Anda pasti pernah mendengar asuransi unitlink kan? Apakah Anda tahu untung ruginya membeli asuransi unitlink? Kali ini salah satu rekan Finansialku.com akan membahas untung ruginya membeli asuransi unitlink.

 

Artikel ini dipersembahan oleh rekan:

DuitPintar

 

Kalau Mau Beli Asuransi Unitlink, Pertimbangkan Dulu Untung Ruginya

Mungkin teman-teman pernah mendengar atau ditawari produk asuransi unitlink oleh agen asuransi. Pada dasarnya produk asuransi unitlink adalah gabungan antara produk asuransi jiwa dengan investasi.  

 

Untung Ruginya Membeli Asuransi Unitlink - Perencana Keuangan Independen Finansialku[Baca Juga: Unit Link, Produk Asuransi atau Produk Investasi?]

 

Beberapa periode belakangan ini perusahaan-perusahaan asuransi jiwa giat menawarkan produk unit link, karena banyak keuntungan yang didapat calon nasabah. Salah satunya Anda tidak perlu repot mengurus investasi, karena sebagian premi yang kita bayarkan, juga dikelola dalam produk-produk investasi. Bentuk investasinya seperti reksa dana.

[Baca Juga: Cara Kerja Produk Unitlink]

 

Keuntungan Membeli Asuransi Unitlink

  1. Uang premi seakan-akan tidak hangus, karena sebagian di kelola dalam produk investasi. Nilai ini dapat dicarikan untuk memenuhi tujuan keuangan.
  2. Asuransi jiwa dapat berlaku seumur hidup (sampai berumur 75, 80, atau 99 tahun, tergantung aturan yang tertulis dalam polis).
  3. Tak perlu repot mengurusi investasi karena sudah ada perusahaan asuransi yang menanganinya.
  4. Menawarkan asuransi tambahan (rider) untuk melengkapi perlindungan dasar.
  5. Uang pertanggungan dan hasil investasi tidak dikenai pajak. Sebenarnya pajak investasi sudah diperhitungkan di dalamnya. Jadi klien terima bersih.

 

Kerugian Membeli Asuransi Unit Link

  1. Manfaat investasi tak maksimal karena fokus utama produk unitlink adalah proteksi.
  2. Premi asuransinya cenderung lebih mahal ketimbang asuransi jiwa murni. Terlebih jika terlalu banyak mengambil asuransi tambahan (rider).
  3. Tak ada jaminan atas hasil investasi. Artinya, bisa saja investasi dari premi Anda tidak mendatangkan keuntungan.
  4. Nilai proteksinya biasanya lebih kecil dibanding asuransi jiwa murni, untuk besaran premi yang sama.

 

Kesimpulan

Satu hal yang harus diingat yaitu tentukan dulu tujuan Anda menjadi peserta asuransi unit link. Dapatkan dan pelajari informasi-informasi mengenai produk unitlink yang akan Anda beli.

 

Apakah Anda memiliki asuransi unitlink?

 

 

 

Image Credit:

  • Life Insurance – http://goo.gl/rC5jc0

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang