Walikota Seoul meninggal dunia. Park Won Soon, sang walikota ditemukan tewas di salah satu pegunungan tadi malam.

Ketahui informasi selengkapnya di berita Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Kronologi Sebelum Park Won Soon, Walikota Seoul Meninggal Dunia

Park Won Soon, Walikota Seoul, Korea Selatan, ditemukan meninggal dunia di Pegunungan Bugak, Seoul Utara, tadi malam, Kamis (09/07).

Mayatnya ditemukan di dekat salah satu restoran tradisional oleh polisi yang bertugas, setelah melakukan pencarian besar-besaran lebih dari tujuh jam.

Sebelumnya, Park Won Soon keluar dari rumahnya yang ada di daerah Bukcheon dengan meninggalkan sebuah surat mirip surat wasiat.

 

#1 Keluar Rumah

Dilaporkan oleh putrinya, dia keluar rumah dinas sejak pukul 10.40 pagi waktu Korea Selatan dengan menggunakan topi hitam, setelan hitam, sepatu abu-abu, membawa ransel hitam, dan mematikan ponselnya sebagai satu-satunya akses komunikasi keluarganya saat itu.

Merasa ada yang aneh, putri kandungnya melaporkan kehilangan Ayahnya ke polisi pada pukul 17.17 waktu Korea Selatan.

Polisi kemudian mulai melacak keberadaan sang Wali Kota yang sudah menjabat sejak 2011 lalu itu.

Pencarian besar-besaran dilakukan polisi, puluhan drone dan anjing pelacak turut diikutsertakan dalam pencarian ini.

 

#2 Pencarian

Pencarian mulai dilakukan di radius 2 kilometer sebelah Utara dari rumah dinas Park Won Soon, berdasarkan petunjuk, di mana terakhir GPS di ponselnya terdeteksi.

Tapi sampai pukul 19.00 waktu Korea Selatan, tidak ditemukan petunjuk tambahan.

Dalam masa pencarian ini, tidak sedikit rumor bertebaran di media dan forum diskusi online yang menyatakan kalau mayat Park Won Soon ditemukan.

Sementara itu, di waktu yang sama, mobil polisi, mobil ambulans dan paramedis, serta truk pemadam kebakaran berjaga-jaga di daerah Seongbuk-dong, di mana lokasi Park Won Soon terakhir kali terdeteksi.

 

#3 Penghapusan Jejak Digital

Saat masa pencarian masih dilakukan, seorang jurnalis di Korea Selatan memberikan informasi mengenai penghapusan akun media sosial resmi milik Park Won Soon.

Baik di instagram ataupun twitter, jejak digitalnya sama sekali tidak bisa ditemukan, karena akun miliknya dihapus oleh sistem.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

#4 Ditemukan Meninggal

Pencarian polisi berakhir dengan ditemukannya mayat Walikota yang sudah tidak bernyawa di Sukjeongmun Gate.

Park Won Soon ditemukan saat tengah malam, di mana lokasinya tepat berada 1,7 kilometer dari rumah dinasnya.

Mayatnya ditemukan di dekat tas, botol air, ponsel, peralatan tulis, dan kartu namanya.

Para pekerja medis yang tergabung dalam pencarian kemudian langsung membawa jasadnya ke Rumah Sakit Universitas Nasional Seoul, di mana rombongan tiba pada pukul 3:30 dini hari waktu Korea Selatan.

Di luar rumah sakit, para pendukung Park Won Soon sudah berada di depan Rumah Sakit, dan berteriak meminta Park Won Soon untuk bangun.

RIP, Walikota Seoul, Park Won Soon Ditemukan Tak Bernyawa 01

[Baca Juga: Mau Liburan Ke Seoul Bawa 20 Juta? Yakin Cukup?]

 

Melansir laman Yna.co.kr, upacara pemakaman akan dilaksanakan pada hari ini, Jumat (10/07).

“Pemerintah kota Seoul menyatakan, rencananya upacara pemakaman akan digelar pada Jumat untuk menghormati jasad Park Won Soon, dan menjalankan rencana darurat untuk sementara waktu setelah kematian Park Won Soon yang mendadak, yang diduga karena bunuh diri.” Tulis media online asal Korea Selatan itu, Jumat (10/07).

Sementara itu, dari media online lain, yaitu koreaherald.com, dikatakan bahwa pemerintah Kota Seoul akan menggelar upacara pemakaman tersebut selama lima hari.

“Pemerintah Seoul mengatakan bahwa upacara pemakaman selama lima hari akan dilaksanakan di Rumah Sakit Universitas Nasional Seoul, di mana jenazahnya berada. Memorial akan dilaksanakan di depan Balai Kota di hari yang sama.” Tulisnya, dari berita yang dipublikasikan pada Jumat (10/07).

 

#5 Surat Wasiat Dipublikasikan

Tidak berjarak lama dari rencana upacara pemakaman itu, pihak otoritas terkait mempublikasikan surat wasiat yang sebelumnya ditemukan oleh putrinya.

