Zaman sekarang apakah masih bisa nikah dengan budget di bawah Rp 100 juta? Jawabannya masih bisa dengan beberapa catatan. Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch 

Sekarang Masih Bisa Kok Melangsungkan Pernikahan dengan Budget Rp 100 Juta

Banyak pria takut diminta menikah dikarenakan belum memiliki budget pernikahan atau uang masih belum tersedia. Idealnya sebelum Anda melangsungkan pernikahan, lakukan diskusi mengenai kondisi keuangan pasangan Anda.

Berbicara mengenai pesta pernikahan, saya sendiri dan mungkin Anda juga sering mengira-ngira besarnya biaya yang harus dikeluarkan. Tidak jarang juga, terdengar kabar di website mengenai artis atau pengusaha yang menikah dengan budget luar biasa. Terlepas dari berapa besarnya budget perniakahan, Anda perlu ingat: Jangan sampai utang untuk melangsungkan pesta pernikahan.

zaman-sekarang-apa-masih-bisa-budget-nikah-di-bawah-100-juta-finansialku

[Baca Juga: Jangan Gunakan Utang untuk Mendanai Pesta Pernikahan Anda]

 

Ternyata setelah ditelisik lebih dalam, biaya pernikahan yang besar tersebut terdiri beberapa komponen. Ada komponen biaya yang wajib dikeluarkan untuk pernikahan yang sah. Ada juga komponen biaya yang tidak wajib, tetapi bagus jika Anda melangsungkan. Dan komponen yang paling mahal adalah komponen biaya untuk gengsi. Mari kita diskusikan satu persatu.

 

Berapa Biaya untuk Melakukan Perkawinan yang Sah di Indonesia?

Komponen biaya yang wajib dikeluarkan agar perkawinan sah di Indonesia ternyata tidak mencapai Rp 10 juta. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan perkawinan yang sah?

Sebelum membahas panjang lebar, Anda perlu tahu aturan main di Indonesia mengenai pernikahan. Menurut UU no 1 tahun 1974 tentang perkawinan dituliskan pada pasal 2

  1. Perkawinan adalah sah, apabila dilakukan menurut hukum masing-masing agamanya dan kepercayaannya itu.
  2. Tiap-tiap perkawinan dicatat menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

Perkawinan Anda akan sah jika dilakukan menurut agama dan dilakukan pencatatan. Bagi teman-teman yang memeluk Agama Islam dapat mencatatkan di Kantor Urusan Agama (KUA) dan teman-teman yang Non-Muslim dapat mencatatkan pernikahan di Kantor Catatan Sipil.

Apakah Pernikahan Anda sudah Sah Menurut UU Perkawinan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Apakahan Pernikahan Anda Sudah Sah Menurut Undang-Undang?]

 

Jadi pesta pernikahan bukan syarat sahnya perkawinan di Indonesia? Menurut UU no 1 tahun 1974 tidak disebutkan bahwa perkawinan Anda harus menyelenggarakan pesta pernikahan atau syukuran.

Jika Anda melakukan pernikahan di kantor KUA pada jam kerja, maka Anda tidak perlu mengeluarkan biaya alias gratis. Jika Anda melakukan pernikahan di luar Kantor KUA dan/atau di luar jam kerja, maka Anda perlu membayar Rp 600.000. Untuk pencatatan sipil, biaya yang dikeluarkan berada di rentang Rp 100.000 – Rp 400.000. Mungkin ada beberapa tambahan biaya, tetapi tidak mencapai Rp 10.000.000.

 

Berapa Biaya yang Tidak Wajib Dikeluarkan?

Selain biaya pernikahan wajib tersebut, ada beberapa komponen biaya yang sebenarnya tidak wajib dan cukup mahal yaitu biaya menyelenggarakan pesta syukuran.

Berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk mengadakan pesta syukuran? Bervariasi mulai dari puluhan juta hingga mencapai milliaran Rupiah. Biaya pesta pernikahan bisa menjadi sangat mahal, jika Anda memasukkan unsur gengsi di dalamnya. Jadi harus nikah di hotel berbintang, tamunya harus ribuan, makanannya harus mahal (tidak harus enak, yang penting mahal), harus ada artis penghibur dan lain sebagainya. Semuanya demi GENGSI dan mengejar kata WOW, ANDA KAYA.

jangan-asal-gede-gengsi-yakin-pakai-kta-untuk-dana-perkawinan-finansialku

[Baca Juga: Ga Mau Dikatakan Makan Tu Gengsi, Hindari 9 Hal Berikut Ini]

 

Mari kita tinggalkan budget pesta pernikahan yang mencapai ratusan bahkan milliaran Rupiah. Apakah masih bisa menikah dengan budget di bawah Rp 100 juta?  Jawabannya sangat bisa, tergantung konsep pernikahan Anda. Biaya pesta syukuran pernikahan sangat bergantung dengan faktor-faktor berikut ini:

 

Biaya sebelum pernikahan hari H (biasanya adat dan tradisi)

  • Biaya lamaran dan acara pra nikah
  • Biaya prewedding

 

Biaya kebutuhan hari H (Pengeluaran Fix, tidak tergantung jumlah undangan/tamu)

  • Biaya undangan
  • Biaya souvenir pernikahan
  • Total biaya makanan / catering

 

Biaya kebutuhan hari H (Pengeluaran Variabel, tergantung jumlah undangan/tamu)

  • Biaya mempelai wanita
  • Biaya mempelai pria
  • Biaya pendamping mempelai pria dan wanita
  • Biaya transportasi
  • Biaya sewa gedung
  • Biaya dekorasi, pencahayaan dan audio
  • Biaya MC
  • Biaya juru foto dan cetak
  • Biaya video
  • Biaya pengisi acara (musik)
  • Biaya wedding organizer
  • Biaya kue pengantin

 

Biaya kebutuhan setelah hari H

  • Biaya tiket liburan
  • Biaya liburan

 

Lakukan budgeting biaya pernikahan sesuai dengan kemampuan keuangan Anda. Silahkan gunakan Aplikasi Finansialku untuk membantu Anda membuat rencana biaya pernikahan (lihat contoh perhitungan) dan silahkan coba lakukan budgeting untuk pernikahan Anda:

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

5 Tahap Perencanaan Dana Pernikahan

Berikut ini 5 langkah yang dapat Anda lakukan untuk mulai menyiapkan rencana dana pernikahan (silahkan gunakan Aplikasi Finansialku untuk membantu Anda).

  1. Lakukan riset biaya pernikahan, silahkan cek di website, pameran pernikahan atau datang ke wedding organizer.
  2. Siapkan Anggaran pernikahan, isi kolom dalam kalkulator dana pernikahan di Aplikasi Finansialku.
  3. Hitung kebutuhan biaya dan berapa yang harus Anda persiapkan.
  4. Mulai berinvestasi atau menabung untuk pernikahan,
  5. Selamat melangsungkan pernikahan

 

Semoga Anda dapat melangsungkan pernikahan. Jika Anda memang memiliki budget berlebih pernikahan yang berlebih, mungkin Anda dapat mempertimbangkan 5 hal ini, sebelum menghabiskan untuk pesta pernikahan mewah.

 

Apakah Anda setuju dengan pesta pernikahan yang sederhana dan dilakukan di rumah makan, mengundang saudara dan teman-teman dekat?

 

Sumber Gambar:

  • Wedding Venue – https://goo.gl/ouCEyl

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang