9 Trik Memilih Cincin Berlian untuk Menghemat Biaya Pernikahan Kamu

Pernahkah kamu iseng masuk ke sebuah toko perhiasan elite di mall dan cek harga cincin berlian untuk pernikahanmu kelak? Hmmm well.. Itu baru biaya cincin aja, lho.. Apa kabar biaya lain??

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Trik Memilih Cincin Berlian untuk Menghemat Biaya Pernikahan

Sebagai pasangan yang akan menikah tentu kita ingin mempunyai cincin pernikahan terbaik yang sesuai dengan kriteria kita.

Cincin berlian merupakan cincin yang paling favorit untuk dijadikan cincin pernikahan. Terkesan elegan, berkilau, cantik, dan prestise.

Oleh karena tingginya permintaan, sudah pasti harga cincin berlian ini cukup tinggi dan menjadi salah satu perhiasan bernilai untuk dijadikan koleksi, khususnya bagi wanita.

Tetapi dalam mempersiapkan pernikahan, tentu kita punya banyak kebutuhan lain yang perlu dipersiapkan dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Pada dasarnya ada 4 faktor utama (4C) yang menentukan harga dari sebuah cincin berlian:

  • Cut (irisan) – semakin akurat irisan dan pola pantulan berlian maka akan semakin mahal harganya.
  • Carat (karat/sistem pengukuran tingkat kemurnian emas) – semakin besar karat, maka semakin mahal.
  • Color (warna) – semakin bening dan tidak berwarna, semakin mahal.
  • Clarity (tingkat kejernihan) – semakin jernih/tidak cacat, semakin mahal.

 

Untuk membantu kamu mendapatkan cincin terbaik sesuai dengan kriteria namun tetap hemat, berikut ini 9 trik dari beberapa pakar perhiasan dunia.

 

#1 Belilah Cincin Berlian, tetapi Perhatikan Critical Weight

Karat dan potongan berlian merupakan hal penting dalam proses memilih sebuah cincin berlian, paling tidak bagi mempelai wanita.

Penjual perhiasan biasanya sadar akan hal tersebut. Karena itu, ada perbedaan harga cukup jauh antara cincin dengan bentuk berlian yang utuh dan setengah potong.

Ketimbang memilih cincin dengan berat 1.00 karat, cobalah untuk memilih cincin berlian dengan berat sekitar 0.95 karat.

10-Trik-Menghemat-Biaya-Saat-Memilih-Cincin-Berlian-3-Finansialku

[Baca Juga: Mau Untung Besar dari Investasi Berlian? Cek Dulu Informasi Berikut!]

 

Jika kamu menginginkan cincin berlian 2.00 karat, maka pilihlah cincin berlian 1.95 karat.

Produsen perhiasan biasanya akan berusaha untuk mengurangi critical weight sebuah berlian. Karena apabila berat berlian dapat dikurangi sedikit saja, mereka dapat menjual cincin berlian dengan harga yang lebih terjangkau.

 

#2 Rencanakan Pembelian Cincin

Tidak ada aturan tertulis, tetapi pada bulan September hingga Desember biasanya kita akan menerima banyak sekali undangan pernikahan.

Aula hotel atau gedung biasanya akan ramai disewa untuk pesta pernikahan setiap pekannya.

Kamu mungkin berpikir bahwa pada bulan-bulan tersebut harga cincin akan meningkat. Sebaliknya, pasangan umumnya akan membeli cincin pernikahan pada masa pertunangan atau 3-6 bulan sebelumnya.

Bulan September hingga November, biasanya penjualan toko-toko perhiasan akan cenderung sepi.

Sementara bulan Februari dan akhir tahun biasanya volume penjualan cincin akan meningkat karena rencana untuk menikah atau bertunangan.

 

#3 Opsi: Pilih Bentuk yang Tidak Umum

Cincin berlian berbentuk bulat (round brilliant) merupakan cincin berlian dengan bentuk paling diminati karena pantulannya yang cantik.

Dengan carat, colour dan clarity yang sama, harga cincin round brilliant bisa lebih mahal dari cincin dengan bentuk lain.

Selain itu, produsen perhiasan juga mengaku lebih kesulitan untuk mengasah round brilliant daripada bentuk lainnya.

Round brilliant memiliki 58 cutting sehingga cahaya yang dipantulkan menjadi lebih indah.

Dengan banyaknya jumlah cutting, maka semakin banyak karat yang dihilangkan daripada bentuk lain seperti kotak.

Karena itu, harga cincin berlian dalam bentuk bulat biasanya jauh lebih mahal daripada bentuk lainnya.

10 Trik Menghemat Biaya Saat Memilih Cincin Berlian 2-Finansialku

[Baca Juga: Apakah Anda Tahu Seperti Apa Berlian Asli? Simak Dulu Biar Anda Tidak Tertipu]

 

#4 Pertimbangkan Batu Perhiasan Lainnya

Sebenarnya tidak ada aturan tertulis juga bahwa cincin pernikahan haruslah cincin berlian.

Jika kamu atau pasanganmu termasuk orang yang anti-mainsteam, ada banyak jenis batu perhiasan lain yang tidak kalah cantik namun harga rata-ratanya di bawah berlian. Contohnya: Ruby, Emerald, White Saphire, Moissanite.

 

#5 Pilih Emas

Cincin berwarna emas kuning bagi pasangan muda dianggap sebagai old fashioned. Tetapi pada umumnya harga emas kuning jauh lebih murah dari harga emas putih, dan harga emas putih jauh lebih murah dari harga platinum.

Harga platinum lebih mahal dari emas karena jumlah tambang yang ada jauh lebih sedikit dari emas dan lebih tahan lama.

Perhiasan Emas Apakah Bisa Dijadikan untuk Investasi - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: TTS: Kenali Istilah Investasi Emas Sebelum Anda Berinvestasi]

 

Emas jika lama digunakan akan mengalami perubahan warna, tetapi tidak perlu khawatir karena kamu tinggal bawa ke toko perhiasan untuk dipoles kembali dan harganya pun terjangkau (Rp100.000 – 200.000).

Untuk melihat perbandingan lebih spesifik antara emas putih dan emas kuning, baca artikel Sudah Tahu, Perbedaan Emas Putih dengan Emas Kuning?

 

#6 Cari yang 14k Daripada Emas 18K

Emas yang paling sering digunakan untuk perhiasan adalah emas 18K dan emas 14K.

Selain itu ada juga emas 24K (emas murni). Tetapi emas 24K ini sekarang sudah jarang digunakan sebagai perhiasan karena sifat emas yang lunak sehingga sulit untuk dibentuk jika tidak dicampur dengan logam lain.

Emas 18K terdiri dari 75% emas dan 25% logam lain, sedangkan emas 14K terdiri dari 58,5% emas dan 41,5% logam lain.

Memang emas 18K ini kualitasnya lebih mengkilat dari 14K. Tapi ada penghematan yang cukup besar di antara keduanya. Tinggal dipoles dengan rhodium plating. Voila! Cincin kamu bisa seperti baru kembali.

 

#7 Tidak Harus Cincin yang Branded Design

Saat ini kamu bisa merancang sendiri cincin berlian pernikahanmu sesuai dengan selera.

Kamu bisa pilih mau berlian dengan grade apa, bentuk berlian dan cincin, cincin warna emas atau putih, berapa karat, dan perlu diukir nama atau tidak. Jadi tidak perlu cincin dengan branded khusus.

 

#8 Cari Berlian dengan Warna H/I dan Tingkat Kejernihan SI1

Seperti dijelaskan di atas bahwa warna (color) dan tingkat kejernihan (clarity) penting dalam menentukan harga dan tentunya kualitas berlian.

Berikut ini tingkat skala berlian berdasarkan warna dan kejernihannya:

10 Trik Menghemat Biaya Saat Memilih Cincin Berlian 1-Finansialku

 

Untuk mendapatkan cincin berlian yang baik secara kualitas dan harga, cobalah mencari kombinasi berlian dengan warna H/I dan tingkat kejernihan SI1. Secara  warna sudah tergolong sangat baik dan hampir tidak berwarna, sedangkan tingkat kejernihan juga hanya sedikit kecacatan. Tingkat kecacatan hampir tidak terlihat oleh orang awam dan jika tidak dilihat secara seksama dengan kaca pembesar.

 

#9 Tetap Berpegang pada Budget yang Kamu Inginkan

Ada pepatah bilang cinta itu buta.

Karena itu, berapapun harga yang harus dibayar, kadangkala demi cinta kita akan membayarnya. Hayoo ngaku… siapa yang pernah begitu??

Tetapi ingat juga bahwa cinta itu perlu perjuangan, bukan cuma simbol.

Walaupun kamu ingin memberikan yang terbaik bagi pasanganmu, bukan berarti harus berutang hanya untuk membeli cincin pernikahan. Yang terpenting adalah kehidupan berumah tangga.

Tentukan batas maksimal yang bisa kamu keluarkan untuk cincin pernikahan dan jangan memaksa diri untuk membeli sesuatu yang tidak terjangkau.

 

Tips Lainnya: Cari Cincin dengan Sertifikat GIA

Meskipun menghemat biaya, tetapi pastikan kamu membeli berlian yang asli. Cincin berlian  dan perhiasan asli lainnya bisa menjadi salah satu aset kamu.

Untuk menghindari penipuan, belilah cincin berlian dengan sertifikat Gemological Institute of America (GIA), laboratorium profesional yang dipercaya di dunia dalam mengeluarkan sertifikat berlian.

 

Beli Cincin Berlian secara Online

Sekarang ini hampir seluruh barang tersedia secara online, termasuk cincin pernikahan. 

Penjual perhiasan di mall atau pertokoan biasanya mengenakan margin yang lebih tinggi karena mereka harus mencukupi biaya operasional toko.

Di Indonesia sendiri, sudah ada beberapa toko online perhiasan dengan berbagai penawaran seperti bebas biaya kirim, garansi uang kembali, cicilan 0%, sampai merancang cincinmu sendiri.

 

Cincin Pernikahan adalah Simbol, Bukan Segalanya

Meskipun pada saat pernikahan kamu belum memiliki cincin yang sempurna sesuai kriteriamu, jangan khawatir karena inti dari pernikahan sesungguhnya bukan terletak pada cincin melainkan pada komitmen di dalam pernikahan.

Seiring waktu pernikahan, pada saat wedding anniversary misalnya, kamu dan pasangan bisa memperbaharui komitmen pernikahan kalian (termasuk memperbaharui cincin pernikahan kalian).

Jadi, jangan sampai karena sebuah cincin pernikahan lantas mempengaruhi kebahagiaanmu dan pasangan. Apalagi jika sampai harus berutang untuk mempersiapkan pesta pernikahan dan cincin pernikahan.

 

Anda punya trik, pengalaman dan atau pertanyaan untuk menghemat biaya pada saat memilih cincin berlian untuk pernikahan? Silakan ajukan melalui kolom komentar di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap untuk membantu Anda.

 

Sumber Referensi:

  • Mikey Rox. 13 Februari 2015. 12 Money-Saving Tricks to Know Before Buying an Engagement Ring. Wisebread.com – https://goo.gl/U6Dz1B
  • Admin. 5 Maret 2018. TUNANGAN BERLIAN ATAU BATU SEMI MULIA? Orori.com – https://goo.gl/fSU6yr
  • Admin. 25 November 2013. Mengenal batu permata (3) – https://goo.gl/PJP81s

 

Sumber Gambar:

  • Cincin Berlian – https://goo.gl/g5oGfW
  • Cincin Berlian 2 – https://goo.gl/8RTmzY
  • Cincin Berlian 3 – https://goo.gl/bNeXDH
  • Cincin Berlian 4 – https://goo.gl/JCYxSz

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

Summary
9 Trik Memilih Cincin Berlian untuk Menghemat Biaya Pernikahan Kamu
Article Name
9 Trik Memilih Cincin Berlian untuk Menghemat Biaya Pernikahan Kamu
Description
Pernahkah kamu iseng masuk ke sebuah toko perhiasan elite di mall dan cek harga cincin berlian untuk pernikahanmu kelak? Hmmm well.. Itu baru biaya cincin aja, lho.. Apa kabar biaya lain??
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo

About the Author:

Shierly, S.E., M.B.A
Shierly, S.E., M.B.A adalah seorang perencana keuangan independen. Memiliki latar belakang pendidikan S1 di Jurusan Akuntansi Universitas Katolik Parahyangan Bandung, kemudian mengambil pendidikan lanjutan S2 di Institut Teknologi Bandung (MBA-ITB). Sebelum menjadi seorang perencana keuangan independen, memiliki pengalaman kerja sebagai Relationship Manager untuk kredit komersial di sebuah bank swasta di Indonesia, juga pengalaman kerja di bidang akuntansi, corporate finance, dan perpajakan.

2 Comments

  1. Roti Enak 13 March 2018 at 12:11 - Reply

    Cincin menjadi sebuah ungkapan keseriusan untuk berhubungan lebih baik, menjalani setiap harinya bersama pasangan yang dicintai. Jadi mungkin cincin salah satunya, dan sepertinya harus lebih teliti lagi dalam menentukan cincin berlian untuk pasangan juga. Meskipun harga yang ditawarkannya juga cukup mahal, demi orang tersayang ini bisa menjadi aset buat nanti kedepannya juga.
    Lalu apakah setiap membeli berlian itu harus memiliki sertifikat hanya dari GIA saja??

    • Finansialku
      Finansialku 14 April 2018 at 12:49 - Reply

      Hi Pak
      Terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Anda:
      Sebaiknya memiliki sertifikat, agar menjadi bukti sah keaslian berlian.
      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

Leave A Comment