Yuk belajar berani berpendapat dan berani memperjuangkan impian dari politikus muda yaitu Tsamara Amany.

Tsamara berani menekuni bidang yang ia cintai sedari dini, juga berani bercita-cita tinggi. Kamu bisa temukan kisahnya dalam artikel ini. Cekidot!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Tsamara Amany Sang Putri Pengusaha Tambang

Tsamara lahir di Jakarta pada tanggal 24 Juni 1996. Ia merupakan putri dari pasangan Muhammad Abdurachman Alatas, seorang pengusaha tambang, dan Nabila Zain Muhammad.

Wanita yang lebih akrab dipanggil Sammy ini mengaku bahwa di keluarganya hanya dirinya yang berkecimpung di dunia politik. Ia juga mengaku bahwa ketertarikannya kepada dunia politik lahir semenjak ia menyaksikan berita kerusuhan pada 1998 bersama orangtuanya.

 

Tsamara Amany yang Aktif Berorganisasi

Sejak kuliah, Tsamara sudah aktif mengikuti organisasi. Salah satunya pada tahun 2015 Tsamara aktif dalam Komunitas Mahasiswa Ilmu Komunikasi (KOMIK) di kampusnya.

Sebelum terkenal karena tweet war-nya dengan Fahri Hamzah, Tsamara sudah lebih dulu dikenal sebagai co-founder gerakan Perempuan Politik yang diinisiasi sejak April 2016.

 

Staf Magang Balai Kota DKI Jakarta

Tsamara memiliki pengalaman sebagai staf magang Gubernur DKI pada Januari-April 2016. Ia bertugas dalam Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang merupakan simplifikasi perizinan usaha guna meningkatkan peringkat izin memulai usaha dalam survei Bank Dunia.

Kisah Sukses Tsamara Amany, Politisi Muda Jubir Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019 02a

[Baca Juga: Jurus Jitu Menyelesaikan Masalah Ala Seorang Problem Solver Negeri Sakura]

 

Penulis Curhat Perempuan

Istri dari seorang profesor ini sangat gemar membaca dan menulis. Ia aktif menulis di beberapa media online. Ia juga aktif menyatakan pendapatnya mengenai perpolitikan di Indonesia melalui Twitter.

Pada April 2017 silam, Tsamara berhasil menerbitkan sebuah buku berjudul “Curhat Perempuan”. Buku setebal 372 halaman ini mengisahkan pemerintahan Joko Widodo dan situasi politik di Indonesia, khususnya DKI Jakarta.

 

Tsamara Amany Menjadi Ketua DPP PSI di Usia 21 Tahun

Tidak hanya aktif mengutarakan pengetahuan dan pendapatanya tentang politik di media sosial dan media online saja, Tsamara juga terjun langsung di dunia politik Tanah Air.

Ia memutuskan bergabung dengan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sejak 2017 lalu. Bahkan, Tsamara dipercaya oleh Grace Natalie untuk menjabat sebagai Ketua Dewan Pengurus Partai (DPP) Bidang Eksternal.

 

Tsamara Amany Lulus dengan Predikat Magna Cum Laude

Berdasarkan profil LinkedIn-nya diketahui bahwa ia pernah bersekolah di New Zealand Indonesia International High School. Selanjutnya, ia kembali ke Indonesia untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat Sarjana di Universitas Paramadina.

Tsamara menempuh pendidikan tingginya tersebut dalam kurun waktu 3,5 tahun saja. Tepat pada 21 April 2019 lalu ia berhasil mendapat gelar Sarjana Ilmu Komunikasi dengan predikat Magna Cum Laude.

Walaupun sudah berkecimpung langsung di partai politik, Tsamara tidak melupakan pentingnya pendidikan.

 

Tsamara Amany Sebagai Juru Bicara Jokowi-Ma’ruf

Pada Pemilu 2019 lalu, Tsamara ditunjuk oleh paslon Jokowi-Ma’ruf untuk menjadi juru bicaranya pada pemilu kala itu.

Sebelum ditunjuk, Tsamara bersama dengan pembawa berita sekaligus Ketua PSI, Grace Natalie, telah mempresentasikan keberhasilan mereka meraih generasi millennials melalui media sosial.

Pada pertemuan tersebut, Tsamara juga turut andil dalam penentuan strategi pemenangan paslon ini melalui kampanye media sosial.

Kisah Sukses Tsamara Amany, Politisi Muda Jubir Jokowi-Ma'ruf di Pilpres 2019 03 (3)

[Baca Juga: Kisah Sukses Prajogo Pangestu, Sopir Angkot yang Menjadi Bos Barito Pacific (BRPT)]

 

Unggul Melawan Caleg Petahana pada Pileg 2019

Pada Pileg 2019 Tsamara memimpin sebagai caleg dengan jumlah perolehan suara terbanyak, yaitu 3.755 suara. Tsamara unggul jauh dari kompetitornya, Wakil Sekjen PDIP yang juga petahanan, Eriko Sotarduga.

Eriko menduduki urutan kedua dengan 1.389 suara. Namun nasib belum berpihak kepada Tsamara kala itu. Meski meraih suara terbanyak, Tsamara harus rela tidak duduk di kursi DPR karena PSI gagal melampaui ambang batas parlemen sebesar 4 persen.

 

Bercita-cita Menjadi Gubernur DKI Jakarta

Statusnya sebagai putri dari seorang pengusaha tambang tidak membuatnya tinggi hati atau berleha-leha, apalagi menutup mata terhadap kondisi bangsa ini.

Ia menikmati dunia perpolitikan dan tidak gentar memperjuangkannya.

Dengan tekad yang kuat, Tsamara Amany bermimpi untuk dapat menduduki posisi orang nomor satu DKI Jakarta. Usianya masih muda, jadi masih banyak cerita yang bisa ia ukir ke depannya.

Yuk gapai cita-citamu dengan merencanakan keuangan melalui aplikasi Finansialku. Download aplikasinya di Google Play atau App Store ya!

 

Sekarang Anda sudah mengetahui kisah di balik kesuksesan sang politikus muda PSI, Tsamara Amany.

Semoga kisahnya ini dapat menginspirasi Anda untuk berani menekuni hal yang Anda sukai dan tidak asal mengikuti jejak kesuksesan orangtua.

 

Sumber Referensi:

  • Ria Theresia. Kenalan Yuk Sama Tsamara Armany. Popbela.com – http://bit.ly/2OZZBxL
  • Rr Dewi Kartika H. 7 Maret 2018. 8 Fakta Politikus Muda Tsamara Amany. Jakarta.tribunnews.com – http://bit.ly/38CbAJN
  • Chaerunnisa. 9 Juli 2019. Tsamara Amany Penentang Fahri Hamzah. Lifepal.com – http://bit.ly/2wo63Zb

 

Sumber Gambar:

  • Tsamara 01 – https://bit.ly/2uTH2Ve
  • Tsamara 02 – https://bit.ly/32YURys
  • Tsamara 03 – https://bit.ly/2PLRaa0