Ingin tahu rekomendasi website untuk mencari jurnal baik nasional maupun internasional? Yuk cari tahu biar tugas akhir kamu bisa cepat selesai!

Selamat membaca.

 

Website untuk Mencari Jurnal

Saat menyusun tugas akhir atau pun tugas ilmiah lainnya, tentu mahasiswa akan sangat membutuhkan banyak jurnal internasional ataupun jurnal nasional.

Namun, menemukan sebuah jurnal bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan.

Apalagi jika jurnal yang kamu cari benar-benar harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku, akhirnya tugas akhir pun jadi gak beres-beres.

Nah… menjawab persoalan tersebut, artikel Finansialku kali ini akan membagikan tentang kumpulan website yang bisa kamu gunakan untuk mencari jurnal, agar kamu lebih mudah dalam menemukan jurnal yang baik dan sesuai dengan ketentuannya.

Berikut website nya!

 

#1 LIPI

LIPI adalah sebuah situs yang disediakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Website ini bisa memudahkanmu dalam mencari jurnal untuk menyelesaikan skripsi, tesis, hingga untuk lomba karya ilmiah.

Situs LIPI ini bertujuan untuk menambah kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses informasi dalam bidang ilmu pengetahuan.

Beragam jurnal di sini bisa kamu download secara gratis, mulai dari jurnal biologi, kimia, teknik dan jurnal ilmu pengetahuan lainnya.

 

#2 Academia

Academia sebenarnya bukan situs yang asing lagi buat para mahasiswa. Namun jika kamu belum tau, kamu wajib mencoba membukanya.

Pasalnya, Academia merupakan sebuah situs penyedia jurnal nasional maupun internasional, yang dapat diakses dengan gratis.

Selain itu, jurnal yang disediakan juga termasuk beragam, bahkan hampir ada untuk semua jenis mata kuliah.

 

#3 E-Jurnal BPPT

Website yang satu ini merupakan hasil kerjasama antara Pusat Manajemen Informasi dan setiap unit kerja terkait pada lingkungan internal BPPT.

Website ini bertujuan untuk mewadahi setiap karya penulis, engineer, maupun pihak lainnya yang memiliki keinginan untuk membagikan ilmunya melalui tulisan.

 

[Baca Juga: Cara Mudah Membuat Abstrak dalam Skripsi]

 

Selain bisa menyumbangkan ilmu yang dimiliki, website ini juga kerap dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk mencari banyak jurnal, baik untuk menyusun tugas akhir, hingga referensi untuk perlombaan karya ilmiah.

Hampir semua jenis jurnal terdapat pada website e-Jurnal BPPT, khususnya jurnal yang berkaitan dengan teknologi dan sains.

Dengan begitu, kamu pasti bisa menemukan jurnal yang tepat dalam waktu yang singkat.

 

#4 Schoolar Google

Sesuai dengan namanya, yang satu ini merupakan website resmi dari Google yang bisa kamu akses dengan sangat mudah dan cepat.

Mencari jurnal? Gak usah repot!

Kamu cukup masukkan kata kunci untuk jurnal yang mau kamu cari, dan dalam waktu singkat Google akan menampilkan jurnal yang dianggap sesuai.

Namun tidak seperti website sebelumnya yang dapat kamu akses dengan bebas, di Schoolar Google kamu perlu membayar untuk bisa mengakses semua jurnal yang mereka miliki.

Tetapi jangan khawatir dulu, Google juga tetap menyediakan sebagian jurnal yang dapat kamu akses dengan gratis.

Mahasiswa pastinya punya banyak pengeluaran, entah itu untuk keperluan akademik, atau non-akademik. Jadi, pastinya kamu WAJIB bisa mengatur keuangan.

Finansialku bisa ajarin kamu untuk handal dalam mengatur keuangan lhoo

Download e-Book ini ya!

Ebook Perencanaan Keuangan Untuk MAHASISWA

Download Sekarang, GRATISSS!!!

Ebook Mahasiswa

Download Ebook Sekarang

 

#5 FreeFullPdf

Kalau website yang satu ini, sepertinya sangat tepat jika menyebutnya sebagai “penyelamat mahasiswa”.

Pasalnya, kamu bisa mengakses banyak jurnal secara GRATIS, dengan hanya bermodal jaringan internet saja.

Nah bedanya sama yang lain apa dong?

Eits… memang betul kalau website lain juga ada yang menyediakan banyak jurnal gratis.

Namun, website ini menjadi sangat spesial karena tidak hanya menyediakan jurnal saja, tetapi juga berbagai e-book, tesis, hingga skripsi.

Buat mahasiswa, hal ini tentu bakal sangat membantu banget bukan? Terlebih karena semuanya dapat kamu akses secara gratis, tugas akhir pun bakal cepet beres deh

 

#7 Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Sepertinya hampir semua pelajar pasti tahu dong sama yang namanya Perpusnas?

Yups ini merupakan sebuah perpustakaan yang disediakan oleh pemerintah RI.

Melalui website ini, kamu bisa menemukan banyak sekali jurnal ataupun buku ilmu pengetahuan lainnya, dan tentunya bisa diakses secara gratis karena telah dibayar oleh pemerintah.

Namun, untuk bisa menikmati layanan yang ada di Perpusnas ini, kamu perlu mendaftar terlebih dahulu dan menjadi member di sana.

 

Website Untuk Mencari Jurnal Internasional

Selain beberapa rekomendasi di atas, ada pula beberapa website untuk mencari jurnal internasional yang bisa kamu gunakan.

Tentunya beberapa website ini akan sangat membantu kamu yang membutuhkan literatur yang berasal dari jurnal-jurnal internasional. Lantas apa sajakah website-website tersebut? langsung saja berikut ini daftarnya:

#1 Jurnal Cambridge

Rekomendasi yang pertama adalah website dari Cambridge University, yaitu salah satu universitas ternama dari Inggris.

Di sini kamu bisa menemukan banyak jurnal yang akan sangat membantu kamu dalam menyelesaikan tugas akhir. Kamu bisa memperoleh banyak sekali jurnal internasional yang tersedia.

#2 DOAJ

DOAJ merupakan lakuran dari Directory  of Open Access Journal yang merupakan direktori jurnal gratis. Pengguna bisa menemukan jurnal tanpa membayar dari beberapa penerbit tertentu.

Database jurnal di DOAJ telah mencapai lebih dari 14 ribu dan 4 juta artikel. Dengan begitu, ada kemungkinan referensi yang kamu butuhkan ada di sini.

Untuk mengunduh jurnal dari DOAJ, kamu hanya perlu mengunjunginya dan mengetikkan kata kunci. Setelah itu, klik cari dan tunggu hingga web menampilkan hasil.

Ketika berhasil menemukannya pun kamu tetap akan mendapatkan opsi, yakni melihat abstraknya saja atau full text.

#3 Science Direct

Elsvier ada di balik situs web luar biasa ini. di Science Direct, kamu bisa menemukan ratusan ribu jurnal. Sayangnya, situs ini tidak sepenuhnya gratis.

Hanya jurnal dengan tak open access saja yang bisa dinikmati secara cuma-cuma. Selebihnya, kamu bisa berlangganan.

Kendati begitu, bukan berarti aksesmu benar-benar dibatasi. Sebab, ada 900 ribuan artikel yang dapat kamu unduh dengan bebas.

Pertama, kunjungi website Science Direct dan ketikkan keyword di search bar. Setelah itu, klik cari dan tunggu hingga website menampilkan referensi yang kamu inginkan.

File yang dapat diunduh gratis adalah yang bertanda open access dengan tanda titik hijau. Menariknya, website ini juga punya kemampuan mencari ebook, patent report, dan lain-lain.

#4 Research Gate

Research Gate adalah komunitas peneliti terkenal. Web ini memungkinkan penggunanya mengunduh jurnal berbayar dengan gratis langsung dari pemiliknya. Menariknya, kamu juga bisa request jurnal ke penulis.

Kamu perlu melakukan pendaftaran untuk masuk ke situs ini. caranya, buka website Research Gate dan klik join for free. Selesaikan pendaftaran sesuai permintaan situs.

Setelah pembuatan akun selesai, kamu bisa langsung mencari jurnal di search bar. Sayangnya, tidak semua jurnal tersedia secara full.

#5 Google Schoolar

Google memiliki concern dalam dunia pendidikan, yakni dengan menghadirkan Google Schoolar. Web ini punya banyak indeks yang bisa kamu download secara gratis, lho.

Mencari di situs ini juga sangat gampang. Kamu hanya perlu mengetik keyword seperti Google standar. Dengan mengklik cari, ratusan jurnal dan artikel akan tampil.

Artikel yang dapat kamu unduh adalah semua yang memiliki kode PDF di sampingnya. Seteleh mengklik, kamu akan masuk ke situsnya dan mengunduh secara langsung.

Gak Ada Alasan Buat Gak Nyelesaiin Tugas!

Nah… sekarang kamu sudah tau website untuk nyari jurnal bukan?

Dengan begitu, harapannya tugas akhir pun bakal cepat beres. Jadi tidak ada alasan lagi ya untuk tidak menyelesaikan tugas… hehehe.

Sudah dapat ilmu dari e-Book untuk mengatur keuangan, tapi belum punya aplikasi untuk langsung coba budgeting keuangan kamu?

Kamu bisa gunakan aplikasi Finansialku! Klik tautan di bawah ini segera!

playstore icon
appstore icon

 

Kamu sudah pernah dengar tentang dana darurat?

Finansialku pernah membahas lho tentang dana darurat untuk mahasiswa. Check this out!

 

Oh iya… selain dari website diatas, kamu biasanya nyari jurnal dari website mana lagi?

Jangan lupa share di kolom komentar ya…

 

Sumber Referensi:

  • Santi Wulandari. 10 Mei 2017. 11 Situs Penyedia Jurnal Ini Akan Memudahkanmu Dalam Menyelesaikan Skripsi, Tesis Hingga Lomba Ilmiah. Idntimes.com – https://bit.ly/2Zi7ggA