book Sekarang

 

Rencanakan Dengan Baik

Liburan hemat bisa menyenangkan. Usahakan tidak membuat stres hanya masalah finansial nantinya.

Maka dari itu, rencanakan liburanmu dengan baik. Selain merencanakan tempat wisatanya, kamu pun perlu mempersiapkan dananya.

Nah, untuk itu, akan lebih baik jika kamu bisa menabung dan mengelola keuanganmu untuk liburan dengan aplikasi Finansialku.

Dengan menggunakan fitur Rencana Keuangan, dana liburanmu bisa terkumpul sesuai rencanamu.

Kamu juga bisa simak 5 kota destinasi wisata yang WAJIB dikunjungi untuk liburan di Indonesia yang sudah dirangkum Finansialku berikut ini.

 

Sekarang kamu tahu kan tips liburan murah biar kamu gak liburan sambil pusing mikirin biayanya? Alangkah lebih baik jika informasi ini kamu bagikan pada travelmate-mu, keluargamu, teman kantormu, bahkan pasanganmu.

Yuk, liburan!

 

Sumber Referensi:

  • Katelya Larasati. 28 Agustus 2017. Mau Traveling dengan Budget Murah? Terapkan 10 Tips Ini. IDNTimes – https://bit.ly/37aIv7n

 

Sumber Gambar:

  • Liburan 1 – https://bit.ly/30BiTyh
  • Liburan 2 – https://bit.ly/2RdM2wt
  • Liburan 3 – https://bit.ly/2ucwZKr