Dalam dekade baru ini, apakah kamu sudah mengetahui tips menabung usia 20 an yang tepat? Penghasilanmu mungkin masih minim pada usia 20 an, tetapi menabung sebenarnya bisa dimulai kapan saja tidak mempedulikan seberapa besar atau kecil gajimu.

Agar kamu bisa mempersiapkan masa depan dengan lebih baik, mari kita lihat 5 tips menabung usia 20 an yang ga bakal kamu lupa. Dijamin bisa nabung dan terbukti 99% berhasil.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Apa masalah Anak Muda?

Pada usia 20-an, biasanya kamu baru saja lulus kuliah dan mulai bekerja. Anak muda pada usia 20 an umumnya masih menikmati masa muda, sehingga kadang-kadang susah untuk membuat komitmen dengan diri sendiri.

Namun, anggapan masyarakat bahwa gaji minim artinya tidak perlu menabung ternyata tidak tepat lho. Harusnya mindset yang benar adalah:

“Justru karena gaji masih UMR, maka saya harus lebih rajin menabung dan berinvestasi.”

 

Kabar baiknya adalah sekarang ada cara keren dan tips menabung yang terbukti 99% berhasil. Tanpa dasar pendidikan finansial, kamu tetap bisa mengaplikasikan beberapa tips berikut dan memperoleh hasil yang baik.

Kamu hanya cukup registrasi di awal dan seterusnya tidak akan lupa.

Buktikan sekarang juga!

5 Tips Menabung Usia 20 an yang Ga Bakal Lupa, Pasti Bisa Nabung, Terbukti 99% Berhasil 02 - Finansialku

[Baca Juga: Sebelum Menabung di Bank, Inilah Jenis-jenis Tabungan dan Tips Memilih Tabungan yang Tepat]

 

Jika kamu berhasil, jangan lupa berikan komentar pada kolom komentar di bawah dan jangan lupa bagikan tips ini kepada teman-teman seusia Anda.

Dengan demikian, Anda juga bisa membantu teman Anda untuk belajar menabung pada usia 20 an.

Baiklah, tanpa panjang lebar lagi, Finansialku akan menjabarkan apa saja sih 5 tips menabung usia 20 an yang ga bakal kamu lupa. Dijamin bisa nabung dan terbukti 99% berhasil.

5 Tips Menabung untuk Usia 20 an

Pada usia 20 an, setiap muncul niat menabung biasanya disertai alasan-alasan seperti berikut ini:

  1. Aduh, gaji saja masih pas-pasan, gimana mau nabung?
  2. Untuk makan saja masih ngepas, nanti dulu deh nabungnya
  3. Nabung? Masih single nih, ngapain juga nabung? Tunggu kalo sudah menikah aja.

 

Apakah kamu juga pernah memberi alasan seperti itu? Saya sendiri jujur pernah memberi alasan seperti itu, dan saya menyesalinya sekarang.

Di saat teman-teman saya sukses dan bisa mencicil rumah atau berinvestasi, saya masih kerepotan membayar DP rumah.

Slide Perencanaan Keuangan Rencana Keuangan Sebagai GPS untuk Masa Depan dan Tujuan Keuangan Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Slide Perencanaan Keuangan: Rencana Keuangan Sebagai GPS untuk Masa Depan dan Tujuan Keuangan Anda]

 

Coba deh sekarang giliran saya yang bertanya, sekarang ini, apakah kamu sudah mulai menabung? Jika belum, menurut kamu kira-kira kapan saat yang tepat untuk mulai menabung?

Coba kamu bayangkan, seandainya saja kamu mulai menabung dari usia 20 an, mungkin kamu sudah bisa membeli rumah sebelum memasuki usia 30 an.

Jika Finansialku menawarkan tips mudah untuk menabung pada usia 20 an yang terbukti 99% berhasil, apakah kamu mau mengaplikasikannya?

 

Jika kamu juga penasaran tips seperti apa sih yang dijamin bisa bikin kamu nabung, mari kita cek bersama tips berikut ini:

 

#1 Buka Program Tabungan Auto Debet di Bank

Jika kamu mendengar kata auto debet, apa sih yang pertama kali terpikir?

Mayoritas mungkin langsung mengartikannya sebagai pemotongan langsung. Yap, beberapa jenis tabungan kini juga menawarkan fitur auto debet, yakni menabung dengan sistem transfer berkala antar rekening secara otomatis.

Dengan kata lain, kamu akan membuka 2 rekening, dimana rekening pertama dijadikan rekening utama yang sering digunakan sedangkan rekening kedua dijadikan rekening untuk menabung.

Jika Anda sudah memberi persetujuan, pihak bank akan mentransfer sejumlah uang secara berkala dari rekening utama ke rekening kedua tersebut.

Dorong Pertumbuhan Bank Syariah dengan Menabung pada Bank Syariah 01 - Finansialku

[Baca Juga: Dorong Pertumbuhan Bank Syariah dengan Menabung pada Bank Syariah]

 

Salah satu contoh bank yang menyediakan program tabungan auto debet adalah Bank Central Asia (BCA).

BCA menyediakan fitur ini dengan mengutamakan kemudahan nasabah, dimana kamu bisa mengatur nominal transfer, jangka waktu, hingga tanggal transfer berkala lewat internet banking.

Teknik menabung ini tentunya lebih praktis dibandingkan menyetor uang  ke teller secara berkala, dan akan sangat membantu jika kamu sering lupa menabung.

Jika masih kesulitan menabung juga (misal: saldo di rekening utama selalu kurang atau mepet), maka Anda bisa menggunakan aplikasi perencana keuangan seperti Finansialku lho.

 

Aplikasi Finansialku bisa digunakan untuk membantumu mengatur anggaran bulanan.

Dengan demikian, kamu bisa mengetahui alokasi dana yang harus ditabung dengan mudah dan praktis. Tentunya Anda tidak perlu ribet dan tujuan menabungmu lebih mudah tercapai.

Aplikasi Finansialku dapat diunduh dengan gratis di Google Play Store atau kamu bisa meng-klik tautan berikut ini:

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#2 Buka Program Auto Investasi, misal Auto Debet Reksa Dana

Demi kemudahan konsumen, kini semakin banyak platform yang memungkinkan kamu bertransaksi dan berinvestasi online.

Sebagai contoh, salah satu platform yang menyediakan fasilitas untuk bertransaksi reksa dana online yaitu Bareksa.com. Kamu dapat membeli, menjual, mengalihkan (switching) dan juga memanfaatkan fasilitas auto debet pada Bareksa.com.

Lagi-lagi sesuai dengan namanya: auto debet, artinya investasi dilakukan dengan cara debet otomatis dari saldo rekening Anda.

Namun, pastinya sistem auto debet baru bisa dijalankan setelah adanya persetujuan darimu. Sehingga tidak mungkin pihak bank atau perusahaan investasi sembarangan men-debet saldo rekening kamu.

 

Gratis Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

 

Dengan adanya sistem auto debet, tentunya kamu tidak lupa lagi mengalokasikan dana untuk investasi. Tetapi muncul kembali sebuah masalah baru:

“Bagaimana jika saldo rekening saya kurang?”

 

Jawabannya sederhana, jika saldo kamu kurang saat waktu auto debet, maka proses auto debet akan gagal. Tetapi kegagalan ini tidak dihitung sebagai utang ya.

Tetapi ribet ga sih proses auto debet ini? Tenang saja, kamu hanya perlu registrasi awal saja. Selain mudah, Bareksa.com juga tidak memungut biaya apapun alias gratis.

Penasaran seperti apa step-step auto debet di Bareksa.com? Coba deh kamu cek panduan penggunaannya pada artikel berikut:

Cara Membeli Reksadana Online - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Auto Debet Reksa Dana Online, Panduan Step by Step]

 

#3 Buka Program Cicilan Emas pakai Kartu Kredit

Masih takut berinvestasi karena risikonya yang tinggi dan butuh modal besar?

Jangan khawatir, buat kamu yang baru belajar berinvestasi, ada kok investasi yang aman dan tidak membutuhkan modal besar.

Investasi tersebut tak lain adalah logam mulia alias emas. Tahukah kamu bahwa emas merupakan investasi yang likuid dan tidak mudah tergerus inflasi?

Namun jangan langsung beranggapan bahwa emas itu mahal ya! Nyatanya kini beli emas bisa juga menggunakan sistem cicilan pakai kartu kredit. Mudah dan murah bukan?

Para Mahasiswa, Perlukah Memiliki Asuransi Penyakit Kritis 01 - Finansialku

[Baca Juga: Sorry, Menabung di Bank Tidak Akan Membuat Anda Kaya. Ini Cara Menabung yang Benar]

 

Kini investasi emas sudah bisa dilakukan secara online juga lho. Misalnya, dengan menggunakan fitur BukaEmas dari BukaLapak, atau bisa diperoleh dari Tokopedia.

Kamu bisa membeli emas dengan menggunakan kartu kredit, dan bahkan ada program cicilan hingga 12 bulan. Dengan demikian, berinvestasi emas juga bisa dilakukan tanpa modal besar.

Jadi, tidak perlu ragu lagi untuk berinvestasi emas dalam usia 20 an. Karena investasi emas tidak sesulit dan semahal yang kamu bayangkan.

 

Gratis Download E-book Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

#4 Beli Asuransi Unitlink: Investasi + Asuransi

Apa itu Asuransi Unitlink? Mungkin produk asuransi ini masih asing di telingamu.

Sederhananya, asuransi unitlink merupakan:

Sebuah produk asuransi yang memungkinkan kamu untuk memperoleh manfaat perlindungan asuransi jiwa dan juga memperoleh uang tunai yang dijamin dalam jangka waktu yang telah disepakati.

 

Unitlink memiliki banyak sekali manfaat dan fitur yang dapat kita peroleh sesuai kebutuhan kita. Dimana, selain memberikan fitur asuransi, kamu juga bisa sekalian berinvestasi.

Investasi unitlink sebenarnya adalah layaknya investasi di reksa dana. Jika kamu sudah memahami reksa dana, maka tidak sulit untuk memahami unitlink.

Jadi, terdapat sebuah mekanisme dalam asuransi unitlink dimana dana bulanan (premi) yang Anda bayarkan akan menjadi dana investasi di salah satu instrumen investasi di perusahaan asuransi tersebut.

Instrumen investasinya biasanya sama seperti instrumen investasi reksa dana.

Masih Mahasiswa Sudah Ingin Bebas Keuangan Bisa Kok Ini Panduannya! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Pertanyaan Penting Seputar Asuransi Unitlink! Anda Harus Tahu Sekarang!]

 

Nah, bagi kamu yang kesulitan menabung, asuransi unitlink bisa menjadi solusinya. Memang betul keuntungan yang diperoleh tidak terlalu besar, karena inti asuransi unitlink adalah perlindungan, bukan keuntungan.

Tetapi tentunya bagi kamu yang suka lupa menabung, asuransi unitlink memberi kemudahan dimana kamu bisa memperoleh proteksi sambil menabung. Praktis sekali bukan?

 

#5 Beli Program Auto Debet Nabung Saham

Kini muncul sebuah program yang menghimbau dan mengajak masyarakat untuk mulai menabung saham secara rutin dan berkala. Nama programnya adalah Yuk Nabung Saham atau biasa disingkat YNS.

Tujuannya adalah untuk meningkatkan kepedulian masyarakat akan pasar modal Indonesia dan pentingnya berinvestasi dengan mekanisme nabung saham.

