Sabtu (6/3/21), Finansialku bersama Syariah Saham mengadakan webinar dengan tema “Prospek Masa Depan Saham Syariah Untuk Mewujudkan Tujuan Keuangan 2021”.

 

Finansialku X Syariah Saham: Prospek Masa Depan Saham Syariah Untuk Wujudkan Tujuan Keuangan 2021

JAKARTA – Finansialku kembali hadir untuk memberikan edukasi seputar literasi keuangan kepada masyarakat. Menyadari bahwa Indonesia merupakan sebuah negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam, Finansialku merasa perlu memberikan wawasan tentang keuangan dan investasi berbasis syariah terutama saham syariah.

Hal ini dipertimbangkan oleh perkembangan investor pasar modal syariah yang meningkat 9.000% per Februari 2009. Dengan menggaet Syariah Saham diharapkan dapat memberikan ilmu yang komprehensif dan sesuai kaidah.

Webinar ini dilaksanakan pada Sabtu, 6 Maret 2021 pukul 10.00-12.00 WIB secara daring melalui zoom. Acara ini diisi oleh perencana keuangan Finansialku Harryka Joddy, CFP dan Mang Amsi, selaku Founder Syariah Saham.

Adapun tujuan dari acara ini adalah untuk menanamkan mindset merencanakan keuangan secara syariah dan mengetahui seluk beluk saham syariah.

Wujudkan Tujuan Keuangan Syariah Bersama Finansialku dan Syariah Saham poster

Acara dibuka dengan sesi materi oleh Harryka Joddy, CFP yang membahas tentang bagaimana cara mengelola keuangan yang sesuai dengan syariat agama.

“Kita harus mendapatkan harta dengan cara yang halal, lalu dikelola sesuai aturan Al-Qur’an dan Hadits, serta saat menggunakan harta pun harus dengan cara yang sesuai syariah”

Dalam Islam sendiri sudah ada aturan-aturan atau fiqih mengenai keuangan yang dijelaskan dalam Al-Qur’an dan Hadits. Salah satu yang diajarkan dalam fiqih syariah, yaitu menentukan prioritas dari yang paling dibutuhkan.

Pada sesi pematerian kedua diisi oleh Mang Amsi selaku pendiri platform edukasi Syariah Saham. Menurut Mang Amsi yang telah menjajal investasi syariah, kita sudah tidak perlu lagi khawatir untuk investasi saham karena sudah ada Fatwa MUI yang mengatur tentang saham syariah.

Dalam investasi dikenal istilah trilogi investasi GTMEN yang terdiri dari goals, time, dan instrument. Goals atau tujuan adalah hal pertama yang harus dilakukan, seperti ibadah Umroh atau Haji, simpanan hari tua, dan lain sebagainya.

Seletah mengetahui tujuan keuangan, maka segera lah mulai karena waktu akan sangat berpengaruh. Terakhir, pilihlah instrument investasi yang berlandaskan syariah dan jelas hukummnya.

Saat ini sudah banyak instrument investasi yang diatur dalam Fatwa MUI, misalnya saham syariah, reksa dana syariah hingga P2P lending syariah.

“Untuk menghindari ghoror atau ketidakpastian, maka kita harus tentukan dulu tujuannya yang jelas dan instrumennya juga harus memberikan kepastian.”

Pada setiap akhir sesi materi dibuka kesempatan tanya jawab kepada peserta dan tampak antusiasme yang tinggi dari peserta webinar kali ini.

 

Jika Anda tertarik untuk berkolaborasi bersama kami, silakan hubungi Okta Ardiansyah, ke okta@finansialku.com atau 081317116733.

Nantikan event-event selanjutnya hanya di Finansialku! Untuk informasi mengenai keuangan, akses berbagai platform media sosial Finansialku!

Punya pertanyaan terkait keuangan dan aplikasi Finansialku? Hubungi 0819 1151 6119.