Libur Lebaran sudah dekat, mungkin beberapa dari kita sudah mulai berbelanja untuk kebutuhan Lebaran. Dalam berbelanja kita sebagai konsumen harus berbelanja dengan pandai atau bijak (smart shopping). Dalam artikel kali ini Finansialku akan berbagi tips smart shopping buat kita-kita menjelang lebaran. 

SmartSupermarketShopping_AA036655_n_lg smart shopping

 

#1. Buat Anggaran Berbelanja

Di minggu-minggu terakhir menjelang puasa sebagian besar dari Kita pasti mendapat Tunjangan Hari Raya (THR). Nah THR kira-kira kita gunakan untuk apa ya? Tentunya, jangan sampai lupa donasi. Setelah itu sisa dana dapat kita alokasikan atau anggarkan untuk kebutuhan di Lebaran. Mulai dari persiapan untuk mudik (pulang ke rumah orang tua),  berbelanja kebutuhan-kebutuhan lebaran dan lain-lain.

Bernakah Hobi Belanja Bisa Jadi Cara Mencapai Kebebasan Keuangan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

[Baca juga : Anggaran Penggunaan THR]

 

Sebagai pembeli kita harus menjadi pembeli yang smart. Kita harus kenal namanya smart shopping. Pertama kita buat dulu anggaran berbelanja. Finansialku memiliki form anggaran berbelanja untuk persiapan Lebaran. Smart shopping yang paling dasar adalah tentukan apakah ini keinginan atau kebutuhan.

 

#2. Berbelanja dengan Uang Tunai atau Debit

Smart shopping kedua adalah berbelanjalah dengan uang tunai atau debit. Ketika Anda terima uang gaji dan THR langsung transfer ke rekening belanja. Jika belum punya segera buat rekening belanja.

CU1_DebitCardWalletPlatCard_1 copy smart shopping

[Baca juga : Belanja Hemat 20% dengan Kartu Kredit yang Tepat]

 

Rekening belanja ini diisi secukupnya (bukannya pelit, tapi belilah sesuai dengan kebutuhan). Cek anggaran belanja yang sudah Kita buat sebelumnya, kemudian isi sejumlah dana sesuai dengan anggaran yang telah dibuat. Hal ini dapat menghindarkan kita dari KALAP BELANJA. Bagi teman-teman yang susah mengontrol diri ketika berbelanja (sering KALAP BELANJA) sebisa mungkin jangan gunakan kartu kredit untuk berbelanja.

 

#3. Smart Shopping dengan Kupon Penawaran Harian

Tidak ada salahnya Kita gunakan kupon penawaran harian (daily deals) dari beberapa situs penyedia daily deals. Coba aja cek di website atau google.: “daily deal Indonesia”. Google akan memberikan beberapa list daily deal. Coba kita sesuaikan barang mana yang kita butuhkan. Daily deals biasanya menawarkan beragam barang, penawaran hotel atau jasa. Jangan sampai KALAP BERBELANJA. Cek lagi anggaran belanja barang mana yang kita butuhkan.

 

#4. Mid Night Sale siapa takut

Kelas Menengah Indonesia adalah Investor Keuangan Baru - Disposable Income Pengeluaran Buruk Berbelanja - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca juga : Belanja, Enaknya Bayar Utang atau Kontan?]

 

Kalau pas Lebaran ada Mid Night Sale, jangan takut. Datangi saja mid night sale. Sekali lagi cek dulu barang-barang apa yang kita butuhkan. Belanja dengan uang kas atau debit (bukan kartu kredit). Ga ada salahnya kita memanfaatkan diskon besar di mid night sale. Hati-hati ada baiknya kita cek apakah itu benar-benar great sale atau harga sudah dinaikan baru didiskon.

 

#5. Tetap sadar saat berbelanja

Sedikit nyeleneh tapi please Smart Shopping yang terakhir adalah tetap sadar saat berbelanja. Jangan sampai kalap berbelanja, beli ini beli itu tapi ga kepake nantinya. Hal ini bakal merepotkan diri kita sendiri, contohnya keuangan kita jadi menipis, bingung banyak barang yang tidak digunakan ada di rumah kita. Agar Kita tetap sadar saat berbelanja ada baiknya bawa daftar belanjaan.

 

Semoga 5 tips di atas dapat berguna dan membantu Anda, berbelanja menjelang kebutuhan Lebaran. Jangan lupa baca beberapa artikel kami :

finansialku 4 Tips Bijak Mengelola THR
finansialku 5 Cara Mengatur Keuangan Keluarga di Bulan Ramadhan