Untuk Moms yang tertarik investasi, yuk simak tips investasi saham Ibu Rumah Tangga berikut ini agar Anda bisa dengan nyaman melakukan investasi.

 

Sebagai investor pemula, Moms sering dibayangi kecemasan saat berinvestasi saham? Apalagi melihat risiko kerugian yang mungkin terjadi.

Eits, jangan khawatir. Agar lebih nyaman berinvestasi saham, ikuti tips berikut ini.

 

Investasi Saham: Menambah Penghasilan Bukan Beban

Sobat Finansialku, sebagian besar Ibu Rumah Tangga menilai bahwa investasi saham merupakan suatu hal yang awam. Bahkan, tidak sedikit di antaranya mengira investasi ini hanya bisa digeluti oleh kalangan profesional saja.

Namun, seiring berjalannya waktu dan berkembangnya informasi, kini Ibu Rumah Tangga mulai melirik investasi saham sebagai jalan untuk bisa menambah penghasilan.

Sehingga, Ibu Rumah Tangga tetap bisa produktif menambah pundi-pundi keuangan tanpa harus meninggalkan tanggung jawab dan pekerjaan harian.  

Tak dipungkiri, angka keuntungan investasi saham yang relatif tinggi menjadi daya tarik tersendiri. Tapi perlu digarisbawahi, bahwa untung akan berdampingan dengan risiko rugi yang bisa terjadi.

Karena itulah, Moms perlu bersikap hati-hati ditambah bekal ilmu yang mumpuni soal investasi. Tujuannya untuk menekan kekhawatiran dan mencapai kenyamanan saat terjun di investasi saham.

Tips Nyaman Investasi Saham Ala Ibu Rumah Tangga 01 - Finansialku

[Baca Juga: Panduan Ajib Investasi Saham Untuk Ibu Rumah Tangga, Untung BESAR Menanti]

 

Jangan sampai ketidaktahuan menjebak Ibu Rumah Tangga pada kesalahan berinvestasi saham. Sehingga tujuan untuk menambah penghasilan malah berbalik menjadi beban.

Beban ini dikhawatirkan menjadi pemicu terjadinya hal di luar dugaan. Seperti yang belum lama ini terjadi, jagat dunia maya digegerkan aksi pria yang meregang nyawa setelah nekat loncat dari lantai 23 apartemen di Setiabudi, Jakarta Selatan (22/3).

Berdasarkan keterangan polisi, korban punya masalah ekonomi karena bermain saham. Mengerikan, bukan? Bahwa permasalahan keuangan bukan hal yang bisa disepelekan.

Maka dari itu, kenyamanan berinvestasi itu penting, supaya pikiran tidak dibuat pening. Sebab, investasi saham memang skill yang bisa dipelajari, tapi bukan berarti coba-coba saat akan mendalami.

 

Lakukan 4 Tips Ini Agar Nyaman Berinvestasi Saham

Moms, sebagai pemula yang terjun ke dunia saham. Agaknya perasaan cemas dan khawatir akan selalu ada, misalnya ketika melihat kondisi saham yang naik turun.

Namanya investasi, hal tersebut sangat wajar terjadi. Selagi Moms paham seperti apa kelangsungan saham perusahaan yang telah dibeli, maka jangan jadikan hal tersebut kendala yang berarti.

Supaya kecemasan dan kekhawatiran itu bisa diminimalkan, sebaiknya ikuti tips investasi saham Ibu Rumah Tangga berikut ini agar Moms mendapatkan rasa nyaman saat berinvestasi saham. Simak baik-baik penjelasannya, ya.

 

#1 Pastikan Pondasi Keuangan Sudah Bagus

Tips investasi saham Ibu Rumah Tangga yang pertama, saat memutuskan untuk berinvestasi apapun termasuk saham, pastikan pondasi keuangan yang saat ini Moms miliki sudah terbilang bagus.

Bagaimana bisa dikatakan bagus?

Cara menilainya, bisa dilihat dari beberapa indikator yaitu:

 

#1 Mempunyai Dana Darurat

Dana darurat yaitu dana yang dipersiapkan untuk menyelamatkan Moms dan keluarga ketika dihadapkan pada kondisi tak terduga yang harus mengeluarkan sejumlah uang.

Jumlah dana darurat berbeda-beda antara yang masih single, sudah menikah atau sudah mempunyai anak. So, pastikan sebelum memutuskan berinvestasi saham, Moms sudah mempunyai dana darurat, ya.

Tips Nyaman Investasi Saham Ala Ibu Rumah Tangga 02 - Finansialku

[Baca Juga: Begini Cara Investasi Obligasi Untuk Ibu Rumah Tangga]

 

#2 Mempunyai Proteksi

Sudah punya proteksi? Sebelum memutuskan investasi, sebaiknya miliki proteksi atau asuransi terlebih dulu. Asuransi ini mencakup untuk Moms, pasangan, dan orang tua jika termasuk sandwich generation.

Mengenai proteksi, ada banyak kategori yang bisa Moms pilih. Semuanya disesuaikan pada kebutuhan masing-masing.

Jika Moms bingung dalam menentukan asuransi yang tepat, jangan khawatir karena perencana keuangan Finansialku sangat siap membantu.

Moms bisa berkonsultasi melalui Aplikasi Finansialku atau melalui konsultasi.finansialku.com. Sudah download aplikasinya? Jika belum, yuk download di Google Playstore atau Appstore sekarang juga.

 

#3 Mempunyai Uang Dingin atau Dana Lebih untuk Diinvestasikan

Setelah dana darurat dan proteksi terkendali, maka Moms bisa terjun berinvestasi saham dengan menggunakan uang dingin. Artinya, uang ini memang dana lebih yang bisa diplot untuk investasi.

Ingat, investasi saham tidak bicara soal jangka pendek. Sehingga, uang yang diinvestasikan bukan yang akan digunakan segera dalam waktu dekat.

 

#2 Pahami Cara Mengelola Emosi

Tips Investasi Saham Ibu Rumah Tangga berikutnya untuk mendapat kenyamanan investasi saham adalah memahami cara kelola emosi. Sebagai manusia yang seringkali khilaf, kita kerap bertindak berdasarkan emosi bukan logika.

Nah, perlu Moms ketahui bahwa dua emosi terbesar dalam investasi saham adalah fear and greedy, yaitu ketakutan dan serakah.

Maksudnya, semakin besar angka atau jumlah uang yang diinvestasikan, maka kedua emosi tersebut biasanya akan semakin besar.

Oleh karena itu, saat berinvestasi saham mulailah dengan jumlah uang yang kecil. Mengenai besar kecilnya jumlah memang subjektif, tergantung pada masing-masing individu.

Pastikan nominal itu nyaman untuk Moms. Cara menilainya, bila Moms merasa galau ketika nilai investasi turun, atau merasa senang ketika investasi naik, dan kedua hal tersebut mempengaruhi keseharian, maka tandanya Moms perlu mengurangi jumlah uang yang diinvestasikan.

Sehingga sebisa mungkin jumlah yang diinvestasikan, tidak membuat Moms merasa khawatir akan kehilangan uang tersebut.

Ketika tidak ada perasaan cemas atau senang melihat naik turun nilai investasi, maka jumah uang yang diinvestasikan saat itu sudah dikatakan ideal.

Tips Nyaman Investasi Saham Ala Ibu Rumah Tangga 03 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Pos Keuangan Rumah Tangga yang Wajib Diketahui]

 

#3 Gunakan Dollar Cost Averaging

Supaya nyaman berinvestasi, selain dari pondasi keuangan dan pengelolaan emosi, Moms bisa mencoba strategi Dollar Cost Averaging.

Yaitu berinvestasi secara rutin dalam periode tertentu, misalnya setiap bulan, dengan jumlah uang yang sama tanpa pedulikan kondisi saham tersebut sedang naik atau turun.

Keuntungan menggunakan strategi ini, cenderung mudah dan sederhana sehingga cocok untuk Ibu Rumah Tangga sebagai investor pemula. Ibaratnya, Dollar Cost Averaging sama seperti menabung.

Selain itu, Dollar Cost Averaging membuat Moms tidak harus memutar otak untuk menentukan kapan waktu yang tepat untuk membeli saham. Cara ini bukan berarti mendiversifikasi investasi tetapi mendiversifikasi waktu kita berinvestasi.

Tapi ingat, strategi Dollar Cost Averaging sangat membutuhkan komitmen, kedisiplinan, dan kesabaran yang tinggi.

Sebab, dalam jangka pendek mungkin tidak memberikan hasil yang besar, tapi jangka panjangnya seperti efek bola salju sehingga akan terlihat signifikan.

 

#4 Pelajari dan Pahami Instrumen Investasi

Tidak ada yang instan di dunia ini termasuk dalam berinvestasi saham. Supaya Moms nyaman saat berinvestasi, jangan sampai terjebak dalam investasi yang salah.

Sebaiknya, pahami cara kerja investasi yang secara umum sangat wajar bila ada potensi keuntungan dan kerugian Jangan sampai Moms tergiur investasi yang menawarkan keuntungan besar terlebih dalam waktu singkat.

Bisa diindikasikan, itu adalah investasi bodong alias tipu-tipu yang bisa menambah beban pikiran.

Sehingga, akan lebih baik jika Moms mempelajari lebih lanjut mengenai instrumen investasi itu sendiri. Salah satunya melalui audiobook berikut ini.

banner_jangan_asal,_ketahui_ini_dulu_sebelum_investasi_saham

 

Selain itu, informasi seputar saham bisa Moms dapatkan juga dengan mengikuti webinar, online course, atau dari referensi lainnya yang dimiliki Finansialku seperti audiobook, artikel, dan channel Youtube.

 

Nyaman Berinvestasi? Yuk, Bisa Yuk

Moms, itulah beberapa tips investasi Saham Ibu Rumah Tangga yang sebaiknya dicoba ketika menggeluti dunia saham. Memilih untuk berinvestasi dan mandiri secara finansial, bukan hal yang salah.

Tapi, memutuskan berinvestasi dengan berbekal ketidaktahuan sangat tidak disarankan.

Penting untuk memulai dengan cepat, tapi jauh lebih baik mulailah dengan benar yaitu memiliki pondasi keuangan dan ilmu seputar investasi saham yang akan digeluti. Sehingga, tercapai kenyamanan berinvestasi.

Yuk, bisa yuk. Good luck!

 

Semoga informasi yang dibagikan kali ini bisa memberikan manfaat. Jangan lupa bagikan artikel kepada para Ibu Rumah Tangga lainnya supaya mereka juga bisa merasakan kenyamanan berinvestasi saham. Terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Investasi 1 – https://bit.ly/3rpO3o7
  • Investasi 2 – https://bit.ly/3roX80q
  • Investasi 3 – https://bit.ly/39c07TF