Sebelum terlambat, segera ketahui lima ciri-ciri ini untuk mengetahui kondisi keuangan kamu sehat atau tidak!

Selengkapnya, cek artikel Finansialku di bawah ini, ya!

 

Di kanal youtube resmi Finansialku, masih banyak banget video informasi dan tips yang bisa kamu tonton secara cuma-cuma alias gratis! Jangan lupa mampir, ya!

 

Gimana? Video-video nya menarik semua, kan? Kalau gitu, jangan lupa berikan dukungan untuk Finansialku dengan menekan tombol subscribe di bawah ini, ya!

Jangan lupa juga untuk menekan ikon lonceng yang ada di samping tombol subscribe agar kamu mendapatkan notifikasi video baru dari Finansialku!

 

 

 

Lima Ciri-Ciri Kondisi Keuangan Sehat

Kadang, kita enggak tahu apakah keuangan kita dalam kondisi yang sehat atau tidak.

Nah, selain melakukan pengecekan di website resmi kami, kamu juga bisa mencari tahu dari lima ciri-ciri di bawah ini! Simak, yuk!

 

Ciri Kondisi Keuangan Sehat #1 Punya Pendapatan Tetap

Ciri pertama adalah, kamu punya pendapatan tetap. Kalau pendapatan mu tidak menentu, itu adalah tanda kalau sebenarnya keuanganmu sedang dalam kondisi yang tidak baik-baik saja.

Untuk menyiasati hal ini, kamu bisa mencari pendapatan tetap dengan bekerja baik kontrak maupun lepas, atau membuka usaha.

 

#2 Punya Anggaran

Yang kedua, kalau kamu punya anggaran keuangan yang jelas, maka keuangan mu secara otomatis dalam keadaan yang sehat.

Karena dengan punya anggaran keuangan yang jelas, kamu bisa mengontrol keuangan kamu.

Berbanding terbalik, kalau kamu sering merasa uangmu hilang tidak tahu jejak nya, berarti kondisi keuangan mu sedang bermasalah.

Nah, untuk menghindarinya, mulai anggarkan seluruh keperluan sehari-hari mu di aplikasi Finansialku yang bisa membantu mu mengatur anggaran sesuai dengan pendapatan mu!

 

#3 Punya Dana Darurat

Dana darurat merupakan hal yang wajib dimiliki oleh semua orang. Kalau kamu masih belum punya dana darurat, artinya kondisi keuangan mu belum sehat.

Normalnya, kamu harus memiliki dana darurat 6 hingga 12 kali pengeluaran kamu. Jangan lupa simpan di tempat yang mudah diambil, ya!

 

 

#4 Mampu Memenuhi Kebutuhan

Keuanganmu sedang tidak sehat kalau kamu tidak bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari mu!

Maka, secepatnya lakukan perbaikan pada alur pengeluaran mu dan hentikan mengeluarkan anggaran untuk hal yang tidak dibutuhkan, ya!

 

#5 Punya Catatan Keuangan

Kesehatan keuanganmu juga bisa dinilai dari catatan keuangan. Kalau kamu punya catatan keuangan, maka keuangan mu ada dalam kondisi yang sehat.

Kalau belum punya catatan keuangan, segera lakukan sekarang, ya!

Untuk memudahkan perhitungan mu, gunakan fitur yang ada di aplikasi Finansialku yang bisa kamu download di Google Play Store dan App Store, ya!

 

Jadi, kesimpulannya, apakah kondisi keuangan mu sudah sehat?