Setelah mengadakan tender untuk mobil dinas baru, Toyota Crown G-Executive resmi menjadi mobil dinas Menteri periode 2019-2024.

Kali ini Finansialku akan membahas tuntas beritanya. Agar lebih jelas, yuk simak penjelasannya berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Mobil Dinas Menteri: Toyota Crown G Executive

Kabinet baru Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di periode kedua pemerintahannya nanti bakal mendapatkan fasilitas berupa mobil dinas baru.

Mobil dinas baru ini akan menggantikan mobil dinas menteri Kabinet Jokowi-Jusuf Kalla saat ini, yakni Toyota Crown Royal Saloon.

Beberapa waktu lalu pemerintah melakukan pengadaan kendaraan dinas bagi menteri negara atau pejabat setingkat menteri. Yang menjadi pemenang tender adalah PT Astra International Tbk (ASII).

Lelang tender mobil dinas menteri ini dimenangkan PT Astra International Tbk-Tso dengan harga Rp147.229.317.000.

Masih merujuk pada laman LPSE, saat ini semua tahapan lelang tender sudah terlewati oleh PT Astra, dari Pembuktian Kualifikasi hingga Penandatanganan Kontrak.

Pengadaan ini dilakukan pada 19 Maret 2019, dengan pagu paketnya senilai Rp 152,5 miliar. Mobil baru pengganti Toyota Crown Royal Saloon ini adalah Toyota Crown 2.5 HV G- Executive.

Resmi! Mobil Dinas Baru Menteri Jokowi - Maruf Toyota Crown G- Executive 02 - Finansialku

[Baca Juga: Simak 74 Kata-kata Mutiara Jokowi, Presiden Republik Indonesia]

 

Asisten Deputi Humas Kementerian Sekretariat Negara Eddy Cahyono Sugiarto melalui keterangan tertulis, Jumat (23/8/2019), mengatakan:

“Diperoleh Toyota Crown 2.5 HV G-Executive sebagai pengganti Toyota Crown Royal Saloon.”

 

Eddy mengatakan, pengadaan kendaraan itu dilakukan karena usia kendaraan telah lebih dari 10 tahun. Sementara untuk pengadaan mobil dinas baru terakhir dilakukan pada 2005 dan 2009. Eddy mengatakan:

“Kendaraan dinas yang VVIP Kepresidenan dan para menteri, pejabat setingkat menteri, pimpinan lembaga negara, mantan presiden, dan mantan wakil presiden, mayoritas telah berusia lebih dari 10 tahun.”

 

Mobil dinas yang digunakan ini membutuhkan biaya perawatan yang tinggi sehingga perlu diremajakan dengan pertimbangan teknis, berbagai pertimbangan teknis.

Banyak hal yang menjadi bahan pertimbangan diantaranya faktor keamanan, keandalan, dan biaya pemeliharaan yang semakin mahal. Maka dari itu dilakukan pengadaan mobil dinas baru. Eddy mengatakan:

“Sebagian besar saat ini kondisinya sering mengalami kerusakan dan tidak efisien, serta tidak layak untuk dipergunakan bagi pejabat negara.”

 

Kendaraan bagi para anggota kabinet, pejabat setingkat menteri, dan pimpinan lembaga, Kementerian Sekretariat Negara akan mengadakan sekitar 101 unit kendaraan yang dilakukan melalui sistem tender umum. 

 

Presiden Jokowi dan Ma’ruf Dapat Mobil Apa?

Jika sekelas jajaran menteri Jokowi akan mendapatkan Toyota Crown G-Executive, sudah pasti Jokowi dan Ma’ruf mendapatkan mobil yang lebih mewah lagi.

Eddy mengatakan pada tahun ini pemerintah akan mengadakan kendaraan VVIP Kepresidenan sebanyak dua unit melalui sistem penunjukan langsung. Hal ini dilakukan, mengingat diperuntukkan bagi pengamanan presiden dan wakil presiden.

Saat ini, ada dua produsen mobil mewah yaitu Mercedes-Benz dan BMW yang telah mengajukan diri untuk mengikuti tender mobil dinas kepresidenan untuk periode 2019-2024.

Kedua produsen ini menawarkan produk berkualitas dan kenyamanan ekstra agar dapat dilirik kepala negara untuk menjadikannya mobil dinasnya dalam 5 tahun kedepan.

Apakah Anda tertarik untuk memiliki mobil yang semewah itu? Tidak ada yang tidak mungkin! Anda pasti bisa mencapai tujuan keuangan Anda jika memiliki perencanaan keuangan yang tepat.

Oleh karena itu, Anda bisa membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk usia 30an dari Finansialku di bawah ini.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Oh iya, jika Anda ingin berkonsultasi dengan Perencana Keuangan (CFP) Finansialku, Anda bisa menggunakan fitur Tanya Jawab pada Aplikasi Finansialku.

Aplikasi Finansialku bisa Anda download secara GRATIS melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store.

Jangan ketinggalan, Anda juga bisa menggunakan kode referral POTONG50RIBU untuk mendapatkan potongan harga Rp50.000 saat upgrade Aplikasi Finansialku ke versi premium tahunan.

Sehingga Anda hanya perlu membayar Rp300.000 untuk satu tahun penuh Aplikasi Finansialku. Jika di hitung-hitung Anda hanya mengeluarkan Rp25.000/bulan loh! Terjangkau bukan?

Selain dapat menikmati online course, Anda juga bisa menikmati semua fitur aplikasi Finansialku tanpa batas dan tentunya selangkah lebih dekat dengan kondisi keuangan yang lebih baik.

Selamat mencoba!

 

Dengan mobil-mobil mewah ini, kira-kira berapa ya dana yang disiapkan pemerintah untuk memenuhi segala fasilitas menterinya? Berikan tanggapan Anda di bawah ini.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda.

 

Sumber Referensi:

  • Chandra Gian Asmara. 23 Agustus 2019. Sah! Mobil Menteri Jokowi-Ma’ru: Toyota Crown G-Executive. Cnbcindonesia.com- https://bit.ly/2Lh3w71
  • Chandra Gian Asmara. 23 Agustus 2019. Mobil Baru Menteri Toyota Crown Executive, Pak Jokowi Apa Ya? Cnbcindonesia.com- https://bit.ly/2KPqG55

 

Sumber Gambar:

  • Toyota Crown G-Executive 1 – http://bit.ly/2KOMoGC
  • Toyota Crown G-Executive 2 – http://bit.ly/2ZjDEAh