Vaksin Covid-19 sendiri merupakan jenis suntik intramuskular. Mengapa vaksin Covid-19 diberikan di area lengan atas atau otot?

Baca selengkapnya yuk dalam artikel berikut.

 

Mengapa Vaksin Covid-19 Disuntikkan di Lengan Atas?

Ada beberapa cara memasukkan vaksin ke tubuh, mulai dari oral (melalui mulut), suntikan di bawah kulit (subtukan), hingga suntikan di otot (intramuskular).

Vaksin Covid-19 sendiri merupakan jenis suntik intramuskular. Mengapa vaksin Covid-19 diberikan ke otot?

Ternyata, otot juga memiliki sel kekebalan. Ini adalah tempat pemberian vaksin sangat baik karena jaringan otot memiliki sel-sel kekebalan yang penting.

[Baca juga: Mengenal Vaksin Covid-19 Berbentuk Pil hingga Spray Hidung]

Sel kekebalan tersebut mengenali antigen, sepotong kecil virus atau bakteri yang dibawa oleh vaksin untuk merangsang respon kekebalan, lapor Science Alert.

 

Dalam kasus vaksin Covid-19, vaksin tidak memasukkan antigen. Melainkan memberikan cetak biru, atau fragmen-fragmen kecil dari virus, untuk memproduksi antigen.

Kemudian, sel-sel kekebalan di jaringan otot mengambil antigen tersebut dan memaparkannya ke kelenjar getah bening.

“Menyuntikkan vaksin ke jaringan otot membuat vaksin tetap terlokalisasi, memungkinkan sel kekebalan ‘membunyikan alarm’ ke sel kekebalan lain dan mulai bekerja,” kata Libby Richards, Associate Professor of Nursing dari Purdue University, Indiana.

“Setelah vaksin dikenali oleh sel kekebalan di otot, sel-sel ini membawa antigen ke pembuluh getah bening, yang mengangkut sel kekebalan pembawa antigen ke kelenjar getah bening,” sambungnya.

Kelenjar getah bening merupakan komponen kunci dari sistem kekebalan. Kelenjar ini mengandung lebih banyak sel kekebalan yang mengenali antigen dalam vaksin dan memulai proses kekebalan untuk menciptakan antibodi.

 

Faktor penentu lain dalam lokasi pemberian vaksin adalah ukuran otot. Orang dewasa dan anak-anak berusia 3 tahun ke atas cenderung menerima vaksin di lengan atas di deltoid (dekat pundak).

[Baca juga: Hati-Hati Ini Bahayanya Swab Antigen Sendiri]

Anak-anak bayi menerima vaksin di bagian tengah paha karena otot lengan mereka lebih kecil dan belum berkembang.

Mungkin banyak dari Sobat Finansialku yang sudah mendapatkan vaksin Covid-19. Jangan lupa tetap menaati protokol kesehatan selalu ya agar kita tetap sehat.

Selain memiliki tubuh yang sehat, penting bagi kita juga untuk membiasakan diri untuk membentuk money habit yang sehat. Lantas bagaimana caranya? Nah, Sobat Finansialku dapat mempelajarinya melalui audiobook di bawah ini.banner -Bagaimana Membantuk Money Habit yang Sehat (1)

 

Itulah penjelasan mengenai penyuntikan vaksin Covid-19 di lengan atas. Semoga bermanfaat dan tetap menjaga kesehatan dengan menaati protokol kesehatan ya.

Bagikan informasi ini lewat berbagai platform yang tersedia, kepada kawan atau sanak-saudaramu, agar mereka juga tahu apa yang kamu ketahui. Salam sehat.

 

Artikel ini merupakan hasil kerja sama antara Finansialku dengan Ayosemarang.com, isi artikel menjadi tanggung jawab sepenuhnya Ayosemarang.com

 

Editor: Maria Christianti

 

Sumber Referensi:

 

Sumber Gambar:

  • Vaksin 01 –