Ternyata ada beberapa pelajaran keuangan yang dapat diambil dari film Star Wars? Finansialku.com kali ini akan membahas 5 pelajaran keuangan yang dapat diambil dari Star Wars. May the force be with you dan dompet Anda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

5 Pelajaran Keuangan dari Film Star Wars

Setelah cukup lama berhenti, film Star Wars dibangkitkan dengan adanya seri terbaru yaitu Star Wars Episode 7: The Force Awakens. Apakah Anda menyadari beberapa pelejaran keuangan dapat diambil dari film Star Wars? Nah langsung saja berikut ini 5 pelajaran keuangan dari film Star Wars. 

 5 Pelajaran Keuangan dari Star Wars - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Sudahkah Anda Mengelola Keuangan dengan Benar?]

 

Tidak ada Salahnya Beli Mobil Baru Seri Lama

Salah satu adegan dalam Starwars  Episode 1, menceritakan Obi Wan Kenobi dan Luke Skywalker terburu-buru meninggalkan the Mos Eisley spaceport di Tatooine. Mereka dikejar waktu mengumpulkan uang untuk segera pergi menuju Millenium Falcon. Luke ingin menjual landspeeder X-34 kepada seorang pembeli. Sayangnya pembeli tersebut, menghargai landspeeder X-34 milik Luke dengan harga yang jelek. Hal ini disebebkan ada landspeeder dengan model terbaru di pasaran.

 

5 Pelajaran Keuangan dari Star Wars - Perencana Keuangan Independen Finansialku 1

[Baca Juga: Tips Membeli Mobil Bekas]

 

Pelajaran keuangan dari Jedi: Beberapa merk kendaraan (mobil dan motor) nilainya berkurang bisa mencapai 20% pada tahun pertama. Jika Anda saat ini ingin membeli kendaraan, tidak ada salahnya Anda mempertimbangkan kendaraan bekas.

 

Utang Konsumtif yang Besar dapat Merusak Kondisi Keuangan

Hayo, ada yang tahu tokoh Jabba? Pada Episode 6, kita lihat tokoh Han yang tergantung di dalam tembok Jabba. Han tergantung dalam kondisi karbonite dan dijadikan sebagai peringatan pada orang-orang yang berutang pada Jabba. 

 

5 Pelajaran Keuangan dari Star Wars - Perencana Keuangan Independen Finansialku 2

[Baca Juga: Sehat Keuangan Tanpa Utang Konsumtif]

 

Pelajaran keuangan dari Jedi: Penawaran kredit selalu datang silih berganti. Banyak penawaran yang datang untuk kredit ini itu. Nah hati-hati mengambil kredit konsumtif. Jangan sampai masalah kredit menghancurkan keuangan Anda.

 

Jangan Bertaruh Akan Masa Depan Anda

Masih ingatkah Anda di Starwars Episode 1, The Phantom Menace terdapat adegan Qui Gon Jinn taruhan dengan Watoo untuk melepaskan Anakin. Jika Jinn menang dia meminta Anakin dibebaskan, sebaliknya jika Jinn kalah, dia akan memberikan kapal luar angkasanya. Setelah Anakin berhasil memenangkan balapan, Watto mengatakan “Kamu memperdayai Saya, Saya kehilangan semuanya”. Jinn mengatakan, “Kapanpun kamu bertaruh, sebenarnya kamu sudah kalah.” 

 

5 Pelajaran Keuangan dari Star Wars - Perencana Keuangan Independen Finansialku 3

[Baca Juga: Sehat Keuangan Tanpa Utang Konsumtif]

 

Pelajaran Keuangan dari Jedi: Jagan pernah mempertaruhkan masa depan Anda, termasuk di dalamnya masa depan keuangan Anda. Lakukan perencanaan yang matang dan laksanakan apa yang sudah direncanakan. Jika Anda menunda untuk merencanakan keuangan, itu sama artinya Anda mempertaruhkan masa depan Anda. Percayalah Anda akan menyesal karena menunda.

 

Jumlah Kecil dan Konsisten Dapat Menjadi Raksasa

Kebangkitan The Empire tidak terjadi dalam waktu semalam. Proses tersebut membutuhkan waktu yang sangat panjang. Pada Episode 2, Obi Wans berhasil menginvestigasi penjahat yang mau membunuhnya. Penjahat tersebut menyatakan ada 200.000 pasukan yang sedang disiapkan untuk kebangkitan The Empire. Dengan pertumbuhan Stormtroopers yang konsisten, The Empire dapat menghancurkan galaxy. 

5 Pelajaran Keuangan dari Star Wars - Perencana Keuangan Independen Finansialku 4

[Baca Juga: Cara Berinvestasi Reksadana untuk Pemula]

 

Pelajaran Keuangan dari Jedi: Banyak orang menunda dalam investasi. Padahal dengan investasi mulai dari sekarang, dengan jumlah yang kecil dan dilakukan secara konsisten dapat menghasilkan keuntungan yang besar.

 

Pilih Mentor yang Tepat

Pada film Starwars, banyak sekali adegan mengenai latihan, pembelajaran, dan mentorship. Contoh Qui-Gon Jinn memberikan arahan dan pengetahuan kepada  Obi-Wan Kenobi, Obi-Wan menjadi mentor dari Anakin dan Luke Skywalker, serta Master Yoda memberikan banyak nasehat kepada banyak tokoh. 

5 Pelajaran Keuangan dari Star Wars - Perencana Keuangan Independen Finansialku 4

[Baca Juga: Cara Mencari Mentor Bisnis yang Tepat]

 

Pelajaran Keuangan dari Jedi: Anda juga perlu berdiskusi dan berkonsultasi kepada seseorang yang mampu membantu Anda mewujudkan tujuan-tujuan keuangan Anda. Tidak semua orang dapat membantu Anda mewujudkan tujuan Anda. Satu hal yang perlu Anda ketahui, ajak diskusi beberapa perencana keuangan, kumpulkan informasi dan pilih yang pas dengan Anda.

 

Jadi, Apa Pelajaran dari Starwars?

Dari penjelasan di atas, dapat kita pelajari beberapa hal mengenai keuangan dari Starwars, yaitu:

 

 

Apakah Anda tahu bagian yang didapat dari masing-masing ahli waris menurut hukum waris Islam?

 

Sumber Buku:

  • Brad Tuttle. 4 May 2015. 8 Lessons ‘Star Wars’ Taught Us About Money. Time.com – http://goo.gl/uEJpX3.
  • Philip Hawken. 18 Desember 2015. Seven personal finance lessons from Star Wars. Cuinsight.com – https://goo.gl/O0mKaI.
  • Philip Hawken. Desember 2015. 7 Personal Finance Lessons to Learn From Star Wars. Kiplinger – http://goo.gl/pH7KgO.

 

Image Credit:

  • Starwars – https://goo.gl/Xpv04f
  • Speedlander X-34 – http://goo.gl/izxxyh
  • Stormtroopers – http://goo.gl/fsu43A
  • Carbonite Han Solo – http://goo.gl/5IjJ6f
  • Jinn and Watto – http://goo.gl/HmGFtm

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang