Mau pacaran, tapi yang bikin hemat dan gak bikin kantong jebol. Lalu bagaimana caranya agar bisa tetap hemat saat masa pacaran?

Lalu bagaimana caranya agar bisa tetap hemat saat masa pacaran? Yuk, simak artikel berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Tips Pacaran Agar Kantong Gak Jebol

Ingin melewati waktu bersama dengan orang yang kamu sayang tapi takut kantongmu bakal jebol?

Eitss, tenang saja! Kamu juga bisa kok melewati waktu romantis dengannya tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

Bagaimana caranya? Ikuti tips berikut!

 

#1 Hindari Kencan di Tempat Mewah

Biasanya saat kencan, ada saja hal yang bisa membuat kamu harus mengeluarkan uang, salah satunya untuk makan atau beli minuman. Satu hal yang sangat tidak disarankan ialah kalau kamu memilih tempat yang mewah untuk berkencan.

Mungkin yang menjadi alasan kamu untuk mengajaknya kesana ialah karena tempatnya yang romantis atau karena tempat tersebut memiliki daftar menu yang lezat dan menggiurkan.

5 Tips Pacaran Hemat yang Gak Bikin Kantong Jebol 01 - Finansialku

[Baca Juga: Hidup Bahagia? Kamu WAJIB Baca 7 Tips Keuangan Saat Pacaran]

 

Walau demikian, kamu harus tahu bahwa ini sama sekali tidak baik untuk kantongmu. Terlebih kalau kamu belum memiliki pendapatan yang cukup banyak.

Oleh karena itu, sebaiknya ajaklah pasanganmu ke tempat yang lebih sederhana agar kamu bisa lebih berhemat. Sesuatu yang romantis bisa tercipta dari hal-hal yang sederhana, dan bukan harus dari sesuatu yang mewah.

 

#2 Kencan Tidak Harus Setiap Minggu

Kamu pastinya tidak akan mengajak pasanganmu keluar tanpa mengeluarkan uang sedikit pun, setidaknya untuk beli makan, bensin kendaraan ataupun untuk biaya yang lainnya bukan?

Nah, ini semua akan membuat kamu menjadi lebih boros lagi, sehingga isi kantongmu semakin menipis.

Untuk itu, kencan sebaiknya tidak harus kamu lakukan secara rutin setiap minggu. Jika kamu memang kangen dan ingin bertemu, kenapa tidak bermain ke rumahnya saja? Dijamin hal ini pasti akan jauh lebih hemat, dan juga membuat hubunganmu menjadi lebih baik dengan anggota keluarganya.

Sehingga kamu cukup mengeluarkan uang untuk membeli bahan bakar dan buah tangan saja.

 

#3 Ingin Nonton? Jangan Lupa Cari Promo

Nonton di bioskop rupanya juga bisa membuat kantong kamu jebol lho, apalagi kalau kamu rutin nonton setiap minggunya.

Untuk membeli tiketnya saja, kamu bisa mengeluarkan uang sekitar Rp100 ribu untuk dua tiket, ditambah lagi jika kamu membeli camilan untuk nonton, setidaknya total pengeluaranmu bisa mencapai Rp200 ribu!

Nah, untuk menyiasatinya, kamu sebaiknya mencari promo untuk tiket nonton, sehingga pengeluaranmu bisa ditekan.

5 Tips Pacaran Hemat yang Gak Bikin Kantong Jebol 02 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Tempat Ini Ternyata Bisa Dipakai Untuk Pacaran Romantis!]

 

Jika sedang beruntung, kamu bisa saja menemui promo beli 1 gratis 1 atau potongan harga hingga 50%.

Untuk mendapatkan penawaran menarik seperti ini, kamu bisa membeli tiket melalui aplikasi yang menyediakan layanan tersebut, misalnya melalui aplikasi Tix.id.

 

#4 Patungan

Ketika jalan bersama atau kencan, tentu saja banyak kegiatan yang membuat kalian harus mengeluarkan uang, seperti untuk makan, biaya parkir, beli minuman, tiket nonton, ataupun kegiatan berbayar lainnya.

Membayar semua ini akan terasa berat jika hanya dibebankan kepada satu orang saja, untuk itu sebaiknya kamu dan pasanganmu saling patungan saat hendak membayar tagihan.

Terlebih lagi status kalian masih berpacaran, yang artinya belum ada kewajiban khusus untuk membiayai pasangannya. Maka dari itu, kamu bisa membuat kesepakatan dengan pasanganmu tentang pengeluaran ini.

Saat kencan, akan lebih baik jika yang seorang membayar tiket nonton dan seorang lagi membayar untuk makan. Dengan begitu kantong kamu gak sampai jebol.

 

#5 Makan di Pinggir Jalan

Satu hal yang tidak boleh kamu miliki saat berpacaran ialah rasa gengsi yang berlebihan. Salah satunya ialah gengsi untuk makan di warung yang bertebaran di pinggir jalan.

Sebenarnya hal ini jelas sangat tidak perlu, sebab selain murah, makanan di pinggir jalan juga sebenarnya banyak yang lezat.

Untuk itu, dari pada terus-terusan di tempat mahal, kamu bisa mengajak pacarmu untuk menikmati kuliner yang murah meriah.

5 Tips Pacaran Hemat yang Gak Bikin Kantong Jebol 03 - Finansialku

[Baca Juga: MONEY CONVERSATION – Terbuka Soal Keuangan Saat Pacaran]

 

Terbukalah Soal Kondisi Keuanganmu!

Dalam berpacaran, kamu juga perlu terbuka pada pasangan mengenai kondisi keuanganmu. Hal ini akan membuat dirinya lebih mengerti tentang kamu, dan tidak akan meminta hal yang berlebihan.

Kamu bisa menggunakan aplikasi Finansialku yang akan membantu kamu merencanakan anggaran pengeluaran. Aplikasi Finansialku dapat kamu download di Playstore atau AppStore.

 

Bagaimana nih Sobat Finansialku, apakah sudah melakukan tips pacaran hemat di atas?

Ceritakan pengalaman pacaran hemat kamu di kolom komentar dan jangan lupa share artikel ini pada pasangan lain, ya. Terima kasih.

 

Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala KARYAWAN

Download Sekarang, GRATISSS!!!

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • Kabrina Rian Ferdiani. 25 November 2019. Cara Berhemat Saat Pacaran agar Tetap Bisa Menabung. Modalrakyat.id – https://bit.ly/39ni7bh
  • Nurseffi Dwi Wahyuni. 03 Juni 2017. Waspadai 5 Gaya Pacaran yang Bikin Kantong Tak Sehat!. Liputan6.com – https://bit.ly/2StDvog
  • Dewi Puri. 08 Oktober 2018. Kencan Gak Harus Bikin Bokek! Begini Cara Pacaran Hemat Bujet Rp 150 Ribu. Lifepal.co.id – https://bit.ly/3bwfQfF

 

Sumber Gambar:

  • Pacaran Hemat 1 – https://bit.ly/39ni7bh
  • Pacaran Hemat 2 – https://bit.ly/39ni7bh
  • Pacaran Hemat 3 – https://bit.ly/39ni7bh