Apa bedanya nabung saham dengan investasi saham? Nabung saham merupakan alternatif menabung, dimana uangnya malah akan diinvestasikan di pasar modal. Tentunya nabung saham tidaklah membutuhkan modal besar, karena bisa dimulai dengan nominal Rp100.000 saja.

Caranya mudah lho, kamu bisa membuka rekening efek pada perusahaan sekuritas kemudian tentukan nominal yang akan dilalokasikan untuk diinvestasikan.

Asuransi Apa yang Dibutuhkan oleh Mahasiswa

[Baca Juga: 30 Checklist Keuangan dan Cara Menabung Usia 30 an. Apakah Anda Sudah Punya yang Nomor 8?]

 

Selain menyetor langsung, tersedia pula sistem auto debet yang akan memudahkan kamu untuk nabung saham.

Seperti telah dijelaskan pada poin sebelumnya, fasilitas auto debet memungkinkan dana langsung di-debet secara otomatis dari rekeningmu.

Nah, untuk kamu yang masih ragu untuk berinvestasi saham. Kamu bisa memulainya dengan disiplin jika memanfaatkan fitur auto debet pada Yuk Nabung Saham ini.

 

BONUS 6: Buka Tabungan Sekarang, Jangan Cuma Dibaca atau Di-share

Bagaimana mau menabung sejak usia 20 an, jika kamu hanya diam saja setelah membaca artikel ini?

Percuma jika kamu banyak-banyak mencari ilmu, namun tidak diaplikasikan secara aktif.

Mahasiswa, Ini 3 Langkah Memulai Trading Saham yang Realistis dan Dapat Dimulai Sekarang Juga 1 - Finansialku

[Baca Juga: Baru-Baru Ini Saya Coba Website dan Aplikasi Keuangan untuk Cara Menghemat Uang, Perencanaan Keuangan dan Investasi]

 

Sekarang coba Anda refleksikan apa yang sudah Anda peroleh dari artikel ini, apakah bermanfaat bagi Anda? Jika iya, apakah Anda tahu apa yang sebaiknya Anda lakukan setelah membaca artikel ini?

Betul sekali, Anda bisa membagikan artikel ini kepada teman-teman Anda sehingga mereka juga merasakan manfaatnya.

 

Tetapi selain membagikan artikel ini, Anda juga perlu melangkah maju dan mulai menabung sekarang juga! Jika Anda mulai membuka tabungan sekarang, saya yakin Anda bisa memasuki usia 30 an dengan sejahtera.

Jangan takut untuk memulai, karena kini sudah banyak tools yang dapat membantu kamu mengatur keuanganmu.

 

Salah satunya adalah aplikasi Finansialku yang dapat kamu akses di Finansialku.com atau kamu bisa langsung download aplikasinya di Google Play Store.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Jika kamu penasaran dengan tips menabung lainnya, segera download e-book perencanaan keuangan pada usia 20 an berikut ini:

Gratis Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Dimulai dari Usia 20 an

Sebelum memasuki usia 30 an, kamu perlu mempersiapkannya dengan matang. Tidak menabung sejak usia 20 an bisa berdampak kepada kondisi keuanganmu di dekade selanjutnya.

Gaji kecil bukanlah alasan, justru perlu dijadikan dorongan yang memacu kamu untuk menabung lebih banyak.

 

Disclaimer: Penyebutan merek pada artikel ini hanya bertujuan sebagai sarana edukasi, bukan untuk tujuan-tujuan lainnya.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai tips menabung usia 20 an yang terbukti 99% berhasil lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Qurani N 24 November 2015. Cara Mudah Menabung dengan Auto Debit (dalam Beberapa Menit!). Liveolive.com – https://goo.gl/SSqwHQ
  • Yuk Nabung Saham. Yuknabungsaham.idx.co.id – https://goo.gl/wQx8si

 

Sumber Gambar:

  • Tips menabung Usia 20 an – https://goo.gl/uAfHaH
  • Usia 20 an – https://goo.gl/CFoDhe

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang