Siapa yang tak ingin menjalankan ibadah yang menjadi rukun islam yang kelima ini? Lalu, Bagaimana tips menabung untuk haji agar bisa berangkat ke tanah suci?

Bisa berangkat ke tanah suci merupakan impian yang dimiliki hampir seluruh umat muslim. Anda salah satunya? Simak tips di bawah ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Ibadah Haji

Sebagai salah satu rukun islam, haji adalah ibadah yang didambakan oleh banyak orang. Akan tetapi, biaya haji dan umroh sering kali tidak murah. Karena itu, Anda perlu memiliki dana yang cukup dan mulai menabung sejak sekarang.

Pada dasarnya, berangkat haji bisa dilakukan oleh siapa saja selama memiliki tabungan atau biaya yang cukup.

Bahkan kamu yang termasuk dalam generasi milenial juga bisa melakukan ibadah haji. Akan tetapi, tentu saja ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar dana haji lebih cepat terkumpul.

 

Tips Menabung untuk Biaya Haji Bagi Milenial

Anda yang baru pertama kali ke luar negeri mungkin akan sedikit bingung apa saja yang perlu disiapkan untuk bisa ke luar negeri.

Juga bagaimana cara menyimpan uang agar cukup untuk biaya perjalanan dan akomodasi serta biaya hidup selama di sana.

Biaya Haji Bisa Turun dengan Investasi Hasil Imbal Tinggi 02 - Finansialku

[Baca Juga: Sebelum Ibadah ke Tanah Suci, Lengkapi Diri Dengan Asuransi Perjalanan Umroh dan Haji]

 

Nah, kalau Anda berencana untuk berangkat haji, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan supaya dana haji Anda bisa terkumpul dengan lebih cepat. Berikut ini adalah beberapa tips menabung untuk haji yang bisa Anda lakukan:

 

#1 Niatkan Sedini Mungkin

Kebanyakan jamaah haji Indonesia adalah orang yang sudah berusia lanjut. Hal ini bukan hanya karena antrean haji yang cukup panjang. Akan tetapi juga karena niat haji yang tidak dipersiapkan sedini mungkin.

Banyak orang yang baru berniat haji dan baru mulai menabung pada saat usianya sudah cukup dewasa, sehingga keberangkatan haji baru bisa dilakukan ketika sudah berada di usia lanjut.

Selain itu, memasang niat haji sedini mungkin juga bisa menjadi sarana latihan untuk terbiasa fokus dengan tujuan.

Apalagi, dalam hal ibadah, sesuatu yang baru diniatkan sudah mendapatkan pahala atas niat tersebut. Jadi, seharusnya tidak ada alasan untuk menunda niat haji.

 

#2 Memanfaatkan Fasilitas Pinjaman Bank Syariah

Setelah memiliki niat, maka tips selanjutnya untuk bisa berangkat haji adalah dengan memanfaatkan pinjaman dari bank syariah. Produk ini biasanya dinamakan sebagai pembiayaan haji.

Produk pembiayaan haji ini memang dibuat oleh bank syariah khusus untuk bisa membantu calon jamaah haji agar bisa berangkat lebih cepat ke tanah suci.

Karena, dengan adanya biaya ini maka calon jamaah haji bisa lebih mudah mendaftar untuk keberangkatan haji.

Akan tetapi, meskipun Anda memanfaatkan layanan pembiayaan haji dari bank, Anda juga harus sudah memiliki tabungan haji sendiri. Dengan begitu, beban pinjaman yang Anda ambil bisa lebih diminimalisasi.

 

#3 Menabung di Perusahaan Penyelenggara Haji

Beberapa perusahaan travel haji biasanya memberikan kemudahan berupa fasilitas tabungan haji dan umroh. Sehingga, Anda bisa mengumpulkan dana sedikit demi sedikit untuk berangkat haji.

Untuk bisa berangkat haji, kira-kira Anda perlu mengumpulkan dana sekitar 36 juta Rupiah. Dengan antrean sekitar 10 tahun, Anda bisa mencicil biaya haji ini sedikit demi sedikit setiap bulannya ke perusahaan penyelenggara haji.

Kadang kala, perusahaan juga akan memberi keringanan dan mengizinkan Anda berangkat duluan jika tabungan umroh Anda sudah mencapai sekitar 90 persen dari biaya haji.

Tentu saja, kekurangan biayanya tetap harus Anda bayarkan setelah selesai haji.

Akan tetapi, jika Anda mau melakukan hal ini, Anda perlu mencari tahu lebih dulu bagaimana reputasi dari perusahaan travel haji tersebut.

Apakah travel tersebut terbukti bisa memberangkatkan atau tidak. Perhatikan juga apakah travel tersebut punya masalah hukum atau desas desus cidera janji. Jika tidak, tidak ada salahnya jika Anda menabung di perusahaan travel tersebut.

 

#4 Menabung dengan Besaran Tetap

Banyak orang yang masih meremehkan compound interest atau kekuatan berbunga. Padahal, dengan memanfaatkan tabungan seperti ini, Anda bisa menabung Rp400 ribu saja per bulannya untuk bisa berangkat haji.

Tentu saja, hal ini tidak bisa dilakukan di bank biasa. Anda bisa menabung di koperasi syariah terpercaya yang memberikan bagi hasil minimal 20 persen setiap tahun.

Di samping itu, menabung di bank syariah juga lebih aman karena dijamin oleh pemerintah.

 

#5 Jadikan Prioritas

Alasan lain mengapa tabungan haji sulit terkumpul adalah karena Anda tidak menjadikannya sebagai prioritas. Entah karena banyaknya pengeluaran yang harus dipenuhi, cicilan KPR, dan berbagai kebutuhan mendesak lainnya.

Apalagi, generasi Milenial juga sering dianggap memiliki kebutuhan yang lebih banyak dibandingkan generasi lainnya.

Panduan dan Pedoman Menyiapkan Dana Ibadah Haji 02 Finansialku

[Baca Juga: Impian Jadi Kenyataan! Ini Cara Menyiapkan Ibadah Haji Bersama Keluarga]

 

Sebagai generasi yang akrab dengan internet, kebutuhan milenial akan kuota internet juga menjadi salah satu kebutuhan pokok.

Akan tetapi, jika Anda menjadikan tabungan haji sebagai prioritas, bukan mustahil dana haji ini bisa terkumpul. Tentu saja, sebagai konsekuensinya, Anda harus lebih bisa mengatur pengeluaran untuk kebutuhan lainnya.

Sebenarnya, jika Anda konsisten mengisi tabungan haji sejak sekarang, besar tabungan setiap bulannya bisa tidak terlalu besar. Bahkan Anda bisa memulai dari Rp300 ribu saja.

Semakin besar Anda menabung, tentu saja akan semakin cepat pula Anda bisa berangkat haji ke tanah suci.

 

#6 Menabung di Bank Untuk Haji dan Umroh

Menabung di tabungan khusus haji dan umroh sebenarnya sama saja dengan menabung di rekening biasa.

Hanya saja, saat anda menabung di bank khusus haji dan umroh, dana yang Anda tabung hanya akan digunakan untuk keperluan haji dan umroh saja. Dan Anda juga bisa menyesuaikan besaran tabungan dengan target haji Anda.

Menabung di bank haji dan umroh akan sangat memudahkan Anda mengumpulkan dana haji.

Apalagi kalau Anda sering merasa kesulitan untuk menentukan berapa besaran uang yang harus Anda tabung untuk bisa berangkat haji sesuai dengan target yang sudah Anda tetapkan.

Industri Keuangan Syariah Indonesia 04 Perbankan Syariah 3 - Finansialku

[Baca Juga: Investasi Dana Haji Halal Asalkan Memenuhi 6 Prinsip Ini]

 

Untuk bisa memiliki tabungan haji, Anda cukup datang ke bank yang memiliki tabungan khusus haji dan umroh. Biasanya, setiap bank syariah memiliki layanan ini.

Selanjutnya, Anda tinggal mengisi data diri, memenuhi persyaratan yang dibutuhkan, dan memberikan setoran awal sesuai dengan yang ditetapkan.

Akan semakin mudah jika Anda memiliki target waktu haji yang kamu inginkan. Biasanya, bank akan memberikan saran berapa besar tabungan yang perlu Anda setorkan setiap bulan untuk mencapai target itu.

 

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Targetkan Keberangkatan

Usia mudah bukan berarti menjadi hambatan Anda untuk mulai mempersiapkan keberangkatan haji. Anda perlu menargetkan dan merencanakan dengan matang kapan keberangkatan haji Anda akan terlaksana.

Jika Anda masih bingung bagaimana merencanakan keuangan untuk ibadah haji dengan baik, Anda bisa menggunakan bantuan Aplikasi Finansialku untuk mengatasi hal tersebut.

Aplikasi Finansialku dapat Anda download dengan mudah melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Nah, apakah Anda sudah memiliki target usia berangkat haji? Apa yang Anda lakukan untuk bisa merealisasikan target tersebut? Bagikan tips Anda di kolom komentar. Dengan begitu, Anda bisa berbagi dengan pembaca lainnya.

Anda bisa juga membagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda lainnya. Semoga bermanfaat, terima kasih

 

Sumber Referensi:

  • Ringkang Gumiwang. 7 Januari 2019. Bisakah Milenial Menabung untuk Naik Haji?¬†Tirto.id – http://bit.ly/2H8fAoJ

 

Sumber Gambar:

  • Ibadah Haji bagi Milenial – http://bit.ly/307ASLQ