RIP, Walikota Seoul, Park Won Soon Ditemukan Tak Bernyawa

Surat Wasiat Park Won Soon

 

“Saya minta maaf kepada semuanya. Terima kasih kepada orang-orang yang sudah berada di sisi saya selama hidup. Saya sangat minta maaf kepada keluarga yang tidak pernah saya berikan apapun selain rasa sakit. Saya ingin dikremasi dan abu saya disebarkan di atas makam orang tua saya. Selamat tinggal, semuanya.”

 

Tersandung Kasus Pelecehan Pada Sekretaris

Kabar Walikota Seoul yang meninggal ini memunculkan spekulasi dari para warganet.

Mayoritas mengatakan kalau ini ada hubungannya dengan kasus pelecehan seksual yang dituduhkan padanya dari sekretaris pribadinya.

Dia melaporkan Park Won Soon ke kepolisian setelah mengalami pelecehan seksual yang dilakukan oleh Park Won Soon kepadanya.

Berdasarkan kesaksiannya, ini sudah terjadi sejak tiga tahun lalu, pada 2017, di mana Park Won Soon mulai melakukan kontak fisik yang tidak diinginkan.

Sang Sekretaris juga melaporkan kalau ini bukan hanya terjadi padanya, tapi juga pada beberapa staf perempuan yang bekerja di Balai Kota.

Tapi peristiwa meninggalnya Park Won Soon ini, maka seluruh tuntutan yang ditujukan padanya otomatis akan diselesaikan.

 

Sepak Terjang Park Won Soon

Sebelum menjabat sebagai Walikota, Park Won Soon adalah seorang aktivis senior sekaligus pengacara khusus Hak Asasi Manusia.

Saat menjabat sebagai pengacara, dia dikreditkan karena berhasil memenangkan hukuman pelecehan seksual pertama di Korea Selatan.

Dia juga terkenal sebagai seorang kritikus yang aktif mencecar kebijakan era kolonial Jepang terhadap Korea.

Dia bahkan buka-bukaan memposisikan dirinya sebagai lawan kuat dari mantan presiden Park Geun-Hye, karena sikap konservatifnya.

Kemudian, meski telah terpilih sebagai Walikota Seoul sejak 2011, dia tidak melupakan akarnya.

Dia tetap aktif mengkritik permasalahan kesenjangan sosial dan ekonomi di kota metropolitan itu.

 

Bagaimana pendapat Sobat Finansialku mengenai berita tentang tewasnya Park Won Soon yang tiba-tiba ini? Mari kita diskusikan di kolom komentar!

Jangan lupa untuk bagikan informasi ini kepada rekan dan keluarga melalui pilihan platform yang tersedia, ya. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Dipna Videlia Putsanra. 10 Juli 2020. Kronologi Kasus Walikota Seoul Meninggal Setelah Dilaporkan Hilang. Tirto.id – https://bit.ly/2AL07fn
  • Redaksi. 10 Juli 2020. Sebelum Ditemukan Tewas, Wali Kota Seoul Sempat Tinggalkan Surat Wasiat. Kumparan.com – https://bit.ly/2ZVKEBB
  • Hari Setiawan. 10 Juli 2020. Sempat Hilang, Wali Kota Seoul Ditemukan Meninggal Dunia, Ini Kata Polisi. Portaljember.pikiran-rakyat.com – https://bit.ly/3gMZ7H4
  • Khairunnisa Fauzatul A. 10 Juli 2020. Bak Adegan Drama Korea, Walikota Seoul Ditemukan Tak Bernyawa usai Kena Tuduhan Pelecehan Seksual. Cirebon.pikiran-rakyat.com – https://bit.ly/2ZgKrK0
  • Raphael Rashid. 09 Juli 2020. BREAKING: Mayor of Seoul Park Won-soon reported missing to police by daughter. https://bit.ly/3efKESb
  • Lee Minji. 10 Juli 2020. Seoul city to hold mayoral funeral for Park Won-soon. En.yna.co.kr – https://bit.ly/2AOqhOk
  • Miranti Kencana Wirawan. 10 Juli 2020. Wali Kota Seoul Park Won-soon Ditemukan Tewas di Tengah Tuduhan Pelecehan Seksual. Kompas.com – https://bit.ly/324s654
  • Miranti Kecana Wirawan. 10 Juli 2020. Diduga Tewas akibat Bunuh Diri, Seoul Siapkan Pemakaman Wali Kota Park Won-soon. Kompas.com – https://bit.ly/3iY40yS
  • Park Han-na. 10 Juli 2020. Five-day funeral planned for Seoul mayor. Koreaheld.com – https://bit.ly/323IUZC

 

Sumber Gambar:

  • Park Won Soon 01 – https://bit.ly/3efmgjD
  • Park Won Soon 02 – https://bit.ly/2O92ICZ