Imlek 2021 sudah di depan mata lho! Buat Anda yang merayakannya, apa saja yang harus dipersiapkan menjelang Tahun Baru Imlek?

Simak ulasannya bersama saya, Robby Christy S.Kom, CFP®.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Persiapan Menjelang Tahun Baru Imlek 2021

Bagi Anda yang merayakan Tahun Baru Imlek 2021, tentu akan ada banyak persiapan yang harus dipikirkan untuk menyambut Tahun Baru China/Imlek di tahun ini.

Tahun 2021 cukup berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Seperti yang kita ketahui, pandemi masih berlangsung sehingga tentu saja untuk melakukan perayaan dengan kerumunan masa atau merayakan dengan tradisi seperti biasanya tentu tidak memungkinkan.

Oleh sebab itu, Tahun Baru Imlek 2021 ini akan dirayakan tanpa perayaan besar-besaran ataupun berkumpul bersama orang-orang tua seperti biasanya.

Tips Mengatur Keuangan Menyambut Tahun Baru Imlek 2021! 02

[Baca Juga: 5+ Fakta Unik Perayaan Imlek yang Jarang Diketahui Orang]

 

Persiapan Imlek 2021 di Era Pandemi

Bisa dikatakan perayaan tahun ini akan lebih intimate karena daripada berkumpul dengan keluarga besar, kita akan lebih fokus dengan keluarga inti.

Oleh karenanya, perayaan pun akan lebih sederhana, budget pengeluaran untuk perayaan Tahun Baru Imlek pun akan lebih ekonomis.

Meski terbilang ekonomis, namun tetap saja ada persiapan biaya yang perlu dianggarkan agar tetap terkendali.

 

Tips untuk Mempersiapkan Keuangan Imlek 2021

#1 Pencatatan Keuangan

Back to basic, untuk melakukan persiapan budgeting pengeluaran keuangan Imlek 2021, kita peru mendaftarkan berbagai keperluan yang harus kita beli, misalnya untuk makanan, bingkisan, pernak-pernik dan lain sebagainya. Tips untuk membuat budgeting bisa Anda cek pada artikel Tips Membuat Anggaran Dengan Mudah dan Efektif.

Tuliskan daftar perlengkapan dan keperluan yang ingin dipersiapkan menjelang perayaan Imlek dan jangan sampai ketinggalan satu pun.

 

#2 Makanan Tradisi Imlek

Dari segi makanan, karena perayaan tahun ini lebih simpel, Anda bisa membeli makanan tradisi Imlek dalam porsi yang lebih sedikit.

Melihat berbagai penawaran online di masa ini, Anda bisa membeli makanan tradisi Imlek dengan cara Pre Order, sehingga dari jauh hari bisa dipersiapkan dan menekan budget tentunya.

Manfaatkan promo yang ada untuk memenuhi kebutuhan persiapan Imlek sesuai dengan kebutuhan budget Anda.

Selain itu, akan jauh lebih menekan budget Anda semakin ekonomis lagi jika Anda bisa memasak dan mempersiapkan sendiri makanan tradisi Imlek.

Daftar makanan atau kue yang wajib ada saat perayaan imlek bisa Anda cek pada artikel 7 Kue Imlek dan Maknanya yang Membawa Kemakmuran.

 

#3 Angpao

Berbicara soal angpao, ini adalah sesuatu yang biasanya juga akan membuat pengeluaran setiap tahunnya membengkak.

Karena tahun ini dirayakan lebih sederhana, mungkin tradisi berbagi angpao bisa dilakukan untuk lingkup keluarga internal terlebih dahulu.

Intinya adalah esensi dari tradisi bisa berjalan, namun dari segi nominal bisa disesuaikan dengan kebutuhan saat ini.

Budget keuangan Imlek untuk angpao di tahun ini tentu akan lebih ditekan dibanding tahun-tahun perayaan Imlek sebelumnya.

Tips bagi Anda yang akan membagikan angpao dengan saudara yuk cek artikel mengenai Fakta Angpao.

 

Pos Pengeluaran Imlek Yang Membengkak

Sobat Finansialku, meskipun budget tahun ini ditekan, tapi bagi Anda yang akan merayakan Imlek 2021 perlu menyadari beberapa pos pengeluaran yang bisa saja membengkak, apa saja itu?

 

#1 Makanan

Makan adalah tradisi Imlek yang pasti harus ada setiap tahunnya. Tapi, tahukah Anda bahwa pos pengeluaran untuk makan saat perayaan Imlek bisa jadi salah satu pos yang membuat kantong jadi semakin menipis.

Makanan yang mewah biasanya tersedia saat perayaan Tahun Baru Imlek.

 

#2 Baju Baru

Tahun Baru identik dengan sesuatu yang baru seperti baju atau gadget baru. Tak heran jika pengeluaran untuk membeli baju di Tahun Baru Imlek bisa saja membengkak.

Pos ini perlu disadari juga agar budget pengeluaran Imlek tetap terkendali.

Membeli baju baru mungkin bisa saja disiasati untuk membeli pakaian yang promo atau mungkin menjahit ulang baju-baju lama yang masih bagus.

 

#3 Tradisi Angpao

Memberi angpao adalah sebuah tradisi turun temurun yang memiliki makna untuk memberikan keberuntungan atau berkat bagi yang menerima, dan semakin banyak memberi, pemberi pun akan semakin mendapat berkat.

Tak heran jika budget untuk angpao pun bisa menjadi salah satu pos yang harus diperhatikan saat melakukan budgeting.

 

Dilema Tradisi Memberi Angpao di Masa Pandemi

Tahun Baru Imlek memang sangat erat dengan tradisi memberi angpao. Bagi anak-anak, biasanya tradisi inilah yang dinantikan.

Berbagi angpao dimaknai sebagai sebuah rasa syukur untuk berbagi berkat kepada sesama dan sebuah harapan doa untuk mendapatkan berkat juga.

Semakin banyak berbagi, maka akan semakin diberkati, itu adalah esensi dari nilai keluhuran memberi angpao.

Namun, di masa pandemi ini tentu saja membuat kita harus semakin bijak dalam mengatur keuangan Imlek, salah satunya adalah budgeting memberi angpao.

Meski nampaknya sebuah dilema, namun hal ini bisa disiasati dengan cara berbagi angpao kepada keluarga terdekat dan inti yang telah di-budget-kan sebelumnya.

Anda bisa mengurangi nominal dari angpao tersebut, namun tetap menjunjung tinggi nilai moral keluhuran dari tradisi memberi angpao.

Jadi, saat menjelang perayaan Imlek, di masa pandemi ini tak perlu khawatir budget pengeluaran Imlek jadi membengkak karena bisa tetap stick on budget sesuai dengan rencana pengeluaran Anda.

Oleh sebab itu, budgeting dan pencatatan keuangan adalah hal yang paling mendasar yang harus disadari, dipahami dan tentu saja dipraktikkan sehingga perayaan Imlek bisa on budget.

Jika mungkin di antara Anda ada yang masih kesulitan dalam melakukan budgeting dan pencatatan keuangan, Anda bisa menggunakan aplikasi Finansialku sebagai asisten keuangan yang membantu merencanakan keuangan Anda.

Anda bisa memanfaatkan fitur Catatan Keuangan setiap kali bertransaksi tiap harinya. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan fitur anggaran untuk membuat anggaran. Jika pengeluaran melebihi anggaran, aplikasi Finansialku akan siap untuk mengingatkan Anda, sehingga keuangan Anda tetap aman terkendali.

Jika Anda memiliki masalah dalam mengatur keuangan, Anda bisa berkonsultasi juga dengan Perencana Keuangan Finansialku yang telah memiliki sertifikat. Namun, sebelumnya lakukan dahulu cek kesehatan keuangan supaya konsultasi Anda bisa selesai tepat sasaran, ya. Tenang! Cek kesehatan keuangan bisa Anda lakukan melalui aplikasi Finansialku juga, kok.

Jadi, cek kesehatan Anda dan langsung kirimkan pada Perencana Keuangan, termasuk salah satunya saya, dan kita bisa diskusikan bersama-sama apa yang bisa dilakukan uang Anda untuk mencapai apa yang Anda inginkan.

Anda bisa memanfaatkan free trial-nya terlebih dahulu untuk merasakan berbagai keunggulan dari aplikasi Finansialku selama 30 hari.

Tertarik untuk melanjutkan penggunaan seluruh fitur aplikasi Finansialku? Anda bisa menjadi member Premium selama 1 tahun dan memanfaatkan berbagai fitur canggih mengelola keuangan.

Anda dapat mengunduh Aplikasi Finansialku di Apps Store atau Play Store dan manfaatkan potongan harga Rp 50 ribu dengan kode promo: CUAN50 untuk biaya member PREMIUM yang lebih ekonomis selama satu tahun.

Tunggu apa lagi? Yuk, daftar sekarang dan manfaatkan berbagai fitur Aplikasi Finansialku yang membantu Anda dalam perjalanan menuju financial freedom

 

Itulah tips mengatur keuangan dalam menyambut imlek 2021. Sudah siapkah Anda mengatur keuangannya? Berikan tanggapan dan komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini.

Anda dapat membagikan setiap artikel ini kepada Sobat Finansialku lainnya. Terima kasih.

 

 

7 Ebook Mom and Money

 

Sumber Gambar:

  • 01 – https://bit.ly/36CGhQa
  • 02 – https://bit.ly/39HsWYI