5 Tips Memilih Asuransi Properti

Memilih Asuransi Properti menjadi satu pekerjaan yang penting. Perencanaan keuangan independen Finansialku akan membahas 5 tips memilih asuransi properti

 

rubrik Finansialku:

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

5 Tips Memilih Asuransi Properti

Asuransi properti adalah asuransi yang bertujuan untuk melindungi asset kita seperti rumah, ruko, apartemen, gudang dan bangunan lainnya. Berikut ini tips:

5 Tips Memilih Asuransi Properti - Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Cari Tahu Harga Properti Kita

Ketika Anda akan membeli asuransi properti, Anda akan diminta mengisi kolom harga asset Anda. Berapa harga rumah Anda, berapa harga barang-barang di dalamnya dan lain sebagainya. Jadi sebelum membeli asuransi, pastikan Anda sudah tahu harganya.

 

Cari Perusahaan Asuransi Properti yang Terpercaya

Tahapan kedua adalah cari perusahaan yang menjual. Usahakan cari perusahaan yang terpercaya dan berpengalaman. Soal harga premi, industri asuransi properti memiliki standarisasi harga (biasanya dalam interval). Finansialku menyarankan perusahaan yang kredibel dan dapat dipercaya. Tidak ada salahnya Anda bertanya pada teman atau rekan kerja yang sudah pernah membeli asuransi properti.

 

Tanyakan Coverage dan Perluasannya

Tahap ketiga adalah tanyakan kepada perusahaan: apa yang dicover dan apa yang tidak dicover. Apa saja yang bisa menjadi perluasan? Pastikan Anda mengetahui detil. Tahukah Anda tidak semua kebakaran akan diganti oleh perusahaan asuransi? Contoh kebakaran karena sengaja dilakukan oleh pemilik properti dan lain sebagainya.

 

Cari tahu Proses Klaim

Ketika Anda membeli asuransi properti, jangan lupa tanyakan bagaimana cara klaimnya. Dokumen apa saja yang harus disiapkan ketika melakukan klaim? Kemana Anda harus mengajukan proses klaim? Dan lain sebagainya.

 

Konsultasi Kebutuhan Anda

Jika Anda ragu mengenai keputusan membeli asuransi yang tepat, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan agen penjualnya. Agen penjual asuransi properti memiliki gelar sertifikasi AAAIK (Ajun Ahli Asuransi Kerugian) atau AAIK (Ahli Asuransi Kerugian).

Hal penting yang perlu diketahui adalah agen asuransi properti dan agen rumah itu berbeda. Agen asuransi properti menjual produk asuransi untuk melindungi rumah. Agen rumah menjual rumah atau mencari orang yang ingin menyewa rumah.

 

Kesimpulan

Lima hal yang harus diperhatikan dalam memilih asuransi properti adalah:

  1. Cari tahu harga properti kita.
  2. Cari perusahaan asuransi properti yang terpercaya.
  3. Tanyakan coverage dan perluasannya.
  4. Cari tahu proses klaim.
  5. Konsultasi kebutuhan Anda.

 

Download Slide Kecerdasan Keuangan Keluarga

Download Sekarang

 

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment