Ingin cepat kaya, tapi frustasi karena nggak tahu gimana cara menambah tabungan yang efektif?

Tidak perlu lagi frustasi, mari kita cari tahu informasi selengkapnya di artikel video Finansialku di bawah ini!

 

Apa kabar? Masih di rumah aja, ‘kan? Masih patuh protokol kesehatan saat berada di luar rumah, ‘kan?

Sekedar mengingatkan, pandemi belum selesai, corona masih ada di sekitar kita. Lebih baik diam di rumah kalau tidak ada keperluan mendesak, ditemani dengan ratusan video dari kanal youtube Finansialku yang dijamin nggak bakal bikin bosen.

 

Jangan lupa juga untuk tekan tombol subscribe di bawah ini dan nyalakan lonceng agar Sobat Finansialku tidak ketinggalan video-video terbaru dari Finansialku, ya!

 

 

 

Cara Menambah Tabungan yang Efektif

Siapa, nih, di sini yang jumlah tabungan atau simpanannya nggak bertambah meski pendapatan bulanannya bertambah?

Atau, siapa di sini yang nggak bisa nabung, meski rasanya udah menghemat mati-matian, sampe nggak tega mau nongkrong cantik di akhir pekan?

Hayo, mau sampai kapan, nih, kayak gitu terus? Kita akan menua, dan kita akan butuh uang jauh lebih banyak dari sekarang.

Kalau kebiasaan itu terus kamu lakukan, apakah kamu yakin bisa memenuhi kebutuhanmu nanti?

Makanya, yuk, mulai ubah kebiasaan kamu dengan ikuti tips cara menambah tabungan ala Finansialku di bawah ini!

 

Cara Menambah Tabungan #1 Gaji Meningkat, Pengeluaran Terbatas

Hal pertama ini yang banyak dilupakan dan nggak dilakukan orang. Malah sebaliknya, orang-orang cenderung meningkatkan jumlah pengeluaran mereka seiring dengan meningkatnya gaji.

Padahal seharusnya kamu bisa mengerem pengeluaran kamu dan fokus pada tujuan dibandingkan fokus untuk mengeluarkan dana pemasukan kamu.

 

#2 Buat Alasan

Nah, yang kedua, kalau misalnya kamu merasa sulit untuk nabung, coba, deh untuk bikin alasan kenapa kamu nabung.

Karena kalau Minku sendiri, ketika ada tujuan dan alasan, Minku jadi semangat untuk nabung, dan dengan sendirinya akan mengurangi kebiasaan boros Minku, deh.

 

#3 Review Pengeluaran

Kalau kamu merasa udah hemat, tapi dana di tabungan belum bertambah juga, mungkin ada yang salah dengan pengeluaranmu.

Ibarat ember, keuangan kamu mungkin sedang mengalami kebocoran, dan kamu nggak tahu asalnya dari mana. Dengan me-review pengeluaran, kamu bisa mengidentifikasi, dari mana sebenarnya asal kebocoran itu, dan bisa ‘menambal’ lubangnya, deh!

 

#4 Review Anggaran

Selain review pengeluaran, kamu juga review anggaran pengeluaran bulanan kamu. Kamu bisa cek lagi, apakah itu sesuai, terlalu kurang, atau kebanyakan?

Kalau kebanyakan, kamu bisa kurangi jumlah dana dari beberapa pos-pos anggaran dan mengalokasikannya ke pos lain, atau bahkan ke tabungan kamu.

 

#5 Simpan di Tempat yang Tepat

Terakhir, pastikan kamu nggak menyimpannya di celengan, ya! Apalagi kalau tabungan kamu buat jangka panjang. Bukannya untung, yang ada kamu malah bakal rugi karena nilai uangmu akan berkurang karena dimakan inflasi.

Kamu bisa nyimpen dana-nya di instrumen investasi seperti reksa dana, saham, P2P lending, emas, atau bahkan deposito.

 

Nah, itu dia beberapa tips cara menambah tabungan ala Finansialku yang mudah dan bisa diikuti oleh semua orang. Apakah kamu punya tips lain yang bisa dibagikan? Yuk, tulis di kolom komentar!

Kalau tips ini dirasa bermanfaat, jangan lupa untuk bagikan informasi ini kepada teman-temanmu lewat pilihan platform yang tersedia di bawah ini, ya. Terima kasih!