Masyarakat sudah mulai berpindah dari transaksi konvensional menjadi transaksi online karena lebih mudah dan praktis.

Salah satu yang mulai menarik perhatian adalah membeli mobil, baru maupun bekas, secara online.

Tetapi karena masih tergolong baru, banyak yang berakhir kecewa karena termakan oleh penipuan.

Artikel ini akan membahas trik-trik yang dapat dilakukan untuk memastikan bahwa transaksi membeli mobil secara online anda aman.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh:

Logo Rajamobil

 

Membeli Mobil secara Online

Seiring dengan perkembangan teknologi dan maraknya e-commerce di Indonesia, banyak pelanggan yang mulai berpindah ke transaksi online untuk memudahkan pencarian barang, salah satunya mobil. Tentunya membeli mobil secara online tidak sama dengan membeli barang ritel lainnya.

Membeli mobil secara online berarti Anda dapat mengurus biodata dan pengajuan kredit secara online tanpa harus repot-repot mengunjungi dealer atau broker.

Tentu saja untuk mengecek kondisi mobil, Anda dapat langsung datang ke dealer atau broker yang bersangkutan dan melakukan test drive atau mengecek langsung.

 

Keuntungan Membeli Mobil secara Online

Banyak keuntungan yang ditawarkan dengan membeli mobil secara online, yang pertama Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk melengkapi data karena Anda dapat melakukannya secara online.

Selain itu, Anda pun tidak perlu repot melakukan negosiasi secara langsung (yang cukup memakan waktu) karena juga dapat dilakukan secara online.

 

Trik Aman Membeli Mobil secara Online

Setelah Anda mengetahui dasar-dasar transaksi mobil secara online, selanjutnya Anda harus memastikan bahwa seluruh transaksi Anda akan berjalan dengan aman. Berikut adalah tips-tips yang dapat Anda lakukan untuk memastikan bahwa transaksi Anda tepat dan menguntungkan.

 

#1 Mencari Situs Jual Beli Mobil Online yang Tepat

Sebelum memutuskan ingin membeli mobil yang mana, maka sebelumnya Anda harus mencari perantara yang tepat. Mencari situs jual beli mobil online yang aman sangat penting karena nantinya transaksi Anda akan dilakukan via situs tersebut.

Tipsnya adalah mencari situs online yang telah lama berdiri dan memiliki reputasi pelayanan yang baik.

Setelah Anda menyaring beberapa situs online, sempitkan pilihan menjadi dua. Kemudian, Anda dapat membandingkan harga mobil di situs A dengan situs B.

Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan mobil secara online dengan harga terbaik.

 

#2 Mencari Informasi Mengenai Penjual

Ketika membeli mobil melalui dealer, pasti Anda ingin mencari dealer yang terpercaya. Sama halnya seperti dealer, tentunya Anda ingin mencari situs online yang terpercaya.

Karena banyaknya penjual yang berbeda pada satu situs online, setelah Anda melewati tahap pertama, Anda harus melakukan seleksi tahap dua yaitu, melakukan seleksi penjual.

Membeli-Mobil-Secara-Online-1-Finansialku

[Baca Juga: Cewek-cewek Mendambakan 5 Spesifikasi Mobil Ini! Spesifikasi No 3 Sama Seperti Cowok]

 

Perhatikan reputasi dari sang penjual, apakah penjual pernah tersangkut kasus atau apakah penjual tersebut memiliki rekomendasi buruk. Setelah mengetahui reputasi penjual, Anda dapat mencari kontak dari penjual tersebut dan pastikan bahwa kontak tersebut valid dan dapat dihubungi.

 

#3 Lakukan Negosiasi

Salah satu keuntungan membeli mobil secara online adalah Anda dapat bernegosiasi via online.

Tidak seluruh situs menampilkan harga net, ada beberapa yang memungkinkan Anda untuk bernegosiasi secara online dan Anda harus memanfaatkan hal tersebut. Proses negosiasi ini sangat fundamental untuk mendapatkan harga beli yang terbaik.

Tentunya negosiasi untuk harga mobil tidak sama dengan negosiasi yang biasa dilakukan di pasar tradisional. Anda mungkin hanya dapat menawar maksimal penurunan 10% dari harga awal.

Walaupun bedanya tidak terlalu besar, tetapi selisih harga dapat digunakan untuk servis suku cadang mobil, lumayan bukan?

 

#4 Mengunjungi Dealer atau Broker

Setelah memastikan bahwa Anda mendapatkan harga terbaik dengan spesifikasi kendaraan yang Anda inginkan, tahapan selanjutnya adalah mengunjungi dealer atau broker yang bersangkutan. Janji temu biasanya dapat dilakukan secara online.

Kunjungan mobil ini digunakan untuk memeriksa apakah spesifikasi kendaraan  yang disebutkan secara online sesuai dengan aslinya.

Beberapa hal yang harus Anda perhatikan adalah sebagai berikut:

 

  • Kondisi Mobil

Pada saat Anda membeli mobil secara online, perhatikan kondisi fisik mobil tersebut, apakah ada bagian body mobil yang lecet atau rusak, apakah ada yang tidak asli atau sudah diubah.

 

  • Cek Tahun Pembuatan

Semakin lama sebuah mobil, maka harganya pun akan semakin turun. Oleh karena itu, penting untuk mengecek tahun pembuatan.

Mungkin tahun pembuatan ini telah disebutkan di spesifikasi di situs online, tetapi tidak ada salahnya untuk mengecek apakah tipe mobil sesuai dengan tahun pembuatan tersebut.

Membeli-Mobil-Secara-Online-3-Finansialku

[Baca Juga: KEREN! Tips Membeli Mobil Lelang dari Balai Lelang Mobil]

 

  • Cek Odometer

Odometer adalah pengukur seberapa jauh sebuah mobil telah dipakai oleh pemilik sebelumnya. Jika odometer menunjukkan angka yang tinggi, berarti mobil tersebut telah dipakai cukup lama.

Hal ini akan berpengaruh pada biaya perawatan mobil. Jangan hanya mempercayai data yang disebutkan secara online, periksa dan pastikan kebenaran data tersebut.

 

  • Test Drive

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mengecek seluruh hal di atas adalah dengan melakukan test drive mobil. Test drive mobil ini penting untuk mengecek kondisi yang tidak terlihat kasat mata, seperti rem, steering, dan lainnya.

Periksa kondisi mobil pada saat Anda menyalakannya, mengendarainya, serta pada saat mesin mati.

 

#5 Meminta Bantuan Pihak Ketiga

Tidak semua orang mengerti cara mengecek kondisi kendaraaan. Oleh karena itu, tidak ada salahya meminta bantuan pihak ketiga. Carilah pihak ketiga yang betul-betul paham mengenai mobil, misalnya mekanik atau montir.

Jika Anda punya kenalan, maka Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk jasa mekanik tersebut. Akan tetapi, jika Anda tidak memiliki kenalan yang bisa membantu Anda, maka Anda perlu mengeluarkan sejumlah uang untuk memanggil mekanik.

Banyak situs jual beli mobil online yang telah menyediakan fasilitas expert secara gratis di mana Anda dapat memesan para ahli untuk mengecek mobil incaran Anda.

 

#6 Cek Dokumen

Yang terakhir dan yang terpenting adalah mengecek apakah dokumen yang diberikan legal. Keaslian dokumen merupakan hal yang sangat penting untuk sebuah kendaraan.

Pastikan bahwa data yang ada di dokumen sesuai dengan fisik mobil. Anda pun juga dapat mengecek ke kepolisian untuk mengetahui rekam jejak mobil tersebut, baik untuk mengetahui apakah mobil pernah terkena kasus atau tidak.

Selain itu, kelengkapan dokumen akan memengaruhi harga mobil. Dokumen yang sudah lewat masa berlaku atau yang tidak lengkap akan memerlukan biaya ekstra untuk mengurusnya.

Bandingkan harga mobil dengan kelengkapan dokumen sehingga Anda mendapatkan harga yang terbaik.

 

Teliti dalam Membeli Mobil

Karena membeli mobil membutuhkan dana yang lebih banyak dibandingkan barang online lainnya, Anda harus lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi.

Dengan atau tanpa pengalaman membeli mobil secara online, pastikan bahwa Anda memilih dengan teliti. Diperlukan ketelitian ekstra agar Anda tidak tertipu oleh situs online abal-abal.

 

Apakah Anda pernah membeli mobil secara online? Hal apa saja yang Anda perhatikan ketika membeli mobil secara online? Bagikan saran dan komentar Anda pada kolom di bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Apakah Aman Membeli Mobil Secara Online? Momobil.id – https://goo.gl/rbo9ae
  • Boby Chandro Oktavianus. 3 Juli 2017. Ini Keuntungan yang Didapat dengan Membeli Mobil secara Online  https://goo.gl/PR4jf4
  • Nurseffi Dwi Wahyuni. 29 Januari 2018. Biar Tak Tertipu, Ini Trik Membeli Mobil Secara Online. Liputan6.com – https://goo.gl/XZVnji
  • Anton Suhartono. 13 Agustus 2017. Mau Beli Mobil Bekas Secara Online, Simak Tips Ini! News.okezone.com – https://goo.gl/5D65Db

 

Sumber Gambar:

  • Membeli Mobil Secara Online – https://goo.gl/6nHPAU
  • Membeli Mobil Secara Online 2 – https://goo.gl/cBFT3M
  • Membeli Mobil Secara Online 3 – https://goo.gl/Xrco2x

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang