Pendiri Tik Tok punya ambisi dan kebiasaan yang beda dari kita-kita orang biasa! Ketahui dan tiru kebiasaannya di sini!

Selengkapnya ada di artikel rangkuman Finansialku di sini, ya!

 

Sobat Finansialku bisa tonton video informasi-informasi lainnya yang ada di kanal youtube resmi Finansialku secara cuma-cuma, lho! Mampir, yuk!

 

 

Jangan lupa untuk berikan dukungan pada Finansialku agar kami bisa memberikan video-video informatif cuma buat sobat Finansialku dengan menekan tombol subscribe yang ada di bawah ini, ya! Terima kasih!

 

 

 

Kisah Sukses Pendiri Aplikasi Tik Tok

Kata ‘Tik Tok’ pasti sudah tidak asing lagi di telinga para generasi kekinian! Ya, aplikasi populer yang menempati posisi nomor satu di Apple App Store itu sedang digandrungi banget oleh para pengguna aktif media sosial.

Lewat aplikasi itu, kamu bisa membuat video sepanjang 15 detik untuk kemudian disebarkan kepada pengguna lain.

Tapi, sobat Finansialku tahu enggak, sih, kalau ternyata, Zhang Yiming, si pendiri aplikasi hits ini, ternyata belum pernah main Tik Tok, lho! Waduh! Gimana ceritanya, tuh? Ini dia alasannya!

 

#1 Berawal dari Toutiao

Zhang Yiming, laki-laki yang lahir pada 1983 itu merupakan alumni Teknik Perangkat Lunak di Universitas Nankai, Tianjin, China.

Dia memang tipe yang suka menggeluti dunia bisnis. Agustus 2012 lalu, dia pertama kali meluncurkan situs media informasi bernama Toutiao.

Bisnis digital pertamanya ini berkembang dengan pesat dan berhasil meraih gelar sebagai salah satu media paling populer di Tiongkok.

Kepopulerannya ini dibuktikan pada 2016, di mana jumlah pengguna aktif harian situs media informasi itu mencapai 78 juta.

Satu tahun berselang, Toutiao berhasil menarik perhatian total 120 juta pengguna aktif harian.

Karena kepopulerannya ini, situs media informasi milik Zhang Yiming telah bernilai US$20 miliar.

Tidak puas dengan kesuksesan Toutiao yang hanya menjadi platform penyedia informasi saja, Zhang Yiming kemudian memutuskan untuk menambahkan fitur baru, yaitu kanal video pada Mei 2015.

Fitur baru ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah video singkat mereka, yang kemudian dengan algoritma aplikasinya, video otomatis akan direkomendasikan oleh Toutiao ke pengguna lain.

Ide ini lagi-lagi mendulang keberhasilan. Satu tahun berselang, video yang diunggah di  Toutiao berhasil diputar 1 miliar kali per hari.

 

#2 Terinspirasi dari Musical.ly

Tidak berselang lama setelah peluncuran fitur itu di Toutiao, muncul platform yang juga mengkhususkan pengguna untuk mengunggah video kreasi mereka.

Melihat pasar yang masif, Zhang Yiming kemudian memanfaatkan hal itu untuk meluncurkan platform terpisah dari Toutiao yang juga dirancang untuk menjadi penantang musical.ly.

Akhirnya pada September 2016, Zhang Yiming bersama 8 orang dari ByteDance merilis dan mengembangkan aplikasi yang dia beri nama Tik Tok hanya dalam waktu 200 hari saja!

Tik Tok berkembang dengan pesat hanya dalam waktu satu tahun. Tepatnya pada 2017, Tik Tok berhasil mendapatkan suntikan dana dari investor sebesar US$20 juta, atau setara dengan Rp288 miliar.

Dengan suntikan dana yang terbilang besar itu, Tik Tok memenafaatkannya untuk memperluas pasarnya ke mancanegara, termasuk Indonesia.

Keberhasilan ini bukan berarti tidak disertai kesulitan yang melanda. Juli 2018, pemerintah Indonesia memutuskan untuk memblokir Tik Tok! Kenapa, ya?

Tonton video di atas untuk tahu jawabannya, ya!

 

Kisah Zhang Yiming membuktikan kalau hasil tidak pernah mengkhianati kerja keras, ya! #HargaiKerjaKerasmu agar membuahkan hasil yang sobat Finansialku inginkan, ya!

Bagaimana pendapat sobat Finansialku tentang kisah sukses Zhang Yiming? Utarakan melalui kolom komentar di bawah ini, ya!