Yuk mulai tampil memukau dengan tutorial make up bagi pemula berikut ini. Kamu juga bisa kok jadi cantik.

Agar lebih jelas, yuk simak ulasannya mengenai tutorial make up bagi pemula di bawah ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Make Up Penunjang Keseharian Wanita

Pernah gak sih kamu mendengar teman kamu bilang, “Kok kamu gak pakai make up sih? Keliatan pucat loh!”, atau sebaliknya “Make up kamu kok tebel banget sih, kaya lebih tua jadinya”.

Rasanya sebal ya mendengar kata-kata itu. Tapi jika kamu termasuk orang yang malas dandan, tidak bisa make up atau bahkan kamu bingung bagaimana agar terlihat natural dengan make up, jangan khawatir!

Kamu bisa belajar melalui artikel Finansialku ini.

Pada dasarnya make up mampu melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari, salah satunya dengan penggunaan BB cream atau foundation yang dilengkapi SPF.

Meski kamu tergolong orang yang ingin tampil natural, kamu tetap memerlukan make up. Dengan kamu berusaha tampil cantik, rapi dan menarik berarti kamu menghargai diri sendiri.

Tak hanya itu, ketika bertemu dengan orang lain pun, kamu akan dihargai ketika berpenampilan cantik dan menarik.

Tutorial Make Up 04 - Finansialku

[Baca Juga: Murah Tapi Gak Murahan, Ini Rekomendasi Skin Care Dibawah 100 Ribu]

 

Tahukah kamu, kesan pertama itu sangat penting apalagi kalau kamu mau bertemu dengan orang-orang baru? Kesan pertama ini biasanya terlihat dari penampilan kita, apa yang kita kenakan, apa yang kita tampilkan.

Salah satunya dengan make up ini sendiri. Kalau kamu seorang pemula, jangan panik. Kamu bisa berdandan secara natural kok. Langkah-langkahnya pun mudah dan hasilnya akan maksimal walaupun kamu masih pemula.

 

Tutorial Make Up Bagi Pemula dengan Hasil Maksimal

Nah, ini tutorial make up bagi pemula yang bisa kamu praktikkan langsung. Yuk simak beberapa poin penting ketika kamu belajar make up:

 

#1 Gunakan Foundation sesuai Jenis dan Warna Kulit

Langkah awal memilih foundation yang sesuai adalah menentukan jenis kulit terlebih dulu. Seperti mengetahui jenis kulit yang acne-prone, kering, berminyak, kombinasi, sensitif, atau kulit dengan kerutan.

Agar tidak terlihat cakey, usahakan memilih foundation yang memiliki konsistensi seimbang dan ringan sesuai jenis dan warna kulit. Pastikan baluran foundation di muka tampak matte dan halus.

 

#2 Buatlah Alis yang Simetris

Alis adalah poin penting dalam riasan. Agar terlihat natural, buatlah alis yang merata dan simetris. Tidak perlu terlalu tebal hingga mendominasi riasan, seimbangkan dengan riasan mata.

Untuk alis yang sudah tebal, langkah mudahnya adalah dengan mengaplikasikan pensil alis mengikuti garis alis yang sudah ada dan mengisinya secara perlahan.

 

#3 Gunakan Eyeshadow secara dengan Warna Natural

Bagi pemula, jangan takut untuk menggunakan eyeshadow. Gunakanlah eyeshadow secara tipis dengan menggunakan warna natural seperti coklat muda, krem, peach atau pink di seluruh kelopak mata.

Bagi kamu yang baru belajar make up, menggunakan satu warna pun sudah cukup asal bisa meratakannya dengan baik dan tidak terlalu tebal. Pilihlah warna eyeshadow satu atau dua tone lebih tua dari warna kulit kamu.

 

#4 Gunakan Bedak Tabur Agar Terlihat Natural

Agar foundation atau BB Cream tadi tidak mudah luntur, kamu harus menggunakan bedak untuk meratakan kembali base make up yang pertama di pakai. Pilihlah bedak yang warnanya sesuai dengan kulit wajah.

Bedak terdiri dari dua macam, yaitu bedak padat dan bedak tabur yang cocok untuk kulit berminyak. Pakailah bedak secara tipis agar hasil riasan kamu tidak terkesan berat.

 

#5 Gunakan Maskara

Sebelum menggunakan maskara, pastikan kamu menjepit bulu mata terlebih dahulu.

Kemudian aplikasikan maskara dengan gerakan zig zag agar hasilnya lebih lentik dan tidak ada maskara yang menggumpal. Gunakan pada bulu mata atas dan bawah.

 

#6 Pilih Lipstik Natural

Pilihlah warna lipstick yang natural untuk menambah kesan cantik kamu seperti warna peach, merah muda, nude. Lipstick ini mampu membuat wajah kamu semakin berseri, segar, dan tidak pucat.

Pilih juga lipstik yang sesuai dengan warna kulit bibir agar tidak terlalu berseberangan warnanya, usahakan hasil lipstik tidak meluber dan bisa merata.

 

#7 Aplikasikan Blush On Warna Netral Seperti Peach

Bikin make up yang terlihat muda rasanya kurang pas jika melupakan blush on gemas yang bikin pipi tampak lebih merona.

Pilih warna yang netral agar tidak memberikan kesan menor seperti warna peachpink, cokelat, atau coral.

Usahakan warna tersebut juga sesuai dengan warna muka atau paling tidak bisa menyesuaikan dengan warna make up secara keseluruhan.

 

#8 Pakai Setting Spray Biar Hasil Tahan Lama

Agar make up lebih tahan lama dan merata, kamu bisa menggunakan setting spray. Cara menggunakannya bisa dilakukan saat sebelum dan sesudah make up

Setting spray ini biasanya mengandung bahan-bahan baik seperti aloe vera dan rose water sebagai nutrisi sekaligus pencerah wajah.

 

Ayo Mulai Belajar Make Up, Hindari Kesalahan Ini

Itulah beberapa langkah make up bagi pemula yang bisa kamu coba di rumah. Karena ini sangat penting untuk diketahui agar para wanita tidak salah langkah dan salah teknik karena ini akan berpengaruh pada hasil akhir make up kamu.

Ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan pemula ketika menggunakan make up, diantaranya:

  • Menggunakan foundation yang lebih terang dari warna kulit
  • Membentuk bibir dengan liquid lipstick
  • Bentuk alis yang tidak natural, terlalu menyudut, dan terlalu tebal
  • Salah mengaplikasikan contour

 

Jika kamu yang merasa belum mahir dalam merias wajah, alangkah lebih baik baca-baca atau riset mengenai tutorial make up.

Selamat mencoba girls!

 

Ayo bagikan artikel tutorial make up bagi pemula ini kepada teman-teman kamu, lebih asyik jika kamu bisa belajar make up bareng taman-teman kan? Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Jennifer Alexis Tanjung. 8 Maret 2019. Ini 8 Tips Makeup untuk Kamu yang Masih Pemula. Popbela.com – http://bit.ly/2KPkJXW
  • Sifamamta. 2018. Bagi Pemula, Inilah Tutorial Make Up Paling Gampang dan Natural yang Bisa Dipraktikkan. Hipwee.com – http://bit.ly/2PfBZEp
  • Admin. 24 Januari 2018. 7 Langkah Aplikasikan Make Up Natural Untuk Pemula. Thebodyshop.co.id – http://bit.ly/2UH8vW4
  • Gel Angelica. 7 Agustus 2018. Make Up Untuk Pemula. Anti Gagal!!. Youtube.com – http://bit.ly/2GoEmR4

 

Sumber Gambar:

  • Tutorial Make Up 1 – http://bit.ly/2v8qzJn
  • Tutorial Make Up 2 – http://bit.ly/2Irz3nI